1 Juli 2022
Tempat Wisata di Kaliurang Atas

Tempat Wisata di Kaliurang Atas

Bak harta karun, area Kaliurang menyimpan beragam tempat wisata Jogja yang instagramable. Museum Ullen Sentalu, The Lost World Castle, Rumah Hobbit Kaliurang, Stonehenge Jogja, dan Merapi Park dapat memanjakan Anda dengan spot fotonya yang apik.

Posisinya ada dalam kaki Gunung Merapi. Alamnya masih hijau asri ditambah lagi udaranya yang jauh dari pencemaran membuat Kaliurang jadi lokasi yang selalu diincar warga untuk bertamasya.

Pemandangan alamnya sangatlah bagus, bikin turis kerasan dan enggan pulang. Di sini semakin banyak tempat wisata anyar sebagai unggulan. Salah satunya bahkan juga adalah wilayah wisata yang bangkit dari kerusakan erupsi Merapi beberapa tahun lalu. Karena polesan tangan inovatif masyarakat, area Kaliurang menjadi tempat wisata dengan wajah modern yang menarik.

15 Tempat Wisata di Kaliurang Atas yang bisa sahabat kunjungi ;

1. Museum Ullen Sentalu

Tempat Wisata di Kaliurang Atas yang pertama adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini berada di atas ketinggian wilayah pegunungan Sleman dengan luas tempat kira-kira 1.2 hektar. Tempatnya yang ada pada lereng gunung Merapi bikin tempat ini berasa sejuk dengan temperatur kira-kira 15 sampai 25 derajat celcius.

Ditambah lagi pohon-pohon teduh yang tumbuh di sekeliling wilayah museum kian menambah asri situasi museum. Ruang museum ini juga dikenal bernama Ndalem Kaswargan atau Rumah Surga karena kecantikan serta keadaannya yang damai.

Saat sebelum masuk museum Anda dapat lihat banyak patung dan wujud bangunan museum yang antik serta memikat untuk difoto. Beberapa tumbuhan dan ornament bangunan yang bermodel Eropa gothic kekinian serta jawa dapat Anda saksikan di sekitar museum.

Ullen Sentalu Yogyakarta ini tampilkan beberapa jenis koleksi warisan kerajaan Mataram dimulai dari Mataram Kuno sampai Mataram Islam. Seluruh barang-barang tersebut terurus dengan bagus maka dari itu Anda seperti dibawa kembali pada masa silam, masa keemasan kerajaan Mataram.

Hadirnya obyek wisata ini bisa jadi jendela peradaban seni serta budaya Jawa yang dahulu sempat berjaya dengan beberapa koleksinya. Anda dapat banyak belajar tentang histori Kerajaan Mataram sebagai cikal bakal Keraton Jogja serta Keraton Solo.

Tetapi sayang tidak lama sesudah masuk bangunan museum, pengunjung tidak diperbolehkan memanfaatkan camera. Walau begitu tidak kurangi kehebohan Anda mendatangi museum terhebat yang berada di Jogja ini.

Pengalaman berkunjung Ullen Sentalu Museum sangat berbeda dengan mendatangi museum-museum lain yang berada di Jogja. Ada berbagai hal menarik serta kesibukan dahsyat yang dapat Anda temui dan kerjakan pada tempat ini

2. The Lost World Castle

Tempat Wisata di Kaliurang Atas selanjutnya adalah The Lost World Castle.  The Lost World Castle adalah objek wisata yang ada di Yogyakarta, persisnya di Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583. Disebut The Lost World Castle atau dunia yang lenyap pihak pengelola mempunyai tujuan memberi pembelajaran mengenai erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu.

Paket Tour Jogja The Lost World Castle

Instagram @storiwisata

Erupsi itu meluluh lantahkan dusun – dusun disekitaran Gunung Merapi yang mengakibatkan musnahnya kampung Kepuharjo. Walau baru dibuka di tahun 2017 dan belum usai pembangunanya tetapi tempat wisata ini telah ramai disinggahi.

The lost world castle mempunyai luas 1,3 hektar yang menjajakan keelokan benteng buatan dengan style bangunan Eropa. Untuk Anda yang hoby photografi, tempat ini benar-benar pas untuk sekedar menghabisakan waktu senggang dengan keluarga dan tentu saja Anda bisa bergaya riang dengan background Gunung Merapi.

