21 April, 2019
Wisata Malam Jogja Romantis Antimainstream

Wisata Malam Jogja Romantis Antimainstream

Destinesa – Jogja memang tidak berhenti dengan pesonanya. Semakin bertambah hari, Jogja mulai mengembangkan diri. Tidak hanya pada pengembangan di wisata alam untuk sunrise dan sunset. Di malam harinya Anda juga akan menemukan banyak wisata malam Jogja yang seru untuk Anda singgahi. Bertegur sapa dengan dinginnya malam tidak menghalangi jejak langkah pengunjung untuk mendarat di berbagai wisata malam Jogja berikut ini.

1. Malioboro

Nomor 1 kawasan wisata malam Jogja ditempati oleh ikon kota Jogja yakni Malioboro. Malioboro telah mempersolek diri menjadi kawasan yang semakin cantik. Ada banyak bangku-bangku duduk para pedestrian. Selain itu, angklung dari sebuah komunitas music semakin membuat suasana nyaman. Di kawasan ini, deretan pertokoan bisa Anda sambangi satu per satu untuk memilih busana dan gaya hidup tersendiri. Mulai dari tradisional dan kekhasannya, bisa juga gaya modern yang turut mendampingi tradisional. Sudah pernah wisata malam di Malioboro Jogja?

2. Bukit Bintang

Jika Anda ingin menilik sebuah wisata yang mana lahir dari view taburan bintang, Anda bisa dengan mudah singgahi kawasan Bukit Bintang ini. Area di jalan Jogja-Wonosari yang bisa Anda jadikan lokasi mampir usai berkunjung dari wisata alam Gunungkidul. Istimewanya di bukit Bintang, Anda akan menikmati nuansa romantis lagi syahdu ditemani dengan wedang-wedang hangat yang siap diseruput. Dinner di Bukit Bintang bisa menjadi salahsatu nuansa yang apik. Apalagi saat cuacanya cerah, Anda bisa menikmati indahnya kawasan Jogja yang memadukan pertemuan di bintang bertabur di langit dan bintang di bumi.

3. Alun-alun Kidul

Jogja kota juga tidak habis dengan berbagai macam destinasi wisata malam. Singgahlah ke halaman belakang Kraton Yogyakarta ini atau yang biasa disebut Alun-Alun Kidul. Di lokasi ini, Anda bisa menikmati malam ditemani wedang Ronde ataupun sepeda malam. Sepeda bukan sekedar sepeda biasa. Ada lampu kerlap kerlip dengan desain sepeda kayuhnya berbentuk mobil. Asyiknya di lokasi ini adalah saat bersama rombongan. Karena selain itu, Anda bisa sekalian menikmati games seru bernama Masangin. Siapa yang bisa melewati diantara kedua Beringin ini dengan ditutup mata dipercaya keinginannya dapat terkabulkan. Kalau ingin leluasa mengayuh sepedanya ada baiknya Anda datang bukan di akhir pekan. Karena sudah pasti jalanan padat merayap.

4. Titik Nol Km Jogja

Pucuk selatan dari Malioboro dan titik pusat DIY juga menjadi spot wisata malam Jogja yang tidak kalah ramai. Di lokasi ini Anda akan mendapati serunya menikamti malam ditemani dengan seniman beragam profesi seperti seniman lukis, seniman dengan karakter hantu, dan lainnya. Apalagi biasanya ada acara kedaerahan yang diselenggarakan di Monumen Sebelas Maret. Jadi malam Anda di Jogja tidak akan habis dan sayang jika langsung beranjak tidur.

5. Tugu Jogja

Katanya, jika ke Jogja belum singgah ke monument bersejarah ini belum afdol. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya menikmati kawasan wisata malam Jogja ini dengan berfoto dengan Tugu Pal Putih sebagai ikonnya. Meski ramainya kendaraan yang berlalu lalang, tidak lantas membuat panic para pemburu foto dengan latar belakang Tugu Jogja.

