1 Juli 2022
Rumah Hobbit Jogja

Rumah Hobbit Jogja

Kota Jogja memanglah spesial, bisa terbuktikan dengan adanya banyak tempat wisata anyar banyak muncul terakhir ini. Diantaranya merupakan wisata Rumah Hobbit Jogja yang anyar hits lebih kurang tiga bulan lalu diawalnya tahun 2017.

Sebetulnya nama dari tempat ini merupakan Wisata Seribu Batu Songgo Langit, namun di media sosial orang lebih mengetahui dengan istilah Rumah Hobbit. Karena dalam tempat ini ada banyak rumah yang mirip rumah hobbit.

Wisata antik ini anyar pertamanya kali dibikin di Bantul Yogyakarta, serta bukan cuma satu tempat wisata antik di Jogja, di wilayah Prambanan ada Rumah Teletubies. Area wisata anyar ini ada diantara banyak pohon-pohon pinus serta karet, nuansa rimba yang teduh serta alami dapat bikin beberapa pengunjung kerasan terlalu lama di sini.

Karena tempat ini masih anyar serta cukup hits di media sosial, jadi tidak usah bertanya-tanya bila ke sini waktu akhir minggu ramai sama pengunjung. Bila ingin kurang begitu ramai, kamu harus ke sini dalam hari biasa supaya suka ber sejumlah foto tiada butuh menanti lama ngantri. Tiba waktu cuaca ceria semakin lebih membahagiakan, serta dapat ber jam-jam di sini.

Daya Tarik Rumah Hobbit

Pengagum film Lord of The Rings barangkali tahu dengan makhluk namanya ‘hobbit’. Makhluk kerdil ini salah satu profil di film termashyur itu. Karena wujud badannya yang kecil, hobbit diceritakan tinggal di rumah antik beratap rendah. Rupanya, rumah hobbit bukan sekedar ada pada dunia khayalan, namun juga di dunia fakta.

Rumah Hobbit salah satu fasilitas yang ada di Seribu Batu Songgo Langit, suatu taman wisata alam di area Bantul, Yogyakarta. Semenjak tahun 2017, tiruan rumah yang termashyur dari film ini adalah spot menarik di area wisata itu. Biarpun cuman duplikat serta tidak betul-betul ditempati hobbit, akan tetapi tidak ada kelirunya membuat Rumah Hobbit menjadi tempat wisata.

Alamat Rumah Hobbit Jogja

Alamat tempat hits ini ada dalam Jl. Rimba Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Posisinya tidak jauh dari wisata Rimba Pinus Mangunan serta wisata Watu Goyang, jurusan perjalanan nya pula sama arah . Maka dapat sekaligus wisata ke arah tempat berlainan. Waktu pintas dari kota Jogja lebih kurang 35-45 menit perjalanan, bergantung kecepatan kendaraan.

Jurusan Ke arah Rumah Hobbit Jogja

Jurusan ke arah rumah hobbit cukup ringan, dari kota Jogja ke arah Jl. Imogiri Timur, hingga pasar Imogiri ada pertigaan ke kiri arah ke Kuburan Sejumlah raja Imogiri. Ada pertigaan ke kanan mengarah Mangunan, hingga pertigaan Mangunan ke kiri, turuti jalan hingga mendapatkan panduan Rumah Hobbit di kanan jalan.

Bila dari arah Gunungkidul atau Jl. Wonosari cukup melalui Patuk ke arah selatan arah Dlingo. Hingga pohon beringin mengambil jalan ke arah Mangunan serta turuti jalan hingga mendapatkan panduan area rumah hobbit jogja.

Semestinya periksa kendaraan kalian saat sebelum pergi, karena jalan ke arah area turun naik serta berliku-liku. Buat kamu yang di luar kota serta belum mengetahui jalan, dapat browsing di google maps atau dapat bawa kawan yang asli Jogja agar lebih gampang.

