26 November 2022
Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno ada di Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Tamasya air yang ini sempat dibuka beberapa lalu, tetapi sekarang sedang ditutup kembali.

Areanya ada di kaki Gunung Welirang serta Gunung Arjuno, sehingga dapat memberinya kondisi yang paling sejuk dan berikan kesegaran.

Cocok sekali buat kamu yang mau cari angin segar membebaskan kepenatan pada diri, atau barangkali semata-mata habiskan waktu dengan keluarga tersayang.

air terjun putuk truno. google maps. sumber: Silver Hebat Baca Pun: Tamasya Tretes

Tetapi sayang, sekarang ini beberapa tempat rekreasi di Kabupaten Pasuruan ada yang belum bekerja seperti rata-rata. Begitu juga perihal dengan Air Terjun Putuk Truno.

Air terjun yang ini bersama dengan lokasi-lokasi tamasya yang lain hingga bulan akhir Maret ini, belum dibuka seperti rata-rata.

Langkah itu dikerjakan untuk menghindar penebaran covid-19 bertambah melebar, tunggu info setelah itu perihal bukanya kembali obyek wisata air yang ini.

Lokasi Putuk Truno

Tempat Air Terjun Putuk Truno ada di Tretes, Kampung Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Areanya bersebelahan dengan Air Terjun Kakek Bodo, ialah sekitaran 2 km saja jaraknya.

Trayek Tuju Putuk Truno

Trayek tuju tempat Air Terun Putuk Truno bila bergerak dari Surabaya akan melintasi Masid Cheng Ho, sehabis mendapatkan persilangan jalan belok arah ke kanan tuju Tretes.

Tidak jauh dari persilangan jalan itu kamu akan mendapatkan perempatan, mengambil arah ke kiri. Jalan yang dilewati telah beraspal serta amat mulus.

Sehabis melintasi Taman Candra Wilwa Tikta, kamu akan lewat jalan yang naik. Tetapi panorama di sejauh jalan amat sejuk serta asri.

Kamu tinggal melesat lempeng telusuri jalan yang telah ada sampai pada akhirnya kamu akan mendapatkan suatu gapura yang ditulis “Selamat Hadir Di Teritori Tamasya Prigen”.

Kembali kamu akan mendapatkan persilangan jalan, masih tujukan kendaraanmu untuk tuju Tretes dengan belok arah ke kiri.

Tidak berlalu lama lantas kamu akan lihat papan panduan yang bakal mengarahkanmu tuju Air Terjun Putuk Truno, ialah belok arah ke kiri.

saat sebelum lanjut cekrek dahulu. google maps. sumber: Sapto Wibowo Kamu akan telusuri jalan turun dengan keadaan jalan yang cukup sempit, waspadalah buat kamu yang gunakan kendaraan beroda 4.

Lantas kamu akan melesatkan kendaraan di jalanan yang naik cukup jelas, yakinkan kendaraanmu pada keadaan sempurna terpenting remnya ya.

Pintu masuk tuju Air Terjun Putuk Truno ada di sisi kiri jalan, selalu konsentrasi agar tak terlewatkan ya. Sehabis mencelarkan kendaraan kamu harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki.

Dari loket pintu masuk tuju Air Terjun Putuk Truno sekitaran 400 mtr. saja, keadaan jalan yang penting kamu lewati turunan yang cukup tajam.

Jam Membuka Putuk Truno

Jam operasional Air Terjun Putuk Truno dibuka tiap-tiap hari Senin sampai Minggu start pukul 08.00 sampai waktu 17.00, tetapi akses tuju tempat air terjun akan ditutup pada waktu 16.00 sore.

Ticket Putuk Truno

Ticket masuk tuju teritori tamasya Putuk Truno dengan bayar sejumlah Rp. 18.000 per-orang.

Untuk pengunjung yang bawa kendaraan, maka di gunakan cost sejumlah Rp 2.000 untuk sepeda motor serta Rp 5.000 untuk mobil.

ada kafe dekat pintu masuk. google maps. sumber: asep setiawan Baca juga: Danau Purba Matano

Sarana Putuk Truno

Sarana umum yang berada di Air Terjun Putuk Truno antara lain:

– Tempat parkir yang lega
– Toilet umum
– Gazebo atau tempat duduk
– Warung minuman dan makanan
– Cafe

Legenda Air Terjun Putuk Truno

Nyatanya Air Terjun Putuk Truno simpan kejadian cinta yang demikian kuat serta dalam. Kejadian itu adalah kejadian cinta Joko Taruno pada Sri Gading Lestari.

Cintanya itu nyatanya mendapati perlawanan dari si ayah wanita yang namanya Raden Arya Wiraraja, beliau adalah seseorang adipati Madura.

Raden Arya Wiraraja menantang keras kejadian cinta mereka karena Joko Taruno tidaklah seseorang bangsawan, ia sebatas seseorang anak selir.

Beberapa langkah sudah dikerjakan oleh Raden Arya Wiraraja untuk pisahkan putrinya dari Joko Taruno. Ialah dengan sembunyikan Sri Gading pada tempat lantas membatasinya dengan pagar gaib agar mereka tak pernah berbicara.

