1 April, 2020

Ada Pintu Gaib di Goa Selarong, Bukan Pintu Doraemon

Destinesa – Jelajah wisata di Jogja selama satu hari itu, kurang. Banyak wisata-wisata menarik yang perlu kamu singgahi tidak hanya city tour lho! Kamu juga perlu menilik sudut lain yang ada di Bantul. Salah satunya yaitu Goa Selarong.

Wisata goa di Jogja biasanya menjadi kunjungan untuk melihat stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Kilaunya terbias bersama air yang mengalir di dalamnya. Namun tidak semua goa yang ada di Jogja didapati demikian. Ada beberapa goa yang sengaja dibentuk berupa ceruk atau cekungan. Jadi bukan dari kejadian alam seperti Goa Selarong ini.

Goa Selarong Goa Keramat

Goa Selarong di Bantul ini adalah satu satu goa yang dikeramatkan. Menjejaki kawasan goa secara dekat, pengunjung akan mendapati dua goa yang masing-masing di berikan pagar keliling. Dua goa tersebut diberi nama goa kakung dan goa putri. Lantas keduanya diberikan sesaji beerupa bunga. Lalu bagaimana sejarah dari goa ini?

Sejarah Goa Selarong

Goa Selarong dari sisi sejarah adalah kaitannya dengan pangeran Diponegoro. Goa tersebut merupakan kediaman pangeran Diponegoro sebagai lokasi bersembunyi dari pasukan Belanda. Kisahnya, goa ini hanya bisa dimasuki oleh Pangeran Diponegoro berserta pengikutnya menuju perut bukit kapur.

Alasannya adalah ada “pintu gaib” yang tidak bisa dilihat oleh manusia umum. Sehingga kala pasukan Belanda mengepung kawasan, berkali-kali mereka mengitari bukit ini hasilnya nihil karena hanya melihat cadas yang tidak ada penghuninya. Wow, luar biasa ya?

Nah goa kakung sendiri adalah goa bersembunyi pangeran Diponegoro sementara goa putri merupakan temapt untuk para selirnya. Goa Selaorng ini juga dijuluki oleh masyarakat sebagai Goa Buntet. Dalam bahasa Jawa artinya adalah goa tidak berlubang atau tidak tembus alias buntu. Pasalnya goa Selarong ini merupakan bentukan dari cekungan batu cadas dan tidak tembus. Goa ini hanya mempunyai lebar sekitar 3 meter dengan panjangnya 3 meter sedangkan tingginya 1,7 meter.

Asyiknya Kawasan Goa Selarong

Dari pintu masuk kawasan Goa Selarong, pengunjung harus menempuh ratusan anak tangga supaya sampai ke kedua goa yang dituju yaitu Goa Kakung dan Goa Putri. Tidak jauh dari pintu masuknya terdapat patung Pangeran Berkuda. Patung tersebut merupakan gambaran gagahnya pangeran Diponegoro.

Sesampainya di kedua goa pengunjung bisa sekaligus merasakan sejuk dan damainya suara air terjun yang berada tepat di samping kanan dan kiri goa. Orang Jawa biasanya menyebut air terjun mini tersebut sebagai grojokan.

Air Terjunnya Menarik

Keberadaan air terjun di kawasan goa Selarong ini juga menarik wisatawan untuk berfoto. Pasalnya airnya mengalir melalui tanah kapur. Di samping goa Kakung juga terdapat sendang yang menampung air jernih dari amta air tebing goa. Untuk menikmati serunya mendekati air terjun di Goa Selarong, pengunjung sebaiknya berkunjung pada musim penghujan. Karena pada saat musim hujan debit airnya lebih deras daripada saat musim kemarau.

Susunan wisata goa Selarong ini dibuat berundak. Setiap undak-undak menuju ke atas goa terdapat arena bermain seperti ayunan, perostan, serta gazebo untuk istirahat. Dari atas goa terdapat alas belukar juga gazebo di punca sebagai tempat untuk istirahat pengunjung. Di lokasi ini pengunjung bisa beristirahat sembari memandang lepas pemandangan hijau dari ketinggian. Untuk menuju air terjun, pengunjung dapat melalui jalan setapak sesuai petunjuk. Namun pengunjung dilarang untuk bermandi atau bermain air untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas

Fasiltias yang ada di Goa Selarong sudah lengkap seperti toilet, mushola, temapt makan, gazebo, serta tempat parkir yang luas. Jarak dari tempat parkir menuju ke Goa Selarong cukup jauh dan pengunjung diharuskan menempuh dengan berjalan kaki. Sebagai oleh-olehnya, di area Goa Selarong ini juga terdapat kios jajanan dan oleh-oleh.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke situs peninggalan pangeran Diponegoro ini dikekan biaya sejumlah Rp. 2.750 per pengunjung dan parkirnya sejumlah Rp. 2.000 untuk kendaraan motor. wisata sejarah lengkap dnegan wisata alam dan biaya murah. Satu paket yang untuk pengunjung dengan budget minim namun bisa rekreasi asyik!

Ingin traveling di Jogja namun kesulitan armada? Hubungi kami saja. Kami menyediakan sewa motor di Jogja juga sewa mobil Jogja dengan penawaran spesial. Yuk hubungi kami sekarang juga sebelum kehabisan!

Share

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.