1 Oktober 2022
Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk sebagai salah satunya air terjun yang berada di Gunung Kidul yang mengucur ke Kali Oyo. Tinggi air terjun ini sekitaran 25 mtr. dan tercipta dari bebatuan gamping yang sudah berproses sekitaran 2 sampai 15 juta tahun.

Sumber mata air Sri Gethuk berasal dari 3 mata air berlainan yaitu Ngumbul, Kedung Poh, dan Ngandong. Ke-3  sumber mata air itu berjumpa dan jatuh melalui bebatuan karst yang ada pada dinding sungai Kali Oyo.

Saluran sungai air terjun Sri Gethuk kelihatan benar-benar tenang dan jernih hingga kerap dipakai pelancong untuk berenang. Tumbuhan hijau yang tumbuh disekitaran tebing sungai dan air terjun makin menambahkan asri dan sejuk situasi Sri Gethuk.

Tetapi saat musim penghujan saluran sungai yang jernih kehijauan ini bisa beralih menjadi deras dan warna kuning kotor. Walau demikian tidak kurangi ketertarikan pelancong untuk menyaksikan keelokan dan daya tarik alam air terjun ini yang menarik.

Sepintas Air Terjun Sri Gethuk

Eksotisme Grand Canyon di daerah utara Arizona, Amerika Serikat tentu saja tidak dapat dipungkiri kembali. Grand Canyon sebagai bentukan alam berbentuk jurang dan tebing curam yang dihias oleh saluran Sungai Colorado.

Nama Grand Canyon selanjutnya diplesetkan jadi Green Canyon untuk menyebutkan objek wisata di Jawa Barat yang nyaris sama, yaitu saluran sungai yang memotong beberapa tebing tinggi.

Gunungkidul sebagai daerah yang kerap diibaratkan sebagai daerah kering dan tandus rupanya simpan keelokan sama, yaitu hijaunya saluran sungai yang memotong ngarai dengan air terjun cantik yang tidak pernah stop mengucur setiap musim. Air terjun di Jogja itu dikenali bernama Air Terjun Sri Gethuk.

Berada di Dusun Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi satu diantara spot wisata yang sayang untuk dilewati. Untuk capai tempat ini Anda harus naik kendaraan melalui area rimba kayu putih punya PERHUTANI dengan keadaan jalan yang bervariatif dimulai dari aspal bagus sampai jalan makadam.

Masuk Desa Menggoran, tanaman kayu putih ganti dengan kebun jati yang rapat. Sesampai di area pemancingan yang berperan sebagai tempat parkir, ada dua opsi jalan untuk capai air terjun. Opsi pertama yaitu telusuri jalan setapak dengan panorama sawah yang hijau berhiaskan nyiur kelapa, dan opsi ke-2  ialah naik menantang arus Sungai Oya. Sudah pasti untuk naik rakit simpel yang dibuat dari drum sisa dan papan.

Perjalanan ke arah Air Terjun Sri Gethuk juga diawali saat mentari belum naik tinggi. Pagi itu Sungai Oya kelihatan demikian hijau dan tenang, bersatu dengan kesunyian beberapa tebing karst yang berdiri dengan gagah di kiri kanan sungai. Suara rakit yang meluncur menantang arus sungai menguak kesunyian pagi.

Sambil atur pergerakan rakit, seorang pemandu bercerita asal mula nama Air Terjun Sri Gethuk. Berdasar narasi yang dipercaya warga, air terjun itu sebagai area untuk menyimpan kethuk yang disebut salah satunya instrument gamelan punya Jin Anggo Meduro.

Maka dari itu dinamai Air Terjun Sri Gethuk. Kabarnya, pada saat tertentu warga Dusun Menggoran sering dengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

Tidak berapakah lama naiki rakit, suara deru mulai kedengar. Sri Gethuk menunggu di muka mata. Batu-batuan yang cantik di bawah air terjun membuat undak-undakan seperti pinggiran kolam renang eksklusif, panggil siapa untuk bermain dalam air.

Setelah tiba di air terjun telah disuguhi batu-batuan ciri khas untuk sampai di bawah air terjun dan mandi di bawahnya. Ini kali rasanya seperti ada di negeri antah berantah di mana air mengucur demikian berlimpah. Air mengucur di antara jari kaki, air memercik ke semua badan, air mengucur di mana saja.

Misteri Air Terjun Sri Gethuk

Warga sekitaran kerap menyebutkan Air Terjun ini bernama air terjun Slempret atau air terjun Bleberan. Pemberian nama Air Terjun Sri Gethuk sendiri tidak terlepas dari dogma dan mistis yang tersebar di Warga berkenaan kehadiran kerajaan jin.

Menurut warga, teritori sekitaran Air Terjun ini sebagai kerajaan jin Anggo Menduro karena kerap kedengar suara gamelan dimainkan. Suara gamelan itu akan lenyap ketika berada orang yang usaha cari sumber suara berasal.

