1 Juli 2022
Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo ~ Kota Yogyakarta memiliki daerah yang sangatlah bertindak penting dalam penjajahan Indonesia. Yang di waktu ini tempat itu menjadi tempat wisata riwayat. Berbagai kabupaten yang berada di kota Yogyakarta, yang ada tempat monumental.

Diantaranya yakni Goa Sriti yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Goa Sriti ini masih termasuk sepi pengunjung, karena banyak turis yang belum tertarik sama wisata riwayat. Turis lebih mencintai objek wisata yang tawarkan kesenangan dan sarana permainan.

Sejarah Goa Sriti

Goa Sriti Kulon Progo ini sebagai tempat persembunyian dari Pangeran Diponegoro pada waktu penjajahan Belanda. Pangeran Diponegoro ialah pahlawan Indonesia yang pimpin perang perlawanan Belanda di tahun 1825-1930 yang umum dikatakan dengan Perang Diponegoro.

Goa Sriti ini pun sebagai tempat Pangeran Diponegoro dinobatkan jadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa dipersingkat jadi Abdul Hamid. Argumen dilantiknya Pangeran Diponegoro yakni untuk jadi pimpinan suatu negeri yang merdeka segaligus menjadi pimpinan agama.

Mulanya Belanda memasangkan pacak di tanah punya Dipanegara di Tegalrejo. Karena hal semacam itu Pangeran Diponegoro terasa emosi dengan tingkah laku Belanda yang tidak menghargakan etika istiadat dan sangatlah manfaatkan rakyat Indonesia dengan pembebanan pajak. Pangeran Diponegoro selanjutnya ajukan perlawanan kepada Belanda yang ditunjang oleh beberapa rakyat Kraton Yogyakarta.

Karena perlawanan Pangeran Diponegoro selanjutnya Belanda terasa kerepotan hadapi pasukan dari Pangeran Diponegoro. Cara-cara yang telah dilakukan Belanda buat gagalkan gerakan Pangeran Diponegoro, salah satunya metodenya yakni dengan tehnik benteng stensel.

Kendati demikian itu tidak bisa halangi gerakan Pangeran Diponegoro karena Pangeran Diponegoro sudah emosi dengan tingkah laku Belanda.

Oleh maka itu belanda kerepotan menentang pasukan Pangeran Diponegoro dengn trik perang gerilya. Karena gunakan trik menentang sembunyi-sembunyi ini sangan perlu tempat buat sembunyi.

Tempat persembunyian yang berada di Yogyakarta yakni Goa Selarong yang dipakai menjadi basis aba-aba pada waktu awal mula peperangan dan Goa Sriti Kulon Progo sebagai tempat persembunyian ke-2  dan di akhir perlawanan saat sebelum Pangeran Diponegoro diamankan secara culas oleh Belanda di Magelang.

Daya Tarik Goa Sriti

Goa sriti sebagai satu diantara lokasi wisata sekalian tempat monumental. Dahulunya tempat ini sebagai tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro. Goa Sriti jadi saksi bisu perjuangan beberapa pahlawan.

Goa sriti dibangun jadi posisi strategi gerilya serta persembunyian buat menantang penjajahan penjajah Belanda oleh Pangeran Dipenogoro yang mana pada ketika itu pangeran Diponegoro sebagai pimpinan perlawanan kepada penjajah Belanda.

Liburan anti ribet dengan Paket Wisata Jogja

Perlawanan berjalan di tahun 1825-1930 yang diketahui dengan panggilan perang Diponegoro. Namun dari sisi riwayat goa ini punya daya magnet tertentu, sebab goa ini jadi tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro jadi Sultan Abdulhamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau umum dipersingkat Sultan Abdul Hamid

Buat anda yang punya adrenalin tingkat tinggi, Anda dapat bawa senter buat mencari goa sriti ini. Namun demikian yang penting jadi perhatian ialah apabila anda mau masuk ruangan goa yang lebih dalam kembali, anda mesti didampingi oleh juru kunci atau warga di tempat yang mengetahui secara rinci medan goa sriti ini sendiri.

Sebab pernah pada bagian dalam gua jadi komunitas monyet putih, jadi sebab itu apabila mau masuk ke gua ini lebih dalam alangkah baiknya bila menanyakan terlebih dulu ke juru kunci.

Umumnya orang kurang lebih posisi wisata Goa Sriti punya mata pencarian jadi petani, pedagang warung skala kecil di tepi jalan. Walau sebenarnya posisi wilayah wisata goa sriti ini punya potensi yang lebih apabila dikeduk kembali.

Ingat panorama disekitaran goa punya pemandangan yang cantik. Situasi ini dapat jadi pengembangan baru apabila digabungkan dengan wisata out door, atau mungkin saja ditempatkan jadi salah satunya pilihan maksud wisata riwayat di Jogja. Dengan demikian pelancong makin lebih berminat untuk mendatangi.

Lokasi Goa Sriti Kulon Progo

Tempat Goa Sriti Kulon Progo ini lumayan gampang digapai dan digapai. Tempat Goa Sriti Kulon Progo ini pun kurang begitu jauh dari pusat perkotaan Yogyakarta. Lebih persisnya ada di Kampung, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalur Goa Sriti Kulon Progo

Jalur yang penting anda lewati waktu ketujuan wisata alam Goa Sriti Kulon Progo ini sangatlah simpel digapai dan digapai. Jalan tuju Goa Sriti ini sudah pantas buat dilintasi. Kalau anda dari pusat perkotaan Yogyakarta ke arah barat melalui jl kh ahmad dahlan lempeng selalu hingga melalui jl wates, lalu hingga perempatan belok ke arah utara melalui jl siliwangi hingga perempatan belok ke arah barat melalui jl godean, lalu lempeng selalu hingga perempatan belok ke arah utara melalui gedongan-tempel hingga pertigaan belok ke arah barat melalui jl dataran 3 lempeng terus, lalu belok ke arah kanan lalu hingga pertigaan belok arah ke kiri lempeng selalu hingga melalui jl dekso samigaluh, turuti jalan itu jadi anda akan hingga ke Goa Sriti Kulon Progo.

Jarak dari pusat perkotaan Yogyakarta ke Goa Sriti cukup jauh yakni seputar 25,4 km dan waktu pintas normal kendaraan motor dari Kota Jogja tuju Goa Sriti Kulon Progo seputar 47 menit.

Harga Ticket dan Parkir Goa Sriti

Harga ticket masuk ke Goa Sriti cukup standard. Buat Anda yang pengin bertandang ke Goa Sriti Kulon Progo akan digunakan cost Rp. 30.000 per-orang. Di harga itu Anda bisa dengan suka telusuri Goa Sriti sebagai sisa tempat persembunyian Pangeran Diponegooro.

Sedang buat harga ticket parkir buat Anda yang bertandang dan bawa kendaraan individu akan digunakan cost yakni Rp. 2000 buat kendaraan beroda 2 dan Rp. 5000 buat kendaraan mobil.

Layanan Goa Sriti

Layanan yang berada di Goa Sriti ini udah lumayan mencukupi dan bisa membuat banyak turis yang bertandang merasakan nyaman dengan layanan ini Anda bisa nikmati kemegahan Goa Sriti sebagai tempat monumental, layanan antara lain:

  1. Ada pelbagai alat buat caving goa
  2. Air mineral
  3. Alat pelampung
  4. Pemandu wisata lokal

Nah itu tadi sahabat sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai Goa Sriti Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Semoga informasi yang diberikan memberikan manfaat dan jaga kelestarian Wisata di Indonesia dengan membawa pulang sampah kita. Salam

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.