Puncak B29 Gunung Bromo, Negeri di Atas Awan

Written by Ahmad Fahrudin

Apr 12, 2023

12 April 2023

Puncak B29 Gunung Bromo ~ Puncak B29 Bromo adalah sebuah destinasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.

Tempat wisata ini dinamakan Puncak B29 karena terletak di ketinggian 2.900 mdpl atau sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut. Selain menikmati keindahan alam yang menakjubkan, di Puncak B29 juga terdapat beberapa spot yang cocok untuk berfoto-foto.

Salah satu hal yang paling menarik dari Puncak B29 adalah pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Saat matahari terbit, langit akan terlihat sangat cerah dan jernih, dan cahaya matahari yang menyinari gunung dan lembah di sekitar Puncak B29 akan memberikan pemandangan yang sangat memukau.

Untuk mencapai Puncak B29, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Probolinggo atau sekitar 4 jam dari Kota Malang.

Perjalanan bisa dilakukan dengan mobil atau motor dan dilanjutkan dengan pendakian sekitar 3 jam hingga sampai ke puncak. Selama perjalanan, pengunjung akan melewati jalan yang cukup terjal dan berliku-liku, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan yang cukup bertenaga.

Harga tiket masuk ke Puncak B29 adalah sekitar Rp. 10.000,- per orang. Namun, untuk melakukan pendakian, pengunjung disarankan untuk membawa peralatan yang memadai seperti jaket hangat, sepatu gunung, dan alat penerangan.

Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena di sekitar Puncak B29 tidak terdapat banyak warung atau toko yang menjual makanan atau minuman.

Puncak B29 Bromo merupakan destinasi wisata yang cocok bagi para pecinta alam dan para pendaki gunung. Pemandangan matahari terbit yang sangat indah serta keindahan alam yang menakjubkan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Namun, sebelum mengunjungi Puncak B29, pengunjung disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Jalur Akses Dan Rute Ke Puncak B29 Gunung Bromo

Via Lumajang

Untuk menuju ke Puncak B29 via Lumajang, terdapat beberapa rute dan jalur akses yang dapat dipilih, antara lain:

  1. Rute Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) – Desa Wonorejo – Desa Senduro – Puncak B29
  • Dari area TNBTS, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Wonorejo yang berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
  • Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Desa Senduro yang berjarak sekitar 5 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.
  • Dari Desa Senduro, perjalanan dilanjutkan ke pos pendakian B29 dengan jarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
  • Setelah itu, pendaki bisa melanjutkan perjalanan menuju Puncak B29 dengan jarak sekitar 1 km dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit.
  1. Rute Lumajang – Desa Senduro – Puncak B29
  • Dari Lumajang, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Senduro dengan jarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
  • Setelah sampai di Desa Senduro, perjalanan dilanjutkan menuju pos pendakian B29 dengan jarak sekitar 10 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
  • Dari pos pendakian, perjalanan dilanjutkan menuju Puncak B29 dengan jarak sekitar 1 km dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur akses dan rute ke Puncak B29, sebaiknya Anda menghubungi pihak TNBTS atau agen wisata yang terpercaya. Selain itu, pastikan juga untuk mempersiapkan fisik dan perlengkapan yang memadai sebelum melakukan pendakian ke Puncak B29.

Via Probolinggo

Jalur akses dan rute ke B29 via Probolinggo sebenarnya dapat dilakukan dengan dua opsi jalur, yaitu jalur Probolinggo dan jalur Tumpang. Namun, jalur Probolinggo dianggap lebih mudah dilalui karena jalurnya lebih baik dan tidak terlalu menantang. Berikut ini rute dan jalur akses ke B29 via Probolinggo:

  1. Dari Probolinggo menuju Desa Sumberwringin

Anda bisa naik kendaraan umum seperti angkutan kota Probolinggo – Lumajang dengan biaya sekitar Rp 25.000 – Rp 35.000 per orang. Setelah sampai di terminal Tumpang, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum yang menuju Desa Sumberwringin. Perjalanan dari Tumpang ke Sumberwringin memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam dengan biaya sekitar Rp 15.000 – Rp 25.000 per orang.

  1. Dari Sumberwringin menuju B29

Setelah sampai di Desa Sumberwringin, Anda bisa memilih jalur pendakian melalui Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) atau melalui jalur Bukit Jengger. Untuk jalur TNBTS, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di Pos Paltuding dan membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000 per orang. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki jeep sewaan menuju B29 dengan biaya sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 per jeep.

Sedangkan untuk jalur Bukit Jengger, Anda bisa langsung menuju ke Desa Wonokitri dengan menaiki angkutan umum dari Sumberwringin dengan biaya sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Setelah sampai di Desa Wonokitri, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek atau berjalan kaki menuju B29.

Perjalanan menuju B29 via Probolinggo memang agak lebih jauh dibandingkan jalur Lumajang, namun jalurnya lebih mudah dan terdapat akses kendaraan umum yang cukup memadai. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin repot mencari kendaraan pribadi, jalur Probolinggo bisa menjadi alternatif pilihan untuk menuju B29.

