1 Juli 2022
Goa Sriti Gunungkidul

Goa Sriti Gunungkidul

Perjalanan menjajahi goa yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta selalu menarik untuk diulas. Tiap-tiap objek wisata rata-rata pun menyimpan peristiwa dibaliknya. Satu diantaranya Goa Sriti.

Goa Sriti Gunungkidul merupakan salah satu destinasi Wisata Goa di Gunungkidul yang wajib untuk anda kunjungi jika kamu berlibur di Gunungkidul.

Diawali pada mulut goa yang rendah dan rendah, kedalaman air yang dapat menggapai dada orang dewasa. Medan berliku-liku dan kedalaman yang berlainan jadi skandal spesifik untuk goa Sriti. Dalam goa ada lorong sempit yang cuman dapat dilalui satu pengunjung dengan status miring.

Benar-benar menentang. seterusnya bakal ada palung kecil kedalaman 12m pas di muka lorong, apabila tidak dapat berenang, pemandu siap menolong . Maka turuti ketetapan yang udah diungkapkan pemandu saat sebelum masuk gua.

Stalakmit dan stalaktit di goa Sriti ini punya sejumlah bentuk yang antik dengan terpasang di tiap dinding. Dalam fantasi mungkin tampak mirip pungguk onta, wujud fosil belut, batu badak bercula satu, dan bebatuan lingga (lambang keperkasaan pria).

Goa Sriti sebagai Goa yang posisinya tidak jauh dari Goa Pindul adalah kira-kira 500 mtr. samping barat Goa Pindul, Gunungkidul. Arti Sriti dipicu sebelumnya Goa ini sebagai goa untuk sarang burung Sriti yang serupa burung Wallet akan tetapi memiliki ukuran lebih kecil.

Sejarah Goa Sriti

Ternyata goa yang punya keelokan stalaktit dan stalakmit ini menaruh histori dan narasi mistik. Kabarnya Prabu Angling Darma sudah lakukan pertapaan yang cukuplah lama supaya punya kesaktian yang tinggi. Tidak hanya itu, Prabu Angling Darma menjelma jadi burung Belibis atau Meliwis Putih.

Menurut orang di tempat tiap-tiap tahun Prabu Angling Darma memperlihatkan diri di telaga Banyubening yang terletak 600 mtr. dari objek wisata goa Sriti.

Walau demikian penimbulkan ini cuman dapat disaksikan oleh beberapa orang tertentu saja. Pada era pemerintahannya prabu Angling Darma dikenali selaku raja yang berbudi dan bijak yang paling menyenangi istrinya, Dewi Setyowati.

Satu diantaranya kesaktian prabu Angling Darma yang populer ialah bisa berkata dengan binatang atau dikenali dengan ajian Gineng.

Sehabis pertapaannya tuntas, prabu Angling Darma meneruskan pekerjaan selaku seorang raja. Untuk melenyapkan tapak jejak dari lawan, beliau membebaskan Sumping kanan terlebih dulu selanjutnya dia tukar jadi seorang pertapa yang serupa beliau dalam Goa Sriti.

baca juga ; Pantai Tersembunyi di Jogja

Pertapa yang ada pada goa beberapa ratus tahun itu digantinya jadi batu yang bisa disaksikan di Goa Sriti.

Kendati cukup mistik, goa Sriti masih tetap banyak didatangi pelancong untuk lihat keeksotisan stalaktit dan stalakmit yang terjadi sampai sekarang ini.

Goa yang membujur kira-kira 320m dengan atap putih ini juga masih jadi tempat rumah ekosistem goa yaitu Burung Sriti.

Tiket Masuk Goa Sriti Gunungkidul

Suka bertandang ke goa mistik ini? Persiapkan uang sekitaran Rp. 50.000 apabila mau ambil paket bertandang ke banyak objek semisalnya Goa Pindul, Goa Sriti, dan objek wisata kira-kira. Untuk ticket masuk ke Goa Sriti sendiri dikenakan Rp. 25.000. Cost itu udah mencakup sarana keselamatan seperti pelampung, headlamp, ban, sepatu karet, dan asuransi.

