2 Februari 2023
Air Terjun Kedung Tolok

Air Terjun Kedung Tolok

Imogiri sebagai satu diantara kapanewon di Kabupaten Bantul, DIY. Letak di sisi Tenggara Ibu Kota Bantul dan Kota Yogyakarta. Luas area lebih dari 5.448 Hektar yang tercakup di 8 dusun. Disamping tenar dengan tempat kuburan sejumlah raja Kraton Yogyakarta dan Kraton Surakarta. Pun sebagai kunci perajin produk budaya Jawa zaman waktu lalu.

Tidak hanya itu Imogiri pun simpan banyak tujuan rekreasi alam yang eksostis disekelilingnya, diantaranya yakni Rekreasi Kedung Tolok, yang berada benarnya di Kampung Siluk, Dusun Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY.

Bebatuan andesit besar yang berada di Tujuan Kedung Tolok jadi petunjuk alam yang menambahkan keelokan air terjun.

Kedung Tolok tujuan rekreasi berbentuk air terjun ini, kemunculannya sebetulnya pernah terekspose pada media dan agak banyak disinggahi oleh pelancong lokal terutamanya. Namun di tahun 2016 pernah peristiwa musibah tanah longsor yang pernah memendam sejumlah saluran sungai sisi dari keelokan tujuan itu.

“Rekreasi Kedung Tolok ini sehabis dibikin bersih dari longsoran, anyar sempat kembali dibuka sekitar enam bulan waktu lalu. Sekarang lebih ramai serta lebih ramai dari saat sebelum longsor lantaran banyak yang kelompok mengayuh (naik sepeda) yang bertandang dan jadi populer di jejaring sosial,”jelas Sudiono dan Tupar Siswoharsono bertindak sebagai sesepuh kampung.

Disebut Sudiono, waktu longsor itu bebatuan dan tanah nyaris tutup separoh lebih Kedung Tolok. “Mengucapkan syukur waktu peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Selanjutnya oleh penduduk yang umumnya pemuda gotong-royong bersihkan dan kembali buka jadi object rekreasi,” pungkasnya.

Baca Juga ; Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Jadi tujuan rekreasi alam, Kedung Tolok terdiri dalam 2 sisi area. Pertama, area sisi bawah berbentuk panorama air terjun. Area sisi atas terdiri dalam Kedung Kempul, Kedung Dowo, Kedung Gupit dan Kedung Cumleng. Kedung (Lubuk, Bhs Indonesia) merupakan daerah yang paling dalam dari sebuah kubangan sungai maupun telaga.

Sementara saluran air atau hilir dari air terjun Kedung Tolok bersasal dari saluran sungai yang mengambil sumber dari Goa Cerme, tujuan alam yang berada di sisi barat atas. “Jadi jika musim kemarau debet air terjun menyusut, tidak sebesar saat ini,” tandas Sudiono.

Sarana umum seperti masjid, kamar kecil dan sejumlah kios lapak kulineran ada komplet. Pengunjung pelancong tidak ditarik bea masuk, cuma parkir dan dana perawatan sesukarelanya melalui cara memasukkan uang di kotak yang udah disiapkan oleh grup sadar rekreasi (pokdarwis) pemuda RT 06 Siluk I, Selopamioro, Imogiri, Bantul.

Sepintas Air Terjun Kedung Tolok

Jumlahnya lokasi rekreasi yang berada di Jogja bikin siapa-siapa saja tak pernah mengira ada rekreasi yang belum diurus atau tempat anyar yang terselip dan amat prospektif untuk diperkembangkan jadi rekreasi. Dan saat sebelum tenar umumnya beberapa pendekar perayap alam akan tambah memakai area saat sebelum ramai.

Melihat ke Imogiri, Bantul, pasti banyak orang akan terlintas lokasi yang hits ialah Rimba Pinus Mangunan, Rumah Hobbit, atau barangkali Rimba Pinus Panguk. Disamping lokasi itu, ada sbeuah air terjun atau bisa lebih dikenali dengan grojokan yang sebaiknya untuk dilihat ialah grojokan Kedung Tolok.

