15 Agustus 2022
Daftar Lengkap Air Terjun di Jogja

Air Terjun di Jogja

Air Terjun di Jogja ~ Yogyakarta adalah Satu-satunya propinsi yang berupa kerajaan. Keraton bukan sebatas pajangan, tapi pusat pemerintah. Kesultanan Yogyakarta miliki hak untuk membuat paket ketetapan setingkat undang-undang.

Lebih kurang tiga juta jiwa padati Yogyakarta. Mereka tersebarkan dalam sebuah kotamadya serta empat kabupaten. Kota Yogyakarta adalah salah satu kotamadya. Kota ini sebagai tempat berdirinya Keraton Ngayogyakarta. Keramahan, keelokan, serta kebudayaan yang mengakar, dikumpulkan dalam sebuah paket kota.

Sungai Winongo, Kode, serta Gajah Wong yakni tiga sungai yang melingkari Kota Yogyakarta. Satu paket kota terbentang di lembahnya. Tersebut penyebab, aliran-saluran drainase dibikin pada waktu penjajahan Belanda. Arahnya agar tak ada banjir yang menempa Yogyakarta.

Daftar Lengkap Air Terjun di Jogja

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun di Jogja Air Terjun Luweng Sampang jadi air terjun antik dengan watak air terjun di antara batu-batuan karst eksotik. Cerukan yang terbuat dari terjunnya air berikut yang disebut yaitu Luweng.

Air Terjun Seloprojo / Air Terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran Magelang

Air Terjun Sumuran Magelang

Air Terjun Sumuran / Seloprojo ; Situasi air terjun Seloprojo masih tetap benar-benar alami. Akan tetapi cuma karena belumlah banyak pelancong yang mengenal air terjun ini, jadi belumlah banyak disinggahi.

Air Terjun Kedung Ingas

Air terjun Kedung Ingas

Air terjun Kedung Ingas

Air terjun Kedung Ingas Lendah ini ada lumayan jauh dari kota. Namun sebab jauh dari kegaduhan berikut yang malah dicari oleh banyak penjelajah spot terselip.

Belum ramai disinggahi oleh beberapa orang. Sesuai untuk Anda yang mau bertandang ke tempat lebih baiknya benar-benar cocok bukan musim berlibur sheingga dapat suka rendam dan menyantaikan diri di air terjun Kedung Ingas.

Air Terjun Kedung Kandang | Air Terjun di Jogja

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air terjun kedung kandang ini berada di persawahan warga ini jadi satu panorama yang bagus. Air terjun ini memotong persawahan warga dengan 6 jenjang sebuah air terjun yang antik sebab posisinya jua terselip.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit ini berada dibalik bukit-bukit lereng yang punya debet air cukup deras. Dan air terjun ini tak pernah kering walaupun musim kemarau.

Sedangkan, seperti umumnya jika di tanah Jawa, beberapa lokasi yang ada sudah ditautkan dengan dogma atau legenda yang cukup hits. Sebagaimana pada air terjun ini yang katanya ada legenda Jaka Tarub.

Air Terjun Grojokan Lepo

Air Terjun Grojokan Lepo

Air Terjun Grojokan Lepo

Air Terjun Grojokan Lepo Sebuah air terjun bernama lain air terjun Ledok Pokoh ini salah satunya dari demikian banyak wisata air terjun yang berada pada Jogja terutamanya di wilayah Bantul. Air terjun yang dibuka dari mula tahun 2013 ini semakin memukau pelancong untuk disinggahi.

Rata-rata air terjun elok ini ramai disinggahi di akhir minggu. Menariknya dari air terjun Grojogan Lepo ini masih lumayan alami dan memiliki jenjang alias berundak.

Air Terjun Grojogan Pucung

Air Terjun Grojogan Pucung

Nama air terjun Pucung atau Grojogan Pucung ini masih asing ketimbang dengan curug Banyunibo dan Air Terjun Seribu Batu.

Akses untuk ke tempat dapat dari lajur Imogiri/Siluk – Parangtritis, lalu masuk Dusun Seloharjo, Pundong. Setelah itu ketujuan kea rah daerah Pucung. Bila belum ketahui pengunjung dapat bertanya langsung ke masyarakat di tempat tempat daerah Pucung.

