1 Oktober 2022
Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit ~ Jogja menyimpan sangat banyak tujuan wisata yang dapat Anda peroleh waktu bertandang ke kota siswa ini. Obyek wisata alam sampai modern, ringan sekali Anda dapatkan di sini.

Tidak aneh bila banyak orang-orang yang mau habiskan waktu liburannya di kota Jogja. Selainnya punya Candi Borobudur serta candi yang lain selaku wisata religius, Jogja lantas memiliki obyek wisata alam.

Jogja punya panorama elok gunung Merapi, punya pantai yang pula banyak didatangi. Diluar itu,ada air terjun yang dapat diketemukan di sekitar lereng gunung yang berada di gunung Telomoyo, ialah tepian dengan kabupaten Semarang, kabupaten Magelang, serta kota Salatiga.

Baca Juga ; Air Terjun Sumuran Magelang

Seperti wisata alam yang lain yang tampilkan kemegahan alam yang asri dengan tumbuhan hijau disekitar tempat wisata, udara dingin yang memperbanyak sejuk situasi pastilah akan merehatkan.

Arah masuk ketujuan air terjun ini sejauh 400 mtr. dari jalanan besar sampai hingga ke tempat air terjun ada. Air terjun ini namanya Air Terjun Sekar Langit.

Nach, tempat ini lantas pernah menjadi tempat ambil video di film Yohana Gadis Rimba dimainkan oleh Lidya Kandou, Atek Soedharmo, serta disutradarai oleh Wim Umbo di tahun 1983 lampau.

Jalan ketujuan tempat air terjun ini sudah dibenahi dengan bangunan semen maka aman buat dilintasi. Waktu musim penghujan lantas tak becek, sebab udah dibenahi dengan lajur perkerasan semen.

Sebelumnya dibenahi, jalanan di sini sangatlah licin kalau hujan serta sempat juga hancur gara-gara longsor.

Mitos Air Terjun Sekar Langit

Selainnya kemegahan alam Air Terjun ini yang asri serta sejuk, ada soal yang lain membuat tempat ini lebih banyak pengunjungnya, ialah berkaitan adanya legenda Jakatarub.

Menurut mitosnya, legenda Jakatarub ini ada di telaga ini. Di mana Jakatarub melihat beberapa bidadari yang mandi di telaga, lalu mengambil selendang satu diantara bidadari yang mandi. Nawangwulan, nama seorang bidadari yang selendangnya diambil oleh Jakatarub.

Baca Juga ; Air Terjun Luweng Sampang

Akibatnya karena tingkah laku Jakatarub, di saat beberapa bidadari mesti kembali pada kahyangan Nawangwulan tak dapat kembali, sebab tak memakai selendang. Selendang ini dipakai beberapa bidadari buat terbang ke kahyangan. Selendang ini sebagai kesaktian beberapa bidadari supaya dapat naik serta turun bumi.

Di saat cari selendang, Nawangwulan bersua dengan Jakatarub serta selanjutnya berumah-tangga sampai punya anak namanya Nawangsih.

Air Terjun ini jadi saksi insiden legenda Jakatarub serta Nawangwulan, maka banyak pelancong yang berangkat ke sana. Tidak hanya nikmati kemegahannya Air Terjun Sekar Langit, dan juga sebab tersedianya kejadian yang menjadi legenda berkenaan Jakatarub serta Nawangwulan.

Tempat air terjun ini ada dalam kampung Telogorejo, kecamatan Grabag, Magelang, Jawa tengah. Air yang berada di sini sangatlah dingin serta fresh. Buat mengelit keramaian Anda dapat ada pada waktu sore hari supaya dapat nikmati situasi dingin tanpa keramaian.

Dari daerah parkir beberapa pengunjung mesti jalan buat ketujuan tempat air terjun, tapi gak boleh panik tidak jauh kok. Di sejauh perjalanan dapat juga Anda dapatkan beberapa warung yang jualan camilan serta minuman.

Nach, buat dapat nikmati panorama elok air terjun ini beberapa pengunjung cuma harus buat bayar cost masuk yang paling murah ialah cuma Rp5.000 /orang. Di sejauh perjalanan ini ada rimba bambu yang paling begitu bagus, instagramable buat didokumentasikan.

Nach itu kejadian berkenaan Air Terjun Sekar Langit, satu diantara obyek wisata yang paling legendaris sebab ada bawa narasi di dalamnya.

