21 April, 2019
30 Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Khas Keraton dan Tradisional

Wisata Kuliner Jogja

Destinesa ~ Liburan namun tidak mencicipi makanan khas jogja tentunya akan berasa kurang, Wisata Kuliner Jogja berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif dan sedikit solusi untuk sobat yang sedang menikmati liburan ke jogja.

Belum afdol rasanya jika berkunjung ke Jogja belum menikmati kuliner manis pedas asin yang ditawarkan di setiap kuliner khas ini. Ada apa saja sih wisata kuliner Jogja yang bisa Anda sambangi? Tilik spot-spotnya berikut yuk. Bisa jadi dari 30 Wisata Kuliner Jogja ini cocok di lidah Anda.

1. Bakmi Jawa

Sajian kuliner lezat bernama Bakmi ini sudah melegenda. Rasa bakmi Jawa berbeda dengan mie apda umunya. Selain gurih, bakmi ini mempunyai ciri khas yakni dimasak di atas Anglo (Tungku dari tanah liat) dan berbahan baku untuk memasak dari arang. Adapun bakmi Jawa yang terkenal di Jogja antara lain ada Bakmi Shibitsu, Bakmi Jawa Mbah Gito, Bakmi Jawa Mbah Mo, dan masih banyak yang lainnya.

2. Gudeg Pawon

Selain Yu Djum, Gudeg yang paling terkenal di Jogja ini antara lain adalah Gudeg Pawon. Gudeg favorit wisata kuliner Gudeg di Jogja. sajian kuliner dari nangka muda ini adalah sajian utama dari Gudeg Pawon. Berdirii sejak puluhan tahun tepatnya tahun 1958, rasa gudeg Pawon selalu ngena di hati pecinta wisata kuliner. Tempatnya cukup sederhana, tapi rasanya juara.

3. Soto Kadipiro

Di Jogja ini ada banyak macam soto yang begitu terkenal. Namun salah satu yang menjadi soto incaran wisatawan adalah Soto Kadipiro yang berada di Jalan Wates Yogyakarta. Saat ini, Soto Kadipiro sudah mempunyai banyak cabang. Ceritanya, awal mula usaha sang pemilik yakni bapak Widadi memulai usaha soto dengan berkeliling kampung ke kampung lainnya. Hingga pada akhirnya dia membuka warung makan di jalan Wates yang menjadi kantor pusat dan membuka cabang di beberapa tempat.

4. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe

Soto Ayam Kampung Pak Dalbe menjadi salah satu kuliner terkenal di Jogja yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta. Tepatnya berada di tengah-tengah antara gereja Baptis Indonesia Anugerah dan Pizza Hut. Warungnya cukup sederhana dan memanjang ke belakang. Meskipun demikian warung ini selalu ramai dikunjungi. Menariknya adlaah dari ayam kampung sebagai cita rasa tiada dua.

5. Sego Pecel (SGPC) Bu Wiryo

Sego Pecel SGPC bu Wiryo adlaah tempat kuliner dari sego pecel yang sudah terkenal dan melegenda di Jogja. lokasinya ada di jalan Selokan Mataram. Tepatnya berada di seberang Fakultas Peternakan UGM. SGPC Bu Wiryo ini buka setiap harinya mulai pukul 7.30 hingga 20.30. keungguulan dari SGPC bu Wiryo adalah rasa bumbu pecel yang mempunyai padu padan manis dan pedas dan pas di lidah. Lauknya ada tempe, tahu, kerupuk gendar, kerupuk acii, telur ceplok, bakwan, dan lain sebagainya.

6. Sate Klathak Pak Pong

Satu lagi tempat wisata kuliner jogja yang melegenda yakni Sate Klathak Pak Pong. Sate ini telah menjadi sate yang digemari oleh penggila kuliner sate. Sate Klathak Pak pong merupakan tempat kuliner sate yang mana penyajiannya unik yaitu ditusu bukan dengan bamboo melainkan jeruji sepeda.

Menurut sang pemilik, alasannya menggunakan jeruji besi adalah karena daging dapat matang secara merata. Bumbunya cukup sederhana yakni berupa garam, merica, dan juga kecap. Bisa nih untuk Anda yang sedang berwisata di area Imogiri, sate Klathak Pak Pong bisa diijadikan lokasi mampir karena berada di Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret.

7. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi Goreng Beringharjo termasuk pada daftar wisata kuliner Jogja yang melegenda. Nasi Goreng Beringharjo menjadi tempat kuliner sejak tahun 1960 dan hingga kini rasa nasi gorengnya tetap enak dan tidak berubah. Resepnya masih terjaga hingga kini. Nasi Goreng Beringharjo selalu ramai. Namun tidak perlu khawatir karena pembeli tidak akan menunggu terlalu lama untuk mengantri.

8. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto dijadikan salah satu rekomendasi kuliner yang perlu Anda kunjungi. Wisata kuliner Jogja satu ini sudah sangat terkenal dan sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Lokasinya berada di di dusun Nengahan, Panggung Harjo, kecamatan Sewon, kabupaten Bantul.

Selain mangut lele, sajian kuliner yang bisa Anda nikmati antara lain adalah gudeg dan oseng-oseng. Asyiknya menyantap kuliner di warung Mangut Lele Mbah Marto adalah pengunjung bisa dipersilahkan menuju ke ruangan daput untuk mengambil makanan sendiri. Dan inilah uniknya dari pada warung makan lainnya. Berkunjung ke suasana dapur tradisional dengan perabot sederhana dengan tungku kayu.

9. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum telah menjadi gudeg yang cukup legendaris. Gudeg ini mengunggulkan cita rasa tersendiri. Dari sekian banyak Gudeg yang ada di Jogja, tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke santapan gudeg favorit yakni Gudeg Yu Djum. Berdiri sejak tahun 1951, gudeg Yu Djum disajikan dengan krecek pedas, ayam, telur bumbu, termasuk tahu dan tempe bacem.

10. House of Raminten

Tempat wisata kuliner JOgja berikutnya adalah House of Raminten menyiadakan bermacam masakan tradisional yang dihidangkan dengan ekslusif dan berkelas. The House of Raminten mempunyai gaya bangunan menarik dan pengunjung betah berlama-lama di sini. Alunan music gending Jawa berpadu dengan aroma dupa. Namun inilah yang menjadi ciri khas tempat makan ditengah kota pelajar ini. Juga, bangunannya dengan ciri khas Jawa, pelayanan di House of Raminten mengenakan pakaian khas berupa kemben Jawa. Menu-menu yang disajikan di House of Raminten yakni menu khas angkringan yang dihidangkan secara berkelas seperti nasi kucing, nasi liwet, tau bola, wedang sareh, cunduk, brongkos, sate lilit, nasi kucing, dan sebagainya.

11. Ayam Geprek Bu Rum

Yogyakarta memang menjadi gudang dari tempat kuliner dan menjadi satu lagi tempat wisata kuliner yakni ayam geprek Bu Rum yaitu ayam tepung yang dipadu dengan sambal dan disesuaikan dengan selera pengunjung. Adapun menu-menu yang lain yakni tempe, sayur, tahu, dan telur.Lokasinya berada di Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal.

12. Banyu Mili Country Club

Tempat makan wisata kuliner Jogja satu ini berada di perumahan Griya Mahkota. Banyu Mili Country Club menjadi tempat makan disukai pengunjung karena tempat rekreasi keluarga. Banyu Mili menjadi rumah makan Jogja yang telah menggabungkan konsep rumah makan, kolam renang, serta water byurr dan danau atau pemancingan. Selain itu, Banyu Mili juga dilengkapi dengan fasilitas free hot spot, live music didukung dengan LCD, karaoke, permainan anak seperti bebek air. Oleh karenanya, pengunjung bisa menikmati sajian makanan sembari berwisata.

Beragam menu kuliner yang ada di Banyu Mili Country Club missal dengan udang bakar madu, udang goring, kepiting masak, kepiting rebus, gurame bakar, ayam goring, cumi bakar, dan menu-menu lainnya.

13. Mie Telep 21

Tempat wisata lain yang ada di Yogyakarta yang terkenal yakni ada Mie Telep 21 yang mana menyajikan berbagai macam hidangan mie instan dengan rasa enak dan nikmat. Mie telap 21 telah menyajikan mie instan yang sesuai atau persis dengan gambar yang ada di bungkusnya. Sajian menu yang akan hadir ini akan sama dengan yang tergambar di bungkus makan tersebut.

14. Angkringan Lik Man

Tempat kuliner yang ada di Yogyakarta dengan begitu terkenal antara lain adalah tempat nongkrong yang sambil menikmati aneka kuliner murah meriah. Salah satu Angkringan terkenal di Jogja yaitu Angkringan Lik Man.

Sebagai salah satu tujuan untuk menghabiskan waktu untuk mengisi perut yang sedang lapar. Sensasi angkringan legendaris ini masih khas dengan nasi kucing, gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dan lainnya. Meskipun terbilang sangat sederhana, angkringan ini adalah maestronya angkringan yang ada di Jogja. lokasinya berada di utara stasiun Tugu.

15. Mie Ayam Grabyas

Mie Ayam Grabyaas menjadi tempat kuliner terkenal di jalan Malioboro yang sudah terkenal baik oleh masyarakat Yogyakarta ataupun wisatawan. Apalagi bagi mereka yang mendadak kelaparan di malam hari, Mie Ayam Grabyas ini menjadi incarannya. Lokasinya berada di emperan toko kawasan Jalan Malioboro diseberang jalan Hotel Natour Garuda dan di sebelah selatan Indomaret Point Malioboro.

