21 November, 2019
Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

DestinesaAda begitu banyak Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi. Tak hanya jumlahnya tapi juga ragamnya mulai dari wisata sejarah, budaya, seni, alam, pantai, kuliner hingga tempat anak dan keluarga.

Namun dibalik kesemua tempat itu pasti akan ada beberapa tempat yang ingin sekali anda kunjungi saat sedang berlibur di Jogja.

Mana yang Anda pilih? Agar Anda tidak bingung, ini adalah daftar 30 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi ketika liburan di Kota Budaya ini. Ini dia daftarnya:

1. Keraton Yogyakarta

Belum ke Jogja kalau tidak mengunjungi tempat satu ini. Terletak di tengah kota, Keraton adalah salah satu Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi. Keraton Yogyakarta adalah bangunan bersejarah berusia ratusan tahun yang berdiri dengan megah hingga saat ini.

Setiap sisi, bentuk dan warna bangunan ini memiliki makna tersendiri bahkan hingga warna cat-nya. Anda juga bis amelihat seperti apa kostum bala tentara Mataram termasuk pakaian kebesaran, pakaian penari keraton dan banyak tempat unik di dalam keraton.

2. Tamansari

Masih termasuk Komplek Keraton, ini adalah tempat para isteri raja bersenang-senang di kolam pemandian sambil merawat keindahan tubuh mereka dengan berbagai ramuan kosmetik alami kala itu. Anda bisa melihat ruangan-ruangan yang digunakan para selir mempercantik dirinya termasuk lorong-lorong rahasia untuk melarikan diri jika ada serangan mendadak.

3. Malioboro

Jangan menyebut pernah ke Jogja kalau belum datang ke Malioboro. Ini adalah ruas jalan utama Jogja dengan deretan toko pakaian dan aneka fashion yang lain termasuk restoran, mall bahkan pusat kekuasaan Provinsi ada ruas jalan ini. Anda bisa berjalan-jalan di pelataran khusus pejalan kaki yang luas dengan ratusan tempat duduk untuk siapa saja. Beragam item fashion terkini bisa dengan mudah dan murah Anda dapatkan di sini.

4. Pasar Beringharjo

Berada di ujung s elatan jalan Malioboro, inilah pasar tempat Anda bisa mendapatkan aneka batik dengan harga yang ramah. Beringharjo juga pusat suvenir khas Jogja dan satu lagi, di dalam pasar ini terdapat kios-kios makanan khas Jogja sebagai pusat kulineri.

5. Benteng Vredeburg

Terletak 100 meter dari Pasar Beringaharjoi, bangunan kolonial yang dahulu kala digunakan Belanda sebagai markas. Kini benteng bertemboj tinggi dan tebak itu telah berubah menjadi musium yang bercerita sejarah perjuangan Jogja mempertahankan diri dari penjajah Belanda.

6. Alun alun Kidul

Anda bisa mencoba ritual Masangin alias Masuk di antara dua beringin dengan mata ditutup kain. Jika Anda berhasil berjalan memauki ruang antara dua beringin di tengah lapangan besar ini maka diyakini Anda bakal menjadi orang yang mendapatkan banyak berkah. Anda juga bakal menikmati keliling Alun alun naik gowes penuh cahaya. Alun alun termasuk wisata yang nyaman dikunjungi sore atau malam hari

7. Candi Prambanan

Candi Hindu terbesar di Indonesia. Prambanan adalah komplek candi dan menjadi destinasi utama para pelancong dalam maupun luar negeri. Ada banyak kisah dibalik pambangunan candi ini dan ada juga mitos tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang ada di sini.

8. Candi Boko

Bekas reruntuhan keraton Boko. Berdiri di atas bukit di sebelah selatan dari Prambanan, ini adalah komplek yang luas dengan pemandangan menakjubkan. Anda bisa mendapatkan banyak foto indah di sini. Sunset akan menjadi momen yang luar biasa dilihat dari sini.

9. Gunung Api Purba, Nglanggeran

Desa wisata terbaik se Asia Tenggara, inilah gugusan gunung batu berukuran raksasa membentuk gegunung eksotik. Bukan hanya gunung batu purba yang dimliki desa Nglnggeran, Patuk, Gunungkidul. Tempat iga memiliki flying fiox, air terjun dan wisata kuliner.

10. Jogja Bay Pirate Waterpark

Waterpark paling besar dengan lengkap. Berluas 7,7 hektar, ada 19 wahana permainan air yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Terletak di Sleman, tidak menjangkau tempat ini karena berada dekat kota Yogyakarta.