Baca Juga ; Air Terjun Putuk Truno

Diluar itu pula menghidangkan kemegahan beragam pohon-pohon yang paling mempersejuk serta lezat dilihat mata. Waktu lalu tempat ini merasakan longsor serta biasa ada banjir kalau musim hujan, tapi lajur masuknya udah mendapati perubahan maka dapat dilewati dengan aman.

Untuk Anda yang ada dalam Jogja, akan disayang bila tempat wisata ini terabaikan demikian saja. Anda dapat singgah serta nikmati kesegaran alam yang dikasihkan oleh air terjun ini, buat mengaksesnya Anda penting konsumsi kira-kira sejauh 400 mtr. dari jalan raya.

Waktu beberapa bulan ada dalam rumah, Kawan akrab Daya pikat pasti sudah kangen traveling, khan? Nach, untuk Kawan akrab Daya pikat yang mau memiliki rencana berlibur sehabis epidemi, tidak mesti jauh ke luar negeri buat rasakan pengalaman berliburan yang membahagiakan.

Dikarenakan, berliburan di Indonesia Saja dapat juga berikan pengalaman berlibur yang tidak kalah mengagumkannya dengan berliburan ke luar negeri, lho!

Treking Atau Akses Jalan Ke Air Terjun Sekar Langit

Treking atau akses jalan ke tempat Air Terjun ini dari ruang parkir tidakah sukar. Karena lajurnya udah berupa susunan tembok, dan lumayan lebar.

Dengan situasi lajur itu, karenanya tempat wisata Air Terjun Sekar Langit bisa pula jadi tujuan wisata keluarga, dan wisata pembelajaran.

Ada larangan penting yang harus jadi perhatian oleh beberapa pengunjung. Yakni, tidak boleh dekati ruang kolam di tempat penting air terjun.

Karena tempat Air Terjun ini ada dalam lereng Gunung Telomoyo, karenanya kerap memperoleh banjir kiriman waktu hujan turun dari gunung yang mengapitnya, yakni Gunung Merbabu.

Treking pertama dari tempat parkir mulai dengan menuruni anak tangga yang lebar. Sesudah itu situasi lajur masih datar-datar saja,

Sepanjang telusuri lajur, akan dihias panorama pohon bambu yang melambung ke atas. Dan saluran air di sungai yang ada di sisi kiri lajur.

Kecuali lajur yang udah berupa susunan tembok, dan lebar, ada pun di sebagian titik sebuah pagar penghalang yang dibuat dari besi yang berada pada samping kiri.

Kemudian, perjalanan mulai akan mendaki menjejaki anak tangga yang kuat. Tidak begitu miring, namun masih saja cukup membakar kalori pada badan.

Sesaat berlalu sesudah melintasi anak tangga, wisatawan akan menyebrangi sebuah jembatan besi beraneka warna, dengan gapura di masing-masing ujung jembatan.

Jembatan itu umayan panjang, dan menghampar di atas saluran sungai yang airnya mengambil sumber dari Air Terjun Sekar Langit. Beberapa orang kerap menyebutkan jembatan itu berikut nama Jembatan Cinta.

Jembatan itu jadi sebuah tanda-tanda jika tempat penting Air Terjun ini telah tidak jauh kembali. Dan sesudah melintasi jembatan, wisatawan harus naiki anak tangga kembali.

Ada sebuah pagar penghalang yang berada pada samping kanan lajur, dan ujung dari pagar penghalang itu adaah jalan masuk tuju tempat penting Air Terjun ini.

Dan lihatlah, sebuah kolam besar dengan sebuah air terjun yang berundak. Itu dia maksud anda, Air Terjun Sekar Langit.

Aktivitas Wisata Air Terjun Sekar Langit

Apa bahwasanya yang bikin Air Terjun ini jadi tujuan penting sewaktu berlibur datang buat warga Magelang? Jawabnya pastinya karena daya tarik kecantikan yang berada pada tempat itu.

Karenanya ini daya tarik kecantikan yang terhidang di Air Terjun Sekar Langit Magelang Jateng :

Kecantikan Air Terjun

Air Terjun ini merupakan air terjun yang berundak dengan ketinggian kurang lebih 25 mtr. dari dasar kolam. Mengenai kedalaman palung penting hingga sampai ke dada orang dewasa dengan arus perputaran yang lumayan kuat.

