1 Oktober 2022
Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul ~ Kalau bertandang ke wilayah Gunung Kidul terutamanya di wilayah Dusun Nglanggeran, Kawan akrab Destinesa pastilah kenal dengan beberapa object wisata seperti Gunung Api Purba Nglanggeran serta Embung Nglanggeran.

Dan, ada satu obyek wisata yang terpendam akan tetapi punya keelokan alam serta kekhasan yang hebat loh rekan! Ialah Air Terjun Kedung Kandang.

Air Terjun Kedung Kandang merupakan nama dari air terjun unik yang bertempat di Dukuh Gunungbutak, Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Air terjun ini sekurang-kurangnya punya sejumlah 6 undakan yang terbagi dalam beberapa tebing vulkanik yang terjadi seperti anak tangga.

Undakan-undakan itu yang bikin air terjun ini unik, kalau debet air lagi besar, air terjun ini bakal seperti terlihat air terjun yang bertimbun-timbun.

Beberapa tebing vulkanik itu sebagai beberapa sisa dari kegiatan vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Pemandangan alam seputar air terjun yang terbagi dalam terasering persawahan yang hijau berbaur sama air terjun memperlihatkan pemandangan yang fantastis untuk yang mendatanginya.

Untuk ketujuan Air Terjun Kedung Kandang, Kawan akrab Destinesa harus lakukan lintasanking lebih dulu pada jarak kira-kira 1 km dengan trayek turun naik bukit.

Kawan akrab Destinesa tak usah panik bakal terasa kecapekan serta terasa bosan sepanjang melaksanakan lintasanking lantaran Kawan akrab Destinesa bakal dihidangkan panorama yang cantik mulai dari batu-batuan vulkanis, pucuk ngekong dan panorama hijau persawahan.

Di waktu melaksanakan lintasanking Kawan akrab Destinesa bisa pula bergaya dengan background panorama cantik lho! Seperti bergaya di sekeliling pucuk ngekong atau di wilayah persawahan.

Layanan yang tersediapun tidak kekinian serta komplet karena Air Terjun Kedung Kandang masih diatur oleh Dusun Wisata Nglanggeran bukan faksi swasta. Kedati begitu, layanan yang umum dipakai oleh masyarakat dusun seputar bikin Kawan akrab Destinesa merasai secara asli bagaimana kehidupan serta perkakas asli ciri khas perdesaan.

Layanan yang ada berbentuk tempat sampah, pondok istirahat, kamar mandi, dan petunjuk arah.

Selaya Pandang Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang tidak sama sama air terjun lain pada biasanya, air terjun ini ada di kelompok tebing batu serta sawah yang berundak atau membuat terasiring sama dengan yang ada pada Ubud, Bali. Oleh karenanya Air Terjun Kedung Kandang miliki daya magnet spesifik untuk beberapa orang.

Akan tetapi untuk ketujuan air terjun ini ada harus trackking atau jalan kaki lebih dahulu sepanjang kira-kira 900 mtr. dengan jurusan turun naik bukit.

Biarpun begitu anda tak usah risau akan berasa jemu sepanjang dalam perjalanan karena anda akan disuguhi panorama sawah serta pohon-pohonan sampai gemercik nada air serta merdunya nada burung yang bakal temani trackking anda ketujuan Air Terjun Kedung Kandang.

Keadaan lajur trackking ketujuan Air Terjun Kedung Kandang masih dimonopoli oleh tanah yang apabila tengah musim penghujan amat licin karenanya anda perlu berwaspada.

sepanjang perjalanan trackking kadang anda akan menemui petani atau warga kurang lebih yang melakukan aktivitas di sawah. Gak boleh sangsi sekedar untuk menegur atau menanyakan apabila ada yang mau anda tanya, warga kurang lebih akan senang menjawab secara ramah.

Hal yang harus menjadi perhatian apabila anda mau datang Air Terjun Kedung Kandang yaitu yakini alas kaki anda yang cocok untuk trackking dengan medan turun naik bukit dengan permukaan tanah kering serta basah dan batu-batuan yang cukup curam. Wisata ini kurang sesuai untuk lanjut usia maupun anak-anak karena medan yang lumayan berat.

Air Terjun Kedung Kandang amat serasi anda singgahi waktu musim penghujan di antara bulan Oktober sampai Maret karena apabila anda datang Air Terjun Kedung Kandang waktu musim kemarau dapat ditetapkan debet air terjunnya akan juga kadang tak ada airnya sama sekalipun.

Terkecuali itu apabila anda mujur anda akan menemui tanaman padi yang hijau-hijaunya yang bakal memperbanyak keelokan Air Terjun Kedung Kandang yang miliki 6 jenjang air. Karena posisinya yang jauh dari tempat parkir serta tak ada warung di sekeliling air terjun, anda penting bawa air minum serta jika memang perlu snack untuk menjejal perut.

