18 July, 2019
Pantai Jogja Terbaik

Tak Perlu Ke Bali Kalau Kamu Area Jogja, Ini Ada 10 Pantai Jogja Terbaik, Baperable!

Jogja, sebuah kota romantis dengan surga wisata terkenal hingga belahan dunia. Berbicara tentang wisata Jogja, kota Gudeg ini memang tidak pernah habis untuk dibahas. Jogja tidak hanya terkenal dari Prambanan, Tamansari, juga Keratonnya lho! ada tempat wajib lain yang perlu dikunjungi. apalagi kalau bukan primadona wisata di Jogja yaitu wisata pantai. Ada banyak pantai-pantai yang berbaris di Jogja romantis? Yuk buktikan sendiri romantisme pantai Jogja terbaik dan baperable ini.

1. Pantai Parangtritis

Sebuah pantai yang sudah menjadi ikon wisata Jogja ini tidak pernah surut wisatawan. Memang tidak diizinkan untuk berenang, namun indahnya panorama saat sunsetnya adalah momen yang paling di tunggu. Ada delman dan ATV yang bisa kamu ajak menyusur lautan. Pasir baja yang terbilas ombak berkilau terkena paparan mentari yang mulai kembali ke peraduannya. Dan ada kisah diantara kamu dan dia saat membasahkan kaki dibibir pantai Parangtritis.

Lokasi : Jalan Parangtritis Km 27 Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

HTM : Rp. 3.000, parkir motor Rp. 2000, mobil Rp. 5.000

2. Pantai Indrayanti

Salah satu surga dunia yang terakui, pantai Indrayanti. Pantai yang memiliki nama lain pantai Pulang Syawal ini semakin hari semakin marak didatangi wisatawan. Pasalnya, karakter dari pantai ini seolah menjadi replika pantai di Bali yang terkenal biru laut dan pasir putihnya. Namun karena karakter pantai yang langsung menghadap samudera Hindia, maka tidak disarankan untuk berenang. Tapi kalau ingin bermain air? Boleh banget. Usai bermain-main di pasir putih dan sambaran ombaknya, mampirlah sejenak di gazebo yang disediakan pengelola untuk berteduh dan menikmati semilirnya angin.

Lokasi Pantai Indrayanti : Wilayah desa Tepus, Kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul

HTM : Rp. 10.000 (termasuk pantai tetangganya)

3. Pantai Baron

Sebutan dari “kakek” pantai di Gunungkidul ini masih eksis kok! Mengapa? Pasalnya setiap karakter pantai di Gunungkidul memang unik. Seperti pantai Baron ini. Ada sungai air tawar yang langsung mengalir menuju lautan. Mata air dan muara yang terbendung secara alami membuat area ini jadi kolam alami yang menyegarkan. Lalu, ada kapal-kapal nelayan yang berbaris setelah malamnya memburu ikan di lautan. Pantai Baron ini sudah termasuk kawasan yang terkelola, oleh karenanya untuk fasilitas sudah sangat menjamin yah. Termasuk oleh-oleh!

Lokasi pantai Baron: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungasri, Gunungkidul, Yogyakarta

HTM : Rp. 10.000 (termasuk pantai tetangganya)

4. Pantai Siung

Pantai Siung merupakan pantai yang juga memiliki karakter pantai terbaik di Jogja. Mengapa? Jika ditilik dari keindahannya, pantai Siung sudah jelas membuat siapapun takjub. Pantai ini memiliki bibir pantai yang cukup lebar dan karang dikanan kirinya. Adapun sudut pantai siung di sisi timurnya memiliki bukit yang bisa dijadikan spot untuk melihat lautan lepas tanpa batas. Hati-hati anginnya cukup kencang! Tapi lokasi ini jadi spot foto yang sangat baperable!