Kolamnya termasuk selaku kolam air terjun yang lumayan besar, maka beberapa pengunjung dapat lakukan rutinitas wisata berbentuk berenang.

Sumber airnya berawal dari sumber mata air yang berada pada pegunungan Telomoyo. Maka situasi airnya jernih, tetapi dingin.

Batu-batuan besar yang ada di muka air terjun jadi penghalang alami yang membuat sebuah kolam. Saluran airnya mengucur ke sungai yang berada pada bawah Jembatan Cinta.

Kecantikan Panorama Alam

Situasi panorama alam di sekeliling tempat wisata Air Terjun Sekar Langit begitu asri, dengan kesejukan udara ciri khas wilayah pegunungan.

Karena keelokannya, di tahun 1983 tempat wisata ini pernah jadikan tempat ambil gambar untuk sebuah film populer yang dengan tajuk Yohana Gadis Rimba.

Ada warung yang menjual minuman serta makanan yang tempatnya tidak jauh dari kolam Air Terjun Sekar Langit. Sesudah letih main air, rasakan jajan 1 cangkir kopi hangat dengan mata yang dimanja oleh view alam yang asri.

Mengenai variasi Aktivitas wisata yang dapat dijalankan oleh beberapa pengunjung merupakan :

– Main Air
– Berenang
– Hunting Poto

Catatan tambahan, buat beberapa anak kecil, lebih bagus main di pinggiran kolam saja ya. Dan waktu hujan datang, selekasnya jauihi tempat kolam.

Sejarah Air Terjun Sekar Langit

Anak kecil zaman saat ini jarang-jarang sekali dengar cerita, atau dongeng yang turun-temurun perihal air terjun yang sama juga selaku tempat mandi beberapa bidadari dari kayangan,

Dongeng perihal 7 bidadari jadi histori terjadinya pelangi, kendati secara sains bukanlah terwujud dari selendang 7 bidadari.

Kendati cerita itu cuman dogma, rahasia, atau sebuah legenda, tapi sekurang-kurangnya berikan semangat ke anak untuk kenal alam berbentuk air terjun.

Dogma Air Terjun Sekar Langit, jadi sebuah rahasia, atau histori yang tertangani perihal dongeng yang turun-temurun itu.

Rupanya tempat Air Terjun ini jadi dogma atau rahasia tempat pendekar sakti yang menjadi legenda yang memiliki nama Jaka Tarub yang melihat dan mengambil salah-satu selendang bidadari kayangan yang lagi mandi di kolam air terjun.

Selendang bidadari itu mempunyai kekuatan dan kesaktian agar bisa terbang ke kayangan . Maka waktu selendang itu diculik, karenanya salah-satu bidadari tidak dapat pulang ke kayangan.

Nama bidadarinya merupakan Nawangwulan. Pada akhirannya bidadari itu hidup dan menikah dengan Jaka Tarub.

Waktu mengenali jika Air Terjun Sekar Langit punyai dogma dan rahasia itu, karenanya jawaban dalam hati “oh. Ini toh tempat sumber cerita dari orangtua kita dahulu”.

Tempat Dan Alamat Air Terjun Sekar Langit

Tempat Air Terjun ini berada di lereng Gunung Telomoyo. Mengenai alamat Air Terjun Sekar Langit ada dalam Dusun Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa tengah.

Trayek Menuju Air Terjun Sekar Langit

Trayek tuju Air Terjun ini dari Magelang merupakan berikut ini :

– Jarak menempuh Magelang sampai tempat wisata Air Terjun Sekar Langit kurang lebih 14 km
– Waktu pintas Magelang sampai tempat wisata Air Terjun Sekar Langit kurang lebih 30 menit
– Trayek dari Magelang merupakan tuju arah Grabag – Pucang, lalu lanjutkan ke Grabag – Cokro, dan paling akhir masuk ke Jalan Sunan Geseng.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Sekar Langit

Harga ticket masuk Air Terjun Sekar Langit senilai Rp. 4.000 per-orangnya.

Jam Operasional Air Terjun Sekar Langit

Jam operasional Air Terjun Sekar Langit membuka dari waktu 08.00 s/d waktu 18,00 dari hari Senin s/d hari Minggu.

Penginapan Sekitar Air Terjun Sekar Langit

Tidak ada pemondokan di tempat wisata Air Terjun Sekar Langit.