6. Taman Pelangi

Bukan pelangi yang bercahaya dikala habis hujan. Taman Pelangi ini merupakan sebuah wisata malam di Jogja penuh dengan lampion warna-warni. Lokasinya mengelilingi monument Jogja Kembali. Dalam jangka waktu tertentu, Taman Pelangi mengalami beberapa perubahan bentuk-bentuk. Namun tidak menghalangi penikmat lampion-lampion untuk berfoto ria di dalamnya. Taman Lampion ini seolah menyediakan paket lengkap yakni wisata malam Jogja, wisata anak Jogja, serta wisata keluarga Jogja. Malam di Jogja jangan langsung beranjak tidur. Anda perlu menyambangi Taman Pelangi Jogja ini sebagai salah satu kawasan seru untuk berpetualang menyusur lampion-lampion seru.

7. Pentas Seni Ramayana Prambanan

Eksotisnya Prambanan tidak sekedar seru di kala mentari menyinarinya. Malam haripun, Anda akan menikmati suguhan Prambanan disorot oleh lampu-lampu warna-warni. Puncaknya menikmati malam di Prambanan ini apabila Anda bisa menyaksikan sebuah pentas seni dan drama (Sendratari) Ramayana dan Hanoman Obong. Cerita ini didasari dari relief yang ada pada candi yang bercerita tentang kisah Dewi Shinta sang istri dari Rama, yang diculik oleh Rahwana. Bagaimana keseruannya? Tilik langsung malam di Jogja dengan menikmati pentas seni Ramayana ini.

8. Hutan Pinus Pengger

Termasuk ke dalam kategori wisata terbaru di Jogja. Hutan Pinus Pengger. Mulanya, Hutan Pinus Pengger dijadikan lokasi wisata untuk menikmati sunrise. Namun kemudian tidak selesai dengan wisata-wisata berkabut, Anda juga bisa merasakan wisata malam Jogja dengan berbagai lampu dan taburan bintang di bumi. Spotnya lengkap dengan berbagai ornament untuk berfoto menarik.

9. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark juga bisa Anda jadikan spot wisata malam Jogja. berada di kawasan barat kota, Sindu Kusuma Edupark yang biasanya disingkat SKE ini telah menjadi area wisata edukasi dan hiburan. Tidak berhenti di siang hari, di malam harinya Sindu Kusuma Edupark juga diminati pengunjung untuk menaiki biang lala raksasa. Bianglala tersebut diketahui tingginya mencapai 48 meter. Namun sayangnya, SKE ini hanya buka sampai jam 9 malam. Jadi Anda yang tertarik datang ke lokasi datang sore menjelang malam agar bisa menikmati Jogja dari ketinggian di dalam Bianglala.

10. Alun-alun Utara (Sekaten)

Alun-alun utara juga punya cerita. Anda yang ingin singgah halaman depan Keraton Ngayogyakarta bisa saat musim menjelang Maulid Nabi. Pasalnya, Anda akan merasakan sensasi seru berbelanja mruah –meriah dalam acara pasar rakyat atau Sekaten! Jika singgahi Alun-Alun Utara bukan pada waktu Sekaten, wisata malam yang dapat Anda nikmati antara lain duduk manis menikmati wedang Ronde. Jadi asyiknya ke alun-alun utara untuk wisata malam di Jogja yakni saat Sekaten!

11. Angkringan Kopi Joss

Pekatnya kopi pada umumnya sudah nikmat dengan kopi-kopi pilihan. Namun berbeda dengan warna hitam pekat di Angkringan Kopi Joss yang ada di sepanjang jalan Margo Utomo yang dahulu disebut jalan Mangkubumi. Selain itu, menikmati sensasi Angkringan dengan menu-menu harga murah meriah bisa menjadi pilihan Anda ketika singgah di Jogja.

