21 November, 2019
Tempat Wisata Paling Murah di Jogja

Tempat Wisata Paling Murah di Jogja

Destinesa ~ Siapa bilang liburan selalu menghabiskan banyak uang. Simak 30 tempat wisata paling murah di Jogja ini, Anda pasti bakal kaget karena ternyat liburan di Jogja bisa dilakukan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hebatnya, meski murah tetap saja asyik. Mau tahu tempatnya, ini daftarnya:

1. Malioboro

Tempat Wisata Paling Murah di Jogja yang pertama adalah Malioboro. Menyajikan suasana Jogja yang khas. Jalur jalan kaki sepanjang jalan ini dipenuhi tempat duduk yang akan membuat Anda sangat nyaman. Anda bisa mendapatkan beragam suvenir cantik khas Jogja di sini. Malioboro juga pusat fashion terkini dari yang harga murah sampai yang tinggi.

2. Pasar Beringharjo

Inilah Tempat Wisata Paling Murah di Jogja untuk belanja. Anda bisa mendapatkan beragam produk fashion dengan harga fantastik murahnya. Beringharjo dikenal sebagai pusatnya batik, suvenir dan kuliner khas Jogja. Meski berbentuk pasar tapi Beringharjo lebih banyak menyajikan produk untuk wisata.

3. Keraton Jogja

Menleusuri kehidupan masa keluarga Raja Mataram. Anda bisa menikmati berbagai kisah masa lalu di keraton ini. Melihat bangunan berusia ratusan tahun yang hingga saat ini masih digunakan untuk upacara adet keraton. Tempat ini telah dibuka untuk umum dengan tiket yang murah saja.

4. Tamansari

Masih di komplek Keraton Yogyakarta, Anda bakal melihat bangunan megah beberapa lantai dengan kolam di tengahnya. Kolam ini digunakan para istri raja untuk menikmati bermain air sembari membersihkan diri. Di tempat ini juga ada beberapa ruangan tempat para istri merawat kecantikannya dengan berbagai ramuan masa lalu.

5. Benteng Vredeburg

Sebuah bangunan persegi dengan bentuk kotak dan bertembok tebal. Sejatinya ini adalah markasnya Belanda ketika dulu bercokol di Indonesia. Kini telah dialih-fungsikan menjadi museum, memaparkan sejarah perjuangan para pemuda Yogyakarta merebut tanah Jogja dari penjajah.

6. Alun alun Kidul

Menyajikan suasana khas Jogja Anda bisa menjajal ritual Masangin alias Masuk di antara Dua Beringin dengan mata tertutup kain. Jika berhasil maka Anda bakal mendapatkan banyak berkah di masa depan, begitu yang diyakini warga Jogja. Anda juga bisa menggowes sepeda hias warna-wani berbentuk mobil, seru sekali.

7. Hutan Pinus Asri

Terletak di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, tempat ini menyajikan suasana hutan pinus dengan reruntukan daun pinus membentuk karpet cokelat di bawahnya. Hawa sejuk dan suara menderu daun pinus diterpa angin bakal menjadi teman menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih di tempat ini. Inilah salahsatu tempat wisata favorit dan termasuk dalam daftar Tempat Wisata Paling Murah di Jogja karena Anda hanya membayar Rp. 3000 untuk tiket masuk dan parkir sepeda motor Rp. 2 ribu serta mobil Rp. 5 ribu.

8. Puncak Becici

Suasana hutan pinus tetapi memiliki sebuah puncak bukit yang bakal memberi Anda panorama mengagumkan kota Jogja dari ketinggian. Berhawa sejuk dan semilir angin membuat tempat ini dikunjungi ribuan orang tiap akhir pekan. Anda hanya membayar Rp. 3000 untuk tiket dan Rp. 2000 untuk parkir motor serta Rp. 5 ribu parkir mobil

9. Jatisari Ecopark

Tak jauh dari Puncak Becici tetapi memiliki sajian alam yang berbeda. Jatisari menyuguhkan suasana alami hutan dengan jalan setapak dari susunan bebatuan asli hutan di sana. Anda bakal mendapatkan banyak spot foto yang indah di sini. Anda juga bisa bercengkerama dengan duduk di bebatuan dan beberapa gardu pandang unik. Suasananya mirip jaman Flinstone.

10. Seribu Batu

Berada dalam kawasan kecamatan yang sama dengan Jatisari, tempat ini menawarkan hutan pinus sejak membius dan bebatuan raksasa yang bertebaran di area itu. Batu berukuran besar itu bakal mejadi obyek foto yang menarik untuk Instagram Anda. Seribu Batu adalah salahstau wisata paling murah di Jogja dan menjadi salah satu destinasi dalam Paket Wisata Jogja Destinesa. 