Tips Liburan ke Kedung Kandang

Biar Kawan akrab Destinesa sukses serta punya pengalaman yang tidak terabaikan sepanjang melaksanakan lintasanking ketujuan Air Terjun Kendung Kandang kami menyediakan beberapa panduan yang bisa Kawan akrab Destinesa kerjakan untuk berliburan ke kedung kandang.

Yang pertama, singgahi Air Terjun Kedung Kandang di waktu musim penghujan. Debet air yang besar bikin panorama air terjun amat cantik berbentuk air terjun yang berlapis.

Akan tetapi, saat musim penghujan kondisi jalan bakal licin karena akses ketujuan Air Terjun Kedung Kandang masih berbentuk tanah. Karena itu pakailah alas kaki yang yang pas untuk lintasanking dengan lajur yang licin.

Kalau Kawan akrab Destinesa bertandang di musim kemarau tak boleh bersusah-hati, walau air terjun kering saat musim kemarau akan tetapi Kawan akrab Destinesa bisa menyaksikan keelokan terbing yang terbagi dalam bebatuan-batuan vulkanik yang sama sama berlapis serta bisa memanjati batu dari lajur air terjun yang jadi kering.

Panduan yang ke-2 , yakinkan keadaan tubuh anda pada situasi sehat serta bawa air mineral karena track yang cukup meletihkan. Bawa anak-anak serta lanjut usia tidak juga direkomendasi.

Panduan setelah itu, kalau bersua dengan masyarakat lokal tak boleh malu untuk meyapa serta berganti senyuman. Orang lokal terlalu ramah serta tak kan sungan menolong Kawan akrab Destinesa kalau alami persoalan.

Panduan yang ke-4, tak boleh menghancurkan layanan, mencorat-coret, menggunting/menebang/menghancurkan tanaman, pohon, serta beberapa tumbuhan yang ada.

Menjadi pengunjung satu obyek wisata udah selayaknya kita ikut melindungi serta melestarikan alam atau budaya di tempat.

Lantaran obyek wisata yang tak henti dieksplorasi bakal menyusut nilai kecantikannya yang selanjutnya bakal alami kerusakan lingkukan.

Kalau lingkungan telah hancur karena itu angkatan di masa waktu depan tak kan kembali merasai keelokan alam seperti apa yang kita rasakan di waktu ini.

Akses Jalan Ke arah Air Terjun Kedung Kandang

Letak Air Terjun Kedung Kandang di Dusun Nglanggeran, dan sebagai sisi dari teritori wisata Gunung Api Purba buat semua perjalanan berhamparkan view alam yang paling cantik.

Waktu masuk Dusun Nglanggeran, banyak pengunjung udah disguhkan dengan suguhan panorama alam perdesaan yang asri, dengan keramahan masyarakat kurang lebih.

Keadaan jalan penting sudah bagus, hingga dapat dilintasi oleh kendaraan beroda 2, dan beroda 4. Tetapi, kendaraan banyak pengunjung cuman dapat sampai di ruang parkir saja, dan seterusnya wajib lakukan trackking ketujuan lokasi penting Air Terjun Kedung Kandang.

Trackking ketujuan Air Terjun Kedung Kandang tak sesusah ketujuan lokasi air terjun yang ada dalam rimba, atau di atas pucuk pegunungan.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang ada dalam kumpulan tebing batu, dan sawah yang berundak. Karena itu, trackkingnya dapat dilintasi oleh orang dewasa, atau anak-anak. Tetepi tidak berarti meniadakan kehati-hatian ya…

Perjalanan terpilih ke Air Terjun Kedung Kandang tidak boleh sewaktu musim kemarau, sebab air yang mengucur di Air Terjun Kedung Kandang akan, hingga menyusut nilai kecantikannya.

Pada waktu musim berlibur datang, teritori wisata Gunung Purba kerap dipenuhi oleh banyak turis, tergolong Air Terjun Kedung Kandang.

Ruang pertama dekat sama lokasi parkir, ada sebua gazebo yang besar dan sarana penyokong yang lain. Lantas, trackkingnya jadi menurun dan langsung ketujuan ruang pesawahan.

Sesudah itu teruskan perjalanan dengan lajur dan petunjuk arah yang udah tercatat di ruang pesawahan itu. kelanjutannnya, mata pengunjung dapat memandang view air terjun berundak seperti air terjun yang berada pada Ubud Bali.

Daya tarik Kemegahan Air Terjun Kedung Kandang

Jumlah pengunjung banyak yang datang, tentu jadi suatu pertanyaan ada apakah sesungguhnya di Air Terjun Kedung Kandang? Tentu terdapat sejumlah daya magnet tempat wisata di jogja  Air Terjun Kedung Kandang, salah satunya :

Daya tarik Kemegahan Air Terjun

Daya tarik atau daya magnet Air Terjun Kedung Kandang berada di posisinya yang ada dalam tengah sawah, dan sebagai air terjun berundak berikan suguhan view yang eksotik.

Sedikitnya ada 6 undakan, dan bersifat beberapa tebing yang meyerupai anak tangga, atau seperti terasering pesawahan.

