1 Juli 2022
Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Wediombo

Wediombo dapat diambil dari Bahasa Jawa ‘wedi’ yang memiliki arti ‘pasir’ serta ‘ombo’ yang memiliki arti ‘luas’. Jika disebut, Wediombo memiliki arti bentangan pasir yang luas. Pantai Wediombo juga merupakan salah satu destinasi Wisata Pantai Tersembunyi di Jogja yang wajib anda kunjungi.

Tidak hanya dari saja namanya, pantai ini mempunyai tempat yang luas ketimbang pantai yang lain di satu wilayah.

Pantai ini berada di wilayah Jepitu, Girisubo, Gunungkidul serta sekalian jadi pantai paling ujung dari pantai lainnya. Anda harus tempuh lebih kurang 2,5 jam perjalanan dari pusat perkotaan Jogja dengan memanfaatkan lajur darat.

Warga di tempat benar-benar mengutarakan jika nama pantai ini yang dikasihkan oleh kakek-moyang tidak sesuai sama situasinya. Ada yang mengutarakan, pantai ini lebih patut memiliki nama Teluk Ombo, lantaran situasi pantai benar-benar mirip teluk yang lebar. Ada batu karang yang mengapit, air lautnya menyondong ke dataran, tetapi punya luas yang lebih lebar dibandingkan teluk biasa.

Namun, di luar masalah nama yang kurang benar itu, Wediombo masih tetap menghidangkan panorama pantai yang fantastis. Air lautnya masih biru, tidak seperti pantai wisata yang lain yang sudah terkontaminasi sampai airnya punya warna hijau.

Pasir putihnya masih tetap terbangun, dihias cangkang-cangkang yang dibiarkan kerangnya. Keadaan pantai juga tenang, jauh dari berisik turis yang berjemur atau hilir mudik kendaraan. Daerah yang benar untuk melepaskan bosan.

Lokasi Pantai Wediombo

Wediombo berada di Kampung Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini sangatlah simpel dicapai apabila awal mulanya sudah tiba ke Pantai Siung. Cukup kembali lagi ke pertigaan di Tepus saat sebelum ketujuan Siung, setelah itu belok ke arah kanan mengikut sistem jalan sampai mendapatkan papan wejangan belok ke arah kanan untuk ketujuan Wediombo.

Letak pantai ini jauh makin ke bawah dibandingkan dataran seputarnya. Beberapa puluh anak tangga perlu dituruni dahulu saat sebelum bisa menyentuh pantai serta nikmati kecantikan panoramanya. Sekalian turun, di kiri kanan bisa disaksikan beberapa kebun warga di tempat, beberapa rumah tinggal serta vegetasi mangrove masih sisa. Lantas lalang warga yang bawa rumput-rumputan atau menjaga ternak di kandang bisa pula didapati.

Harga Ticket Masuk Pantai Wediombo

Supaya bisa membuka ruangan pantai ini dikenai cost sejumlah Rp 5000 buat tiap orang.

Kalau sudah tiba ke arah tempat parkir, Anda mesti bayar ticket parkir Rp 3000 buat kendaraan beroda 2, dan Rp 5000 buat kendaraan beroda 4.

Anda mesti jalan melintasi anak tangga kalau sudah tiba dalam tempat parkir, kira-kira sepanjang 15 sampai 20 menit dengan jalan rileks.

Wisata Unik Pantai Wediombo

Memancing Ikan Panjo

Kecuali pemandangan pantai yang mempesona, Wediombo pula tawarkan pengalaman wisata unik, bahkan juga ekstrim, adalah memancing pada ketinggian bukit karang. Sekarang type wisata yang berasal dari rutinitas memancing warga di tempat ini tengah diminati oleh pehobi dari kota Yogyakarta serta Wonogiri. Menurut pembicaraan warga di tempat, mendapat ikan ukuran besar yaitu arah banyak pehobi itu.

Bukan perihal simpel untuk memancing di bukit karang, lantaran terletak yang jauh dari pantai. Bukit karang itu baru dapat dicapai selesai jalan mengarah timur telusuri bibir pantai, turun-naik karang di perbatasan pantai yang curam, licin serta terkadang dihempas ombak besar, setelah itu naik kembali sampai pucuk bukit karang yang bertatapan dengan lepas pantai yang dalam. Untuk yang sudah terlatih saja, perjalanan ketujuan bukit karang dapat memerlukan waktu satu jam.

Tetapi, hasil yang fantastis dapat dituai selesai menundukkan semua kendala itu. Warga di tempat mengutarakan, ikan-ikan mempunyai ukuran besar kerap diperoleh oleh banyak pelancong lokal. Sekurang-kurangnya, pemicu akan mendapat ikan cucut, atau ikan panjo dalam istilah di tempat. Ikan yang panjangnya sama dengan lengan manusia jaman sekarang mempunyai 2 type, yang berupa gilig (silinder) banyak didapati di musim kemarau, sementara yang gepeng (tipis) didapati di musim penghujan.

Masakan Ikan Panjo Goreng

Untuk memancing, modalnya cuma umpan berwujud ikan teri yang bahkan juga dapat didapat di perbatasan pantai. Tinggal memakai pancing atau melebarkan jala kecil, karena itu umpan bisa diperoleh. Gampang serta murah, khan?

Untuk yang tidak cukup mempunyai nyali untuk ketujuan bukit karang, beli ikan hasil pancingan barangkali yaitu cukup memberikan kepuasan. Beberapa penduduk tawarkan jasa mengolah ikan apabila pengin mencicipinya lekas. Apabila tak, ikan dapat dibawa pulang mentah-mentah, namun pastinya cukup menyusahkan.