Air Terjun Parang Endog

Air Terjun Parangendog

Namanya Air Terjun Parangendog, di kenal juga dengan Air Terjun Kejutan ada di timur pantai Parangtritis. Air terjun ini lantas jadi air terjun yang banyak disinggahi saat musim penghujan.

Air terjun ini sebagai air terjun angin-anginan. Dan berawal dari saluran sungai ini bertambah deras. Bila musim penghujan dan jatuhnya air amat dekat sama pantai, hingga air terjun Parangendog ini menjadi wisata kejutan di saat musim penghujan.

Air Terjun Kedung Tolok

Air Terjun Kedung Tolok

Air terjun atau grojogan Kedung Tolok ini ialah lokasi wisata yang paling prospektif untuk dikujungi selaku wisata alam. Air terjun ini memancur dari tebing dengan ketinggian kira-kira 15 mtr.

Dengan kemiringan tebing salurannya kira-kira 60 derajat. Model air terjun ini pula melebar dan disinkronkan kontur saluran sungai. Di atas air terjun penting ada saluran kecil bertingkat yang sangat menarik.

Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Sebuah air terjun di Imogiri, barusaja dibuka dan jadi lokasi wisata oleh penduduk kira-kira. Banyak orang-orang mengira air terjun ini dekat Makan Raja-Raja Mataram Imogiri.

Kapasitas wisata air terjun Seribu Batu cukuplah menarik. Peningkatan wisata air terjun Seribu Batu Imogiri jadi lokasi wisata anyar di dusun wisata Wukirsari dan tersohor dengan sentral kerajinan batik ciri khas Imogiri.

Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba sebagai air terjun yang ada di lokasi wisata anyar yang berada pada bukit-bukit Patuk, Gunungkidul. Masuk di ruang Dusun Wisata Nglanggeran. Air terjun ini ada dekat sama air terjun Kedung Kandang dan menarik banyak pelancong.

Posisi air terjun ini ada pada lokasi Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini sebagai saluran dari sungai Bendo yang mana sifat air terjunnya bertingkat.

Jalan ketujuan air terjun dari posisi parkir dibutuhkan perjuangan guys serta harus berwaspada. Tapi tidak perlu panik ada papan saran ke posisi sejauh jalan. Serta untuk ke posisi betul-betul semestinya memakai kendaraan personal seperti motor sebab cuma dapat dilewati oleh motor.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka dikenali dengan Curug Mbang Soka. Ada di Padukuhan Warna, Dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Air terjun kembang soka ini di awalannya ialah saluran air sungai biasa, derasnya sewaktu musim penghujan. Sejalan berubahnya pikiran, air tejun ini diperkembangkan oleh penduduk habis mengenal kapasitas alamnya yang cukuplah menarik.

Air Terjun Goa Kebon

Air Terjun Goa Kebon Lokasi dan Rute

Air terjun Goa Kebun tersohor antik bak gordin putih. Pasalnya di bagian tengahnya ada lubang pintu masuk ke goa. Terkecuali itu, posisinya ada di tengah rimba dengan rerimbunan beragam pohon dan tumbuhan. Udah kebyaang kan tempat ini sejuk dan rimbun.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Eksotisme Grand Canyon di daerah utara Arizona, Amerika Serikat tentu saja tidak dapat dipungkiri kembali. Grand Canyon sebagai bentukan alam berbentuk jurang dan tebing curam yang dihias oleh saluran Sungai Colorado.

Nama Grand Canyon selanjutnya diplesetkan jadi Green Canyon untuk menyebutkan objek wisata di Jawa Barat yang nyaris sama, yaitu saluran sungai yang memotong beberapa tebing tinggi.

Gunungkidul sebagai daerah yang kerap diibaratkan sebagai daerah kering dan tandus rupanya simpan keelokan sama, yaitu hijaunya saluran sungai yang memotong ngarai dengan air terjun cantik yang tidak pernah stop mengucur setiap musim. Wisata Air terjun ini dikenali bernama Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun Sri Gethuk ialah air terjun di desa Menggoran, Blaberan, Playen, Gunungkidul. Akses ke air terjun ini pula simpel. Banyak papan arah ketujuan air terjun ini. Setelah di tempat, pengunjung segeranya dengar recikan air mengucur dari tebing tinggi kurang lebih 50 mtr.

