16 September, 2021
Tempat Wisata Dekat Malioboro

Tempat Wisata Dekat Malioboro

Destinesa – Tempat Wisata Dekat Malioboro – Bagai dua keeping mata uang, itulah Jogja dan Malioboro. Malioboro adalah magnit wisata paling besar di Jogja. Pesonanya sebagai pusat belanja fashion paling lengkap membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Hebohnya, kini pelataran parkir Malioboro disulap khusus untuk para pejalan kaki agar wisatawan makin maksimal menikmati suasana.

Tapi kekuatan Malioboro tak hanya deretan toko pakaian dan pelataran yang luas bagi pejalan kaki. Melainkan karena dari Malioboro ini Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata lain. Ada banyak tempat wisata dekat Malioboro yang yang bisa Anda kunjungi bahkan hanya dengan berjalan kaki. Apa sajakah tempat wisata dekat Maliboro yang bisa Anda nikmati:

1. Pasar Beringharjo

Ini adalah Pasar Induk Kota Yogyakarta, segala rupa kebutuhan ada di tempat ini. Tapi Beringharjo bukan hanya menyediakan kebutuhan dapur melainkan juga pusat mode terutama batik dan aneka ragam souvenir.

Hebatnya pasar ini, meski berada di pusat kota wisata nan ramai tetapi harga barang yang ada di sini tetap saja miring habis. Bedaya lagi, meski berwujud pasar tetapi Beringharjo sekaligus pusat mode, beragam produk fashion berkualitas bisa Anda temukan di sini, dengan hrga yang miring tadi.

2. Benteng Vredeburg

Berjarak hanya ratusan meter dan masih di ruas jalan yang sama, dahulu kala benteng ini dibangun Belanda untuk sebagai kantor dagangnya. Khas bangunan Belanda, benteng ini berupa bangunan dengan tembok tebal nan tinggi berbentuk persegi empat luas. Ada banyak bangunan perkantoran di dalamnya. Kini, bangunan legendaris ini disulap menjadi museum yang bercerita banyak mengenai sejarah bangsa Indonesia.

Kemegahan dan bentuk bangunan yang khas masa lalu menempatkan Benteng Vredeburg sebagai salahsatu tempat wisata dekat Malioboro yang wajib Anda kunjungi.

3. Taman Pintar

Hanya dua ratus meter dari Pasar Beringharjo, inilah pusat bermain anak paling terkenal di Jogja. Taman ini dirancang sebagai tempat bermain anak dengan aneka ragam wahana mencerdaskan putera-puteri Anda. Setidaknya ada 20 wahana seru di taman ini mulai dari wahana yag bercerita tentang sejarah Keraton Yogyakarta, wahana pendidikan, akuarium air tawar.

Bukan itu saja, ada pula Zona Cuaca Iklim, Zona Agro, Zona Science dan berbagai seni tradisi seperti membatik, menyablon dan sebagainya. Berbagai wahana ini diciptakan untuk anak-anak agar mengenali potensi budayanya dan beragam keahlian. Di tempat ini anak-anak bisa langsung belajar membatik dan membawa pulang kain yang mereka lukis degan tinta batik.

4. Keraton Yogyakarta

Terletak lurus dari ruas jalan Malioboro, inilah tempat wisata paling fenomenal di Jogja, Keraton Yogyakarta. Bangunan megah berusia ratusan tahun yang berdiri tepat di sebelah selatan Alun alun Utara Yogyakarta. Siapa yang tak kenal tempat ini?

Di dalamnya, Anda akan mendapatkan beragam cerita mengenai peri kehidupan keluarga Keraton Yogyakarta yang prestisius. Anda juga akan mendengarkan berbagai filosofi hidup yang hidup dan berkembang di pusat kebudayaan Yogyakarta ini lengkap dengan bangunan-bangunan uniknya.

Anda juga bakal melihat seperti apa pakaian adat keluarga raja, abdi dalem dan beragam tetarian yang secara rutin digelar di Pendopo Keraton. Semuanya sudah ada dalam paket wisata dan disiapkan untuk menyambut semua pelancong yang datang ke sana.

