1 Juli 2022
Goa Jomblang Gunungkidul

Goa Jomblang Gunungkidul

Destinesa ~ Goa-goa yang terdapat di Gunungkidul memang tidak akan habis untk dibahas. Setiap goa yang ada di tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyimpan keindahan alamnya asing-masing. Seperti adanya Goa Jomblang.

Goa Jomblang merupakan salah satu goa dari 62 goa yang teridentifikasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga termasuk salah satu Wisata Goa di Gunungkidul yang wajib untuk anda kunjungi saat sedang menikmati liburan ke Jogja.

Menjelajah goa Jomblang memang menantang.

Goa vertikal yang memiliki tipe Collapse doline ini terbentuk akibat adanya proses geologi atau amblesnya tanah beserta proses vegetasi yang berada diatas goa ke dasar bumi yang pastinya terjadi beberapa tahun yang lalu, yang kemudian membentuk sinkhole atau yang sering dikenal dengan sumuran dengan luas mulut goa sekitar 50 meter persegi. Sumuran ini dalam bahasa jawa sering dikenal dengan istilah luweng, sehingga goa ini juga sering dikenal dengan nama Luweng Jomblang.

Terdapat empat jalur yang bisa dilewati oleh penjelajah alam untuk memasuki dasar gua. Jalur yang pertama merupakan jalur yang paling mudah yang sering disebut jalur VIP. Dijalur ini 15 m pertama melewati lintasan terjal dan masih bisa ditapaki dengan kaki.

Peralatan SRT lengkap harus digunakan untuk menjamin keselamatan penjelajah. Sisa jarak dengan dasar gua dapat ditempuh dengan SRT, meluncur dengan tali sejauh sekitar 20 m. Sementara itu ketiga jalur lainya medannya lebih sulit karena harus menggunakan SRT sejak ketinggian 80 m ( Jalur A ), 60 m ( Jalur B ), 40 m ( jalur C ).

Bagi penjelajah yang baru pertama kali memasuki gua vertikal, diwajibkan menggunakan jalur VIP dahulu. Namun bagi mereka yang sudah terbiasa memasuki gua vertikal, ketinggian gua vertikal merupakan tantangan tersendiri walaupun tetap harus memperhatikan faktor keselamatan.

Gua Jombalng ini berdiameter 50 m, dijelajahi  pertama kali pada tahun 1984 oleh Acintyacunyata Speleological Club ( ASC ). Merupakan kelompok penjelajah gua dari Yogyakarta.

Dalam perjalanan penemuan “cahaya surga” Anda harus melewati lorong sekitar 300 meter yang merupakan penghubung antara goa Jomblang dan Grubung. Ragam stalagmite dan stalagtit siap menyambut.

Tidak lama menyusur lorong tersebut, Anda akan menyaksikan tiang cahaya yang gagah nan cantik menyambut perjalanan Anda. Iringan gemuruh aliran sungai disertai cahaya yang menerpa bebatuan dengan gelapnya dasar goa menjadikan pengalaman Anda semakin berkesan.

Fakta Menarik Goa Jomblang

Gua Jomblang sebagai salah satunya dari beberapa ratus kompleks gua Gunungkidul yang populer lantaran kekhasan dan keelokan gak tergoyahkan. Bertempat di bentangan bukit-bukit karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah; sampai area karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur, Gua Jomblang pernah jadikan tempat ambil gambar Amazing Race Amerika di tahun 2011.

Gua vertikal yang bertipe collapse doline ini tercipta gara-gara proses geologi lenyapnya tanah dan vegetasi yang berada di atasnya ke dasar bumi yang berlangsung beberapa ribu tahun saat kemarin. Robohan ini membuat sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua kira-kira 50 mtr. persegi. Dengan bahasa Jawa sumuran di kenal juga dengan makna luweng, sampai gua ini juga kerap dinamai Luweng Jomblang.

Untuk masuk Goa Jomblang Gunungkidul dibutuhkan kekuatan tehnik tali tunggal atau singgel rope technique (SRT). Oleh karenanya, siapa saja yang akan caving di Jomblang mesti gunakan perabotan privat sesuai standard keamanan caving di gua vertikal dan mesti disertai oleh penelusur gua yang udah memiliki pengalaman.

SRT set itu terdiri dalam seat harness, chest harness, ascender/croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, dan cowstail pendek. Kecuali SRT set, Pelancong harus juga menggunakan perabotan lain seperti coverall, sepatu boot, helm, serta headlamp.

Goa Jomblang merupakan Goa Vertikal

Disebutkan goa vertical lantaran goa ini berupa vertikal yang berlangsung karena permukaan tanah yang tumbang. Robohnya tanah itu tidak bikin tanaman yang tumbuh remuk, tapi tanaman itu turut jatuh dan tumbuh di dasar sampai jadi rimba.

Rimba itu diberi nama rimba purba. Terkecuali itu, robohan tanah itu membuat sinkhole atau sumuran yang ke bahasa Jawa diketahui dengan makna luweng.