Air tiga sumber ini mengucur jadi tersohor dari cantik alamnya masih yang asri. Aiir terjun ini pula bertemu dan mengucur langsung ke sungai Oya. Sungai Oya di kenal juga benar-benar jernih dan tidak akan kering. Begitu juga beserta air terjun Sri Gethuk. Benar-benar antik. Air terjun ini tak pernah kering kendati biarpun musim kemarau.

Air Terjun / Curug Delimas

Curug Delimas Magelang

Air terjun Delimas Girimulyo ini sudah jadi preferensi wisata mengasyikan. Air terjunnya ada tiga air terjun. Panorama alam di air terjun ini pula benar-benar menarik seperti air terjun lain di Magelang. Akan tetapi tiap tempat wisata pastilah punya watak khusus walaupun punya persamaan.

Curug Silawe

Curug Silawe ini diperoleh dengan ketinggian kira-kira 50 mtr.. Air terjun ini lumayan tinggi. Tidak jauh dari Curug Silawe ialah Curug Sigong dengan tinggi capai 40 mtr.. Adapun riwayat pemberian nama Silawe ini ialah tersedianya sarang laba-laba saat pembukaan ruang air terjun pegunungan, setelah itu jadi lokasi wisata.

Curug Banyunibo

Curug Banyunibo, curug bermakna air terjun dan banyunibo ya maknanya air jatuh juga. Lho antik kan bahasa Jawa. Posisi tempat wisata menarik ini ada di Desa Kabrukan, dusun Sendagsari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

Bila kamu pernah ke dusun wisata Krebet, jadi tempat air terjun Banyunibo ini tidak jauh dari jangakauan. saat termasuk cukuplah jauh dari kota Yogyakarta, tetapi cantik dan tenangnya wisata alam ini ditunggu-tunggu oleh penggebu aktivitas sebab keresahan massal di antara otak dan hati.

Curug Randusari

Air terjun Randusari ialah air terjun tunggal yang memiliki ketinggin kira-kira 15 mtr.. Model jatuhannya melebar. Air terjun ini pula dimaksud sebagai air terjun kembar. Pasalnya air terjun Randusari membuat dua jatuhan yang sudah diusapt oleh batu. Pada dinding ini ada juga goresan pengendapan kapur tersangkut dari saluran sungai sisi atas. Saluran air terjun ini juga bersumber ke sungai Oyo. Kemunculan sungai ini posisinya tidak demikian jauh dari air terjun.

Curug Pulosari

Air terjun Pulosari atau curug Pulosari ini ialah air terjun/curug dari saluran air sungai alami dari lokasi bukit-bukit kira-kira tempat.

Grojogan di curug Pulosari benar-benar termasuk kecil. Namun sebab ada di tengah bukit-bukit, landscape air terjun berkesan eksotik dan memikat buat disinggahi.

Curug Sedhuwagang

Ketenangan batin yang dicari oleh banyak penyuka wisata alam bikin spot ini banyak mulai disukai banyak pelancong. Objek wisata ini berkembang dengan bebatan keramah tamahan warga.

Diatur secara langsung swadaya oleh HIPATESA (Himpunan Pemuda Pemdui Teganing Satu) yang tidak lain ialah masyarakat kira-kira dari Curug Sedhuwagang.

Curug Glimpang

Curug Glimpang sendiri termasuk antik. Kata Glimpang atinya tumpah sebab miring. Barangkali pemberian nama curug ini dikasihkan sebab curug ini tidak ada di tebing yang lempeng seperti curug pada biasanya. Untuk bertandang ke tempat tidak demikian sukar. Aksesnya telah banyak pengeloaan dari masyarakat di tempat seperti anak tangga.

Curug Grojokan Watu Jonggol

Air terjun Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol ini ada di Desa Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Bila kamu di Dusun Wisata Nglinggo kamu akan tidak persoalan mendapati air terjun ini. biarpun ada di dusun dan dekat tempat penampungan, air terjun Grojogan Watu Jonggol ini cukup culit aksesnya. Mesti sedikit ada perjuangan hingga sampai ke tempat. Dasarnya mestinya mendapat hati banyak wanita dech guys.

Curug Kalimiri

Curug Kalimiri ialah curug di saluran tebing dan bongkahan batu-batuan yang tidak demikian tinggi di kabupaten Kulon Progo. Namanya ialah Curug Kalimiri. Curug Kalimiri ialah curug yang memiliki daya magnet air terjun dan masih satu ruang dengan Wisata Alam Air Terjun Kembang Soka.

