1 Oktober 2022
Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Imogiri ~ Yogyakarta tidak cuma tersohor dengan wisata budaya, kulineran dan wisata pantainya, namun Yogyakarta miliki air terjun yang unik dan elok. Satu diantara kabupaten yang tidak sepi dari timbulnya kapasitas wisata alam yang baru ialah Kabupaten Bantul.

Keadaan alam yang ada pada Kabupaten Bantul sukses bikin objek wisata baru yang paling sesuai buat disinggahi. Air terjun di jogja yang viral pada sekarang ini ialah Air Terjun Seribu Batu yang kerap dimaksud sebgai Air Terjun Cengkehan karenaair terjun ini ada di Kampung Cengkehan.

Sekilas Tentang Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Keadaan cuaca di tempat yang sejuk, panorama alam nya begitu elok, airnya masih yang jernih dengan pohon-pohon yang paling hijau dan alami bikin beberapa pengunjung bisa menganakemaskan pemikirannya.

Nama seribu batu ini asal dari jumlah batu-batuan yang miliki ukuran dari begitu besar sampai kecil-kecil yang banyak maka dari itu tidak bisa dihitung jumlah. Katanya batu-batuan yang ada di sejauh saluran sungai air terjun ini asal dari letusan gunung Api Purba Nglanggeran juta-an tahun lalu.

Sebab jumlah banyaknya batu itu pada akhirannya orang di tempat menyebut seribu batu sampai sekarang ini. Air terjun ini miliki ketinggian sekitaran 8 mtr.

Baca Juga ; Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

meski tidak tinggi air terjun ini tak kurangi kemegahannya dan masih memikat buat disinggahi. Kolam yang ada di bawah Air Terjun Seribu Batu ini tercipta sebab gerusan air yang ada di dalam waktu yang lama dan kolam ini miliki kedalaman sekitaran 1 mtr..

Kolam itu begitu sesuai dipakai buat mandi dan bermain air untuk beberapa pengunjung. Air Terjun Seribu Batu miliki ciri-khas khusus apabila diperbandingkan dengan air terjun lainnya.

Air terjun ini kerap dipercayakan miliki banyak kegunaan, yakni air yang mengucur ini bisa bikin pengunjung kelihatan tahan lama muda dan dapat juga memperkuat jalinan di antara suami dan istri. Pengunjung dapat juga buat menyimpan peristiwa – peristiwa di sini bersama kawan ataupun keluarga buat di unggah ke social media.

Pengunjung bisa lihat kecantikan air terjun sekalian nikmati kondisi rimba yang natural serta kondisi perdesaan yang jauh dari pencemaran yang ada pada perkotaan. Pengunjung harus masih mengawasi kebersihan dan kecantikan air terjun ini, dan tidak boleh mencoret batu ataupun buang sampah asal-asalan.

Akses Ke arah Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Akses meuju ke area air terjun Seribu Batu ini bisa dicapai dengan kedaraan beroda 4 namun juga beroda 2. Meskipun sedikit plang saran ke area tetapi pengunjung dapat mengikut jalanan kampung wisata Wukirsari sampai mentok ke ujung jalan.

Dari ujung jalan ini, kendaraan data dipercayakan di dalam rumah warga dan selanjutnya ke arah air terjun melalui cara susur saluran sungai di samping ruang parkir Kuburan Sunan Cirebon.

Baca Juga ; Air Terjun Luweng Sampang

Di samping rumah penduduk merupakan suatu jalan setapak yang bergerak ke air terun. Situasinya cukup licin sewaktu hujan. Sebab banyak jalan yang bercabang, tertutuo semak, teknik ringan untuk ke area dengan mengikut pipa air yang bergerak ke permukiman. Ternyata sumber air penduduk ini asal dari Air Terjun Seribu Batu.

Sesampai di area sehabis susur sungai, kalian akan menemui air terjun yang sekitarnya berbentuk bongkahan batu. Debet air di air terjun ini tidak besar maka lebih mempermudah pengunjung ke area dengan menantang arus. Tetapi batu-batuan yang ada pada saluran cukup licin namun juga tajam maka dari itu harus selalu waspada ya guys.

Ada Kedung Yang Asyik Buat Mandi

Grojokan tunggal itu miliki ketinggian seputar 5 sampai 8 mtr.. Debet airnya cukup rendah namun juga membuka terhitung air terjun angin-anginan. Maka dari itu benar-benar dapat kalian datangi selama setahun. Air yang ada pada air terjun ini dapat memenuhi kepentingan air warga selama setahun. Kolam atau kedung yang ada di air terjun ini terbuat dari gerusan air dan kian lama kian dalam sampai satu mtr.. Kalaupun pengen pengunjung dapat langsung merendam di kolam dengan air diguyur air terjun langsung.

