26 November 2022
Goa Seropan Gunungkidul Yogyakarta

Goa Seropan Gunungkidul Yogyakarta

Menikmati stalaktit dan stalakmit pada Goa yang ada di Indonesia tentu menjadi suatu kekaguman akan ciptaanNya. Seperti kebanyakan Goa yang ada di Gunungkidul, salah satu Goa yang menjadi pilihan favorit destinasi wisata caving goa adalah Goa Seropan Gunungkidul.

Goa Seropan Gunungkidul merupakan goa yang terletak di desa Semuluh, Gunungkidul, Yogyakarta. Goa yang identic dengan indahnya stalaktit dan stalakmit ini ternyata memiliki keunggulan yang berbeda.

Sekilas Goa Seropan

Pada umumnya goa mempunyai wujud hampir mendekati dengan tersedianya lubang selaku mulut gua lalu dalamnya berwujud mirip lorong dengan panjang serta karakter goa yang beda. Salah satunya goa yang ada pada Gunung Sewu yakni Goa Seropan Gunungkidul.

Goa Seropan ini termasuk salah satu destinasi Wisata Goa di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi saat sedang menikmati liburan bersama keluarga di Yogyakarta.

Goa yang berada di area karst Gunungkidul ini mempunyai potensi yang besar buat diintensifkan kegunaannya nampak dari tersedianya saluran sungai bawah tanah dengan debet yang besar. Dikehendaki jumlahnya debet air sampai di musim kemarau dapat menolong warga sekitaran supaya terbebas dari kekeringan.

Biarpun daya pikat keelokan goa ini sayang sekali buat ditinggalkan tapi Goa Seropan mempunyai lorong dengan medan yang lumayan berat. Pencari goa yang ada rata- rata yakni mempunyai tujuan buat riset, populasi penyuka alam, atau yang berkentingan dengan pengajaran.

Fakta Unik Goa Seropan Gunungkidul Yogyakarta

Wisata Goa Seropan yang dipercaya pastinya kegiatan telusuri goa. Goa ini miliki panjang 888 mtr. dengan kedalaman sampai 60 mtr.. Jalanan tuju mulut goa udah berbentuk anak tangga dari beton.

Sejauh lorong goa ada ketaksamaan- ketidakcocokan ciri-ciri goa sebagai daya magnet goa tersebut. Dimuali dari mulut goa yang ada pada celungan yang tertutup kemdian masuk lorong rendah sepanjang 200an mtr. untuk tuju sungai bawah tanah. Di lorong itu miliki kedalaman yang berlainan serta pengunjung bisa mendapatkan stalagtit di sejumlah fragmen goa. Spot unggulan yang lain ialah didalamnya ada air terjun Goa Seropan sebagai air terjun yang datang dari sungai bawah tanah dengan ketinggian 8 mtr..

Untuk beberapa umumnya telusuri goa ini dilaksanakan dengan jalan kaki sepanjang 500meter. Setelah itu penelusuran mesti gunakan perlatan privat untuk caving. Ciri-ciri goa licin, lembab, serta kadang mesti lewat kubangan air yang dalam. Peserta caving cuma terbatasi maksimum 10 orang pada setiap sesion untuk mengawasi keadaan dari kebatasan oksigen.

Banyak pengunjung bisa stop sebentar pada setiap post penghentian untuk istirahat sekalian nikmati keadaan kecantikan goa serta merekam kejadian. Bahkan juga ada pemandu yang berencana membawa banyak pencari goa untuk diam diri dalam kesunyian bertafakur terhadap Tuhan atas keserasian alam ini.

Dalam banyak pencari selalu harus hati-hati serta berhati- hati dalam tiap-tiap perbuatan. Ketidakcocokan kedalaman, kubangan air, kurangnya oksigen ialah banyak hal yang penting menjadi perhatian untuk keselamatan diri semasing, serta keutamaan lakukan tindakan sesuai sama instruksi cave master.

Goa Seropan Tempat Pembangkit Listrik

Aliran sungai bawah tanah dengan derasnya debet air 750 liter per detik. Goa Seropan dijadikan goa tempat pembangkit listrik menggunkan microhydro technology.

Caving di Goa Seropan ada Air Terjun

Caving di goa sepanjang kurang lebih 211 meter ini akan terbayar dengan menikmati air terjun di dalam goa. Sungguh pemandangan yang menakjubkan bukan?

Caving goa Seropan dengan tinggi goa yang bervariasi dan keadaan air lumayan dalam dan berlumpur, Goa Seropan tetap menjadi destinasi wisata yang digemari para pecinta tantangan. Mulai dari luar gua hingga ke dalam gua, Anda akan ditakjubkan oleh tebing kapur yang menjulang.

Bisa Panjat Tebing

Tidak ada salahnya untuk menjejaki tebing di Goa Seropan ini karena terdapt 13 jalur panjatan dengan tingkat kesulitan bervariasi. Tebing-tebing bagian luar goa Seropan sangat cocok bagi Anda yang baru belajar panjat tebing atau pemula.