12. Pasar Seni Gabusan

Yogyakarta memiliki sebuah pasar seni yang bernama Pasar Seni Gabusan (PSG). Lokasinya berada di Jalan Parangtritis Bantul. Di Pasar seni Gabusan ini Anda akan meliihat begitu banyak kerainan seni atau barang-barang yang antic. Wisatawan juga bisa datang ke lokasi hanya untuk sekedar melihat-lihat dan juga berbelanja barang-barang seni khas Jogja. Adapula acara yang digelar dan bisa dinikmati oleh wisatawan. PSG dijadikan lokasi guna menggelar banyak acara, salah satunya yaitu Bantul Expo!

13. Benteng Vredeburg

Sebuah benteng atau banguanna colonial Belanda ini adalahs atu bangunan yang juga dikunjungi oleh wisatawan pada malam hari. Lokasinya masih satu komplek dengan Titik Nol Km. Bauran dari bangunan tua dan lampu-lampu kota khas Jogja akan memberikan suasana dan pengalaman berbeda.

14. Plengkung Gading

Plengkung Gading merupakan bagian tembok pertahanan Keraton Yogyakarta. Posisinya berada di sisi selatan dekat dengan alun-alun kidul. Nama lain dari Plengkung ini adalah Plengkung Nirbaya. Nir berarti tanpa, sementara baya artinya bahaya. Tembok ini mempunyai filosofi tanpa bahaya. Lokasi yang cukup unik karena untuk sampai ke lokasi Anda harus berjalan ke atas pelngkung dnegan menaiki anak tangga. Di atas plengkung ini juga ada sebuah ruangan yang lapang untuk duduk-duduk sembari menikmati malam. Tidak ada yang berjualan. Tidak seperti alun-alun yang ramai. Mungkin jika mau, Anda bisa membawa camilan agar suasana lebih hangat.

15. Purawisata

Selain Prambanan, sebuah kompleks yang bisa menikamti pagelaran seni. Adapun namanya Purawisata. Lokasinya ada di Brigjend Katamso. Wisatawan yang datang ke lokasi ini juga bisa menikmati kisah drama dari Ramayana dan Dewi Shinta.

16. Gunung Api Purba

Jika Anda suka mendaki namun tidak pada spot dengan medan yang berat, ada Gunung Api Purba yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menikmati malam dari ketinggian. Asyiknya di lokasi ini adalah Anda jadikan spot untuk camping. Dinamakan Gunung Api Purba tidak lain adalah gunung ini kabarnya menjadi gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Oleh karena itu, gunung ini disebut sebagai Gunung Api Purba.

17. Embung Nglanggeran

Di bawah kaki Gunung Api Purba, ada sebuah danau atau waduk buatan bernama Embung Nglanggeran. Embung dibentuk dengan disesuaikan dengan kontur tanahnya. Fungsi awal embung ini adalah untuk pengairan dan cadangan air untuk ladang petani. Namun karena mempunyai keunikan tersebut, embung ini kemudian dijadikan lokasi wisata. Bukan hanya lokasi wisata di siang harinya. Embung yang disorot oleh lampu-lampu ini juga dinikmati pengunjung pada malam hari. Warga Gunungkidul dan sekitarnya mungkin akan menjadi pemandangan yang biasa, bagaimana dengan Anda?

18. Puncak Becici

Lokasi yang pernah dijadikan sebagai salah satu kunjungan wisata oleh Presiden Barack Obama dan keluarga ini tidak hanya dinikmati dari pagi hari hingga siang harinya. Anda juga bisa bertandang ke puncak Becici di kala malam hari. Di lokasi ini Anda akan disuguhkan panorama lampu-lampu yang bertebar di bumi. Mirip dengan Hutan Pinus Pengger mungkin karena satu lokasi yakni di kawasan Panguk-Dlingo, Bantul.