Mie ayam grabyas siap menyediakan tempat duduk lesehan yang sering dinamakan mie ayam Lesehan Malioboro. Menunya yang ditawarkan antara lain ada mie ayam Grabyas, mie ayam Grabyas Pangsit Goreng, mie Ayam Grabyas Pangsit Rebus, Mie Ayam Grabyas Bakso, Mie Ayam Grabyas Komplit, dan masih ada menu-menu special lainnya.

16. Brongkos Bu Padmo

Tempat wisata kuliner Jogja lainnya yang ada di Jogja yakni Brongkos Bu Padmo. Brongkos adalah sajian makanan dari tahu, tempe, dan kacang tolo dan dipadu dengan santan kental dan kaldu daging segar. Kuah warna hitam yang terbuat dari kluwak. Seperti Rawon namun memakai santan untuk kuahhnya dan juga menggunakan kluwak. Aneka macam lauk tambahan untuk menikmati brongkos seperti krecek, terik daging sapi, telur, babat, perkedel, tempe goreng, peyek, dan beberapa lauk lainnya.

17. Bakso Idola

Kuliner bakso satu ini sudah siap menjadi kuliner favorit pelanggan yang berkunjung! Satu kuliner yang terkenal dan enak di Jogja bernama bakso Idola Yogyakarta. Bakso Idola telah dirintis sejak tahun 1957 dan hingga kini sudah mempunyai berbagai macam cabang lengkap dengan menu andalannya yakni bakso rusuk, bakso tahu, mie ayam bakso, mie ayam dan bakso kuah. Juga Anda bisa memadukan porsi bakso dengan iga sapi atau rusuk yang akan menambah rasa bakso yang enak dan lezat. Bakso idola selalu ramai dikunjungi karena rasanya yang lezat dan porsi pas. Lokasinya berada di jalan Taman Siswa No. 138

18. Warung Spesial Sambal (SS)

Penikmat kuliner yang menyukai beragam masakan pedas atau sambal, di Yogyakarta ini ada lokasi kuliner dengan sajian rasa yang pedas dan menggoyang lidah. Adalah warung Spesial Sambal dengan ciri khasnya menyajikan sajian 23 macam sambl. 14 pilihan lauk, 8 macam sayuruan, dan 24 minuman. Spesialnya di warung ini selain sambal-sambal berbagai macam adalah menu cumi goreng tepung, belut goreng, ayam goreng, ikan goreng, plenving jawa, dan sayur asamnya.

19. Jejamuran

Tempat kuliner yang menarik lagi adalah jejamuran. Sebuah kawasan kuliner yang menyajikan makanan serba jamur. Lokasinya berada di jalan Pramuka Sleman. Tempatnya menjadi tempat kuliner terkenal dan enak dengan olahan serba jamur. Soal rasa jelas enak dan menggugah selera.

Adapun menu yang hadir di Jejamuran ini antara lain adalah rending jamur, tongseng jamur, jamur asam manis, jamur tumis pedas, sate jamur, telor dadar jamur, Fuyunghai jamur, dan masih banyak aneka menu jamur-jamur lain yang ada di Jejamuran.

20. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner oseng-oseng rasanya cukup amazing yakni oseng-oseng Mercon Bu Narti. Dinamakan oseng-oseng Mercon pasalnya masakan oseng-oseng di Oseng-Oseng Mercon Bu Narti adalah masakan pedas dan cocok untuk Anda penggila kuliner pedas. Layaknya mercon yang meledak di mulut!

Oseng-oseng Bu Narti terbuat dari beberapa bahan pilihan yakni gajih, tulang mudah, kulit serta kikil yang mana telah bercampur dengan cabe agar rasa pedasnya meledak. Menu lain di oseng-oseng mercon Bu Narti ada babat, rempelo, bebek, burung dara, lele, serta beberapa minuman lain yang siap menerjang pedas. Lokasinya berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Jogja.

21. Kedai Rakyat Djelata

Tidak ada salahnya untuk mampir ke kedai Rakjat Djelata dengan konsep tempo doeloe. Daya tariknya adalah ada banyak hiasan dan peralatan di masa lalu yang akan membawa Anda seolah berada di tempo dulu. Menu yang tersaji di kedai ini adlaah Roti Bakar Kedjoe Tjoklat, Teh Owoeh, Es Dawet, Susu Mbok Ginem, dan masih ada banyak menu zaman dahulu lainnya.