Tempat itu lantas diketahui bernama Coban Baung, Coban maknanya air terjun serta Baung memiliki arti nada harimau. Sebab konon di masa-masa spesifik kerap terdengan aungan harimau di air terjun itu.

satu diantaranya sarana umum yang ada. google maps. sumber: Gennie Smile Kelanjutannnya dengan upaya yang gigih, mereka bisa berbicara kembali pada tempat yang sekarang ini namanya Air terjun Putuk Truno.

Tetapi pada akhirnya, ke-2 nya sukses loloskan diri tuju suatu air terjun, di mana Joko Truno biasa bertapa dari sana. Tempat itu saat ini disebut Air Terjun Putuk Truno.

Disitulah cinta mereka berpadu untuk selama-lamanya, maka dari itu air terjun yang ini dimaksud pun Air Terjun Keabadian.

Oleh karenanya timbullah dogma atau keyakinan siapapun yang rendam di kolam alaminya akan mendapati cinta langgeng seperti kejadian Joko Truno serta Sri Gading.

Daya Ambil Putuk Truno

Keelokan Alam Air Terjun Putuk Truno

Air terjun yang ini dinamakan Putuk Truno sebab diambil dari nama Joko Truno, yang lantas menjelma jadi satu ekor ular (putuk).

Ketinggiannya capai 45 mtr. dengan menyalurkan air di antara tebing tinggi tuju kolam alami yang ada di bawahnya.

Air yang disalurkannya amat jernih serta berikan kesegaran, maka dari itu kamu ingin sekali merasai kesegarannya sentuh tubuhmu dengan main airnya.

Kolam alami yang ada tidak sangat dalam, cuma sekitaran betis orang dewasa. Saluran airnya juga tidak sangat deras maka dari itu aman buat kamu mendekati.

main segarnya air terjun putuk truno. googlemaps. sumber: Salshabila Nur Sofia Rasakanlah begitu segarnya air alami sentuh badanmu, rasanya semua rasa penat lenyap sekejap. Meskipun cukup sedikit dingin namun perihal itu tidak membatasimu untuk main air.

Teritori Prigen ada di daratan tinggi karenanya tak terheran-heran bila udara diseputarnya berasa sejuk, serta menjadikan satu diantaranya daya magnet untuk pengunjung.

Baca juga ; Pintu Langit Prigen

Di sekeliling air terjun terdapat sejumlah tempat duduk serta taman yang elok buat kamu istirahat sementara sekalian nikmati panorama yang terhidang.

Atau kamu dapat ketujuan suatu tempat di mana kamu bisa lihat Air Terjun Putuk Truno dari ketinggian. Lebatnya pohon-pohon di sekeliling air terjun meningkatkan kesan-kesan asri serta sejuk.

Hunting Spot Photo

Ada beberapa spot photo menawan yang bisa kamu coba waktu ada di Air Terjun Putuk Truno, ialah:

Keelokan saluran air terjun kerap menjadi spot photo beberapa pengunjung, di mana kamu bisa ambilnya di atas atau cocok ada di muka Air Terjun Putuk Truno.

Baca juga ; Wisata Malang Murah Hemat di Kantong

Bentangan keelokan alam memanglah jadi spot photo terbaik untuk didokumentasikan, alam yang paling asri di sekeliling Air Terjun Putuk Truno dapat menjadi landscape yang elok.

Di tempat depan saat sebelum masuk tempat air terjun ada trademark Air Terjun ini yang paling elok, tempat itu kerap dipakai pengunjung untuk bergaya.

Panduan Datang Putuk Truno

Nikmati tamasya alam sebagai berikut kita harus menyediakan semua sesuatunya agar jalan secara lancar, sebaiknya kamu baca beberapa panduan tamasya berikut:

– Cermati keadaan cuaca waktu kamu mau pergi janganlah sampai mendung atau bahkan juga turun hujan, sebab kamu akan habiskan waktu pada tempat terbuka.
– Lebih bagus hadir waktu pagi hari, agar lebih senang nikmati alam serta hirup udara yang masih tetap fresh.
– Cermati anak-anak waktu menuruni jalan tuju Air Terjun Putuk Truno serta waktu tengah main air.
– Pakai alas kaki yang nyaman serta tak licin.
– Menjaga selalu kebersihan serta keasrian tempat Air Terjun Putuk Truno.
– Jauhi tingkah laku yang bisa bikin rugi diri pribadi serta seseorang.

Pemondokan

Terdapat sejumlah pemondokan atau hotel yang berada di sekitaran Air Terjun, antara lain:

– Royal Senyiur Hotel di harga sewa permalamnya senilai Rp. 728.027,-, dengan sarana yang mencoba dijajakan ialah kolam renang, spa, serta restaurant.
– Inna Tretes Hotel harga kontraknya senilai Rp. 241.999,- per malam. Punya sarana taman serta lapangan tenis dan 2 buah kolam renang outdoor.
– Villa Penting Tretes senilai Rp. 138.889,- saja harga permalamnya. Ada taman main untuk anak-anak di sekeliling villa.

Keelokan alam Air Terjun Putuk Truno sangat memesona, lokasi tamasya yang pas untuk ajak serta semuanya bagian keluarga.

Selamat liburan!

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?