Tamansari Yogyakarta

Written by Ahmad Fahrudin

Jul 4, 2023

4 Juli 2023

Tamansari Yogyakarta sebuah destinasi wisata yang menghadirkan keindahan alam dan sejarah yang tersembunyi di tengah keramaian Yogyakarta. Tamansari, adalah sebuah kompleks keraton yang dulunya menjadi tempat beristirahat dan rekreasi bagi keluarga kerajaan Mataram.

Tamansari memiliki daya tarik yang unik dan memikat bagi para pengunjung. Ketika memasuki kompleks ini, Anda akan segera terpesona oleh suasana yang tenang dan sejuk. Tamansari dipenuhi dengan kolam-kolam, taman-taman, dan bangunan-bangunan indah yang menggambarkan kemegahan dan keanggunan zaman dahulu.

Salah satu daya tarik utama Tamansari adalah kompleks kolam yang terletak di bagian tengah. Kolam-kolam ini dulunya digunakan sebagai tempat mandi dan hiburan bagi keluarga kerajaan. Dikelilingi oleh bangunan-bangunan dengan arsitektur yang khas, kolam-kolam tersebut menciptakan pemandangan yang memesona dan menjadi tempat yang sempurna untuk berfoto.

Selain itu, Tamansari juga memiliki terowongan bawah tanah yang menghubungkan kompleks ini dengan Keraton Yogyakarta. Terowongan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena dulunya digunakan sebagai jalur rahasia untuk keluarga kerajaan agar dapat melarikan diri atau bersembunyi dari bahaya.

Selama mengunjungi Tamansari, Anda juga dapat menjelajahi area sekitar yang dipenuhi dengan toko-toko kerajinan lokal. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Jogja seperti batik, wayang kulit, dan kerajinan perak yang indah sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda.

Tamansari adalah tempat yang sangat cocok bagi pecinta sejarah dan keindahan alam. Di sini, Anda dapat merasakan pesona kejayaan kerajaan Mataram dan menghayati kehidupan di masa lalu. Jalan-jalan di antara taman-taman yang hijau, menikmati keindahan kolam-kolam yang memukau, dan menjelajahi terowongan bawah tanah yang misterius adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Tamansari dengan layanan Paket Wisata Jogja. Nikmati keindahan alam dan sejarah yang tersembunyi di kompleks ini, dan biarkan diri Anda terhanyut dalam pesona yang dulu hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan.

Sejarah Tamansari Yogyakarta

Selamat datang di Tamansari Yogyakarta, sebuah tempat yang menyimpan cerita sejarah yang tak tergoyahkan. Tamansari, juga dikenal sebagai Taman Sari, adalah kompleks keraton yang memiliki nilai sejarah yang tinggi dan menjadi salah satu simbol kejayaan Kerajaan Mataram di masa lalu.

Sejarah Tamansari dimulai pada abad ke-18 ketika Sultan Hamengkubuwono I memerintahkan pembangunan kompleks ini sebagai tempat rekreasi dan relaksasi bagi keluarga kerajaan. Disebut sebagai “taman yang indah dan menyenangkan,” Tamansari dijadikan sebagai tempat peristirahatan dan hiburan di tengah kegiatan politik dan kehidupan istana yang sibuk.

Kompleks Tamansari awalnya terdiri dari taman-taman yang luas, kolam-kolam indah, dan bangunan-bangunan yang megah. Fungsinya meliputi berbagai kegiatan, seperti tempat mandi bagi para permaisuri dan selir-selir Sultan, tempat bermain air, hingga tempat persembunyian dalam situasi darurat.

Salah satu bagian terkenal dari Tamansari adalah kolam-kolam yang terletak di tengah kompleks. Kolam-kolam ini digunakan untuk kegiatan mandi dan rekreasi keluarga kerajaan. Bangunan-bangunan yang mengelilingi kolam memberikan sentuhan arsitektur yang elegan dan menjadikan suasana Tamansari begitu memukau.