Dari suara gamelan itu bunyi alat musik kethuk dan slompret jadi yang paling terang kedengar. Hingga air terjun ini dinamakan Sri Gethuk yang dari kethuk atau Slempret dari kata slompret.

Dan untuk nama Bleberan diberi karena jumlah air yang turun dari tebing berbeda ganti seperti air yang tumpah atau bleber. Saat musim penghujan air terjun yang tercipta bisa sejumlah tiga sampai 5 buah yang menebar ke tiap segi tebing.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sri Gethuk

Bila Anda merencanakan berkunjung Air Terjun ini ada banyak aktivitas hebat yang dapat Anda kerjakan. Berikut beberapa kegiatan bagus yang yang harus Anda coba saat berekreasi ke Air Terjun ini:

Trackking

Untuk ke arah Air Terjun Sri Gethuk ada dua pilihan yang dapat Anda tentukan dan satu diantaranya dengan jalan kaki. Perjalanan itu harus Anda menempuh lebih kurang sepanjang 450 mtr. melalui medan yang cukup melawan.

Anda harus seberangi sungai kecil sebagai hilir dari air terjun ini selanjutnya melalui pematang sawah punya masyarakat. Sesudah melalui beberapa pohon kelapa di tepi sawah Anda harus menuruni 96 anak tangga supaya dapat sampai ke air terjun.

Trackking ke arah air terjun ini berasa makin membahagiakan karena ada beberapa spot bagus yang dapat Anda dapatkan. Beberapa tempat itu menyebar di sejauh jalan ke arah air terjun ini dan kerap digunakan pelancong untuk berpose.

Susur Sungai

Selainnya jalan kaki Anda dapat ke arah air terjun Sri Gethuk dengan telusuri Kali Oya sampai ke lokasi air terjun ada. Tetapi saat sebelum pergi memakai kapal, Anda harus jalan kaki sepanjang 300 mtr. ke pelabuhan pemberangkatan

Sesudah datang di pelabuhan Anda akan dibawa melalui Kali Oya memakai rakit simpel dari drum yang diatur bersama. Di atas rakit Anda bisa menyaksikan keelokan tebing hijau yang mengapit saluran sungai Kali Oya yang tenang dan jernih.

Situasi kali oya yang tenang membuat perjalanan yang Anda kerjakan berasa seolah tengah berpetualang di tengah-tengah sungai Amazon. Pengalaman telusuri saluran sungai Kali Oya ini menambahkan hebat lawatan Anda ke Air Terjun ini.

Berenang

Saat datang di air terjun janganlah sampai terlewat peluang untuk berenang dan bermain air di saluran sungai Oya yang tenang. Anda dapat memercayakan barang bawaan di atas rakit ke petugas dan langsung menceburkan diri ke sungai.

Untuk kegiatan ini pelancong harus kenakan pelampung supaya tidak terbenam karena kedalaman sungai yang capai 7 sampai 11 mtr.. Walau memakai pelampung Anda masih tetap dapat bermain air dengan hebat misalnya mengambang rileks di atas air.

Anda bisa juga melonjak dari tebing air terjun dengan beragam style langsung ke sungai yang cukup dalam. Dengan bawa action kamera pada tangan, Anda dapat memperoleh gambar terbaik saat berenang disekitaran air terjun Sri Gethuk.

River Tubing

Ada beberapa langkah untuk memperoleh serunya saat bertandang ke Sri Gethuk, satu diantaranya dengan coba kegiatan river tubing. Sekalian duduk rileks di tengah-tengah pelampung ban Anda dapat telusuri sungai dari hilir ke hulu nikmati panorama sungai yang cantik.

Kegiatan ini makin hebat jika dilaksanakan bersama kelompok di mana Anda dapat membuat serangkaian ban yang panjang saat melalui saluran sungai. Sekalian naiki ban river tubing Anda bisa juga berpose dengan beragam style bersama untuk memperoleh gambar paling epik.

Nikmati Kulineran Ciri khas

Sesudah senang bermain air, waktunya untuk isi kembali tenaga dengan nikmati beragam makanan sedap di beberapa warung sekitaran air terjun. Terdapat beberapa pilihan makanan yang dapat Anda cicipi dimulai dari makanan ciri khas Jogja selainnya gudeg seperti nasi tiwul sampai mie instant hangat.

Anda bisa juga beli kulineran ciri khas Gunung Kidul yaitu Belalang Goreng sebagai oleh-olehan ciri khas Jogja yang bertahan lama sebagai bukti Anda sudah bertandang. Harga yang dijajakan juga dapat dijangkau dimulai dari Rp10.000,00 sampai Rp30.000,00 bergantung makanan yang Anda tentukan.