Saat cocok bertandang ke air terjun ini benar-benar di saat musim hujan, sebab meskipun pada musim kemarau airnya tidak mongering tetapi panoramanya tidak secantik di saat musim penghujan. Teritori yang masih alami, tidak ada pembangunan banyak bikin beberapa petualang banyak menguber Air Terjun Seribu Batu ini.

Kalau kalian melihat batu-batuan yang ada pada sejauh saluran sungai air terjun ini katanya adlaah batu dari letusan Gunung Api Purba Nglanggeran dari juta-an tahu lalu. Pada jumlahnya yang tidak cuma beberapa, orang lalu mengatakan dengan “Seribu Batu”.

Wisata di Imogiri ini memang jadi daya magnet beberapa Wisatawan

Panorama alamnya yang paling alami, sejuk, merupakan sisi dari kekayaan alam dari Yogyakarta terutama di Imogiri, Bantul. Banyak asa untuk pengaturan air terjun namun juga untuk pengunjung yang hadir diharap jaga kebersihan lingkungan supaya terus lestari sampai kelak.

Lokasi Air Terjun Seribu Batu

Lokasi Air Terjun Seribu Batu ini begitu gampang buat digapai serta dilintasi sebab jalan atau aksesibilitas dari serta ke arah Pantai Samas ini telah wajar serta bagus.

Akan tetapi apabila telah tiba di parkir, pengunjung harus jalan kira-kira 30 menit buat sampai di air terjunnya. Pengunjung harus juga melintasi jalan setapak yang cukup licin, basah, serta benyek karena hujan di hari awal mulanya yang belum jadi kering.

Alamat dari Air Terjun Seribu Batu benarnya ada di Kampung Wisata Wukisari, Dukuh Cengkehan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Trayek ke arah Air Terjun Seribu Batu ini begitu gampang buat digapai.

Apabila anda dari pusat Kota Yogyakarta ke timur melintasi Jalan KH. Ahmad Dahlan ke arah Jalan Panembahan Senopati 9, sampai di perempatan ke selatan melintasi Jalan Brigjen Katamso, lalu lempeng lagi hingga di perempatan mengarah timur melintasi Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke selatan melintasi Jalan Sisingamangaraja, selanjutnya lempeng lagi ke arah Jalan Imogiri Barat, sampai di perempatan ke timur melintasi Jalan Manding Imogiri, lempeng lagi hingga di pertigaan ke selatan ke Jalan Imogiti Timur, sampai di pertigaan ke timur melintasi Jalan Pramuka, selanjutnya lempeng lagi ke arah Jalan Giriloyo, turuti jalan terus yang ada sampai anda bakal sampai di Air Terjun Seribu Batu.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Air Terjun Seribu Batu kira-kira yakni 17 KM serta waktu yang dipakai normal kendaraan motor dari pusat Kota ke arah Air Terjun Seribu Batu kira-kira 38 menit.

Harga Ticket serta Parkir Air Terjun Seribu Batu

Buat masuk teritori Air Terjun Seribu Batu ini masih tak ada dikenai ongkos atau cuma-cuma.

Dan buat ongkos parkirnya, tiap kendaraan sepeda motor dikenai harga parkir senilai Rp 3.000, serta buat kendaraan mobil dikenai harga parkir senilai Rp 5.000.

Sarana Air Terjun Seribu Batu

Di sekarang masih tak ada sarana simpatisan wisata yang seperti kamar mandi umum, menjadi pengunjung bisa pinjam kamar mandi di pemukiman masyarakat.

Masyarakat kira-kira tersohor dengan keramahannya oleh karenanya mereka tidak malas enggan pinjamkan kamar mandi ke pengunjung.

Karena Objek Wisata Air Terjun Seribu Batu ini masih tergolong tempat wisata di jogja yang masih baru dan masih tahap pengembangan jadi harap maksum ya sobat jika masih banyak kekurangan di sana sini.

Banyak orang-orang yang tidak menyangka kalau di dekat Kuburan Raja-Raja Mataram Imogiri ada kekuatan air terjun yang lumayan menarik. Kehadiran dipropagandakan sebagai daya magnet wisata anyar di teritori kampung wisata Wukirsari yang tersohor sebagai sentral kerajinan batik ciri khas Imogiri.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.