Selainnya bangunan mewah serupa Benteng Takeshi, di TLWC ada banyak spot photo menarik. Pengelola membuat tiruan sayap mempunyai ukuran besar, tangga menjulang ke atas dengan gapura di ujungnya yang dimaksud paradise gate, dan awan bikinan sebagai pijakan.

Latar sayap dan paradise gate jadi latar photo yang paling panjang antreannya. Bila pengunjung beruntung datang di situ saat kabut turun, hasil photo semakin optimal. Seolah-olah seolah tengah terbang tembus awan, atau jalan ke arah ‘surga’.

Disamping itu ada pula spot 3D trick berbentuk permadani terbang dan air terjun yang tidak kalah menarik jadi latar photo. Beberapa pohon sakura tiruan berdiri di sana membuat situasi semakin menarik. Tunggu apa lagi, yok dapatkan spot – spot menarik lengkapi koleksi photo traveling Anda.

Memiliki jarak sekitaran 30 km dari pusat perkotaan Yogyakarta, Anda perlu ke arah utara yaitu Jalan Kaliurang dengan jalur yang umum di lintasi Jl. Kaliurang ke arah Merapi golf atau wisata Kali Adem. Sampai pada tempat retribusi wisata Kali Adem, Anda cukup bayar Rp 6.000,- per-orang.

Sesudah jalan lurus ke arah utara sekitaran 2 km, ada tugu atau gapura warna biru ambil kanan atau timur. Lurus saja turuti jalan, sampai melalui Kopi Merapi masih jalan lurus kembali sampai ada tugu besar. Tidak jauh dari tugu terlihat bangunan mewah dari kejauhan dan sampai juga di lokasi.

Semestinya mulai dengan masuk gapura biru Anda berwaspada bila memakai kendaraan motor atau individu karena jalanan belum juga bagus, banyak batu-batuan dan debu.

3. Rumah Hobit Kaliurang

Rumah Hobbit Cangkringan memang belumlah lama berdiri, tapi tempat wisata ini cukup hits di kelompok anak muda Jogja. Tempat wisata ini pun lebih dikenali dengan Rumah Hobbit Cangkringan Sleman. Rumah Hobbit ini sebetulnya ada di satu taman wisata yang ada pada Kaliurang. Penduduk seputar miliki ide untuk bikin rumah hobbit buat menarik turis. Model rumah ini sama dengan rumah hobbit yang ada pada film dan lebih sesuai buat dijadikan rumah tempat tinggal.

Biarpun begitu rumah Hobbit ini cuma buat berswafoto saja. Bukan cuma berpose di luar, kamu bisa juga masuk ke rumah ini. Di Rumah Hobbit Sleman ini tidak sekedar ada satu, akan tetapi ada dua rumah Hobbit. Hobbit House Merapi Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta ini pun miliki panorama yang baik dengan background gunung Merapi.

Tempat ini sangatlah sesuai buat kamu yang ingin liburan selama 1 hari di Jogja. Buat kamu yang ingin liburan ke Jogja cuman 1 hari dapat sewa layanan paket wisata Jogja satu hari dari Destinesa.

4. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge Adalah suatu bangunan yang dibuat pada jaman Perunggu, serta Neolitikum. Dia berada berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, kurang lebih 13 km barat laut Salisbury. Selaku salah satunya situs yang terpopuler di dunia, Stonehenge adalah lingkaran batu tegak yang ada pada cakupan tembok tanah.

Bagaimana yang berada pada Cangkringan Jogjakarta?? sudah pasti itu cuman tiruan atau buatan. Katanya bebatuan yang dipakai datang dari batu-batuan erupsi gunung merapi 2010 yang lalu.

Walaupun cuman tiruan, daya tariknya tidak kalah dari yang berada di Britania Inggris. Banyak turis baik dari luar ataupun dalam negeri yang bertandang ketempat ini.

Untuk dapat nikmati kecantikan stonehenge cangkringan ini hanya dengan 10.000 rupiah saja. Kamu dapat berpuas diri ambil poto dari beragam segi dengan latar stonehenge serta gunung merapi.