19. Pintu Langit Dahromo

Jika Anda butuh spot hits terbaru di Jogja, Anda bisa mengunjungi Pintu Langit Dahromo. Pintu Langit menjadi viral karena kawasan ini mempunyai beberapa ornament unik untuk foto berbentuk Pintu Putih! Jika mendapatkan angle yang menarik, Pintu Langit sebagai wisata malam Jogja adalah spot asyik menikmati malam dari taburan bintang di langit dan bumi. sama seperti bukit bintang, bedanya di Bukit Bintang, Anda akan lebih focus menikmati sajian kuliner, jika di Pintu Langit ini Anda cukup berpuaslah dengan alam di malam hari. Hehehe

20. Spot Riyadi Prambanan

Sebuah kawasan yang terkenal pemandangan elok di pagi hari juga bisa dinikmati saat malam harinya. Spot Riyadi Prambanan telah menjadi kawasan wisata malam Jogja murah meriah yang bisa Anda kunjungi. Di kawasan ini, selain Anda bisa berfoto-foto ria, pemandangan candi Prambanan yang disinari lampu bisa Anda tilik dengan mata telanjang. Prambanan yang disorot lampu warna warni dikelilingi oleh rerimbunan pohon dan sawah di kala malam hari juga menjadi spot menarik dan menjadikan malam berkesan.

21. Watu Ngadek

Sebuah spot unik yang berada di satu kawasan dengan Hutan Pinus Pengger, bernama Watu Ngadek. Watu Ngadek ini menjadi wisata alam menarik yang juga bisa Anda nikamti sebagai salah satu wisata malam Jogja.

22. Tebing Breksi

Bukan tebing biasa. Tebing Breksi berhasil dibuka sebagai salah satu kawasan wisata unik dan kekinian. Mulanya tebing ini adalah tebing dari penambangan kapur. Melihat potensial sebagai kawasan wisata pada akhirnya tebing Breksi disulap menjadi kawasan wisata. Tebing-tebing yang mulanya hanya kapur biasa lambat laun menjadi sebuah lokasi wisata yang bernilai seni tinggi. Tebing-tebing ini kemudian dibuat dengan seni pahat. Hasilnya, bisa Anda lihat dan buktikan sendiri.

Tidak hanya bisa dinikmati di siang hari, lampu-lampu yang menyorot Tebing Breksi juga bisa Anda nikmati di malam hari. Tidak hanya itu, lampu-lampu yang bertabur di daratan kawasan Prambanan akan terlihat dengan apik.  Cocok untuk Anda yang ingin menghibur diri di malam hari dengan menuju salah satu wisata malam Jogja ini.

23. Pasar Klithikan

Banyak yang mengenal pasar Klithikan ini sebagai kawasan pasar “barang curian”. Mungkin sebenarnya pasar Klithikan ini menjadi pasar barang-barang second alias barang-barang bekas dan juga barang antic. Pasar Klithikan ini buka mulai jam 10 pagi hingga jam 11 malam. Namun, kegiatan jual beli akan ramai di sore hingga malam hari. Juga para pedagang kebanyakan baru memulai membuka lapak mereka di waktu-waktu tersebut. Untuk Anda yang sedang gabut-gabut bisa dengan mudah datang ke lokasi ini. Jadi wisata malam di Jogja tidak melulu ke lokasi wisata ko, pasar Klithikan Pakuncen bisa menjadi alternative menarik.

24. Kampung Turis Prawirotaman

Namanya juga Kampung Turis Prawirotaman, tentu populasi di kawasan ini tidak lain adalah para turis asing dari segala penjuru dunia. Malam harinya di Prawirotaman tidak akan tampak anak muda dan pekerja kantoran yang hang out di kawasan ini. Tapi populasi dari anak nongkorng di Jalan Prawirotaman ini lebih didominasi oleh turis asing. Wisata malam di kampung turis ini mungkin akan lebih banyak terlihat beberapa pub dan café.

