26 November 2022
Air Terjun Talang Purba

Air Terjun Talang Purba

Wilayah Gunungkidul di Yogyakarta menaruh banyak kecantikan alam yang tidak ada batasnya. Buat yang ingin nikmati kesejukan air terjun, coba dech main ke Air Terjun Talang Purba yang berada di Bukit-bukit Patuk Gunung Kidul.

air terjun di jogja yang berundak Air Terjun Talang Purba ialah sebuah lokasi wisata baru yang berada di bukit-bukit Patuk Gunungkidul. Air terjun yang ada dekat sama air terjun Kedung Kandang ini sukses menarik banyak turis lokal atau luar negeri.

Posisi air terjun ini ada pada lokasi Gunung Butak, Dusun Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini sebagai saluran dari sungai Bendo yang mana sifat air terjunnya bertingkat.

Jalan ketujuan air terjun dari posisi parkir dibutuhkan perjuangan guys serta harus berwaspada. Tapi tidak perlu panik ada papan saran ke posisi sejauh jalan. Serta untuk ke posisi betul-betul semestinya memakai kendaraan personal seperti motor sebab cuma dapat dilewati oleh motor.

Ke arah segi bawah air terjun ini kamu dapat menuruni batu-batuan yang berada di saluran air terjun. Untuk mengelit suatu terjadi pilih batu-batuan yang miring, serta berwaspada mengambil langkah sebab jalanan cukup licin ditambah lagi terserang recikan air.

Pilihannya apabila kalian tidak mau telusur melalui batu-batuan kalian dapat telusur pematang sawah. Tapi mengakibatkan banyak tanaman penduduk yang hancur sebab tingkah pengunjung yang tidak bertanggung-jawab akhirnya telah tidak boleh kembali.

Seperti sama air terjun Kedung Kandang, air terjun Talang Purba ini pun sebagai air terjun angin-anginan yang deras waktu musim hujan tapi kering waktu musim kemarau. Saluran air di air terjun Talang Purba ini dibendung oleh penduduk untuk kebutuhan irigasi. Debet air saat musim hujan cukuplah tinggi tapi airnya kotor. Adapun sumber-sumber berkata kalau saluran Air Terjun Talang Purba ini datang dari kurang lebih Gunung Api Purba.

Selainnya nuansa segarnya air terjun, kondisi tenang ala-ala perdesaan ini lebih diincar untuk menangkal stress serta pemikiran dan keresahan banyak wisatawan. So, tidak mesti menanti lama untuk berkunjung, buruan bawa sanak saudara ke air terjun Talang Purba!

Rute Air Terjun Talang Purba

Air terjun ini berada 1 km dari lokasi Embung serta Gunung Api Purba Nglanggeran. Di dekat pintu masuk Embung ada sebuah lapangan.

Di situ mengambil trayek berbentuk jalan cor beton semen kecil yag berada di samping lapangan. Itu dia salah satu akses ketujuan Air Terjun ini serta kamu dapat dibuat mudah dengan adanya banyak papan petunjuk arah yang bisa membantumu ke posisi air terjun. Jalanan di situ cuma dapat dilewati dengan sepeda motor.

Apabila sudah tiba di jalanan cor semen, kamu mesti berwaspada sebab jalanan di situ berbentuk batu serta tanah, jadi benar-benar licin.

Kamu dapat parkir motor di pekarangan rumah penduduk, lalu meneruskan perjalanan dengan trackking. Dari ruangan parkir ada dua lajur, ialah Air Terjun Kedung Kandang atau Air Terjun Talang Purba, ambilah ke Air Terjun Talang Purba.

Ke arah segi bawah air terjun, kamu dapat menuruni batu-batuan yang berada di saluran air terjun. Untuk mengelit suatu terjadi, pililah batu-batuan miring, serta berwaspada mengambil langkah. Masalahnya, jalanannya cukup licin, ditambah lagi kalaupun terserang recikan air.

Air Terjun Musiman

Buat yang ingin ke Air Terjun ini, semestinya bertandang waktu musim hujan. Masalahnya, air terjun ini ialah air terjun angin-anginan yang bisa kering waktu musim kemaran. Saat musim hujan, Air Terjun Talang Purba acapkali jadikan kebutuhan irigasi.