Tempat ini pula disediakan area parkir yang cukup luas serta toilet. Tidak hanya itu saja, wisata ini dekat sama lokasi-lokasi wisata seperti “The Lost Word Castle”

5. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Api Merapi merupakan suatu museum yang bisa memberi Anda pengalaman mendalami insiden kegunungapian lewat bermacam-macam dan rupa alat peraga. Sudah pasti belajar langsung dengan mendatangi Museum Gunung Api Merapi adalah peristiwa yang bernilai ketimbang harus menelan mentah-mentah isi ensiklopedi.

Waktu menjejakkan kaki di Yogyakarta, pastinya ada suatu panorama yang sering kita temui saat matahari tengah cerah-cerahnya. Kalau kita melemparkan pandangan ke sisi utara, karena itu kita akan disongsong oleh sosok Gunung Merapi yang gagah nan superior.

Untuk warga seputar, Gunung Merapi yang notabene adalah satu diantara gunung berapi yang teraktif di Nusantara memberikan pemandangan yang elok tetapi kadang-kadang pula mengakibatkan risau ketika tengah ada dalam siklus letusan. Masih lengket dalam daya ingat kita terkait insiden letusan Gunung Merapi di 2006 dan 2010 yang cukup mengguncangkan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekelilingnya.

Bukan cuma bersuka-cita semata, menunjuk museum menjadi alternatif area wisata dapat menambahkan pemahaman kita dan anak ataupun banyak keponakan yang ikut pula dalam perjalanan. Lebih-lebih lagi memilih untuk mendatangi Museum Gunung Api Merapi, suatu bangunan yang kuat dengan pengetahuan-pengetahuan kegunungapian yang dibungkus dengan menarik dan mudah dimengerti.

Bangunan 2 lantai yang bertempat di daerah Hargobinangun ini beroperasi dengan resmi mulai sejak tahun 2010. Hanya perlu tempuh 1 jam perjalanan (lewat Jalan Palagan), pengetahuan perihal kegunungapian sukses kita temukan di Museum Gunung Api Merapi yang berada sepanjang 26 km dari pusat perkotaan. Sesampai di sana, kita hanya butuh bayar ticket senilai Rp.8000,- (ticket masuk dan ticket film) di samping kiri pintu masuk.

Selesai masuk ke dalamnya, kita dapat mendapat lukisan dengan cara langsung terkait Gunung Merapi lewat suatu miniatur di tengahnya tempat. Selanjutnya bisa kita tonton terkait beberapa data dan realitas terkait letusan-letusan yang berlangsung di Gunung Merapi dan beberapa data dasar terkait vulkanologi secara simple.

Bertandang ke Museum Gunung Api Merapi bukan cara yang buang waktu, karena selainnya sisi pembelajaran area ini pun berada bersisihan dengan Kaliurang yang simpan banyak kekuatan wisata didalamnya. Tentulah, menjadi warga yang tinggal dalam daerah Ring of Fire, pengetahuan-pengetahuan terkait gunung berapi wajar untuk diberi perhatian tertentu.

Beberapa info itu dibuntel dengan memanfaatkan beberapa jenis bukti hasil letusan Gunung Merapi ataupun peraga yang bisa kita tonton dengan mata kepala kita sendiri. Beberapa alat peraga itu memiliki fungsi supaya kita bisa memikirkan terkait situasi fakta yang berlangsung di dalam lapangan ketika beberapa detik berlangsungnya suatu petaka.

Masalah ini tentulah sangat menarik untuk si anak menyaksikan beberapa jenis peraga yang interaktif bekerja maka sang kecil bisa main sembari belajar. Belumlah juga waktu kita hadapi dengan siaran Mahaguru Merapi yang melipur dan bikin terpesona tetapi sekalian bisa menaikkan wawasan kita terkait insiden kegunungapian.

6. The World Landmark Merapi Park

sekarang ini banyak sejumlah tempat hits dan modern di Yogya untuk Anda yg suka selfie atau bergaya dengan keluarga. Salah satunya nya ialah The World Landmark Merapi Park Yogya. Ini menjadi salah satunya lokasi yang banyak dicari oleh beberapa turis, sebab mereka bisa bergaya dengan latar belakang landmark dari bermacam dunia.

Tempat wisata ini menyiapkan bermacam miniatur landmark yang tenar di pelosok dunia, seperti patung Liberty, menara Eiffel, menara Pisa, Pagoda, dan ada banyak yang lain nya. Anda dapat menyempatkan diri satu hari untuk rasakan berkeliling-keliling dunia.