25. Bukit Lintang Sewu

Sesuai dengan namanya, Bukit Lintang Sewu merupakan bukit dengan seribu bintang. Lebih dari seribu pastinya. Wisata malam di lokasi ini adalah kesempatan menarik untuk Anda yang penat dari rutinitas. Mirip seperti wisata malam lain di perbukitan bantul, bukit Lintang Sewu ini juga menawarkan akses foto dibalik seribu taburan bintang. Bedanya adalah dari adanya ikon foto di lokasi. Bisa jadi alternative wisata malam di Jogja nih!

26. Kaliurang (Festival of Light)

Kaliurang di malam hari juga bisa Anda nikmati dengan meniliki sebuah acara yang unik yakni Festival of Light. Festival ini diselenggarakan di bulan tertentu. Warna-warni lampu menyambut dinginnya Kaliurang. Kaliurang, sebuah wisata yang komplit dengan aura dingin berkabut, hijau pepohonan dan banyak Villa. Ketika Kaliurang dihadiri festival ini, maka Kaliurang bisa menjadi salah satu alternative wisata malam di Jogja.

27. Oyot Godhong Cabaret Show

Hiburan wisata malam Jogja bisa Anda lanjutkan lagi dengan menikmati pementasan Oyot Godhong Cabaret Show. Pertunjukan Cabaret pada mulanya dikenal di negeri gajah putih, Thailand. Namun sekarang untuk menikmati Cabaret Show, Anda tidak perlu datang jauh ke Thailand. Anda bisa dengan mudah ke Mirota Batik atau Hamzah Batik di lantai 3. Pertunjukkan ini diselenggarakan pada hari sabtu dan minggu dengan tiket yang cukup terjangkau lho yakni Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000.

Serunya berwisata malam di Cabaret Show ini Anda akan menyaksikan Ladyboy yang beratraksi dengan pakaian mirip dengan artis papan atas hingga dunia. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu populer lengkap dengan mimik muka ala artis tersebut. Tapi bukan suara asli, yang mereka lakukan adalah Lipsync. Benar-benar menghibur!

28. Tebing Watu Mabur Camp Ground

Tebing Watu Mabur di pagi hingga siang hari akan lebih seru dan asyik untuk berswafoto. Swafoto alias selfie lengkap dengan pemandangan alam dan batu sebagai ikonnya tidak hanya bisa dinikmati dikala pagi lho! Anda bisa melanjutkan pengalaman seru di Tebing Watu Mabur dengan camping sembari menikmati taburan bintang di langit dan dibumi.

29. Puncak Watu Goyang

Perbukitan Bantul memang tidak habis dengan satu kawasan. Sejak kemunculan spot kebun buah Mangunan yang membludak ingin menjajal negeri khayangan, kini banyak spot-spot alternative yang bisa Anda kunjungi. Salah satuunya Puncak Watu Goyang ini. Puncak Watu Goyang menjadi spot asyik untuk menikmati kawasan Bantul dan melihat taburan bintang dari atas ketinggian. Ada ornament unik yang bisa Anda jadikan teman berfoto lho!

30. Lava Tour Paket Sunrise

Wisata malam Jogja yang satu ini mungkin sedikit berbeda. Jika yang lainnya berkunjung pada saat malam hari sebelum dini hari, untuk menikmati Lava Tour paket Sunrise ini Anda bisa datang ke lokasi justru di malam hari untuk persiapan menyambut mentari pagi. Menyusur jalanan Lava sembari menunggu si mentari terbit adalah petualangan dan pengalaman luar biasa.

Nah itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai Wisata Malam Jogja Romantis Antimainstream yang bisa sobat kunjungi saat sedang berlibur bersama dengan rombongan ke Jogja. Kalau engga mau ribet anda bisa menggunakan layanan City Tour Jogja dari kami. Kami jamin liburan anda anti ribet dan meyenangkan.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.