Daya pikat Bawah Tanah Goa Sriti

Goa Sriti amat cantik, diyakini tersurat sebuat legenda peristiwa mistik pertapaan seoarang raja yang sakti mandra manfaat, ialah raja Molowapati yang memiliki nama Prabu angling darma. Karakter gua yang memikat memperbanyak keelokannya, walaupun tidak demikian termasyhur tetapi Sriti gak kalah unik dari Goa lain di Gunungkidul.

Kemegahan Goa Sriti kelihatan dari bebatuan kapur yang menghias menempel di setia dinding, bermacam-macam dan corak unik terpasang dalam tiap pojok gua. Panjang Gua lebih kurang 320 m, terbuat dari bebatuan karst yang terproses sepanjang beberapa ribu tahun, Goa mempunyai atap putih, diperlengkapi Stalaktit dan Stalakmit masih aktif sampai saat ini, atapnya juga masih jadi tempat berhuninya komune asli ekosistem gua adalah Burung Sriti.

Caving menelusuri Goa Sriti mulai dari mulut Gua yang sempit dan rendah, kedalaman air di pintu masuk lebih kurang 50 mtr., jalan terus, kedalaman dapat sampai dada orang dewasa. Di dalamnya ada lorong sempit yang hanya di lintasi satu pengunjung dengan status miring, seterusnya bakal ada palung kecil dengan kedalaman 12 m benar di muka lorong, bila tidak dapat berenang, pemandu siap menolong, taatilah ketetapan yang telah dikatakan pemandu saat sebelum masuk gua.

Gua Sriti Yogyakarta memiliki medan yang berkelok dan kedalaman yang tidak sama. Stalakmit dan stalagtit dengan wujud unik juga tersuguh di tiap dinding, bila dalam khayalan dapat seperti terlihat wujud fosil belut, pungguk onta, batu berkepala badak bercula satu, dan bebatuan lingga (ikon keperkasaan Pria).

Kekhasan dari gua Sriti ialah, warna batunya yang putih. Menurut pengurus Gua Sriti, sedikit orang yang mengetahui gua ini. Perihal ini disebabkan minimnya promo dari Pemerintahan Gunung Kidul. Disamping itu, kemunculannya pun tertutup karena kehadiran Gua Pindul yang telah terlebih dulu populer.

Rute Menuju Goa Sriti

Jogja – Jl Wonosari – Piyungan – Patuk – Perempatan Sambipitu menjurus Rimba Bunder – Lanud TNI AU Gading – Lampu merah Pertigaan timur Lanud ke kiri – Lagandeng – Siyono – Bundaran Siyono ke kiri – Pertigaan Piyaman ke kanan – Rumah Sakit PKU – Bangjo perempatan Budegan lempeng – sampai Pertigaan Grogok ke kiri (gerbang Dusun Bejiharjo) – Bangjo Perempatan Buderan Lempeng – Pertigaan Grogol ke kiri (Gerbang Dusun Wisata Bejiharjo) – Turuti jalan Aspal – Tulisan Selamat Hadir Di Dusun Wisata – Masuk Restribusi – Gua Pindul – Gua Sriti.

Buat turis lokal atau luar negeri, yang pengin liburan ke Yogyakarta, Gua Sriti menjadi preferensi berlibur anda. Beberapa turis dapat dibawa keliling telusuri gua Sriti dengan dituntun oleh beberapa sukarelawan yang telah pintar dalam areanya masing-masing.

Beberapa turis dapat dibawa untuk masuk ke lorong gua, telusuri saluran air sembari nikmati batu putih yang melekat di semua dinding Goa Sriti Gunungkidul.

Nah itu sahabat ulasan dari kami mengenai Goa Sriti, jika kamu ingin berlibur kemari kamu bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari kami.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.