31 May, 2020

20 Wisata Jogja Murah Meriah Yang Wajib Kamu Datangi Kala Penat Melanda

Destinesa – Bicara soal wisata Jogja memang tiada habisnya. Kota Monarchi ini memang menyimpang segudang destinasi wisata menarik yang recommended! Tinggal pilih, ingin berwisata apa di Jogja? Nah berikut ini adalah Wisata Jogja Murah Meriah yang mana mungkin beberapa diantaranya bisa jadi referensi singgahan saat berakhir pekan bahkan saat dompet sedang kering sekalipun. Cekidot!

1. Candi Abang

Candi Abang sudah cukup lamsa menjadi salah satu lokasi wisata Jogja murah merah. candi yang juga disebut sebagai bukit Telettubies ini adalah candi yang sekarang hanya terlihat gundukan tanah berselimut rumput hijau. Meski demikian, pemandangan alam yang asri dan kini sudah banyak pengembangan seperti gardu pandang berhasil memikat hati para traveler yang butuh wisata murah meriah. Karena menuju ke lokasi ini hanya dikenakan parkir lho!

2. Candi Sambisari

Pernah melihat candi di bawah permukaan tanah? Bisa jadi yang Anda temukan adalah candi Sambisari. Lokasinya memang berada di bawah permukaan tanah, sehingga untuk mencapainya Anda harus menuruni anak tangga. Candi ini dikelilingi oleh taman sejuk yang bisa dijadikan lokasi bersantai. Lokasinya berada di Kalasan, jadi tidak begitu jauh dari kota bukan?

3. Tebing Breksi

Tebing batu kapur yang disulap menjadi lokasi wisata kekinian dan Instagramable ini masuk ke dalam kategori wisata Jogja murah meriah. Karena untuk berfoto dan bebas berkeliling ke area tebing yang disebut “White Canyon” ini cukup membayar tarif ‘seikhlasnya’ dan biaya parkir saja. murah meriah banget kan?

4. Candi Ijo

Masih dekat dengan Tebing Breksi, candi Ijo juga menjadi kawasan wisata murah meriah. Dahulu, kawasan sunset-able ini gratis tiket masuk lho. namun kabarnya sekarang sudah berganti menjadi 10 ribu per pengunjung. masih terjangkau kan yah? Cus kunjungi Candi Ijo, si candi di lokasi tertinggi dari teman candi lainnya.

5. Lava Bantal

Satu arah menuju candi Abang jika Anda melewati jalan Berbah, Anda bisa melihat di kiri jalannya ada sebuah sungai dengan bentuk unik berbentuk bantalan-bantalan. Nah geopark inilah yang dinamakan Lava Bantal. Kawasan ini pernah dilalui jalur lelehan Lava pada zamannya. Dan kini meninggalkan bekas apik yang sangat recommended untuk jelajah alam dengan tarif masuk murah yakni 5 ribu saja.

6. Embung Tambak Boyo

Memanfaatkan akhir pekan dengan jogging juga bisa menjadi wisata murah berikutnya lho. apalagi jika joggingnya di Embung Tambak Boyo. Embung yang tujuan utamanya dialokasikan untuk pengairan juga dijadikan sebagai salah satu lokasi wisata murah di Jogja karena hanya membayar tiket masuk 2 ribu saja lho. selain dijadikan lokasi jogging atau olahraga lain, kegiatan asyik di embung ini antara lain bisa memancing, berkuda, bahkan fotografi.

7. Embung Langensari

Kawasan waduk yang berada di jantung kota ini cukup menjadi pusat perhatian yang lalu lalang. Jarang sekali ada waduk berada di tengah kota. Embung Langensari memang sengaja diciptakan sebagai ekowisata kawasan tengah kota. Memasuki kawasan ini gratis, jadi bisa dijadikan  lokasi wisata murah meriah Anda untuk bersantai, ataupun jogging.

8. Malioboro

Siapa tidak kenal ikon Jogja satu ini? sebuah kawasan jalan yang diapit oleh pertokoan kanan kirinya, baik gaya tradisional maupun modern saling bersanding. Kini wajah Malioboro sudah semakin asyik. Sebab ada bangku-bangku di pedestrian untuk duduk-duduk santai menikmati kawasan kota ini saat pagi hingga malam hari. Selain wisata belanja, Anda juga bisa menilik musisi angklung dan bercengkerama dengan masyarakat Jogja yang terkenal ramah.

9. Titik Nol KM

Satu lagi area wisata murah meriah Jogja yang menjadi andalan, Titik Nol Km. area ini merupakan bagian dari Malioboro dengan wajah barunya. Berada di ujung jalan kawasan Vredeburg, Titik Nol Km ramai dikunjungi 24 jam! Gratis, cukup parkirkan motor dan selamat menikmati suasananya.