Daya Tarik Air Terjun Sekar Langit

Nama Sekar Langit bermakna “bunga dari langit” yang benar-benar melukiskan kemegahannya. Jatuhan air terjun ini sekitar 25 mtr. dan mengucur menjadi Sungai Elo tuju Laut Selatan Jawa.

Airnya memang jernih dan sejuk, amat layak mempunyai predikat menjadi pemandian banyak bidadari sebagaimana pada Legenda Jaka Tarub. Terkecuali itu, air terjun ini pula diyakini punya manfaat tersendiri, lho.

Untuk tuju area air terjun, pengunjung harus jalan melintasi jalan setapak. Jaraknya dari gerbang masuk sekitaran 500 mtr. atau membutuh waktu | lebih kurang 15 menit dengan jalan kaki. Jalan setapak ini udah pada situasi baik sekali, jadi tidak usah cemas dengan keadaan alas kaki. Tapi, pengunjung perlu siaga bila jalan saat jalanan basah sesudah atau saat hujan.

Sejauh perjalanan telusuri jalan setapak ini, pengunjung akan dimanja dengan panorama yang asri dan bagus. Terdapat sejumlah titik yang banyak pohon bambu tinggi membubung. Sisi kiri jalan sebagai jurang yang di bawahnya sebagai kebun kopi. Tiap cara akan disertai oleh suara serangga dan kicauan burung yang merehatkan hati.

Lajurnya benar-benar tidak begitu panjang dan menentang, tapi amat pas untuk banyak penyuka tracking atau banyak hikers pemula. Jalannya yang mulus juga dapat dilewati oleh pengendara sepeda. Sembari menerobos rimba bambu, paku-pakuan, dan pohon-pohon lebat, pengunjung akan diselimuti udara sejuk dan didampingi beberapa suara hewan.

Jembatan Pelangi

Dekati area air terjun, akan kedengar suara deburan dan saluran air yang lebih deras. Kedalaman jurang dipinggir jalan setapak bakal semakin sedikit. Itu tanda-tanda, sesaat lagi akan datang di posisi air terjun.

Untuk tuju air terjun, pengunjung harus melewati sungai yang lumayan lebar. Ada sebuah jembatan kayu yang bermacam warna dan menarik diliat mata. Dahulunya, jembatan ini cuma berwujud jembatan bambu simpel. Tapi, saat ini udah diset-ulang dan dihias hingga pas menjadi salah satunya posisi swafoto penting bila bertandang ke object wisata ini.

Air Terjun Legenda

Air Terjun Sekar Langit yaitu air terjun dengan ketinggian sampai 25 mtr.. Tempatnya dilingkupi oleh tebing batu dengan dihias tumbuhan liar. Di bawahnya, ada sungai dangkal dengan beberapa batu hitam besar yang berceceran. Air yang mengucur di antara batu terlihat amat bersih, jernih, dan sejuk.

Pengunjung bisa nikmati kesegaran air terjun ini dengan main atau merendam. Lebih dekati posisi jatuhnya air, kedalaman sungai juga semakin bertambah. Bila musim penghujan datang, pengunjung harus siaga dan menjauhi dari air terjun karena intimidasi banjir kiriman dari Gunung Merbabu.

Tempat Bertapa Jaka Tarub

Disebelah sisi kiri area air terjun, ada sebuah tanah luas yang kecil. Disini konon Jaka Tarub memandang banyak bidadari dari kahyangan yang sedang mandi. Dia pula merampok kain salah satunya bidadari, Nawangwulan, di sini.

Berkaitan legenda ini, ada keyakinan tentang Air Terjun Sekar Langit. Lelaki yang bertapa dalam tempat pertapaan Jaka Tarub tuturnya akan menjadi mudah dalam hal cari jodoh. Terkecuali itu, air yang mengucur dari air terjun pula diyakini dapat mengobati beberapa penyakit. Lepas dari mitos-mitos itu, keasrian alam di Air Terjun benar-benar sayang untuk dilewati bila liburan di Magelang.

Nah sahabat, itu adalah sedikit review dari kami mengenai Air Terjun Sekar Langit, untuk sahabat yang ingin berlibur tetap hati-hati dijalan dan utamakan keselamatan bukan kecepatan.

Bagi sahabat yang ndak ingin repot juga bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa. Ada banyak paket liburan seru yang bakalan bikin liburanmu tak terlupakan. Selamat liburan….

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.