Grojokan Kedung Tolok sebagai lokasi rekreasi alam yang belum lama diatur dan diperkembangkan oleh penduduk kampung Siluk

Lokasi Air terjun

Air terjun Kedung Tolok ini berada di daerah Godean, kampung Siluk, dusun Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Benarnya ada pada selatan kecamatan Imogiri. Trayek jalan ke arah area bila sudah di Imogiri Timur selanjutnya ke arah jembatan Siluk yan dilintasi oleh Sungai Oyo.

Seterusnya sehabis melintasi jembatan seterusnya yakni ada jalan bercabang yang kalau ke kiri ke Selopamioro dan ke Panggang. Turuti ke Selopamioro sepanjang lebih kurang 1 km hingga sampai ke jalan aspal kecil ke arah perkampungan penduduk. Di sekeliling area telah banyak dipasang banner rekreasi alam Grojokan Kedung Tolok.

Sesampai di pos ronda mengambil jalan setapak yang ada pada samping pos ronda. Untuk kendaraannya dapat ditaruh di lokasi mushola. Turuti jalan cor beton semen sampai ke jung jalan. Kalau mengenyam eksulitan dapat ajukan pertanyaan terhadap warga.

Sesampai di lokasi Rekreasi Alam Kedung Tolok, pengunjung akan menemui gubug untuk parkir sepeda motor yang diatur masyarakt di tempat. Sarananya juga menyuport beberapa pelancong ialah ada kamar mandi, sewa ban karet, tempat parkir sepeda motor, serta warung penjual minuman serta makanan, pemadam kelaparan beberapa pengunjung.

Air Terjun masih Alami

Lokasi yang masih amat alami ini yakni sebuah sumber saluran air dari lokasi Goa Cerme

Air terjun atau barangkali grojogan Kedung Tolok ini yakni lokasi rekreasi yang paling prospektif untuk dikujungi jadi rekreasi alam. Air terjunnya melaju dari tebing dengan tinggi lebih kurang 15 mtr. dengan kemiringan tebing salurannya lebih kurang 60 derajat. Type air terjun ini melebar disinkronkan kontur saluran sungai. Di atas air terjun khusus ada banyak saluran kecil yang bertingkat yang tidak kalah menariknya.

Situasi air terjunnya bersih serta jernih lantaran berawal dari dalam Goa Cerme. Debitnya cukup deras pada musim hujan tapi pun jadi kering waktu musim kemarau. Di bawah air terjun yang udah memebntuk kolam selanjutnya dibikin bendungan dnegan banyak batu untuk dapat dipakai berenang. Bila sudah mendekati sore, lokasi ini lebih banyak disinggahi anak-anak dusun untuk berenang atau barangkali main air. Lokasi rekreasi murah lantaran bisa lepaskan kepenatan sehabis penat bersekolah.

Keunikan Air Terjun Grojogan Kedung Tolok

Kekhasan Air Terjun Grojogan Kedung Tolok yakni Ada air terjun kecil di atas air terjun Kedung Tolok. Melihat air terjun kecil yang berada di atas air terjun Kedung Tolok biasa disebutkan dengan Kedung Cumplung, Kedung Gupit, Kedug Dowo, dan Kedung Kempul.

Aksesnya untuk ke arah area dapat lewat jalan setapak mendaki tebing sisi air terjun Grojogan Kedung Tolok. Kedung-kedung di air terjun mini itu pun biasa difungsikan beberapa pengunjung untuk rendam dan berenang-renang.

Amat mengasyikan dan bikin siapa-siapa saja kerasan terlalu lama di air terjun atau grojokan Kedung Tolok ini. angan-angannya lebih termashyurnya lokasi rekreasi alam mudah-mudahan terus lestari dan terbangun keasrian dan kebersihannya.

Nah itu tadi sahabat sedikit pembahasan kita mengenai Air Terjun Kedung Tolok, Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi pilihan destinasi wisata sahabat yang ingin berwisata di Jogja.

Kalau sahabat ndak bawa kendaraan bisa menggunakan layanan Sewa Mobil Jogja dari Destinesa.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?