Namun, nilai sejarah Tamansari tidak hanya terletak pada keindahan fisiknya. Kompleks ini juga memiliki terowongan bawah tanah yang menarik perhatian. Terowongan ini digunakan sebagai jalur rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Keraton Yogyakarta. Fungsinya adalah untuk melindungi keluarga kerajaan jika terjadi ancaman atau bahaya dari luar.

Selama masa pendudukan Belanda, Tamansari mengalami kerusakan dan perubahan signifikan. Namun, usaha restorasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat berhasil mengembalikan Tamansari ke kejayaannya yang dulu. Kini, Tamansari menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta dan menjadi saksi bisu dari masa-masa keemasan Kerajaan Mataram.

Mengunjungi Tamansari Yogyakarta adalah sebuah perjalanan yang mengungkap sejarah dan budaya yang tak ternilai harganya. Menyusuri taman-taman yang teduh, menjelajahi kolam-kolam yang mempesona, dan memasuki terowongan bawah tanah yang misterius adalah cara terbaik untuk merasakan atmosfer magis dari masa lalu.

Jadi, jika Anda ingin mengenal lebih dekat sejarah dan kebudayaan Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Tamansari. Nikmati pesona keindahan alam dan keajaiban arsitektur yang telah menyimpan jejak-jejak sejarah yang tak terlupakan.

Lokasi Tamansari

Dibangun pada abad ke-18 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, Tamansari memiliki makna dan keindahan yang mendalam. Lokasinya yang strategis, di Jalan Taman, Ngasem, Yogyakarta, membuatnya menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berada di tengah-tengah kehidupan kota yang sibuk, Tamansari merupakan oase yang menenangkan dan menyuguhkan suasana yang berbeda. Kompleks ini terdiri dari berbagai bangunan dan kolam yang dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi dan istana pribadi para Sultan. Sekarang, Tamansari menjadi destinasi wisata yang menggambarkan kejayaan masa lalu.

Salah satu daya tarik utama Tamansari adalah kompleks kolam yang indah. Kolam-kolam tersebut, seperti Kolam Pemandian Umbul Binangun dan Kolam Segaran, merupakan tempat di mana para Sultan dan keluarga kerajaan dulu berendam dan bersantai. Keindahan arsitektur kolam dan taman yang mengelilinginya memberikan nuansa yang menenangkan dan memanjakan mata.

Selain kolam-kolam yang memukau, Tamansari juga menawarkan keindahan arsitektur yang menggabungkan gaya Jawa dan Eropa. Bangunan-bangunan seperti Bangsal Kencono, Bangsal Kenanga, dan Bangsal Manten merupakan contoh nyata dari keanggunan arsitektur tradisional Jawa. Setiap detailnya dipenuhi dengan ornamen khas yang menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah Jawa.

Tidak hanya sebagai tempat wisata sejarah, Tamansari juga menjadi pusat seni dan budaya. Di dalam kompleks ini, terdapat Museum Tamansari yang menyajikan koleksi seni dan artefak sejarah yang terkait dengan kehidupan kerajaan. Anda dapat mengeksplorasi dan mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah Yogyakarta melalui pameran yang disajikan di museum ini.

Dengan lokasinya yang strategis di tengah kota Yogyakarta, Tamansari juga memberikan kemudahan akses ke berbagai tempat wisata lainnya. Malioboro, Jalan Kraton, Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta hanya berjarak beberapa menit dari Tamansari. Anda dapat menjelajahi keindahan dan kekayaan budaya Yogyakarta dengan mudah dari lokasi ini.

Aktivitas Seru di Tamansari

Tamansari Yogyakarta bukan hanya sekadar kompleks bangunan bersejarah yang indah, tetapi juga merupakan tempat yang menawarkan beragam aktivitas seru bagi para pengunjungnya. Jika Anda mencari petualangan dan kegembiraan, Tamansari adalah destinasi yang tepat untuk dijelajahi. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di Tamansari.

Berkeliling Menyusuri Bangunan Bersejarah : 
Nikmati petualangan di dalam kompleks Tamansari dengan berkeliling menyusuri bangunan bersejarah yang memukau. Jelajahi setiap sudutnya dan hayati keindahan arsitektur tradisional Jawa yang dipadukan dengan sentuhan Eropa. Bangunan seperti Bangsal Kencono, Bangsal Kenanga, dan Bangsal Manten akan memukau Anda dengan keanggunan dan ornamen-ornamen yang memikat.