Air Terjun ini sebagai sisi dari saluran Sungai Bendo. Ciri-ciri uniknya ialah bertingkat serta berundak. Saluran air terjun di sisi pucuknya terbelah jadi dua segi. Air terjun teratas ialah air terjun tertinggi. Punyai bentuk yang antik membikin Air Terjun Talang Purba benar-benar cantik untuk di pandang.

Tidak hanya itu, merehatkan diri di Air Terjun Talang Purba sangat juga merehatkan serta dapat menyingkirkan rasa bimbang. Disekelilingnya pula banyak panorama hijau yang memberinya kesejukan. Nikmatnya kembali, masuk ke dalamnya gratis, lho!

Alamat Air Terjun Talang Purba.

Air terjun  ini ada di dalam Wilayah Gunung Butak,Kampung Nglanggeran,Kecamatan Patuk,Kabupaten Gunungkidul,Jogjakarta.

Posisi air terjun ini ada tidak jauh dari kampung wisata Gunung Api Purba Nglanggeran,cuma miliki jarak lebih kurang 1,5 Km sama waktu menempuh lebih kurang 5 menit perjalanan memanfaatkan kendaraan personal.

Apabila dari pusat Kota Jogjakarta bejarak lebih kurang sekitar 30 Km sama waktu menempuh lebih kurang 1 jam perjalanan memanfaatkan kendaraan personal,sebab untuk angkutan umum belumlah ada yang hingga di posisi air terjun purba ini.

Menuju Air Terjun Talang Purba.

Apabila Teman akrab mau bertandang ke wisata air terjun ini,lajurnya sama dengan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk,Gunungkidul.

Apabila Teman akrab dari Kota Jogjakarta karena itu lajur yang wajib Teman akrab lewati yaitu dengan mengikut Jalan Jogja-Wonosari dengan melintasi Bukit Bintang Patuk.

Turuti selalu lajurnya sampai Teman akrab kelak mendapati taman bunga Celosia di kanan jalan,maju lebih kurang 200 mtr. Teman akrab akan mendapati jembatannah saat sebelum jembatan ada simpangan dan belok lah ke kiri turuti lajur simpangan itu sampai Teman akrab kelak mendapati papan arahan jalan Gunung Api Purba Nglanggeran belok kiri,dan turuti selalu arahan jalan sampai Teman akrab hingga di posisi wisata Air Terjun Talang Purba yang Teman akrab incar.

Untuk hingga di posisi air terjun ini Teman akrab mesti berhati hati,sebab jalannya cukup curam dari posisi parkirnya Teman akrab mesti jalan kaki mengikut jalan di ruang persawahan masyarakat.

Posisi parkir apabila Teman akrab ingin melaksanakan perjalanan tuju air terjun ini mesti memercayakan kendaraan Teman akrab di dalam rumah masyarakat,dengan ongkos parkir semaunya saja,sebab belumlah ada harga parkir khusus di posisi wisata air terjun ini.

Fasilitas Air Terjun

Untuk layanan yang berada pada posisi wisata air terjun ini belumlah ada,karena posisi wisata ini belum diatur sacara baik oleh masyarakat di tempat,tetapi nantinya pasti dibuat akses jalan dan layanan pendamping oleh pengurus wisata Gunung Api Purba.

Baiknya Teman akrab bawa perbekalan kebutuhan sendiri,seperti air minum,makanan atau makanan ringan,dan yang tentu jangan pernah lupa ya Sob,membawa kamera atau gadget yang full batrenya untuk bergaya photo di situ.

Ticket Masuk

Harga ticket masuk air terjun purba ini belumlah ada,jadi Teman akrab tidak penting cemas untuk keluarkan bujet banyak untuk nikmati keelokan air terjun ini.Tetapi nantinya pasti ada harga ticket masuknya seusai dibuat jalan dan layanan tambahannya.

Jika sahabat bingung mau menggunakan apa untuk berkunjung ke Destinasi wisata ini sahabat coba bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Selalu Gunakan Kotak Kemasan Makanan pribadi dan dibawa pulang kembali sampah kita untuk menjaga kelestarian alam kita. Salam Sobat Lestari.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?