10. Kebun Teh Nglinggo

Area yang berada cukup jauh dari perkotaan dan berada di puncak pegunungan Menoreh menjadikan kawasan ini layak untuk Anda kunjungi. Dengan membayar tiket retribusi satu kali, ada beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus seperti Grojokan Watu Jonggol, gardu pandang di kebun Teh, serta bukit Isis. Soal pemandangannya? Sudah tidak perlu ditanyakan lagi deh!

11. Hutan Pinus Pengger

Berada di sebuah kawasan Jogja lantai 2 area Bantul, hutan pinus Pengger menjadi eksis di media sosial karena ornament untuk spot fotonya. Kayu-kayu yang dibentuk sedemikian rupa telah menyulap kawasan menjadi wisata pagi, wisata siang, bahkan wisata malam murah meriah. Asyiknya ke pinus Pengger justru pada malam harinya lho. karena lampu-lampunya berhasil membuat kawasan semakin apik. Seriusan …

12. Hutan Pinus Mangunan

Area wisata yang kini sudah mengalami berbagai tampilan memang telah tersohor hingga mancanegara. Hutan Pinus ini tidak hanya bisa Anda manfaatkan sebagai obat penghibur galau, tapi juga bisa dijadikan lokasi untuk spot foto kekinian dan instagramable.

13. Seribu Batu Songgo Langit

Lokasinya yang sangat dekat dengan Hutan Pinus Mangunan, wisata murah berikutnya berhasil ditempati oleh Seribu Batu Songgo Langit. Di kawasan ini tidak hanya bisa menghirup aroma alam pegunungan, tapi juga keseruan berfoto ria di berbagai spot unik seperti Rumah Hobbit dan rumah negeri dongeng. Ada jembatan Jomblo juga, awas hati-hati yah!

14. Kebun Buah Mangunan

Pasti sudah tidak asing dengan lokasi wisata ini kan? Kebun Buah Mangunan dijadikan lokasi wisata murah meriah dengan hadiah pemandangan luar biasa yang disebut-sebut sebagai “negeri awan” atau negeri khayangan. Sebenarnya tujuan wisata ke lokasi ini bisa menilik agrowisata di kebun buahnya, namun pemburu wisata sunrise, akan lebih menuju ke lokasi puncak Mangunan yang langsung menghadap pegunungan Seribu.

15. Tugu Jogja

Ikon Jogja yang satu ini keterlaluan kalau sampai belum tahu! Adalah Tugu Pal Putih atau yang biasa disebut sebagai Tugu Jogja berhasil menjadi wisata malam riuh karena termasuk wisata Jogja murah meriah lho. memandangi Monumen perjuangan terdahulu bisa menjadi ‘remembering’ dan bersantai di malam hari, apalagi ada deretan angkringan yang memanja lidah harga murah meriah.

16. Pantai Wohkudu

Bagi Anda yang ingin melakukan camping dan sedang mencari pantai privat murah meriah tanpa dipungut biata bisa berkunjung ke Pantai Wohkudu. Sebuah pantai yang memiliki lantai berkarpet rumput ini asyik dijadikan lokasi camping. Bonusnya pemandangan sekitar dan deburan pasir juga ombak yang menggulung. Meski pantai ini pantai kecil, tapi justru lebih privat bukan?

17. Pantai Siung

Hanya membayar retribusi masuk sebesar 5 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih luas diiringi perbukitan apik sembari merasakan angin sepoi berhembus dari Samudera Hindia.

18. Pantai Jogan

Satu kawasan dengan pantai Siung, sayang sekali jika Anda melewatkan pantai dengan keindahan air terjun yang mengalir terjun langsung ke pantai. Meski tidak ada pasir putihnya, namun pantai yang menjadi replika McWay Beach California ini berhasil menjadi pantai rekomendasi liburan sobat traveler lho!

19. Pantai Sedahan

Masih mencari camping ground untuk beach camp? Ke pantai Sedahan bisa menjadi alternatifnya lho. pantai ini termasuk pantai kecil, namun karakternya cukup menarik. Ada dua batu karang yang seolah menjadi gapuranya. Lalu pasir putih dan deburan ombaknya bisa menjadi bonus untuk berenang dan bermain air. Mendirikan tenda di lokasi ini sangat asyik lho!

20. Gunung Api Purba

Ketika bingung melepas penat ke lokasi itu-itu saja, coba mendaki ke puncak Gunung Api Purba. Di atas ketinggian gunung api Purba ini, kepuasan dari rasa lelah saat melakukan pendakian dijamin berhasil menaklukan hati. Alam sekitar yang luas dipandang mata, hijau, sejuk, dan semuanya itu hanyalah segelintir hadiah dari wisata murah yang Anda pilih.

Dari 20 wisata Jogja murah meriah tersebut, manakah yang menjadi wisata paling favorit versi Anda? Kunjungi Jogja yuk ☺. [Tyan]

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.