Menyaksikan Pertunjukan Seni Budaya
Tak lengkap rasanya mengunjungi Tamansari tanpa menyaksikan pertunjukan seni budaya yang khas. Beberapa kali dalam seminggu, Tamansari mengadakan pertunjukan wayang kulit, tarian tradisional Jawa, dan musik gamelan yang memukau. Nikmati pengalaman yang memikat saat Anda terhanyut oleh keindahan dan keaslian seni budaya Yogyakarta.

Merasakan Keindahan Kolam-kolam
Kolam-kolam yang terdapat di dalam kompleks Tamansari adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Anda dapat menyewa perahu dan berkeliling kolam sambil menikmati pemandangan yang menenangkan. Jangan lewatkan momen untuk berendam di Kolam Pemandian Umbul Binangun dan merasakan sensasi yang unik.

Mengunjungi Museum Tamansari
Jelajahi Museum Tamansari yang terletak di dalam kompleks ini dan kagumi koleksi seni dan artefak sejarah yang dipamerkan. Museum ini menawarkan wawasan yang mendalam tentang kehidupan kerajaan dan budaya Yogyakarta. Anda dapat mengeksplorasi ruang pameran dan mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan sejarah Tamansari dan warisan budayanya.

Mengikuti Workshop Seni dan Kerajinan
Tamansari juga menyediakan berbagai workshop seni dan kerajinan tradisional yang dapat Anda ikuti. Dalam workshop ini, Anda dapat belajar membuat batik, menggambar wayang, atau membuat kerajinan tangan lainnya. Nikmati pengalaman langsung mengenal dan mempraktikkan keahlian budaya yang kaya di bawah bimbingan para ahli.

Tamansari Yogyakarta menawarkan lebih dari sekadar keindahan arsitektur dan sejarah yang memikat. Aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di sini akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan dan tak terlupakan. Jelajahi setiap sudutnya, ikuti pertunjukan seni budaya, dan merasakan keindahan kolam-kolamnya. Nikmati pengalaman berharga yang hanya bisa ditemukan di Tamansari.

Wisata Dekat Tamansari Yogyakarta: Menjelajahi Pesona Sekitarnya

Tamansari Yogyakarta bukan hanya menjadi destinasi wisata yang menakjubkan dalam dirinya sendiri, tetapi juga menjadi pintu gerbang menuju pesona wisata lainnya yang terletak di sekitarnya. Jika Anda berkunjung ke Tamansari, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi wisata-wisata menarik yang berdekatan dan menambah keindahan perjalanan Anda.

Keraton Yogyakarta

Tidak jauh dari Tamansari, Anda akan menemukan Keraton Yogyakarta, istana resmi Kesultanan Yogyakarta. Mengunjungi Keraton adalah sebuah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan, karena Anda akan melihat langsung bagian penting dari sejarah dan budaya Yogyakarta. Jelajahi ruang-ruang kerajaan, terpesona dengan arsitektur yang indah, dan temui budaya Jawa yang kaya di setiap sudut istana.

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul adalah sebuah lapangan yang terletak di selatan Keraton Yogyakarta. Tempat ini terkenal karena dua pohon beringin yang menjadi ikonnya. Selain menikmati suasana lapangan yang luas, Anda juga dapat mencoba berbagai permainan tradisional seperti gasing, egrang, dan layang-layang. Jangan lupa untuk mengikuti tradisi melempar uang logam ke tengah lapangan untuk mendapatkan keberuntungan.

Pasar Ngasem

Berjalan-jalan di sekitar Tamansari, jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Ngasem. Pasar ini adalah tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Yogyakarta seperti batik, kerajinan tangan, makanan tradisional, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencicipi makanan lezat dan memperoleh benda-benda unik sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda.