Via Malang

Untuk menuju ke puncak B29 Bromo melalui Malang, Anda dapat mengikuti rute sebagai berikut:

  1. Dari Malang menuju ke Tumpang Dari pusat kota Malang, Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau bus menuju terminal Arjosari. Kemudian, dari Terminal Arjosari, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju ke Terminal Tumpang. Setelah tiba di Terminal Tumpang, Anda bisa menggunakan kendaraan sewa seperti ojek atau mobil hingga ke pos pendakian.
  2. Dari pos pendakian menuju ke puncak B29 Bromo Setelah tiba di pos pendakian, Anda bisa memulai pendakian menuju puncak B29. Rute pendakian yang dapat diambil adalah melalui Desa Wonokitri. Jalur ini memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan jarak sekitar 6 km dari pos pendakian. Selama pendakian, Anda akan melewati perbukitan dan hutan yang masih alami. Pemandangan yang bisa dinikmati selama perjalanan adalah panorama pegunungan dan keindahan alam sekitar.
  1. Tips pendakian ke puncak B29 Bromo Untuk pendakian ke puncak B29 Bromo, disarankan untuk membawa perlengkapan pendakian seperti sepatu gunung, jaket tebal, kantong tidur, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, serta membawa sampah kembali turun dari puncak gunung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Perlu diingat bahwa jalur pendakian ke puncak B29 Bromo memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian. Jangan lupa untuk mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku selama pendakian untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Tiket Masuk Wisata Puncak B29 Gunung Bromo

Tiket masuk ke B29 Bromo dikenakan biaya Rp 5.000,00. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi lokasi ini seperti pajak parkir sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu, jika ingin menyewa tenda untuk bermalam di area B29, biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000 per tenda.

Penginapan Di B29 Bromo

Di sekitar kawasan B29 Bromo terdapat beberapa pilihan penginapan yang bisa dipilih oleh para wisatawan, baik itu homestay, guest house, villa, hingga tenda berkemah. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan di B29 Bromo:

  1. Penginapan B29 Homestay Alamat: Jl. Raya Wonokitri, Dusun Krajan, Desa Wonokitri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tarif: Mulai dari Rp 150.000/malam
  2. Pondok Wisata B29 Alamat: Dusun Krajan, Desa Wonokitri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tarif: Mulai dari Rp 150.000/malam
  3. Guest House Villa Edelweiss Alamat: Jl. Raya Bromo No. 7, Desa Ngadiwono, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur. Tarif: Mulai dari Rp 550.000/malam
  4. Pondok Wisata Adas Alamat: Jl. Raya Wonokitri, Desa Wonokitri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tarif: Mulai dari Rp 300.000/malam
  5. Camping Ground B29 Bromo Alamat: Dusun Krajan, Desa Wonokitri, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tarif: Mulai dari Rp 100.000/malam

Pastikan untuk memesan penginapan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke B29 Bromo, terutama pada musim liburan atau akhir pekan.

Tips Liburan ke Puncak B29 Bromo

Berikut beberapa tips liburan ke Puncak B29 Bromo yang dapat membantu Anda menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan menyenangkan:

  1. Persiapkan fisik dan mental Persiapkan fisik dan mental sebelum melakukan perjalanan ke Puncak B29 Bromo. Kondisi jalanan yang berliku dan mendaki dapat menuntut fisik dan mental yang prima.
  2. Pilih waktu yang tepat Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Puncak B29 Bromo, hindari musim hujan dan cuaca buruk yang dapat mengganggu perjalanan Anda.
  3. Pilih jalur yang sesuai Pilih jalur yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi Anda. Ada beberapa jalur yang dapat dipilih, jalur via Lumajang, Probolinggo, atau Malang. Pilihlah jalur yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Bawa perlengkapan yang tepat Bawa perlengkapan yang tepat untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang berubah-ubah di sepanjang perjalanan. Pastikan Anda membawa jaket, masker, dan peralatan medis yang diperlukan.
  5. Gunakan kendaraan yang memadai Gunakan kendaraan yang memadai dan dapat menempuh medan yang berat, seperti jeep atau motor trail. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi baik dan terawat.
  6. Booking penginapan terlebih dahulu Jika Anda berencana menginap di Puncak B29 Bromo, sebaiknya booking penginapan terlebih dahulu untuk menghindari kehabisan tempat. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
  7. Jangan lupa membawa makanan dan minuman Jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan, terutama jika Anda mengambil jalur yang jauh dari pemukiman atau tidak ada warung di sepanjang jalan.
  8. Patuhi aturan dan jaga kebersihan Patuhi aturan yang ada di Puncak B29 Bromo, seperti jangan merusak alam, tidak membuang sampah sembarangan, dan jaga kebersihan lingkungan.

B29 Bromo merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta alam dan pendaki. Terdapat beberapa jalur akses dan rute yang dapat dipilih untuk mencapai B29, yaitu via Lumajang, Probolinggo, atau Malang. Setiap jalur memiliki keunikan dan pesona tersendiri yang patut untuk dijelajahi.

Selain itu, terdapat beberapa penginapan yang dapat dipilih untuk menginap selama berada di B29, baik itu penginapan berupa homestay, villa, maupun camping ground. Namun, untuk mendaki ke puncak B29 dibutuhkan kondisi fisik yang baik dan perlengkapan yang memadai.

Tiket masuk ke B29 Bromo relatif murah dan terjangkau. Selain menikmati keindahan alam yang menakjubkan, pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas daerah sekitar seperti sate kambing dan wedang jahe.

Dengan persiapan yang matang, keberanian yang cukup, serta keindahan alam yang memukau, B29 Bromo akan memberikan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

Jika anda tidak ingin ribet dalam berwisata ke gunung bromo anda bisa menggunakan layanan Paket Wisata Bromo yang kami sediakan.

 

Related Articles

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View ~ Terletak di perbukitan Patuk, Gunung Kidul, HeHa Sky View telah menjadi destinasi wisata populer di Yogyakarta. Dengan pemandangan menakjubkan yang memadukan keindahan alam dan kreativitas manusia, tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

0 Comments

0 Komentar

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?