Nikmati Panorama Cantik

Air terjun ini berada Gunung Kidul yang mempunyai kontur daratan bukit-bukit. Tidaklah aneh sepanjang perjalanan ke arah air terjun hidangan panorama bukit kapur dengan lebatnya pohon-pohonan akan temani.

Disamping itu tidak ketinggal saluran sungai Oyo menambahkan situasi asri. Saat musim kemarau, air sungai akan terlihat jernih dengan warna kehijauan. Tetapi di saat musim penghujan panorama air sungai tidak terlihat seindah umumnya.

Berpose di Air Terjun

Untuk pencinta aktivitas photografi, tempat sekitaran air terjun benar-benar pas jadi object photo. Photo eksotis air terjun berdasar bukit-bukit hijau kerap jadi sasaran. Ditambah lagi saluran sungai yang jernih kehijauan membuat photo akan berkesan unik dan tidak biasa.

Sesudah berpose pengunjung bisa habiskan waktu dengan berenang di sungai di muka air terjun. Saluran cukup tenang dan aman. Tetapi tetap harus waspada sungi ini cukup dalam. Maka dari itu untuk yang berenang harus pelampung yang bisa dicarter di sini.

Flying Fox dan Bodi Rafting

Disekitaran wisata air terjun ini ada beragam sarana yang dapat memicu adrenalin. Beberapa sarana itu diantaranya flying fox dan bodi rafting. Sarana flying fox benar-benar pas untuk yang ingin nikmati panorama sekalian beratraksi.

Dan untuk sarana bodi rafting pas untuk yang ingin santai di atas saluran sungai sekalian nikmati panorama. Pelancong akan terapung sejauh saluran sungai sampai hingga ke air terjun. Jaraknya sekitaran 350 mtr. saja.

Untuk yang tidak mau jalan atau bodi rafting ke arah air terjun dapat menumpangi rakit yang telah ada. Untuk ongkosnya sendiri  lebih murah dibanding bodi rafting. Kemampuan tampung rakitnya sampai 14 penumpang sama waktu menempuh ke air terjun cuma 7 menit saja.

Fasilitas

Tempat wisata ini telah sediakan sarana yang lumayan komplet dan mencukupi. Sarana yang ada, diantaranya toilet, masjid, dan tempat parkir yang lega. Untuk yang akan menukar baju ada kamar tukar. Disamping itu, tempat wisata ini sediakan tempat persewaan sarana dan warung makan.

Lokasi dan Jalur Ke arah Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk berada di Desa Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitaran 33 km dari pusat Kota Yogyakarta sama waktu menempuh lebih kurang 1 jam 15 menit berkendaraan.

Anda dapat memperoleh jalur terbaik ke arah Air Terjun ini dari lokasi Anda ada memakai panduan navigasi dari Google Maps. Dapat juga dengan manfaatkan jasa pengemudi dari sewa hiace Jogja atau agen perjalanan yang siap mengantarkan Anda segera ke lokasi.

Jam Operasional Air Terjun Sri Gethuk

Anda dapat berkunjung Air Terjun Sri Gethuk tiap hari start pukul 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung Sri Gethuk umumnya saat pagi hari mendekati siang sekitaran jam 09.00 WIB.

Bila Anda ingin bertandang seharusnya tiba saat musim kemarau atau musim akhir penghujan supaya air sungai kelihatan jernih. Dengan demikian Anda dapat senang bermain air dan nikmati keelokan air terjun ini yang fresh dan bersih.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Untuk masuk teritori Air Terjun Sri Gethuk Anda tak perlu keluarkan dana yang mahal cukup hanya beberapa ribu rupiah saja. Ticket ini telah terhitung untuk masuk ke Goa Rancang Kencono yang tidak jauh dari lokasi.

Harga yang tertera dalam tabel setiap saat bisa berbeda bergantung peraturan dari faksi pengurus. Tetapi daftar di atas dapat Anda menjadikan bahan prediksi ongkos dan pemikiran saat sebelum berkunjung Air Terjun ini.

Peroleh keringanan berkunjung beragam tempat wisata di Jogja yang lain dengan memakai paket wisata yang dijajakan Agen Travel. Paket ini akan mengurusi semua keperluan fasilitas Anda sepanjang berlibur hingga Anda dapat duduk tenang nikmati waktu santai di Jogja.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Rp15.000,00
Naik Rakit Rp30.000,00
Sewa Ban Rp5.000,00
River Tubing Rp15.000,00
Paket Lengkap Rp30.000,00 – Rp50.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Nah itu tadi sahabat pembahasan dari kita mengenai Air Terjun Sri Gethuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata air terjun di jogja favorit yang bisa kamu jelajahi saat sedang menikmati liburan bersama dengan rekan dan keluarga.

Jika ndak ingin repot saat berlibur, kamu juga bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Kami.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.