Lokasi Pantai Siung: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

HTM : Rp. 5000 (termasuk pantai Nglambor dan pantai Jogan)

5. Pantai Nglambor

Satu lagi pantai Jogja terbaik yang perlu kamu kunjungi adalah Pantai Nglambor. Hobi Snorkeling atau diving di lautan? Ke pantai Nglambor bisa menjadi solusinya. Bebatuan karang dan ikan cantiknya seolah menjadi akuarium raksasa yang bisa kamu salami. Berenang bersama ikan-ikan cantik ini tidak perlu khawatir disambar oleh si ombak ganas. Pasalnya, kamu berenang di kawasan aman karena ada dua karang di depannya yang menjadi penghalang ombak memecahkan akuarium indah ini.

Lokasi Pantai Nglambor: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

HTM : Rp. 5000 (termasuk pantai Siung dan pantai Jogan)

6. Pantai Jogan

Pernah lihat McWay Beach California? Jogja juga punya pantai terbaiknya. Siapa lagi kalau bukan Pantai Jogan. Pantai ini memang tidak mempunyai pasir putih seperti pantai lain di Gunungkidul Yogyakarta. Namun pantai ini memiliki air terjun alami yang berasal dari aliran air tawar dari perbukitan karst ini. terjun langsung bertemu dengan ombak lautan menjadikan pantai Jogan adalah rekomendasi pantai unik, terbaik, di Yogyakarta. Sudah pernah ke sini?

Lokasi Pantai Jogan:  Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

HTM: Rp. 5000 (termasuk pantai Siung dan pantai Nglambor)

7. Pantai Glagah

Unik dan berbeda, sebuah pantai unggulan Kulon Progo ini mampu menjadi saingan pantai lain yang ada di Jogja. Khusus pantai Glagah, sebuah pantai yang memiliki laguna dan ribuan tetrapod. Adalah pemecah ombak yang menjadikan pantai Glagah ini ekotis kala deburannya membelah diri diantara kaki-kaki tetrapod. Indahnya lagi saat senja mengiri kawasan. Warna jingga, tetrapod, ombak, menjadi area fotografi indah, baperable!

Lokasi Pantai Glagah: Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta

HTM: Rp. 4.000

8. Pantai Goa Cemara

Sesuai namanya, pantai Goa Cemara memiliki karakter dar “cemara” atau pinus-pinus hijau merimbun dan ribuan pohonnya beradu-padu membentuk lobang jalan yang jika ditilik seperti goa. Di depannya ada pasir baja dan deburan ombak serta semilir angin yang akan membuat betah siapapun yang berkunjung. Eloknya, pantai ini juga sering dijadikan spot foto pre-wedding. Rekomendasi untuk para jomblo nih!

Pantai Goa Cemara: Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Bantul, Yogyakarta

HTM : Rp. 2000

9. Pantai Wediombo

Yang biasanya pantai-pantai di Gunungkidul dibilang tidak bisa untuk sunset, cobalah ke pantai Wediombo. Pantai Wediombo ini berbeda lho. makanya masuk rekomendasi pantai Jogja terbaik, hehehe. “Wedi” yang berarti pasir dan “Ombo” yakni luas, memaknai penamaan nama pantai yang benar adanya pada wujud pantai ini. Bibir pantai luas, serta romantis untuk ditilik sunsetnya.

Lokasi Pantai Wediombo: Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta

HTM: Rp. 5.000

10. Pantai Sedahan

Masih dekat dengan pantai Wediombo, pantai Sedahan menjadi area pantai asyik untuk kamu yang ingin camping! Serius, pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menilik kawasan serasa pantai privat dengan bibir pantai yang lebar namun tidak seluas pantai lain yang sudah lebih dahulu terkelola. Justru karena masih belum terkelola, pantai ini menjadi pantai Jogja terbaik untuk camping para backpacker! Setuju?

Lokasi pantai Sedahan: Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta

HTM: free

Manakah Pantai Jogja terbaik versi kamu? sudah pernah ke semua lokasi tersebut? Kalau belum, liburan bareng mau? Yuk yuk!

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.