Mempunyai 4 Lajur

Untuk menuruni goa ini, ada 4 lajur yang dapat dipakai dengan kedalaman yang berlainan. Ada 15 m, 40 m, 60 m, dan 80 m. Kalau kamu pemula, lebih bagus memakai lajur 15 m. Lajur ini bisa dilintasi dengan jalan kaki, biarpun keadaan jalannya cukup curam. Kedepan, kamu akan juga dikasih training langkah menuruni goa yang aman.

Lalu untuk melintasi lajur yang lebih dalam seperti 40 m – 80 m, butuh memakai perlengkapan SRT (Singgel Rope Technique). Pastinya, di situ ada pemandu yang udah pakar maka kamu dapat turun dengan aman.

Sinar Surga Goa Jomblang

Saat hingga sampai di dasar goa, dengan melintasi lorong sejauh 300 m, kamu dapat mendapati panorama yang disebutkan ‘cahaya surga’. Sinar matahari bakal masuk ke gua melintasi celah-celah gua dan mencahayai flowstone.

Panorama kontras dari sinar matahari yang beradu dengan gelapnya gua, bisa bikin kamu berdecak terpukau. Untuk menyaksikan panorama itu, butuh jam yang sesuai, adalah lebih kurang jam 10.00 sampai 12.00, dan dengan catatan cuaca waktu itu tengah ceria.

Panorama di Dasar Menajubkan

Ketika sudah capai dasar goa, kamu bisa menyaksikan hijaunya rimba yang subur, beragam lumut, dan paku-pakuan. Terkecuali itu, kamu bisa menyaksikan batu kristal, stalaktit, dan stalagmit. Ada sungai yang mengucur deras. Kedengarannya panoramanya elok sekali kan?

Ada Peristiwa Gelap Goa Jomblang

Kabarnya goa ini digunakan jadi area pembunuhan massal anggota PKI. Menurut narasi, mereka dijejerkan di bibir gua dengan tangan sama sama terlilit kedua-duanya. Lantas saat satu diantaranya ditembak hingga sampai jatuh ke gua, jadi yang lain bakal turut jatuh.

Kejadian itu sempat bikin penduduk takut untuk bertandang, ditambah lagi ada narasi menyeramkan yang menebar di goa itu. Tapi di tahun 1990an, penduduk lebih kurang melangsungkan doa bersama pada tempat itu. Sejak mulai itu, tidak ada narasi horor, seperti momen perayap gua yang raib ditelan Goa Jomblang.

Area Shooting Film

Di tahun 2011, Goa Jomblang pernah digunakan shooting acara The Amazing Race, permainan show Amerika Serikat. Lantas saat bulan Juni 2020 lalu, artis dan vokalis Korsel, Lee Seung Gi dan artis Taiwan, Jasper Liu bikin tempat ini jadi satu diantaranya tempat dalam variety show teranyar mereka, adalah Twogether.

Goa Jomblang merupakan tempat wisata yang populer di Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Jomblang ini pun termasuk salah satunya Goa purba lho. Selainnya menjajakan kemegahannya goa di tempat ini pun pas untuk kamu yang ingi mengegas ardnalin.

Dari dalam goa kamu akan dihidangkan sejumlah keelokan Goa Jomblang ini, salah satunya ialah sinar yang masuk dari mulut Gua. Satu wisata di Gunung Kidul ini benar-benar telah lama populer di golongan wisatawan dalam ataupun luar wilayah.

Di Goa Jomblang ini pelancong akan menuruni mulut Goa sedalam 15 mtr. hingga sampai 80 mtr.. Buat pelancong yang memilik ketrampilan caving yang pasti sangatlah ringan buat menggapai dasar goa ini. Untuk yang baru memulai tenang saja kelak oleh pemandu wisata akan dikasihkan pengangkatan bagaimana caranya caving ini sendiri.

Sinar Surga di Goa JomblangOh iya buat masuk ke goa ini ada sejumlah lajur yang pelancong dapat lewati. Antara lajur Goa Jomblang yang dapat di lewati dengan jalan kaki memilki kedalaman 15 mtr..

Panorama dalam gua juga sangatlah jauh berbeda dengan di luar goa. Dapat di omong pada gua ini sangatlah elok sebab banyak tumbuhan dan ornament gua yang menghias, salah satunya tumbuhan paku ornemen, batu kristal, stalaktit, dan stalagmit.

Tidak hanya itu dalam Goa Jomblang Gunungkidul ini ada juga sungai yang mengucur cepat. Dari dalam gua ini lebih banyak sinar yang masuk dari sela ataupun mulut goa maka dari itu membuat mahakarya yang mengagumkan. Banyak pelancong berkata sebenarnya sinar ini ialah sinar surga lho rekan – rekan.

Sejarah Singkat Goa Jomblang

Terciptanya Goa Jomblang ini sebab terdapatnya perlarutan dan peruntuhan susunan batu gamping yang berumum seputar 15 – 30 juta tahun. Miliki kedalaman 60 mtr. yang bergaris tengah 50 mtr. ke dasar lubang atau disebutkan Sumuran. Sumuran ini ini terjalin dengan lorong membukukanr yang usai di Luweng Grubug.