11. Desa Wisata Kalibiru

Terletak di atas perbukitan Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Ini adalah desa wisata yang tel;ah berkali-kali memenangi penghargaan desa wisata terbaik. Memiliki panorama luar biasa yang bisa Anda nikmati dari gardu pandang yang ada di sana. Desa ini juga memiliki beberapa atraksi seperti flying fox dan jalur trekking. Penyuka olah raga alam bebas bakal langsung jatuh cinta pada tempat ini. Itulah kenapa Kalibiru masuk sebagai salahsatu tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi.

12. Museum Ullen Sentalu

Terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, ada beragam koleksi barang artistik langka asli Jogja di sini seperti koleksi batik dengan corak langka. Ada pula surat-surat asli dari masa lalu, alat musik tradisional dan sebagainya. Tetapi pengunjung dilarang memotret di ruangan ini karena barang-barang ini memang barang yang sangat langka dan harus dilindungi keaslian dan keunikannya.

13. Kebun Buah Mangunan

Berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, ini kebun buah dengan pemandangan alam menakjubkan. Berada di ketinggian 150-200 mdpl, Kebun Mangunan dikenal sebagai Negeri di Atas Awan karena jika matahari terbit tempat ini akan menyajikan lautan kabut sepanjang mata memandang.

14. Puncak Becici

Berada di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, ini adalah hutan pinus yang beberapa waktu lalu dikunjungi Barrack Obama dan keluarganya berlibur. Becici adalah hutan pinus dengan sebuah puncak bukit yang memiliki view luar biasa karena Anda bisa menatap indahnya hamparan kota Jogja dari ketinggian.

15. Puncak Kosakora

Bagi para pecinta pemandangan alam nan elok, Puncak Kosakora adalah tempat yang bakal membuat Anda terpukau. Anda bisa menikmati keindahan pantai yang sepanjang pinggirannya berbenteng tebing karang nan indah. Kosakora bak lukisan dalam foto selfi-mu. Tempat ini juga berdekatan dengan beberapa pantai yang lain di Gunungkidul, sehingga Anda bisa menjelajah beberapa pantai indah sekaligus jika berlibur ke tempat ini.

16. De Mata Museum

Jika Anda pingin suasana mengejutkan, datanglah ke Museum De Mata di Komplek XT Square. Tempat ini ada di tengah kota Jogja. Di dalamnya ada lebih dari 120-an koleksi gambar 3 dimensi yang bakal memberimu pengalaman baru saking uniknya. Ini adalah seni modern tingkat tinggi yang tidak banyak ditemui di tempat lain.

17. Tebing Breksi

Hanya butuh 30 menit dari pusat kota Jogja, Tebing Breksi adalah bukit batu yang dipahat dengan indah oleh tangan-tangan seniman lokal. Hasilnya, Anda bakal mendapatkan bukit batu dengan tinggi 30-an meter dan memperlihatkan berbagai ornamen di berbagai sisi permukaannya. Ini adalah tempat berselfi yang luar biasa.

18. Candi Ijo

Berada di puncak bukit dengan dengan halaman rumput hijau yang indah.Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Tempat ini sangat cocok didatangi wisatawan keluarga yang ingin mendapatkan pengalaman wisata yang unik di Jogja. Pelataran candi ini berupa hamparan rumput menghijau yang aman untuk bermain-main anak. Candi Ijo juga memiliki spot luar biasa untuk berfoto dan termasuk tempat yang murah untk berwisata karena harga tiket masuknya hanya beberapa ribu rupiah saja.

19. Bukit Bintang

Berada di lintas Jalan Jogja-Wonosari tepatnya di Patuk, tempat ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan lautan cahaya kota Jogja malam hari. Anda juga bisa menikmati sajian pemandangan ini sembari menyeruputu kopi di salahsatu kafe atau warung yang berderet-deret di tempat ini. Pemandangan sore adalah yang terindah dan wajib Anda abadikan. Malam hari adalah momen paling ramai karena lautan cahaya akan terlihat sangat luar biasa.

20. Museum Affandi

Museum ini berada di tengah kota Jogja yang gampang ditemukan karena berada di pinggir Jalan Solo nan ramai. Isinya koleksi lukisan pelukis dunia Affandi. Affandi adalah salahsatu seniman Jogja yang lukisannya terjual dengan angka yang sangat fantastik. Anda bisa menikmati goresan kuas seniman legendaris yang kini sudah tiada ini di museumnya.

21. Pantai Pok Tunggal

Belum lengkap piknik ke Jogja kalau belum melihat pantai ini. Terletak di Tepus, Gunungkidul, Poktunggal adalah pantai dengan pemandangan yang membuatmu seperti berada di pantai bertaraf internasional. Pasir putih sepanjang pantai dengan ombak jernih berkilauan yang bisa Anda nikmati sambil ‘ngadem’ di bawah gubug-gubug beratap jerami. Menuju kesana akan membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

22. Pantai Baru, Bantul

Pantai dengan hawa sejuk itu bernama Pantai Baru. Letaknya gampang ditempuh karena hanya beberapa puluh meter dari jalur lintar selatan Jogja. Pepohonan cemara nan rindang membuat pantai ini segera menjadi pilihan tempat bagi wisatawan yang mencari tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Cocok bagi liburan keluarga atau komunitas yang pingin menggelar acara outbound sekalipun.