Curug Cantik Tegalrejo / Curug Bayat

Air Terjun di Jogja, Terkait dengan blusukan, Jogja memiliki wisata terselip dan penting disinggahi. Misalnya Curug Cantik Tegalrejo. Curug Cantik Tegalrejo dikatakan Curug Bayat. Posisinya ada di pinggiran Gunungkidul dan Klaten persisnya di dusun Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Curug Gedhe

Curug Gedhe ini diputari oleh tebing batu-batuan yang lumayan tinggi, pohon-pohonan, semak ilalang, bikin ruang air terjun ini benar-benar eksotik guys! Tipe batu di air terjun Curug Gedhe ini nyaris sama yang berada pada Air Terjun Gembyong. Karena kemungkinan ke-2  curug ini ada di satu tempat. Pernah ke sini?

Curug Tuwondo

Grojogan Tuwondo atau air terjun Tuwondo jadi air terjun atau curug lokasi wisata anyar di wilayah Piyungan, Bantul. Lokasi air terjun ini masih di tingkatan pegembangan objek wisata berbasiskan perdesaan.

Perjalanan ke air terjun Tuwondo ini pula lebih asyik sewaktu musim penghujan guys. Airnya akn jatuh lebih deras. Tidak serupa beritanya bila kamu bertandang ketika musim kemarau. Nyaris tidak ada air mengucur!

Curug Cibiru

Ada di tengah rimba, tidak salah bila banyak burung-burung dan pohon-pohonan yang teduh mempersejuk ingatan. Dari ruang parkir, ada kira-kira 15 menit suara gmercik air panggil-manggil untuk lekas diapeli.

Kombinasi air, suara burung, angin yang masuk di sela pohonnya, seluruhnya jadi asyik dan muncul wewangian anyar dan harmonisasi yang damai.

Curug Siluwok

Air terjun yang mengucur melesat ke bawah ini mengakibatkan tersedianya kedung yang asyik untuk berenang. Ialah tingginya kira-kira dada orang dewasa. Air terjun ini punya watak yang antik dariapda air terjun yang lain.

Warna air terjun yang jatuh ini punya warna biru jernih saat cuacanya ceria. Namun demikian saat hujan lebat, air yang menerjunkan diri ini berbeda warna jadi kecoklat-coklatan.

Curug Sigembor

Curug ini ada di balik rimbunnya pohon-pohonan pegunungan Menoreh. Kemunculan curug Sigembor ini ada di pinggir jalan raya perantara di antara Goa Kiskendo juga Waduk Sermo.

Air Terjun di Jogja, Atau mungkin lebih pas kembali ada di pertigaan ketujuan Taman Sungai Mudal selesai Goa Kiskendo. Untuk pengunjung di luar Jogja jadi bisa persoalan mendapati tempat sebab papan panduan lokasi ini benar-benar kecil dan dapat keterlaluan sebab pohon yang rimbun.

Curug Setawing

Sebuah curug atau air terjun dari kabupaten Kulon Progo ini punya ketinggian kira-kira 18-20 mtr.. Derasnya air yang jatuh melebar. Untuk meringankan pelancong menginjak air terjun elok di Kulon Progo ini, faksi pengurus sudah bangun tangga. Adapula tempat duduk dan gazebo yang bertambah menyuport untuk nikmati cantiknya wisata alam di air terjun ini.

Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun di bibir laut yaitu suatu yang jarang di Indonesia, bahkan juga dunia. Terselinap dibalik bukit-bukit karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta nyatanya menaruh air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah daya pikat yang sukar tertolak.

Pantai Jogan menduduki status spesial karena kehadiran air terjun langsung jatuh di atas tebing ke bibir laut, memperingatkan pada McWay Beach Waterfall di California. Sampai kini, tidak banyak turis yang ketahui terkait Pantai Jogan.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar adalah salah satunya wisata alam yang berada di Kabupaten Sleman. Object wisata ini ada di dalam lereng Gunung Merapi, hal semacam itu membikin keadaan disekitaran Air Terjun jadi sejuk.

Air Terjun Tlogo Muncar miliki ketinggian lebih kurang 30 sampai 40 mtr. serta ada pada ketinggian 878 mtr. di atas air laut, hal semacam itu membikin temperatur udara di Air Terjun lebih kurang 20 sampai 25 derajat celcius.