Luweng Grubug sediri ialah sumuran tunggal yang miliki kedalaman 90 mtr., adalah sumuran paling dalam di pulau jawa. Tidak cuma itu ada saluran sungai bawah tanah sebagai daya magnet lain di wisata Goa Jomblang ini.

Harga Ticket Masuk Goa Jomblang Gunung Kidul

Buat harga ticket masuk ke Goa Jomblang ini kamu akan digunakan ongkos Rp. 450.000 hingga sampai Rp.1.000.000. Memanglah termasuk mahal buat harga ticket, sebab kamu mesti sewa pemandu dan perlengkapan yang banyak. Harga ticket ini berlaku cuman buat seseorang saja. Lantas buat harga parkir satu motor akan digunakan ongkos Rp. 3000.

Foto by @folkindonesiaJika anda punyai perlengkapan caving sendiri barangkali ongkos akan semakin lebih murah buat masuk ke Goa Jomblang ini. Kelak anda atau bisa saja dengan golongan anda tinggal memohon ijin saja ke kepala desa di tempat.

Lokasi Goa Jomblang Gunung Kidul

Buat posisi Goa Jomblang Gunungkidul ini ada di Jetis Wetan, Pujaan hatiejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta. Waktu pintas dari Kota Yogyakarta ke arah tempat wisata ini lebih kurang 1,5 jam perjalanan.

Buat jurusan ke Goa Jomblang yang dapat di ambil ialah lewat Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – selanjutnya ke arah Wonosari dan dapat anda teruskan ke Kampung Pujaan hatieja. Atau buat jurusan terperincinya anda dapat click Google maps ini buat sejumlah jurusan yang dapat kamu akses dari Jogja.

Diperjalanan diinginkan sangatlah berhati – hati bukan ciamik jalannya tidak baik, akan tetapi sebab jalannya turun naik dan berliku – kelok. Yakini pun kendaraan yang anda naiki dalam kondiri baik atau wajar di naiki.

Kalau kamu mau hadir ke wisata Goa Jomblang ini seharusnya hadir di jam 08.00 – 12.00 siang. Sebab saat jam – jam itu kamu akan mendapat panorama yang luar sebab cahaya matahari masih ceria.

Sedang Jam membuka Goa jomblang ini mulai di jam 08.00 hingga sampai 14.00 WIB. Usul kami hadirlah pagi pagi sekali buat mengelit macetnya kota jogja hehehe.

Rute Goa Jomblang

Kamu dapat melakukan perjalanan sekitaran 1,5 jam buat hingga sampai ke Gua Jomblang atau Goa Jomblang.

Kamu dapat lewat perjalanan dengan ikuti jalur Jogja – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Semanu – Kekasihejo.

Lalu, teruskan perjalanan kamu dengan melintasi jalan makadam di tengah-tengah daerah dan kebun masyarakat. Tidak jauh disini kamu dapat mendapati Gua Jomblang.

Layanan di Goa Jomblang Gunung Kidul

Buat layanan di Goa jomblang ini salah satunya ialah Tempat beribadah, Ruang parkir, dan Kamar mandi umum. Juga ada tempat untuk menitipkan barang dan pelabuhan yang disiapkan oleh Kepala desa di tempat dengan ongkos suka-rela.

Panduan Berlibur ke Goa Jomblang

  1. Kalau kamu bakal bertandang ke goa ini, janganlah lupa untuk bawa busana tukar, tergolong sepasang kaus kaki tambahan lantaran kamu dapat kotor-kotoran di sini. Terkecuali itu, jumlah pengunjung Goa Jomblang ini dibatas. Semakin lebih baik kamu bikin booking lebih dahulu.
  2. Siapkan Fisik, karena aktivitas yang akan digunakan adalah menggunakan fisik, jadi pastikan dalam kondisi yang prima.
  3. Semestinya kamu hadir jam 10.00 – 12.00 WIB, sebab saat jam itu matahari masih ada dalam atas kepala maka dari itu kamu dapat menyaksikan sinar surga yang elok.
  4. Persiapkan keadaan badan kamu secara bagus, sebab pekerjaan di Gua Jomblong cukup kuras energi.
  5. Pakai tas anti air buat mengelit sejumlah barang kamu basah terserang air.
  6. Semestinya pakai celana panjang serta kemeja kaos yang nyaman.
  7. Semestinya kamu tidak pakai celana jeans sebab dicemaskan mengacaukan gerakan kamu.
  8. Semestinya tidak pakai sandal, kamu dapat pakai sepatu boot atau sepatu olahraga.
  9. Tidak boleh hadir waktu musim penghujan, sebab dicemaskan mengkhawatirkan dirimu.
  10. Taati ketentuan yang dikasihkan mentor yang menolong kamu waktu caving, sebab caving sebagai pekerjaan yang cukup terdapat resiko kalau kamu tidak taati ketentuan serta waspada.

Nah ini sahabat sedikit pembahasan kita mengenai Goa Jomblang Gunungkidul, jika ndak ingin repot untuk berliburan seru di Jogja gunakan saja layanan Paket Wisata Jogja dari kami. Dijamin liburan anda akan semakin berkesan dan menyenangkan.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.