11. Air Terjun Lepo

Terletak di Pokoh, Dlingo, Bantul. Ini adalah sungai alami dengan beberapa terjunan air yang indah. Di bawahnya terdapat kolam pemandian alami, mirip kolam renang, Anda dan keluarga akan puas menikmati sejuknya air alam ditemani gemericik suara terjunan air di tempat ini. Di sana Anda bis amenikmati citarasa kuliner desa yang sangat memanjakan lidah kita dengan harga yang murah.

12. Sri Gethuk

Terletak di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Sri Gethuk adalah air terjun indah dengan sungai Oya mengular di bawahnya. Anda bakal dijemput dengan naik sampan untuk bisa sampai ke air terjun ini. Anda juga bisa berenang di bawah air terjun, menikmati sejuknya sungai alam yang membelah perbukitan ini.

13. Bukit Mojo

Terletak di Desa Mangunan, sebuah tepian tebing dengan pemandangan menakjubkan. Pagi hari Anda bakal seperti berdiri di atas lautan kabut sepanjang mata memandang. Ini adalah salahsatu destinasi yang paling banyak diburu para pelancong yang datang ke Jogja. Bukit mojo adalah salahsatu destinasi wisata yang paling murah di Jogja. Tapi jangan lupa, siapkan kamera Anda jika datang ke tempat ini, Anda bakal menyesal seumur hidup jika melewatkan spot indahnya.

14. Candi Ijo

Komplek candi yang terletak di atas perbukitan. Hanya butuh 40 menit untuk sampai ke sana. Ini adalah candi dengan pelataran luas berumput hijau, sangat menyenangkan untuk duduk-duduk bercengkerama dan tempat bermain anak yang sangat aman. Anda hanya harus membayar Rp. 10 ribu untuk menikmati indahnya tempat ini sehingga Candi Ijo termasuk Tempat Wisata Paling Murah di Jogja.

15. Tebing Breksi

Berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, ini adalah sebuah tebing batu yang dipahat dengan beragam lukisan dengan ukuran besar. Meski terbilang wisata  baru tetapi kreativitas para seniman pahat ini terbilang luar biasa sehingga menyulap bukit batu menjadi tempat wisata yang indah. Kini Breksi menjadi salahstau destinasi wisata yang tak pernah sepi. Selain keindahannya, karena Breksi termasuk Tempat Wisata Paling Murah di Jogja karena Anda hanya akan merogoh duit Rp. 5 ribu saja.

16. Pantai Nglambor, Gunungkidul

Inilah pantai dengan sejuta keindahan. Anda bisa snorkling di pantai ini dengan meminjam peralatan pada warga setempat. Selain bertemu ikan-ikan yang indah, pantai ini juga berhiaskan tebing-tebing karang alami yang membuat pemandangannya menjadi seperti lukisan saja. Terlatak di Desa Purwodadi Tepus, Gunungkidul, Anda bisa menikmati suasana alam pantai eksotis ini hanya dengan Rp. 5000 saja.

17. Pantai Kesirat

Tersembunyi di balik lekukan bukit, pantai indah ini masih terbilang baru bagi wisatawan. Anda tidak bisa menyentuh ombaknya di pantai ini karena sepanjang pinggirannya dibatasi tembok karang alias Peninsula. Tetapi pemandangan di sana sungguh luar biasa. Anda bisa menyaksikan birunya air laut sembari bercengkerama atau berkemah di sana. Biaya masuknya sudah satu paket dengan beberapa pantai lainnya yang hanya Rp. 5000.

18. Pantai Jogan

Pantai dengan ombak berkilauan, pasir putih dan air terjun di tepiannya. Tak banyak pantai yang punya dua pesona sekaligus seperti ini: pantai dan air terjun. Itulah Pantai Jogan yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Pantai Kesirat.

19. Pantai Sadranan

Anda juga snorkling di pantai ini, bertegur sapa dengan ikan warna-warni. Berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Sadaranan adalah salahsatu pantai paling kece di Gungkidul. Biaya masuknya hanya Rp. 5000 ribu saja dan itu sudah termasuk dengan beberapa pantai lain di dekat Sadranan.

20. Pantai Drini

Mematok biaya masuk Rp. 10 ribu, pantai ini memiliki pemandangan unik. Sebuah pulau karang berdiam tepat di depan pantai sehingga menciptakan efek unik, ombak di belakang pulau ini menjadi lebih jinak dan membuat Anda bisa merasakan hangatnya air laut di sana. Foto yang indah bakal bisa Anda dapatkan di tempat ini.

21. Pantai Pok Tunggal

Terletak di Tepus, Gunungkidul, Poktunggal adalah pantai dengan lanskap yang kuat untuk menjadi pantai bertaraf internional. Betapa tidak, pasir putih, ombak biru yang bisa Anda rasakan hingga kaki dan dua bukit karang di kanan-kiri, indah sekali. Ada banyak tempat duduk di pinggir pantai ini dan aneka cita rasa makanan.