Museum Sonobudoyo

Bagi pecinta seni dan budaya, Museum Sonobudoyo adalah tempat yang wajib dikunjungi. Museum ini memiliki koleksi yang kaya dari berbagai aspek kebudayaan Jawa, seperti wayang kulit, senjata tradisional, tekstil, dan masih banyak lagi. Jelajahi ruang pameran yang menarik dan pelajari lebih dalam tentang warisan budaya yang kaya di Yogyakarta.

Wisata-wisata dekat Tamansari Yogyakarta menawarkan pengalaman yang beragam dan memukau. Dari sejarah kerajaan yang megah hingga pasar tradisional yang riuh, Anda akan merasakan pesona budaya dan keindahan alam yang tak terlupakan.

Jadi, saat Anda mengunjungi Tamansari, luangkan waktu untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitarnya dan tambahkan lapisan kedalaman pada petualangan Anda di Yogyakarta.

Hotel Dekat Tamansari

Tamansari Yogyakarta bukan hanya tempat wisata yang menarik, tetapi juga memiliki pilihan hotel yang nyaman dan terletak di dekatnya. Jika Anda berencana mengunjungi Tamansari dan ingin merasakan kenyamanan akomodasi yang dekat dengan destinasi wisata utama, berikut adalah beberapa hotel yang dapat Anda pertimbangkan.

  1. Hotel Amanjiwo terletak di dekat kompleks Candi Borobudur, sekitar 40 kilometer dari Tamansari. Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan pemandangan yang menakjubkan. Dikelilingi oleh hamparan sawah dan pegunungan, hotel ini menyuguhkan kesejukan dan ketenangan yang tak tergantikan. Nikmati fasilitas mewah, seperti kolam renang pribadi, spa, dan restoran yang menyajikan hidangan lezat.
  2. Hotel Gallery Prawirotaman : Terletak di daerah Prawirotaman, hotel ini menawarkan akses yang mudah ke Tamansari dan pusat kota Yogyakarta. Dengan desain yang modern dan suasana yang hangat, Hotel Gallery Prawirotaman menyediakan beragam kamar yang nyaman dan fasilitas yang lengkap. Anda dapat menikmati kolam renang yang menyegarkan, pusat kebugaran, dan restoran yang menghidangkan makanan khas lokal dan internasional.
  3. Greenhost Boutique Hotel merupakan hotel berkonsep ramah lingkungan yang terletak di Jalan Prawirotaman. Dengan desain yang unik dan ekologi yang bertanggung jawab, hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan fasilitas yang ramah lingkungan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana rooftop garden yang indah, kolam renang yang menyegarkan, dan restoran dengan menu organik yang lezat.
  4. Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention : Terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang eksklusif dan berkelas. Dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention memiliki beragam kamar mewah dan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang yang luas, spa, dan restoran dengan menu kuliner yang lezat.
  5. The Phoenix Hotel Yogyakarta – MGallery Collection : Merupakan hotel bersejarah yang terletak di pusat kota Yogyakarta, The Phoenix Hotel Yogyakarta menggabungkan pesona arsitektur kolonial dengan kemewahan modern. Dengan kamar-kamar yang elegan dan fasilitas yang lengkap, hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Nikmati kolam renang yang menenangkan, spa yang menawarkan perawatan relaksasi, dan restoran dengan hidangan internasional yang lezat.

Menginap di hotel dekat Tamansari Yogyakarta memberikan keuntungan akses yang mudah ke tempat wisata utama di kota ini. Setelah menikmati keindahan Tamansari, Anda dapat kembali ke hotel dengan cepat untuk beristirahat dan bersantai. Pilihan hotel yang nyaman dan bervariasi memberikan fleksibilitas dalam memilih akomodasi sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

Jadi, jika Anda merencanakan liburan ke Tamansari Yogyakarta, pertimbangkanlah menginap di salah satu hotel dekatnya. Nikmati kenyamanan yang terletak di tepi pesona dan buatlah pengalaman liburan Anda semakin berkesan.

Related Articles

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View ~ Terletak di perbukitan Patuk, Gunung Kidul, HeHa Sky View telah menjadi destinasi wisata populer di Yogyakarta. Dengan pemandangan menakjubkan yang memadukan keindahan alam dan kreativitas manusia, tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

0 Comments

0 Komentar

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?