Jam Buka, Biaya Parkir dan Harga Ticket Masuk Rumah Hobbit Jogja

Tempat hits ini membuka tiap hari dari pagi hingga sore hari, bergantung pengunjungnya, yang kadangkala hingga jam 6.30 sore WIB. Buat biaya parkir sepeda motor cukup bayar Rp 2.000,- per unit, buat mobil Rp. 5.000,- per unit, dan bis Rp 20.000,- per unit.

Harga ticket masuk Rumah Hobbit Jogja sekarang hanya butuh bayar senilai Rp. 2.000,- perorang . Maka untuk kamu yang ingin tamasya namun penghasilan kembali tipis, langsung capcus ke sini saja dech. Ditanggung murah serta hebat.

Spot Antik serta Hebat di Rumah Hobbit Jogja

Tempat ini benar-benar sesuai untuk kamu yang suka poto selfie serta suka sekali nampang di muka camera :D. Janganlah lupa siap siaga gadget kamu, camera serta battery cadangannya ya. Di sini kamu dapat dimanja dengan adanya banyak spot antik yang buat account medsos kamu makin nge hits.

Dimulai dengan halaman dekat tempat parkir mobil ada spot yang bisa jadi tempat berpose dengan disekelilingi bunga-bunga elok.

Dari pintu masuk sudah tampak antik, seperti masuk ke dunia negeri dongeng. Ada sejumlah jembatan kayu yang dibikin natural dan antik buat ketujuan taman seribu batu yang ada pada tengah area.

Ada spot antik yang cukuplah menarik perhatian kami, rumah seribu kayu bagaikan di negeri dongeng yang dapat bikin kalian kerasan ada di sini buat berpose riang bersama beberapa ranting-ranting pohon yang terangkai rapi.

Disebelah kanan ada spot tempat duduk mirip wujud kupu-kupu ukuran besar. Di sebelahnya ada satu rumah ranting pohon yang bisa jadi spot poto.

Di tempat taman ini ada batu besar namanya batu purba songgo langit, kalian juga dapat memanjat naik dengan tangga di dekatnya. Namun tetap harus berhati hati, karena tidak ada pagar.

Ada juga spot antik dengan tulisan modern, seperti keep move on. Dari sisi nya ada area untuk kamu yang ingin nyobain flying fox dengan ticket Rp 15.000,-.

Di dekatnya ada spot dengan tulisan modern pula, nach kami coba bawa poto dengan seseorang nenek yang bertepatan lagi nikmati susana disekitaran rumah hobbit jogja. Wajar, kita kan sayang orang-tua pula kendati bukan nenek sendiri.

Berlanjut ke sisi bawah, yakni jembatan ke arah rumah hobbit mangunan. Nama jembatan yang berikut merupakan “jembatan jomblo”, yang nyata buat kamu geli atau terasa takut kehilangan pasangan waktu ingin melaluinya. Ini cuman tulisan saja loh, tak boleh takut jika jadi jomblo betulan.

Namun untuk kamu beberapa jomblo, pastilah tempat ini amat berdedikasi dengan membikinkan suatu jembatan, menjadi bantuan buat golongan jomblo.

Berlanjut ke tempat tinggalnya beberapa hobbit nih, ada 2 rumah hobbit yang cukuplah menarik perhatian beberapa pengunjung. Bila kamu ingin berpose di rumah ini, kamu harus bersabar ngantri, karena harus berganti-gantian menanti bergantian.

Utk sekedar santai, di tempat ini ada banyak bangku dari kayu buat hanya duduk sekalian nikmati panorama.

Wisata Lain Rumah Hobbit

Untuk kamu yg menyukai mendaki daerah yang kurang begitu tinggi, ini pendakian yang cukup ringan karena jurusan pendakian tidak se extreme di Gunung-Gunung teristimewa buat pendakian. Tidak butuh habiskan waktu lama buat menggapai pucuk, cuman lebih kurang 20 menit telah tiba.

Waktu hingga di pucuk, ada bebatuan lumayan besar serta ada sejumlah gazebo buat berlindung serta ada spot yang cukuplah menarik. Spot poto ini sedikit menjuru ke jurang, sehingga kalian yang ingin berpose di sini haruslah tetap waspada serta siaga.