The World Landmark Merapi Park Yogya ini benar-benar termasuk baru, tetapi Anda tak usah risau, sebab tempat ini selalu berusaha memberikan layanan yang terunggul buat pengunjung nya.

7. Soraloka Zoo Kaliurang

Suraloka Zoo ini yakni kebun binatang teranyar di wilayah Kaliurang, Sleman, Jogjakarta. Lokasi wisata keluarga itu dapat melaksanakan soft opening pada 25 desember 2021 buat menyongsong liburan natal dan tahun anyar.

Gak seperti kebun binatang pada biasanya, suraloka zoo ini dikonsep seperti taman. Mulai dengan pengaturan ruangan, rumput dan tanaman yang teratur rapi, kolam yang nampak aesthetic dan ada beberapa spot buat berswafoto disejumlah titik.

Bermain dengan hewan hewan lucu dapat menjadi salah satunya “terapis” buat melenyapkan stress. Di sini kamu dapat mendapatkan beberapa hewan lucu dan menggemaskan. Salah satunya ada bebek peking, ayam badut, merak jantan, rusa totol, kambing ceko, kelinci rex, merpati kipas dan masih ada banyak yang lain.

Hewan hewan itu diletakkan di tempat masing-masing yang dikonsep secara bagus. Di tempat burung merpati kipas semisalnya, kamu dapat mendapatkan mereka di sebuah lokasi yang lega dan disekelilingnya ada banyak rumah merpati atau umumnya disebutkan gupon dengan wujud yang antik.

Juga ada tempat umbaran bebek peking yang ditambahkan dengan saluran air, rumah bebek dan disekelilingi pagar. Menariknya di dekat tempat bebek peking ini ada kereta mini buat anak anak. Yang mana mereka dapat naik kereta sembari memandang bebek bebek yang bermain.

Kamu bisa pula mendatangi tempat kelinci rex dan memberikan makan mereka. Di tempat itu ada rumah rumah kelinci dengan beraneka mode dari yang bersatu dengan tanah sampai bangunan hunian dari kayu.

8. Bukit Klangon

Sedikit yang mengetahui Bukit Klangon atau Klangon Hills. Sejumlah penduduk lebih mengetahui dengan istilah bukit cantik glagaharjo karena areanya yang ada pada dusun glagaharjo. Menjadi wilayah paling tinggi yang terdapat masyarakat mukim, membuat tempat ini lebih sepi daripada dengan bukit di kaliurang.

Dari bukit ini terlihat jelas kesibukan gunung merapi yang masih aktif itu. Kamu bisa juga ambil latar poto gunung merapi yang gagah menjulang.

Bertempat di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka 24 Jam hingga kamu dapat melaksanakan camping di sini.

Object wisata ini buka awal tahun 2011, tawarkan beragam spot poto cantik. Ada gardu pandang dengan tinggi lebih kurang 5 meter. Disini, pengunjung bisa menyaksikan panorama Gunung Merapi dengan jelas.

Untuk dapat nikmati kecantikan alam yang menakjubkan ini, beberapa pengunjung mesti bayar tiket masuk. Sementara itu untuk berkemah atau camping, kamu harus juga bayar ticket tentu tidak sama dengan pengunjung biasa non camping. Tetapi tidak usah risau karena harga ticket masih dapat dijangkau.

9. Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang menjadi rekomendasi liburan akhir minggu keluarga. Panorama sekitar amatlah cantik, masih ada banyak pohon-pohonan yang tumbuh tinggi membubung. Ditambah lagi panorama puncak Gunung Merapi yang gagah.

Tidak hanya itu, udara di sekeliling juga masih tetap sejuk. Aroma asap bermotor juga tak tercium di wilayah ini. Ada di dalam sini membuat paru – paru jadi lebih sehat.

Banyak turis yang hadir dengan keluarga. Duduk rileks dengan alas tiker di atas rumput-rumputan sembari bercengkerama dengan keluarga. Ditambah lagi, situasi yang sangat memberi dukungan untuk beramah – tamah.

Tiupan angin sepoi – sepoi ikut hadir membawa situasi yang tenang. Kicauan burung saling bersahutan, seakan gak mau tertinggal untuk bersenda gurau. Benar-benar situasi yang menjadi impian.