Untuk memasuki goa Seropan, Anda tidak dikenakan biaya masuk, akan tetapi Anda diwajibkan membawa perlengkapan dengan standar karts supaya tetap aman!

Lokasi Goa Seropan Gunungkidul

Goa Seropan ada pada Kampung Gobang Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari pusat Yogyakarta ke wilayah Goa Seropan lebih kurang 37 km dan bisa dicapai sepanjang 1 jam 10 menit.

Tempat ini dapat dicapai dengan memakai kendaraan individu berangkart dari kota Yogyakarta lewat Ring Road tuju jalan Wonosari lalu menuju Kecamatan Semanu. Lajur penting tuju kecamatan ini udah bagus sampai base camp penyusuran goa.

Fasilitas Goa Seropan

Sarana yang ada di object wisata Goa Seropan belum komplet. Sampai belumlah ada retribusi buat pengunjung yang masuk area ini karena masih terkelola oleh penduduk lokal. Jika pengunjung pengin lakukan caving karenanya mereka harus persiapkan sendiri perabotannya maupun bisa mengontak master cave buat ditolong berkaitan pemasokan kelengkapan alat caving.

Mestinya stamina serta kesehatan badan harus benar-benar menjadi perhatian oleh tiap-tiap pelancong yang hendak caving ingat medan ciri-ciri goa yang dilewati benar-benar berat. Juga tidak boleh ketinggal buat memanfaatkan perabotan yang sesuai sama standard keselamatan.

Rute Menuju Goa Seropan Gunungkidul

Untuk kamu yang punya ide liburan seharusnya tambahkan goa seropan jadi salah satunya maksud wisatamu. Salah satunya sebagai pemikiran ialah tempatnya yang paling ringan dijumpai dan akses jalannya yang paling ringan dilintasi.

Lalu di mana sesungguhnya area goa seropan ini? terletak lumayan jauh dari pusat perkotaan Jogja dengan meniti perjalan lebih kurang 1 jam 10 menit dalam jarak menempuh lebih kurang 37 km.

Area persisnya ada pada Dusun Gobang, kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta. tapi perjalanan ini kali dikuasai oleh tanjakan dan belokan sebab memang gunungkidul tempatnya ada pada daratan tinggi atau bukit-bukit maka dari itu anda perlu tambahan hati – hati sewaktu melesat gunakan mobil atau motor.

Disamping itu yakini juga mesin kendaraan anda pada keadaan yang bagus biar dapat meniti perjalanan ini kali. disamping itu untuk kamu yang memutus gunakan angkutan publik pun ada, silakan naik bis umum dari terminal giwangan Jogja ambil jalur Wonosari lalu teruskan naik bis sampai ke Bedoyo lalu teruskan perjalanan gunakan ojek atau transportasi lokal yang lain.

Tiket Masuk Goa Seropan

Sampai sekarang ini tidak ada ongkos retribusi maupun ticket masuk ke arah goa seropang ini. seluruhnya masih dikendalikan secara swadaya oleh masyarakat lebih kurang. kamu hanya butuh bayar jasa pemandu wisata sesukarelanya saja.

Kamu dapat menduga – ngira berapa tenaga yang sudah mereka mengeluarkan untuk menolongmu telusuri lorong untuk lorong dan menolong melindungi keamanan serta keselamatan pengunjung. Dan memberinya bantuan sesukarelanya untuk bayar penitipan kendaraan individu ada.

Panduan dan Anjuran Wisata Goa Seropan

  1. Untuk dapat telusuri goa yang punyai kedalaman dan panjang yang cukup ekstrim ini pastikanlah kamu persiapkan situasi badan dengan baik sekali
  2. Saat bakal mulai penyusuran goa bakal ada pembimbingan dari pemandu wisata, karena itu lihat secara baik semua arahan yang dikasihkan supaya tak menimbulkan perihal – perihal yang tak diingini
  3. Pastikanlah kamu pakai standard keamanan seperti helm dan sepatu untuk mengelit bentrokan benda-benda keras dan cukup beresiko.
  4. Saat telusuri lorong goa pastikanlah kamu bawa air mineral untuk menghambat dehidrasi dalam goa
  5. Untuk merekam sejumlah moment dalam goa baiknya membawa camera dengan kapabilitas lensa yang oke supaya hasilkan poto dalam goa yang elok dan seperti bidikan sejumlah profesional.

Jam Operasional Wisata Goa

Buat dapat nikmati dan berpetualang dalam Goa Seropan Gunungkidul dan mengerjakan aktivitas panjat tebing di sejumlah jalan masuknya kamu dapat hadir kapan pun, lantaran goa ini dibuka tiap-tiap hari sepanjang 24 jam.

Tidak ada hari liburan di goa ini. tetapi walaupun demikian seharusnya kamu menghindar bertandang sampai tengah malam lantaran goa situasi dalam goa cukup beresiko kalau kamu begitu malam ada di sana. Kalau hari telah mendekati malam seharusnya kamu stop perjalananmu.

Nah sahabat itu adalah sedikit ulasan dari kami tentang Goa Seropan Gunungkidul Yogyakarta, ingin berlibur ke Jogja namun ndak ingin ribet bisa gunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?