23. Pantai Parangtritis, Bantul

Selain hamparan pasir putih yang luas dengan ombak yang menantang, pantai ini juga menjadi salahsatu titik mistis yang diyakini sebagian warga Jogja sebagai tempat yang mistis. Pemandangan sunset di pantai ini sudah kondang indahnya. Anda juga bisa menikmati berselancar di gumuk pasir, hanya beberapa ratus meter dari pantai ini. Naik kereta kuda juga salahsatu yang bisa dinikmati di Parangtritis. Sebagai salahsatu tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi pantai ini bisa ditempuh dengan lurus dari jantung kota Jogja.

24. Pantai Indrayanti, Gunungkidul

Namanya secantik pantainya. Pasir putih dengan tebing karang di beberapa tepinya membuat Indrayanti segera merebut hati para wisatawan pecinta pantai. Inilah salahsatu pantai terbaik di Jogja yang wajib masuk daftar kunjungan Anda.

25. Pantai Baron, Gunungkidul

Inilah pantai yang memiliki mata air tawar di tepiannya lalu menciptakan kolam yang Anda bisa mandi di sana. Dimana lagi menemukan tempat unik seperti ini, menikmati debur ombak sembari berendam di air tawar. Bagi penghobi foto, Anda bisa mendapatkan latar foto luar biasa di tower di bawah tower mercu suar di atas bukit di salahsatu sisi pantai ini. Luar biasa bukan?  

26. Pantai Depok, Bantul

Anda penyuka seafood, inilah surga seafood. Di pantai ini Anda bisa memilih sendiri ikan laut segar favorit Anda lalu menyerahkannya pada rumah makan di sepanjang pinggiran pantai ini. Anda hanya butuh menunggu beberapa menit untuk menikmatinya di atas meja makan Anda. Pantai ini memiliki pasar ikan, Tempat Pelelangan ikan dan kegiatan nelayan yang menarik sekali menjadi obyek fotografi.

27. Pantai Sundak, Gunungkidul

Pemandangan pantai ini sungguh elok. Sebuah pulau karang teronggok tepat di depan mata Anda sehingga menciptakan pemandangan yang tak bakal banyak ditemui di pantai lainnya. Pasir putih sepanjang pantai dengan ombak yang tak terlalu besar membuat Anda bakal mendapatkan pemandangan sangat artistik di tempat ini.

28. Pantai Kukup 

Bebatuan karang terhampar di pinggiran pantai ini jika air surut, membuat banyak ikan kecil menari-nari di antara celahnya. Kanan kirinya batu karang besar mengapit seperti pintu gerbang besar saja. Berada dekat dengan Pantai Baron membuat pantai ini tak sulit untuk didatangi sehingga menjadikan Kukup sebagai salahsatu tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

29. Gembira Loka

Ada seratus lebih jenis binatang dari berbagai penjuru dunia ada di tempat ini dan membuat Gembira Loka menjadi salahsatu obyek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Dunia burung menjadi salahsatu magnitnya saat ini, di sana Anda akan melihat burung-burung langka berbadan besar yang tak ada di Jawa. Anda juga bisa menikmati meluncur cepat dengan perahu boat di danau di tengah kebun binatang ini.

30. Goa Pindul

Bagi Anda yang berjiwa petualang, inilah tempat yang wajib Anda kunjungi. Cave tubing, melewati sungai bawah tanah di bawah atap goa yang megah. Anda akan merasakan sejuknya air sekaligus melihat pesona goa berusia ratusan tahun di tempat ini. Bertempat di Gunungkidul, Goa Pindul menjadi salah satu Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi. 

31. Goa Jomblang

Menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Gunungkidul setelah Goa Pindul. Buat yang suka menantang adrenalin anda bisa menggunakan / memilih Goa Jomblang sebagai destinasi pilihan anda. Di Goa Jomblang ini anda bisa mendapatkan cahaya surga. Penasaran? Yuk gunakan saja layanan City Tour Jogja dan pilih Goa Jomblang sebagai destinasi wisata pilihan anda.

Itulah Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi. Jika Anda bingung memilih karena ada begitu banyak tempat, Anda tak perlu repot. Anda tinggal menggunakan jasa perusahaan wisata yang telah menyiapkan berbagai Paket Wisata yang bisa Anda pilih sesuai selera. 

Kami Destinesa menyediakan Paket City Tour Jogja yang dijamin seru dengan pilihan berbagai macam rute wisata yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan keinginan.

 

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.