22. Pantai Baru, Bantul

Pingin ke pantai dengan cuaca yang sejuk, Pantai Baru adalah salahsatu jawabannya. Terletak di dekat jalan raya lintas selatan, Anda sekeluarga bisa menikmati makan siang yang nyaman di bawah rerimbun pohon cemara di pinggiran pantai ini. Masuk ke pantai ini hanya butuh tiket parkir saja. Kalaupun membayar retribusi paling hanya Rp. 5000 saja.

23. Pantai Ngobaran, Gunungkidul

Tak banyak pantai yang kita bisa mandi-mandi d- daerah Gunungkidul ini. Pantai Ngobaran adalah salahsatunya. Anak-anak bakal sangat gembira bermain air di tempat ini. Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, pantai ini memiliki tebing karang di sisi kanan-kiri sehingga mirip gerbang raksasa saja. Di tempat ini pula Anda akan temukan masjid dan pura berdiri berhadapan dengan sangat damai.

24. Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Ini pantai yang sangat pas untuk dinikmati bersama keluarga atau rombongan orang-orang tercinta. Anda bisa duduk di bawah payung di atas hamparan pasir putih menikmati ombak putih berkilauan kejar-mengejar di depan mata. Terletak di Gunungkidul, ini adalah salahsatu pantai primadona para wisatawan yang datang ke Jogja.

25. Pantai Baron, Gunungkidul

Mandi di kolam air tawar di pinggir pantai, itulah salahsatu pesona pantai ini. Namanya Pantai Baron di Gunungkidul. Sebuah mata air yang mengalir dari celah bebatuan di pinggir pantai ini menciptakan sebuah kolam besar air tawar dan bertemu dengan air laut. Ada banyak rumah makan menawarkan aneka cita rasa di sini terutama seafood. Tapi yang pasti, tak perlu mahal untuk masuk ke tempat ini.

26. Pantai Depok, Bantul

Terletak di Bantul, inilah pantai tempat Anda bisa mendapatkan pengalaman mencicipi aneka seafood. Anda bahkan bisa membeli jenis ikan tertentu di Tempat Pelalangan Ikan di pantai ini. Aneka jenis ikan siap olah tersedia di sini. Anda bisa membelinya dan membawa pulang untuk menciptakan jamuan makan seafood bagi keluarga tercinta.

27. Pantai Parangtritis

Ada banyak obyek wisata yang bisa Anda nikmati begitu masuk kawasan ini. Mulai mandi-mandai di pantai, pemandangan sunset menakjubkan hingga bermain ski di Gumuk Pasir yang hanya ada di sini. Hanya dengan membayar Rp. 10 ribu saja Anda bakal dapatkan semuanya. Karenanya Parangtritis menjadi obyek wajib bagi para pelancong

28. Pantai Samas

Pantai ini salahsatu tempat warga Jogja menjalankan banyak ritual yang digelar rutin. Pantai yang landai dan menyenangkan untuk bermain-main dengan ombaknya. Ada danau air tawar yang membentuk telaga di area ini. Ada banyak warung makan dan tempat berteduh untuk menikmati pesona ombak pantai. Anda juga bisa menikmati indahnya ribuan bunga matahari pada jalur menuju pantai di sebelah barat Parangtritis ini.

29. Candi Sambisari

Punya posisi yang unik karena berada di bawah rata-rata tanah. Candi ini berada sebelah barat Candi Prambanan dan menjadi salahsatu candi dengan arsitektur yang indah, lengkap dan terawat. Dikelilingi taman yang indah dan rapi, Sambisari sangat cocok bagi Anda sekeluarga menikmati liburan di Jogja.

30. Gunung Purba, Nglanggeran

Jika Anda anak muda pasti suka tempat ini. Adalah gugusan bebatun berukuan gigantik berusia jutaan tahun. Ini adalah bebatuan gunung api purba yang mencuat ke luar karena meletup jutaan tahun lalu. Terlatak di Desa Nglanggera, Patuk, Gunungkidul, Nglanggeran menjadi salahstau destinasi yang banyak dikunjungi orang karena memiliki beberapa obyek wisata sekaligus seperti embung alias telaga buatan di atas bukit, flying fox, panorama desa dan pesawahan yang memesona dan rumah produksi cokelat.

Itulah 30 Tempat Wisata Paling Murah di Jogja yang bakal membuat liburan Anda menjadi istimewa. Mengajak rombongan bakal membuat liburan Anda menjadi seru. Bingung menuju ke sana, Anda bisa mendapatkan paket wisata Jogja di Destinesa untuk menikmati tempat-tempat itu. Dengan layanan istimewa Anda bisa dapatkan City Tour Jogja yang juga murah di Destinesa ini. Jadi, selamat berlibur ya. **

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.