Airnya cukup jernih, tetapi pada musim – musim spesifik airnya sedikit kotor. Dan pada musim kemarau, saluran airnya jadi sedikit, atau kering. Hingga view paling besar anyalah batu-batuan yang berundak.

Ciri-ciri air terjun berundak biasanya tak punya kolam yang dalam, seperti pada Air Terjun Kedung Kandang. Arusnya pun tidak besar.

Air Terjun Kedung Kandang punya ketinggian kurang lebih 25 mtr., akan tetapi sebab air terjunnya berundak, karenanya arus air yang turun tidaklah terlalu deras, dan jadi spot yang sesuai untuk mandi dan bermain air.

Daya tarik Alam

View bukit, ruang pesawahan, dan air terjun, menyatu jadi suguhan kemegahan alam kurang lebih. Ditambahkan saluran air ketujuan sungai, hijaunya pohon-pohon besar, bentangan padi, jadi suatu kemegahan yang sanggup bawa alam pemikiran sedikit menjauhi kepenatan hidup.

Bukan cuma hanya itu, kemunculan sejumlah gazebo bertambah bikin cantik daya tarik kemegahan alam kurang lebih, ditambah lagi dengan udara yang paling menyejukan.

Daya tarik Kemegahan Air Terjun Kedung Kandang. Sumber : www.alodiatour.com Hal keamanan yang lain dapat dirasa oleh banyak pengunjung dari keramahan masyarakat lokal. Sama dengan dikenali bersama jika DIY punya budaya keramahan, dan kesantunan dalam punya sikap antara setiap orang.

Berdasar pada perihal itu, jadi suatu kewajaran kalau Air Terjun Kedung Kandang jadi tujuan wisata yang rama didatangi, apalgi waktu berlibur datang.

Jenis Kegiatan Wisata Di Air Terjun Kedung Kandang

Bukan cuma nikmati daya tarik kemegahan Air Terjun Kedung Kandang, dan alam sekelilingnya saja. Tetapi ada sekian banyak jenis pekerjaan wisata yang dapat dikerjakan oleh banyak pengunjung waktu ada di sana. Salah satunya :

Bermain Air

Gak komplet rasa-rasanya bila berekreasi ke lokasi air terjun tak beraktivitas wisata bermain air. karenanya di Air Terjun Kedung Kandang, banyak pengunjung dapat bermain air sepuasnya.

Bermain Air. Sumber : backpackology.me Sebagai catatan, tidak boleh bertandang di pucuk musim kemarau, dan selalu waspada waktu berdiri di atas undakan. Tidak boleh samapi terjatuh jatuh, sebab spotnya dikuasai batu-batuan.

Yang seterusnya pakai alas kaki yang benar untuk dipakai telusuri ruang peswawahan, dan alas kaki yang tak licin waktu ada dalam batu-batuan atau undakan batu.

Hunting Foto

Daya tarik kemegahan alam kurang lebih Air Terjun Kedung Kandang udah di jabarkan di paragraf awal mulanya, hingga banyak pojok yang dapat dijadikan lokasi terpilih untuk hunting poto atau selfie.

Salah – satu spot idola pengunjung yaitu gazebo dengan view alam kurang lebih yang paling instagramable. Dan yang nyata spot dengan latar Air Terjun Kedung Kandang.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang berada di teritori wisata Gunung Api Purba. Akan halnya alamat Air Terjun Kedung Kandang ada dalam Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jalan Ketujuan Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Arah untuk hingga sampai di lokasi Air Terjun Kedung Kandang dari Yogyakarta dapat lewat jalan Wonosari, atau dapat juga lewat jalan ketujuan wilayah Sindangsari di Sleman.

Seterusnya dari wilayah Wonosari, perjalanan diteruskan ketujuan Kecamatan Patuk. Lantas mengambil arah ke samping kiri ketujuan Kampung Bobung, pasnya saat sebelum SMPN 2 Patuk.

Dari arah Kampung Bobung, lokasi parkir Air Terjun Kedung Kandang telah tidak jauh kembali.

Harga Ticket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Harga ticket masuk Air Terjun Kedung Kandang Rp. 7.000 per-orang

Jam Operasional Air Terjun Kedung Kandang

Jam operasional Air Terjun Kedung Kandang membuka waktu 24 jam dari hari Senin s/d hari Minggu.

Hotel Sekitar Air Terjun Kedung Kandang

Tak ada pemondokan di lokasi wisata Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul. Tetapi kurang lebih 5 km dari lokasi wisata Air Terjun Kedung Kandang, anda suadaj dapat mendapat pemondokan pada harga yang paling bisa dijangkau.

Nah sahabat, itu adalah sedikit review dari kami mengenai Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul, untuk sahabat yang ingin berlibur tetap hati-hati dijalan dan utamakan keselamatan bukan kecepatan.

Bagi sahabat yang ndak ingin repot juga bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa. Ada banyak paket liburan seru yang bakalan bikin liburanmu tak terlupakan. Selamat liburan….

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.