22. Nasi Rames Demangan

Berkelana saat malam hari dan menyinggahi kawasan Demangan dan kebetulan perut memanggil, Anda bisa mampir ke Nasi Rames Demangan yang terdapat berbagai menu lezat yang ada untuk mengisi perut keroncongan. Adalah warung Nasi Rmaes Demangan Yogya yang memiliki bentuk warung tenda di jalan Demangan. Warung Nasi Rames ini menjadi favorit kalangan mahasiswa karena harganya super murah.

23. Jadah Tempe

Satu lagi sajian kuliner yang amat digemari oleh Sultan Hamengkubuwono. Paduan makanannya unik. Adalah jadah yang merupakan olahan ketan yang dihaluskan dan juga ditemani dengan tempe atau tahu, diolah dengan cara dibacem. Hasilnya cita rasa dari keduannya mengeluarkan rasa manis dan membuat kebanyakan orang ingin berulang kali menyantap hidangan ini. Jika Anda penggila makanan pedas, Anda bisa menambahkan cabe rawit sebagai makanan Anda. Apalagi harganya puun terjangkau yakni mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 per porsinya.

24. Pepes Belut Godean

Beralih ke wilayah Sleman bagian barat, adalah Pepes Belut Godean yang bisa Anda jadikan referensi menu wisata kuliner Jogja berikutnya. Belut, hewan yang amat dikenal licin dan biasa hidup dilumpur dan sawah disajikan dengan cara digoreng dan ditemani sambal. Kreativitas warga Godean menyulap menjadi pepes. Belut-belut yang sudah ditemani dengan parutan kelapa ini biasanya rasanya gurih dan membuat siapapun tergoda!

25. Kali Milk

Kalimilk menjadi tempat wisata kuliner yang ada di Jogja yang menggoyang lidah. Sajiannya berbahan dasar susu lengkap dengan aneka rasa yang akan menggoda selera Anda. Kalimilk sebagai salah satu tempat nongkrongg asyik. Pasalnya interior dari Kalimilk ini berkesan modern. Ada bermacam-macam varian susu yang ada di Kalimilk ini sepertii Cokelat, Strawberry, Mocca Cookies, Karamer, Durian, Green Tea dan berbagai macam varian rasa lain. Selain itu, di Kalimilk ini juga tersedia menu makanan roti bakar, sandwich, dan beberapa menu lain.

26. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman khas dari Bantul yang mana wedang uwuh ini tidak begitu banyak ditemuukan di berbagai daerah lain kecuali di Imogiri. Nama “uwuh” berarti sampah ini merupakan minuman racikan yang hangat dan berkhasiat. Bukan sampah sembarang, melainkan adanya rempah, daun cengkeh, batang cengkeh, daun pala, daun kayu manis, jahe, secang, gula batu, dan juga gula merah.

27. Bungong Jeumpa

Wisata Kuliner Jogja yang bisa Anda pilih sebagai teman makan Anda adalah Bungong Jeumpa. Sajian kuliner ini menyuguhkan bumbu rempah khas Aceh. Menu-menu yang disajikan antara lain ada nasi goreng, mie, roti cane, mie Aceh, ayam goreng, kopi, dan aneka makanan dan minuman khas lainnya.

28. The Sawah Bantul

Menjadi andalan tempat makan enak yang terkenal dengan pelayanannya yang ramah pemandangan indah adlaah nilai positif dari tempat makan ini. Menu yang ditawarkan di the Sawah bercita rasa dari 20 negara andalan seperti kuliner Mexico, Brazil, serta hidangan Jawa. Lokasinya berada di Kampung Sekarpetak, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

29. Lotek Bu Bagyo

Menikmati kuliner tradisional di Jogja bisa Anda lanjutkan untuk menyecapi lotek bu Bagyo. Berada di kawasan Sagan, Lotek Bu Bagyo tidak hanya melayani salad sehat ala Indonesia ini, tapi juga ada Gado-gado yang merupakan rekan dari lotek. Bumbu kacangnya di lotek Bu Bagyo super luget. Porsinya jumbo dengan harga murah yaitu mulai dari Rp.10.000.

30. Ayam Cha Do Jo

Wisata kuliner Jogja yang satu ini akan menunjukkan kepada Anda nikmatnya kuliner Ayam Cha. Ayam tepung crispy yang disiram dengan bumbu saus asam manis dan taburan capcay. Selain itu tidak lupa ada tahu yang dipotoong dadu, jamur kuping dan kerupuk! Super komplit dan bikin kenyang. Soal harga untuk satu porsi ayam Cha Do Jo dikenakan Rp. 12.000. murah banget untuk satu piring yang seringnya tidak habis. Pernah kesini?

Demikian wisata kuliner Jogja yang bisa Anda pilih jika bertandang ke kota Gudeg ini. Masih ada banyak sajian lainnya sih, tapi yang di atas ini adalah bagian dari rekomendasi pecinta kuliner di Jogja. semoga bermanfaat! 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.