5. Musium Kereta

Masih di Komplek Keraton, adalah sebuah bangunan besar khas keratin yang berisi aneka Kereta Kencana jaman dahulu. Ini adalah garasi besar bagi beragam kendaraan kebesaran keraton yang disebut Kereta Kencana.

Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai jenis kereta kencana dengan fungsi yang berbeda-beda. Jangan salah pula, meski berupa kendaraan masa lalu tetapi harga satuan kereta kencana itu tidak kalah dengan mobil sport mewah loh. Bukan main-main pula, sebagian kereta ini dibuat oleh negeri Eropa dengan segala pernak-pernik yang sulit ditemukan di abad ini.

6. Tamansari

Anda bakal rugi jika tidak mengunjungi tempat ini. Tamansari adalah salahsatu bagian dari Keraton Yogyakarta yang sangat istimewa. Dahulu kala ini adalah bangunan untuk para isteri raja.

Di dalamnya terdapat kolam pemandian, mirip kolam renang, tempat para istri menikmati indahnya hidup sebagai pendamping raja. Kola mini berbentuk persegi empat dengan hiasan pot-pot besar dan berbagai ornamen seni masa lalu. Di salahsatu ssisi, terdapat bangunan bertingkat yang digunakan raja melihat para istri menikmati segarnya kolam pemandian. Ruangan lainnya digunakan sebagai tempat para istri mendapatkan perawatan kulit masa lalu.

Uniknya, taman ini memiliki beberapa pintu rahasia sebagai lorong bagi keluarga raja menyelamatkan diri jika terjadi marabahaya. Juga terdapat beberapa lorong rahasia menuju tempat-tempat pengintaian. Berbagai keindahan dan misteri itulah yang membuat Tamansari menjadi salahsatu tempat wisata dekat Malioboro yang wajib Anda kunjungi.

7. Tugu Jogja

Disebut juga sebagai Kilometer Nol. Adalah tugu bercat putih yang dengan mudah Anda temui pada halaman-halaman Google. Begitu kondangnya tugu ini sebagai simbol Yogyakarta sehingga Anda wajib mengabadikan diri di sana.

Uniknya, tugu ini terletak di tengan perempatan yang ramai lalu lalang orang setiap hari. Tetapi keramaian itu sama sekali tidak menghalangi setiap orang untuk mengabadikan dirinya. Jangan kawatir pula, semua warga Jogja sudah terbiasa dengan keramaian di tengah perempatan ini sehingga tak perlu kawatir disosor kendaraan ketika lagi berpose.

 8. Alun Alun Selatan

Bagi pecinta hidup sehat, Anda bisa berjalan kaki menuju Alun alun ini, tetapi juga bakal lebih baik dengan naik becak menuju ke sana. Terletak di sebelah selatan bangunan Komplek Keraton, Alun alun ini juga menu wajib yang harus dikunjungi.

Sore hari hingga malam adalah waktu yang pas menikmati suasana Alun alun Selatan. Anda bia berkeliling Alun alun naik sepeda berbentuk mobil dengan lampu warna-warni, sangat semarak. Nda juga bisa mendapatkan aneka jajanan khas Jogja di sekeliling tempat ini. Satu lagi yang paling misterius, Anda harus mencoba Masangin yakni berjalan dengan mata tertutup dari pinggiran Alun alun menuju arah tengah. Jika Anda berhasil masuk di antara dua beringin di sana maka diyakini Anda akan mendapatkan keberuntungan dalam hidup.

Itulah beberapa tempat wisata dekat Maliboro yang bahkan bisa Anda nikmati sembari berjalan kaki saja. Jangan kawatir, kota ini selain dikenal memiliki banyak tempat eksotik untuk dikunjungi juga dikenal sebagai kota yang ramah pada pejalan kaki. Jadi, apalagi yang Anda tuju, segera kunjung tempat-tempat wisata dekat Malioboro ini.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.