15 August, 2020

Watu Kalong dan Watu Kuntul Turut Menjaga Pantai Nglambor

Destinesa – Menjadi kawasan yang lengkap dengan wisatanya yang super eksotis menjadikan kawasan Gunungkidul semakin dilirik oleh wisatawan. Ada goa dengan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif disusul dengan sungai di bawah tanah. Selain itu, banyak pantai pasir putih yang diapit tebing super eksotis.

Cantiknya pantai di Gunungkidul terkadang disayangkan oleh para turis karena himbauan dilarang berenang apalagi snorkeling. Eitss tapi tunggu dulu. Dari ratusan pantai yang ada di Gunungkidul, kamu perlu menengok pantai Nglambor! Sebuah pantai yang menyanggah bahwa pantai di Gunungkidul tidak bisa digunakan untuk snorkeling.

Lokasi dan Akses

Lokasi pantai Nglambor ini berada di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Sementara itu, untuk aksesnya tinggal mengikuti arah pantai Siung. Karena pantai Nglambor dan pantai SIung berada di dalam satu kawasan retribusi. Termasuk juga pada pantai Jogan. Namun mengingat kembali akses Gunungkidul termasuk kawasan karst dengan bebatuan di seluruh areanya, jalanan terjal terkadang datang tak terduga.

Susur lokasi pantai Nglambor diperlukan keahlian khusus. Pasalnya jalanan yang ada bisa mengguncang para pengendara. Namun ada ojek yang siap mengantarkan pengunjung ke lokasi karena lebih ahli dna lebih memahami medan.

Menyapa Biota Laut di Pantai Nglambor

Mulanya hampir setiap orang memiliki prasangka bahwa menyelam di air biru Gunungkidul tidaklah mungkin. Ombak menggulung ganas berhasil menciutkan nyali pengunjung. Berbeda dengan pantai utara Jawa yang ombaknya lebih tenang. Pantai selatan Jawa ini seperti memang bukan tempat yang tepat untuk menikmati air asin dan menyapa biota lauta. Namun di pantai Nglambor ini peengunjung dihadapkan pada kemungkinan dari yang tidak mungkin. Bercanda dengan ikan-ikan menggemaskan sembari menatap indahnya alam bawah laut.

Dari bibir pantai, pengunjung bisa melihat indahnya lukisan tangan Tuhan. Perpaduan biru dan hijaunya sekitar karang. Serta pengunjung lainnya dengan persiapan atribut lengkap. Jaket pelampung oranye, dan peralatan snorkel lain. Nyatanya, berenang di pantai Nglambor ini tidak berarti menyelami samudra melainkan di perairan dangkalnya. Hehehe.

Takjub dengan pesona alam belum lengkap kalau belum menyapa makhluk laut nan cantik. Pasalnya pantai Nglambor ini merupakan pantai dengan destinasi Snorkeling! Ada beberapa jenis ikan di pantai Nglambor ini seperti jenis Jambrong dan Sergenat Major. Terumbu karang dan biota lautnya semakin menambah eksotis nuansa aquarium lautan ini.

Penjagaan Pantai Secara Ketat Oleh Warga dan Watu Kembarnya

Area pantai Nglambor dan sekitarnya telah dijaga dengan baik dan dirawat oleh warga setempat. Kawasan ini termasuk pada kawasan budidya beberapa jenis ikan serta konservasi terumbu karang. Istilah “Ngalangi” yang mana dalam bahasa Jawa artinya merupakan menghalangi adalah upacara sedekah laut untuk menghalangi siapapun yang menangkap ikan secara liar. Pasalnya penangkapan ikan di kawasan pantai Nglambor ini dilakukan satu tahun sekali dengan Gawar, sebuah alat jarring dari akar pohon Wawar yang dipancang kemudian dihalau ke lautan.

Selain masyarakat setempat, alampun turut menjaga dan mempertahankan kawasan yang rupawan ini dengan memberikan mandat kepada dua watu besar yakni Watu Kalong dan Watu Kuntul. Keduaanya berdiri gagah berjaga dan menghalau ombak ganas agar lebih jinak membantai bibir pantai Nglambor. Adanya karang raksasa tersebut, terumbu karang di pantai Nglambor terjaga aman dari hempasan ombak. Juga menjadi rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung snorkeling.

Biaya Sewa Peralatan Snorkeling

Biaya peralatan snorkeling di pantai Nglambor ini berkisar dari Rp. 35.000 hingga Rp. 50.000. Harga tersebut sudah termasuk paket peralatan snorkel, masker, sepatu karet (buka fins), life jacket, guide, dan peralatan lainnya. Foto di bawah air dan di atas air untuk 3 hingga 5 foto per orang. Serta sejumlah fasilitas lain untuk teh panas sebagai welcome drink, ruang ganti, penitipan barang, serta tempat ibadah. Murah aja apa murah banget?

Bagi pemula, ada saran untuk selalu berhati-hati agar tetap menjaga kelestarian terumbu karang dan ekosistem laut di pantai Nglambor. Jika rusak akan disayangkan akrena usaha masyarakat dan alam termasuk Watu Kalong dan Watu Kuntul dalam menjaga kawasan. Pelu waktu cukup lama bagi alam untuk mempersolek diri. Yuk jaga lestarinya alam negeri ☺ Happy traveling. (tyan)

Share

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.