Apa lagi, pihak pengurus mengizinkan turis bawa makanan sendiri. Maka dari itu, sering tampak pengunjung menikmati bekal di bawah langit ceria.

10. Tlogo Putri Kaliurang

Apabila Anda akan berkunjung ke Yogyakarta, karena itu bisa menyisihkan diri untuk bermain ke lokasi Kaliurang. Kaliurang sendiri adalah wilayah pucuk dari kota Yogyakarta yang berudara sejuk yang memiliki tujuan wisata.

Satu diantaranya yang harus Anda singgahi ialah Tlogo Putri, yang berada di dusun hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di sini, Anda bukan cuma dapat nikmati wisata air, tapi pula wisata alam, karena tlogo ini berada dalam sesuatu bukit, yang memiliki nama Plawangan yang ada pada lereng selatan gunung Merapi.

Ada cerita menarik berkaitan telaga ini, Tlogo Putri kabarnya ialah tempat pemandian beberapa bidadari dari kayangan. Sampai selanjutnya diketahui dengan panggilan Tlogo Putri. Tlogo sendiri dengan bahasa Indonesia bermakna telaga atau danau, sementara kata Putri ada di belakang kata Tlogo mendeskripsikan kata yang sesungguhnya yakni putri. Cerita yang lain kerapkali dibahas ialah, siapa saja yang membersihkan wajahnya di sana, menjadi awet muda.

Di tahun 80-an, sebetulnya Tlogo Putri Kaliurang ini sempat dipakai jadi suatu kolam renang umum. Sempat jadi bintang, tapi selanjutnya tutup seusai munculnya beberapa lokasi wisata di seputar Yogya.

Puncaknya berlangsung di saat Yogya alami gempa pada tahun 2006, kolam renang juga tutup. Sampai selanjutnya pihak pengurus memilih untuk menggantinya jadi tujuan wisata anyar, dengan bermacam fasilitas yang semakin menarik dan ini berhasil.

Di tempat ini, Anda bukan cuma dapat nikmati pemandangan yang elok, tapi bisa juga mencoba bermacam permainan, seperti flying fox, serta naik kano atau naik bebek di seputar telaga. Lebih dari itu, Anda bisa juga menjajaki wilayah hutan yang terkelola langsung oleh Perhutani karena Tlogo Putri ini ada di kompleks yang serupa dengan Bukit Plawangan Turgo.

Di hutan juga masihlah ada beberapa object wisata yang dapat Anda singgahi, yakni Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso, pula Air Terjun Tlogo Muncar. Di tempat wisata ini ada basecamp lava tur merapi yang dapat diminta secara spesial.

Ada juga layanan yang dapat Anda pakai di seputar Tlogo Putri Kaliurang, seperti taman bermain, tempat ibadah, toilet, tempat trekking, namun juga warung penjual makanan ciri khas setempat. Supaya Anda dapat masuk ke tempat wisata tersebut, pastikan Anda mempersiapkan uang untuk ticket masuk sejumlah 6000 ribu rupiah untuk tiap-tiap orang.

Sementara untuk ongkos parkir, harganya berlainan. Untuk kendaraan beroda 2, Anda cuma akan dikenakan ongkos Rp2000 saja. Mobil Rp.10.000 dan bus Rp.20.000 dan ini berlaku sepanjang waktu kunjungan, yang dibuka start jam 07 pagi, sampai jam 4 sore.

Tempat wisata ini tidak pernah tutup dan akan penuh sesak pada hari libur atau akhir pekan. Bila Anda kurang begitu senang dengan keramaian, dapat berkunjung Tlogo Putri waktu pagi hari atau sore mendekati tutup.

11. Goa Jepang

Wilayah dataran tinggi Kaliurang, pasnya di lereng Gunung Merapi, ada kompleks wisata alam yang memiliki nama Nirmolo Kaliurang. Dalam kompleks ini, terdapat situs goa warisan zaman penjajahan Jepang.

Goa warisan Jepang ini tampak begitu fantastis. Letaknya yang ada di dalam pegunungan membuat udara di dalam tempat ini sangat terasa sejuk. Apa lagi, pengunjung bisa memandang kawanan monyet di habitat alaminya.