Dari ketinggian ini kalian dapat lihat hijaunya panorama alam yang cantik serta birunya langit.

Sarana di Wisata Rumah Hobbit Jogja

Sarana di Rumah Hobbit Jogja atau Wisata Seribut Batu Songgo Langit udah lumayan mencukupi, ada toilet, masjid, tempat beristirahat, santai, serta tempat parkir yang lega. Tersedia banyak pula tempat sampah, agar beberapa pengunjung masih mengontrol kebersihan lingkungan wisata.

Diluar itu, di sini udah ada barisan warung yang siap layani kamu bila perut lapar, jadi buat dirinya yang telah mulai murung, selekasnya bawa boyong makanan di sini. Ada jajan bakso tusuk, minuman, makanan ringan, nasi ayam, nasi goreng, bermacam mie rebus, dan seterusnya.

Menurut satu diantara petugas wisata, buat melaksanakan pekerjaan positif seperti outbond serta camping diizinkan di sini.

Aktivitas yang bisa Kamu Lakukan

Trekking Di Bukit

Seribu Batu Songgo Langit sebagai lokasi Rumah Hobbit sebagai lokasi wisata berbentuk bukit. Bukit ini berada di wilayah Bantul, persisnya di Kampung Mangunan, Kecamatan Dlingo. Bukit ini dikuasai oleh tempat rimba pinus yang asri.

Buat tuju Rumah Hobbit, pengunjung lebih dahulu harus lakukan sedikit lintasanking. Jalannya kurang begitu berat karena ditopang oleh jalan setapak berbentuk jembatan kayu. Jembatan ini nyaman serta aman buat dilintasi.

Photo Selfie

Tempat Rumah Hobbit berada tak jauh dari pintu masuk. Maka dari itu, pengunjung tak perlu jalan begitu jauh. Rumah dengan wujud yang antik ini akan segera menimbulkan perhatian siapa saja yang menyaksikannya.

Jumlah rumah hobbit yang dibikin di sini ialah 3 buah. Tiap bangunan miliki pintu berupa lingkaran yang unik. Di halamannya, ada patung-patung manusia kerdil dengan topi kerucut.

Spot ini sebagai duplikasi dari lokasi wisata yang ada pada Selandia Baru. Di negara sebagai lokasi shooting film Hobbit itu, bangunan ini dibentuk di tengahnya bukit-bukit hijau yang luas.

Di Yogyakarta, rumah ini dikitari oleh lokasi rimba pinus yang asri serta mempersejuk. Walau cuma duplikasi, tetapi pelancong tak perlu jauh ke Selandia Baru buat lihat bagaimana wujud rumah khayalan ini.

Karena memiliki bentuk yang antik, Rumah Hobbit tak pernah sepi dari serangan pengunjung. Spot ini menjadi satu diantara object yang memikat buat jadi background photo. Diluar itu, tak diambil cost tambahan apa saja buat berpose di sini. Tidak sekedar swafoto, tempat ini sangat memungkinkannya buat photo bertopik khusus seperti photo pre-wedding, lho.

Lokasi Yang lain

Disamping Rumah Hobbit, masih ada banyak lokasi yang lain di Seribu Batu Songgo Langit yang begitu menarik. Sejumlah tempat itu dapat digapai dengan jalan kaki lebih jauh ke atas bukit. Gak boleh waswas karena jurusannya simpel serta jaraknya kurang begitu jauh.

Lokasi ini konstan mengangkut ide negeri dongeng. Tempat yang lain harus disinggahi yakni Taman Bunga Toempah serta Rumah Seribu Kayu. Ada spot batu-batuan raksasa alami yang fantastis. Kekhasan koleksi fasilitasnya bikin tempat ini jadi satu diantara lokasi favorite buat mencari swafoto.

Bagaimana, jadi pingin ke sini kan. Buruan ke Rumah Hobbit Jogja yang anyar hits ini. Namun jika sahabat ndak ingin repot kamu bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.