21 November, 2019
Candi Eksotis di Jogja

10 Candi Eksotis di Jogja, Mana Favoritmu?

DestinesaDaerah Istimewa Yogyakarta ini jika disibak kawasan ini memiliki banyak candi-candi bertebaran. Alasan ini didukung kuat oleh sejarah Yogyakarta sebagai kawasan bekas kerajaan Mataram Kuno, yang mana masyarakatnya menganut agama Hindu dan Buddha. Nah Destinesa kali ini akan menyibak 10 Candi Eksotis di Jogja. cekidot!

1. CANDI PRAMBANAN

Nama candi Prambanan pasti sudah tidak asing lagi di benak siapapun yang mendengarnya. Candi Prambanan merupakan candi unik yang berada di dua kawasan yakni kawasan DI Yogyakarta dan kawasan Klaten Jawa Tengah. Area candi memang berada di Prambanan, Sleman, namun pintu administratifnya berada di area Klaten, Jawa Tengah. Candi megah yang ttelah terakui UNESCO ini berdiri dengan gagahnya ditilik dari Trimurti dan banyak candi perwara. Candi eksotis ini tidak berdiri sebagai seonggok situs, namun pengelolaan taman di sekitarnya menjadikan siapapun betah berlama-lama di candi Prambanan.

2. ISTANA RATU BOKO

Candi Ratu Boko sebenarnya bukan kategori candi seperti candi pada umumnya di Jogja. Namun Ratu Boko dahulunya merupakan kawasan Keraton/Istana. Yang paling eksotis di kawasan ini adalah saat senja menyingsing. Yap, sunset. Keindahan matahari perlahan tenggelam dengan menembus celah-celah gapura dan pintu gerbang Istana membuat kawasan ini dijuluki sebagai salah satu lokasi sunset terindah di Jogja. Pantas saja kan, Istana Ratu Boko ini dijadikan lokasi syuting film AADC 2, karena ada romansa indah di candi ini.

3. CANDI IJO

Eksotisnya candi Ijo ini dikatakan sebagai candi dengan lokasi tertinggi di Jogja.  Sesuai namanya, candi ini berada di perbukitan/gunung Ijo. Kondisi candi kini semakin terawatt dan karakternya serupa dengan candi Prambanan, ada candi utama dan candi perwaranya. Namun yang paling mmebuat candi Ijo dikatakan candi eksotis di Jogja ada pada sunset yang menerpanya. Selain candi Ratu Boko, candi Ijo merupakan candi indah untuk menikmati sunset dan pemandangan sekitar dari atas tebing. Menarik?

4. CANDI SAMBISARI

Melihat kawasan candi Sambisari memang berbeda. Candi yang biasa berada di ketinggian, candi Sambisari berada dibawah permukaan tanah. Untuk dapat melihat keeksotisannya ini harus menuruni anak tangga dari beberapa sudut. Tidak semegah candi Prambanan, namun area yang sudah dikelilingi oleh taman dan rerumputan hijau menjadikan kawasan ini masuk kategori wisata murah di Jogja.

5. CANDI KALASAN

Candi Kalasan atau juga yang disebut sebagai Candi Tara ini memiliki arsitektur khas Buddha. Menilik heritage di Jogja seperti candi Kalasan ini bisa menjadi solusi liburan murah ala anak backpacker. Apalagi kisah dibalik pendirian candi ini turut melengkapi eksotisme candi yakni dua sejoli yang berbeda keyakinan. Pendirian candi ini dipersembahkan kepada Dewi Tara yang beragama Buddha, sementara sang pendiri yakni Rakai Panangkaran beragama Hindu. Kisah ini serupa dengan candi Plaosan.

6. CANDI SARI

Sebuah candi yang lokasinya juga tidak jauh dari candi Kalasan, yakni hanya sekitar 3km. Candi Sari atau juga yang disebut sebagai candi Bendan memiliki banyak kemiripan dengan candi Kalasan. Namun yang lebih menarik adalah candi ini cukup berbeda dari candi lainnya sebagai tempat ibadah. Karena candi ini diperkirakan merupakan asrama untuk pendeta Buddha. Memang, jika ditilik candi sari ini seperti rumah persegi panjang. Eksotis bukan?

7. CANDI BANYUNIBO

Nah berbeda lagi dengan candi Banyunibo ini. Jika candi Prambanan mempuyai Trimurti dan beberapa perwara, candi Banyunibo berdiri seorang diri. Area candi ini berada di Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Karena letaknya sebatang kara di tengah perkebunan, ada baiknya jika singgah menuju ke candi ini menggunakan kendaraan pribadi.

8. CANDI PLAOSAN

Candi Plaosan juga turut melengkapi candi eksotis di Jogja. Lokasinya berada tidak jauh dari candi Prambanan. Eksotisnya candi megah dan beberapa reruntuhannya ada kisah cinta sepasang sejoli yang berbeda keyakinan. Kompleks candi ini terdapat dua candi paling besar yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Dan di area candi Plaosan Lor ada dua buah candi yang sama, Oleh karena itu candi Plaosan juga sering disebut sebagai candi Kembar.

9. CANDI GEBANG

Satu lagi kawasan candi eksotis di Jogja yakni candi Gebang. Sebuah candi yang berada di area Condongcatur, Ngemplak ini adalah candi Hindu yang berdiri tunggal seperti candi Banyunibo. Aksesnya yang berada di tengah desa mungkin menjadikan beberapa pengunjung sedikit kesulitan menemukan lokasi. Tapi setelah menemukannya, ada spot foto indah menarik dari taman-taman sekitar candi.

10. CANDI ABANG

Terakhir, candi yang hingga sekarang banyak orang membingungkannya “mana kamu. Berbeda dari candi lainnya yang ada di Jogja, candi ini tidak berdiri dari batu andesit, melainkan yang terlihat hingga kini adalah gundukan tanah yang menyerupai bukit Teletubbies. Gundukan tanah ini sebenarnya memang candi Abang itu sendiri. Namun karena sudah termakan usia, candi Abang kini telah berselimut rumput hijau. Namun pemandangan indah sekitar candi tidak mesti didapatkan di candi lain pada umumnya. Cocok untuk liburan akhir pekanmu dan termasuk salah satu destinasi piknik murah di Jogja. 😀

Nah destinasi Indonesia manalagi yang ingin kamu ketahui? Share yuk! atau ingin nge-trip di Jogja bareng kami? Boleh lho!

Jika sobat ingin berkunjung ke kota istimewa dan tidak mau repot-repot untuk menentukan kemana aja nanti setelah ke jogja, sobat bisa menggunakan jasa layanan paket wisata jogja dari Jogja Visitour ini loh guys. Langsung aja kepoin website Jogja Visitour.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.