Untuk sampai ke Goa Jepang dari pintu masuk Nirmolo Kaliurang, pengunjung harus menempuh perjalanan naik sepanjang 45 menit. Lajur yang dilewati tidaklah terlalu curam namun berliku-liku. Untuk yang tidak senang dengan wisata perjalanan, mungkin bisa menyerah saat sebelum sempat sampai ke area Goa Jepang. Namun untuk yang bisa bertahan, dari pertigaan lajur di antara Plawangan dan Goa Jepang, pengunjung bisa melihat kecantikan Gunung Merapi dari jarak dekat.

Menurut pengelola kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang, Goa Jepang yang ada di dalam Kaliurang dulu dipakai oleh tentara Jepang menjadi rumah dan berlindung dari tentara sekutu. Tidak sama dengan sifat Goa Jepang yang ada di sebagian kota lain di Indonesia, seperti pada Bandung, Papua, Bali, NTT, dan Jawa Timur, Goa Jepang yang ada di dalam Kaliurang sejumlah 25 unit. Goa-goa itu saling berhubungan satu sama lain, masih asli, dan tanpa ada pencahayaan.

Meski tanpa ada pencahayaan, pengunjung tidak usah risau sewaktu masuk goa ini. Di muka pintu masuk goa pertama, ada pemandu yang siap temani dan menerangkan bermacam soal mengenai goa ini. Dengan ongkos yang relatif dapat terjangkau, pengunjung bisa sewa layanan pencahayaan sekalian didampingi seorang pemandu.

Disamping Goa Jepang, di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang yang ada di dalam bawah pengendalian Taman Nasional Gunung Merapi pun ada banyak situs wisata lain – seperti curug dan Plawangan.

Pengunjung bakal mendapat dua kegunaan sekaligus apabila berkunjung ke kompleks wisata ini. Disamping bisa nikmati wisata alam, pengunjung pun diperkaya dengan pengetahuan histori penjajahan Jepang di Indonesia.

12. Gardu Pandang Kaliurang

Kaliurang sebagai salah satunya tempat wisata yang berada di Yogyakarta, persisnya di pinggiran propinsi Jawa tengah yakni Kabupaten Slamen. Ada di ketinggian 900 mtr. di permukaan laut, Kaliurang adalah wilayah daratan tinggi Yogyakarta.

Mulai sejak masa ke-19 Kaliurang yang berada di lereng Gunung Merapi ini kerap dijadikan tempat untuk beristirahat ahli geologi Belanda serta keluarganya. Maka dari itu tidak aneh kalau pada tempat ini bisa banyak dijumpai penginapan seperti homestay, hotel, serta villa karena udara di area yang sejuk dan lingkungannya yang asri.

Kalau Anda ingin pergi liburan serta ingin nikmati kecantikan alam, tak salah kalau Anda coba berangkat ke lokasi Gardu Pandang Kaliurang di Kabupaten Slamen. Ada beragam type obyek dan tempat wisata yang lain yang dapat Anda cicipi.

Buat Anda yang ingin melihat kemegahan Gunung Merapi, Anda tak butuh berjalan begitu jauh serta mendaki pucuk gunung lantaran sekarang telah ada lokasi yang diciptakan buat dapat mengamat keelokan gunung itu.

Lokasi ini dikatakan Wisata Gardu Pandang Kaliurang.Wisata Kaliurang merupakan wisata buat menikmati kemegahan lereng gunung dan puncak Gunung Merapi yang dapat Anda rasakan serta saksikan dengan terang lewat sebuah gardu dengan menyewa sebuah teropong yang dibanderol dengan harga Rp 5.000 selama 30 menit.

Disamping memandang cantiknya Gunung Merapi dan panorama alam di sekiarnya, Anda juga dapat melihat sunrise didampingi kabut tipis yang menyelimutinya seputar lembah gunung. Maka dari itu buat Anda yang cinta traveling atau sekedar liburan maka kemegahan Gunung Merapi dan kabut tipis sayang buat Anda lewatkan.

Untuk dapat datang kawasan itu lumayan gampang. Dari pusat perkotaan Yogyakarta, Anda cuman perlu menempuh perjalanan kurang lebih 26,3 km ke arah daerah Kaliurang Barat, yang berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Slamen, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses ketujuan tempat ini pula lumayan gampang, sama waktu tempuh sekihar 46 menit sampai 1 jam, lantaran letaknya yang tidak begitu jauh dari jantung kota Jogja dan terus penuh sama pengunjung yang ingin datang lokasi ini.

13. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar sebagai satu diantara wisata alam yang berada di Kabupaten Sleman. Objek wisata ini ada pada lereng Gunung Merapi, hal tersebut membikin keadaan disekitaran Air Terjun menjadi sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar mempunyai ketinggian kurang lebih 30 hingga 40 meter serta ada pada ketinggian 878 meter di permukaan air laut, hal tersebut membuat suhu udara di Air Terjun kurang lebih 20 hingga 25 derajat celcius.

Meski temperatur udara dingin, akan tetapi anda tidak akan sedih saat mendatangi Air Terjun tersebut. Karena Air Terjun Tlogo Muncar mempunyai air yang fresh serta jernih. Air yang berada di Air Terjun Tlogo Muncar ini berasa dari lereng Bukit Plawngan yang terletak tidak begitu jauh dari air terjun. Akan tetapi pada waktu musim kemarau aliran air masih kurang deras dibangdingkan pada waktu musim penghujan.

Di Air Terjun Tlogo Muncar ada taman wisata anak, oleh karena itu anda bisa membawa anak-anak untuk berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar untuk menikmati sejuknya udara di Kaliurang Jogja. Tidak hanya itu anda dapat juga mendokumentasikan moment dengan berpose di air terjun. Di sekeliling air terjun ada monyet liar yang bisa anda jadikan sebagai latar belakang.

Di Air Terjun Kaliurang ini pun menyiapkan area untuk camping, untuk anda yang menyenangi aktivitas kemping. Ruang kamp ini kerap dipakai oleh mahasiswa untuk aktivitas makrab atau malam keakraban. Dengan kemping di wilayah kaliurang anda bisa nikmati keasrian alam waktu malam hari serta nikmati temperatur udara di sekeliling yang paling dingin.

Air Terjun Tlogo Muncar ini dipercaya oleh masyarakat setempat jadi area yang dahulunya pernah dipakai oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit yang memiliki nama Dewi Condrokirono. Ada yang memercayai jika mandi di air terjun ini bisa membikin wajah menjadi awet muda. Air yang dipunyai Air Terjun Tlogo Muncar ini dapat juga hilangkan rasa letih pada diri.

14. Agro Wisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi menjadi satu diantara suguhan lokasi wisata alam di Jogja yang dapat anda datangi di saat liburan sama keluarga. Nikmati liburan akhir minggu dengan kondisi alam yang merehatkan yang pasti anda akan memperoleh kualitas berlibur yang di harap.

Pemikiran bosan dan kepenatan jiwa akan raib di saat anda manyaksikan suguhan alam hijau dengan kondisi merehatkan dan udara berikan kesegaran. Wilayah Kaliurang Yogyakarta ada di lereng Gunung Merapi dengan suguhan kecantikan alam yang mempesona.

Udara sejuk dan kondisi alam yang asri dapat merehatkan jiwa anda yang tengah haus akan waktu berlibur. Berikut kajian singkat dari Agrowisata Bhumi Merapi yang dapat anda buat jadi rekomendasi perjalanan berlibur di Yogyakarta.

15. Desa Wisata Ledok Sambi

Kamu lagi bosan dengan suasana kota serta ingin piknik nikmati suasana alam? Kamu dapat mencoba tujuan di Kabupaten Sleman Yogyakarta ini.

Ledok yaitu sebuah tempat wisata dengan suguhan aliran sungai. Sebuah warung kopi denngan prinsip wisata di pinggiran aliran sungai.

Digadang-gadang jadi hidden place-nya Yogyakarta, tempat ini ada pada lereng Gunung Merapi Sisi Selatan. Atau di sisi Utara-nya Kota Yogyakarta.

Memiliki jarak kurang lebih 18 km dari pusat kota Jogja. Dapat dicapai dalam kurun waktu kurang lebih 45 menit.

Berada di dekat perkampungan, tapi situasi sekelilingnya masih begitu asri. Banyak pohon-pohonan tinggi serta teduh.

Alamat: Jalan Kaliurang KM 19,2, Pakembinangun, Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nah itu tadi sobat beberapa Tempat Wisata di Kaliurang Atas yang bisa anda kunjungi saat sedang menikmati liburan bersama dengan keluarga. Jika sobat bingung memilih destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan sobat bisa mencoba menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari kami Destinesa.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.