1 April, 2020
Tempat Wisata Dekat Bandara Adisutjipto Jogja

Tempat Wisata Dekat Bandara Adisutjipto Jogja

Destinesa – Tempat Wisata Dekat Bandara Adisutjipto Jogja – Siapa bilang berwisata di Jogja itu repot. Jika Anda datang ke kota ini melalui pesawat dan mendarat di Bandara Adisutjipto, Anda bahkan dengan mudah bakal bisa menikmati beberapa tempat wisata berdekatan dengan tempat pendaratan Anda itu.

Uniknya, beberapa tempat wisata yang bisa Anda jangkau dengan mudah ini juga bukan tempat wisata biasa saja melainkan sangat istimewa. Penasaran, inilah beberapa tempat wisata dekat Bandara Adisutjipto yang dengan mudah dan cepat bisa Anda kunjungi:

1. Candi Sambisari

Adalah bangunan candi nan megah yang terletak di Kecamatan Kalasan, Sleman. Candi Hindu beraliran Syiwa ini dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu keturuan Wangsa Syailendra.

Hanya berjarak 3,1 kilometer saja dari bandara Adisutjipto. Candi ini unik karena sebagian besar bangunannya berada di bawah ketinggian tanah sehingga tidak bisa terlihat utuh dari jauh. Tapi begitu Anda membayar tiket dan memasukinya, dijamin Anda bakal terkejut dengan keindahannya.

Di kelilingi perkampungan Jogja yang khas dan pemandangan sawah, Sambisari juga dikelilingi beberapa warung makan eksotik. Seperti Soto Bathok Mbah Katro yang menyajikan soto dengan mangkuk dari batok kelapa. Tak perlu kawatir menikmati kuliner di tempat inni karena harganya sangat ramah bagi siapa saja.

2. Candi Prambanan

Sapa yang tak kenal dengan nama ini. Kompleks candi super megah berailran Hindu. Inilah salahsatu candi paling terkenal di Indonesia selain Borobudur. Berjarak 7,6 kilometer dari bandara, candi ini menyuguhkan pemandangan epic yang dijamin bakal membuat terkesima siapapun yang melihatnya.

Bagaimana tidak, setidaknya ada delapan candi dengan ketinggian hingga 47 meter berdiri tegak seperti mahkluk raksasa abadi yang sedang bercengkerama. Dibangun pada abad ke-9, seluruh dinding candi dipenuhi pahatan indah penuh maka filosofis bagi umat Hindu kala itu. Candi apa sajakah itu?

Pada bagian tengah dan utama berdiri tegak Candi Syiwa, pada bagian selatan Candi Brahma, sebelah Utara Candi Wisnu. Terdapat pula Candi Wahana, yakni kendaraan para dewa yakni Candi Nandi alias kerbau. Nandi adalah kendaraan Dewa Syiwa dan Cadi Garuda yang merupakan tunggagan Dewa Wisnu.

Menariknya, Anda bisa membeli tiket bundling alias tiket terusan untuk kemudian digunakan menikmati keindahan Candi Boko yang terletak beberapa kilometer dari Prambanan. Sehebat apakah Candi Boko?

3. Candi Boko

Nuansa masa lalu bakal segera menyergap Anda begitu memasuki gerbang komplek ini. Terletak di atas puncak bukit, komplek Candi Boko seluas 250.000 meter persegi dan terdiri dari empat bagian.

Candi Boko sesungguhnya adalah reruntuhan bekas Keraton Boko yang meninggalkan begitu banyak jejak. Sehingga ketika Anda menelusuri tempat ini Anda akan bisa membayangka kehidupan manusia dari berabad silam.

Pada bagian utama terdapat pondasi Keraton lengkap dengan halaman, jalan masuk dan gerbang.  Anda bahkan akan menemukan sumur yang airnya tidak pernah kering di atas ketinggian ini. Dahulu kala, ini adalah sumber air yang menghidupi seluruh penghuni tempat ini. Pada bagian lain terdapat pula tempat ritual pembakaran mayat bagi orang-orang yang mati.

Selain nuansa masa lalu yang kental, Candi Boko adalah salahsatu spot terbaik di Jogja untuk menikmati terbenamnya matahari. Tak usaha tanya titik-titik keren untuk selfi di sini, seluruh sudut tempat ini dijamin bisa menjadi spot luar biasa mengabadikan gambar diri.

4. Tebing Breksi

Terletak beberapa kilometer dari Candi Boko. Selama bertahun-tahun Breksi adalah bebatuan raksasa muntahan dari Gunung Api Purba Nglanggran. Sebesar apakah ukuran batu itu? Ini bukan batu biasa karena volumenya bukan lagi ratusan meter tapi ribuan. Selama bertahun-tahun bebatuan ini ditambang warga.

Beberapa tahun lalu pemerintah menyatakan batu Breksi adalah situs alam yang dilindungi. Mandegnya penambangan tak membuat warga sekitar putus asa. Sejarah seni pahat batu yang mengaliri darah warga daerah ini lalu melahirkan gebarakan luar biasa. Dinding baru raksasa itu mereka pahat dengan gambar seni pewayangan dan beragam gambar lain seperti aksentuasi naga dan sebagainya.

Warga juga memahat undak-undakan agar pengunjung bisa naik ke atap dan menikmati pemandangan menakjubkan yakni hamparan Kota Jogja, dan beberapa candi yang terlihat dari sini.

Meski dilahirkan oleh tangan-tangan terampil jaman now, tapi Tebing Breksi memiliki pemandangan yang luar biasa bahkan kolosal. Di Komplek ini ada berbagai pelataran mulai dari parkir, deretan kafe, shelter hingga lapangan untuk perform alias pementasan. Semuanya diatur saling melengkapi. Anda hobi berselfi, tak perlu bertanya lagi, Breksi adalah tempat paling aduhai untuk menciptakan gambar yang Instagramable.

Pingin uji nyali, Anda bisa memesan pertualangan dengan Jeep bak terbuka, mengunjungi beberapa tempat sembari menikmati semilir angin menerpa wajah Anda. Breksi adalah tempat wisata dekat bandara yang bakal tak akan mungkin And bisa melupakannya.

5. Jogja Bay

Adalah wahana wisata air raksasa. Terletak di dekat Stadion di Sleman, terdapat beragam wahana wisata air yang bakal membawa Anda melayang ke puncak kegembiraan.  

Biasanya dikunjugi rombongan keluarga karena terdapat sekali wahana yang paling disukai anak-anak. Anak mana yang tidak tertarik wahana permainan air? Itulah Jogja Bay. Wahana-wahana itu memiliki tantangan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan nyali Anda. Mulai dari papan luncur dengan kemiringan yang paling landau hingga yang menciptakan efek kejut luar biasa. Itulah Jogja Bay.

Lima tempat di atas adalah tempat-tempat wisata dekat Bandara Adi Sutjipto yang wajib Anda datangi, tertama jika Anda datang ke kota ini melalui penerbangan. Hebatnya lagi, tidak sulit menemukan berbagai hotel di area-area ini mulai dari yang menawarkan harga ramah hingga hotel berbintang. Selamat datang di Jogja !

Share

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.