Meski temperatur udara dingin, akan tetapi anda tidak sedih saat berkunjung Air Terjun itu. Sebab Air Terjun Tlogo Muncar miliki air yang fresh serta jernih.

Air yang berada di Air Terjun Tlogo Muncar ini merasa dari lereng Bukit Plawngan yang terletak tidak begitu jauh dari air terjun. Akan tetapi di saat musim kemarau saluran air masih kurang deras dibangdingkan di saat musim penghujan.

Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun di Jogja, Air Terjun Kedung Pengilon bertempat di Dukuh Petung, Kampung Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Air dalam tempat ini dikenali sangatlah bening seperti kaca, maka tidaklah mengherankan bila air terjun dinamakann kedung (maknanya kolam) serta pengilon (maknanya cermin).

Dari tempat parkir kendaraan wisawatan harus jalan kaki lewat jalan setapak sekitaran lima menit. Sesampai di Kedung Pengilon, pelancong akan memandang air terjun dengan ketinggian sekitaran 10 mtr. dengan suatu kolam di sisi bawahnya. Kolam dengan dasar batu berputih ini dengan diameter 15 mtr. dengan kedalaman sekitaran 5 – 8 mtr.

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan atau yang lebih diketahui berikut nama Air Terjun Sidoharjo oleh penduduk kurang lebih sebagai air terjun paling tinggi di Yogyakarta ini. Air terjun yang berada 30 km di samping barat Kota Yogyakarta ini punyai ketinggian kira-kira 30 m.

Akses jalan ke arah air terjun yang berada di Kampung Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini dapat dilalui kendaraan roda 2 serta 4. Buat dapat ke arah Air Terjun ini, turis cukup bayar jasa lingkungan sejumlah Rp. 3000, cost parkir Rp. 2000 rupiah buat kendaraan roda 2 serta Rp. 5000 buat kendaraan roda 4.

Dari tempat parkir, turis masihlah harus meneruskan perjalanan di jalan kaki kurang lebih 10 menit buat sampai di Air Terjun Sidoharjo di jalan yang udah berbentuk cor semen.

Musim terbaik buat nikmati kemegahan air terjun ini ialah waktu musim hujan datang, ialah kurang lebih bulan Desember – Januari, lantaran waktu kemarau debet airnya sedikit serta disalurkan buat mengaliri sawah penduduk di tempat.

Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut yaitu satu diantara wisata alam yang saat-saat ini disukai beberapa pengunjung terpenting kalangan muda. Sampai turis asing telah banyak mendatangi object wisata yang dibuka mulai sejak Februari 2015 ini.

Air Terjun di Jogja, Tempat Kedung Pedut berada di Dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini termaksud dalam Dusun Wisata Jatimulyo. Dalam Bahasa Jawa, Kedung mempunyai arti kolam serta Pedut mempunyai arti kabut.

Soal ini dipicu karena sangat derasnya saat air jatuh ke bawah tuju kolam, menimbulkan kira-kira kolam itu jadi berkabut. Kekhasan yang lain dari object wisata ini merupakan warna air yang jernih serta beralih warna jadi memiliki warna tosca.

Air Terjun Kedung Bendo

Kedung Bendo sendiri adalah satu diantara air terjun alami yang ada di dalam Dusun Purwosari Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini dapat memberikanmu nuansa sejukdan fresh dengan suara gemericik air dari arah air terjun.

Posisi air terjun yang tidak jauh dari pusat perkotaan sangatlah pas buat kamu yang mau liburan namun cuman punya waktu sesaat. Dari Jogja, Air terjun Kedung Bendo ini dapat kamu menempuh sepanjang 1-2 jam bergantung kecepatan serta tingkat kemacetan di kota.

Kekhasan dari air terjun ini yakni ada spot poto alami dengan batu karang kecil yang teratur rapi dilatar belakangi air terjun. Sangatlah elok serta menawan kalau kamu dapat bergaya disitu.

Nah itu tadi sahabat daftar lengkap Air Terjun di Jogja  yang bisa sahabat kunjungi saat sedang ingin berlibur di Jogja. Tentu akan ada banyak sekali Rute Wisata Jogja yang Searah yang bisa anda jelajahi saat liburan. Selamat berlibur.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.