Paket masakan ikan panjo goreng pula siap. Nasi, satu ekor ikan panjo goreng yang sudah diiris-iris kecil bersama sambal mentah dipasarkan sangatlah murah. Nasinya disuguhkan dalam bakul kecil, sementara sambalnya dalam cobek. Jumlahnya lumayan banyak, bahkan juga untuk dua orang. Masakan di warung yang berada beberapa mtr. di atas tempat parkir. Ada landak laut goreng yang rasanya serupa daging ayam.

Upacara Ngalangi

Di saat khusus, anda dapat menyaksikan upacara Ngalangi yang diadakan oleh warga di tempat. Upacara ini diadakan sekali satu tahun, serupa upacara labuhan besar, maksudnya yaitu mengutarakan sukur di Tuhan atas karunia yang dikasihkan serta meminta rizki terterlebih buat waktu yang akan tiba. Karunia yang diartikan terpenting yaitu hasil tangkapan ikan yang banyaknya cukup, sampai dapat cukupi kepentingan.

Acara upacaranya cukup unik, mulai dengan acara melebarkan gawar atau jala yang dibentuk dari pohon wawar. Type jala ini kabarnya dipakai untuk tangkap ikan saat sebelum tersedianya jala dari senar yang digunakan saat ini. Gawar direntangkan dari bukit Kedongkowok sampai tempat pasang kering pantai. Perentangan dikerjakan waktu air pasang, maksudnya yaitu memerangkap ikan yang terambil ombak maka tidak dapat kembali lagi ke lautan.

Selesai air kering, ikan-ikan diambil. Penduduk setelah itu repot bersihkan serta mengolah ikan tangkapan. Sejumlah kecil ikan dilabuh kembali ke lautan bersama nasi serta sesaji. Mayoritas yang lain dipisah sesuai sama jumlah keluarga warga di tempat serta diantarkan ke beberapa rumah penduduk. Acara mengantarkan ikan ke rumah- rumah penduduk ini kerap dimaksud hajatanan besar, bentuk kearifan lokal jika seluruhnya ikan yaitu rizki bersama-sama.

Terkecuali Upacara Ngalangi, semuanya daya pikat pantai dapat dicicip sehari-harinya. Apabila pengin menginap atau menyelenggarakan suatu acara yang dikunjungi beberapa kelompok kecil orang, ada suatu gubug yang berada tidak jauh dari sejumlah warung yang berjejer di pantai. Sangatlah menyenangkan serta dapat membayar rasa penat di saat ketujuan pantai ini.

Jalur Ketujuan Lokasi Pantai Wediombo

Alamat Pantai Wediombo persisnya ada dalam Kampung Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Beberapa pilihan jalur perjalanan untuk Anda yang pengin liburan ke Pantai Wediombo. Biarpun pantai ini berada di sangat barat Kabupaten Gunungkidul, pantai ini kerap jadikan arah untuk beberapa turis.

Bukan sekedar turis dalam negeri saja, tapi Wediombo menjadi beberapa pilihan turis luar negeri. Perihal ini karena lokasinya yang tenar dengan bentangan batu karang, tempat yang luas, dan air laut yang paling bening.

Berikut sejumlah alternative perjalanan yang bisa menuntun Anda untuk dapat sampai ke Pantai Wediombo:

  1. Lajur Inti : Yogyakarta – Wonosari – Kampung Mulo mengambil ke arah kiri – Jepitu mengambil ke kanan-ikuti arah ke Pantai Wediombo
  2. Lajur Alternative 1 : Jalan Wonosari – Mulo mengambil arah lempeng ke arah Pantai Baron – pertigaan mengambil menuju Pantai Kukup – Tepus – Jepitu mengambil ke kanan dan turuti arah ke Pantai Wediombo
  3. Lajur Timur : Praci Wonogiri – Rongkop mengambil menuju Nglindur – Pasar Ngrancah mengambil ke kanan – Jepitu mengambil ke kiri- dan turuti jalan lempeng menuju Pantai Wediombo
  4. Jalur tengah : Semanu – Giripanggang – Cuelo – pertigaan lapangan mengambil menuju ke kanan-Pasar Jepitu mengambil ke kanan dan turuti jalan ke Pantai Wediombo

Beberapa jalur perjalanan itu dapat jadi opsi untuk Anda yang pengin liburan dan berpiknik di Pantai Wediombo.

Yakini Anda sedang ada dalam wilayah yang terdekat dengan beberapa jalur itu, jangan sempat malah Anda salah dalam memutuskan opsi jalur itu.

Jalur perjalanan lewat lajur alternative memanglah lumayan menghabiskan waktu yang bertambah banyak, disbanding ke-3  jalur yang lain.

Fasilitas di Pantai Wediombo

Tidak hanya pantai yang pas buat berenang serta hunting buat sunset dan bergaya instagramable. Pantai Wediombo sudah mempunyai sarana yang cukup layak buat keamanan beberapa pengunjung pantai.

Sarana-fasilitas yang ada pada pantai Wediombo antara lain:

  1. Ruangan Parkir yang Luas
  2. Kamar Mandi serta Toilet
  3. Masjid
  4. Warung Makan
  5. Toko Souvenir

Buat menu makanan di seputar pantai Wediombi ini memiliki opsi di warung yang menjajakan bermacam makanan buatan laut seperti kepiting, beberapa model ikan, sampai udang.

Beberapa warung yang berjajar di ruangan pantai dapat menjadi opsi untuk Anda habiskan waktu sepanjang hari bersama kawan-kawan serta keluarga buat habiskan waktu minggu akhir.

Bila Anda bertandang ke kota murid serta punya niat melingkari semua pantai di Jogja, sempat-kan bertandang ke Pantai Wediombo yang bisa memberi narasi perjalanan yang tak terlewatkan.

Aktivitas Menarik di Pantai Wediombo

Sepanjang ada di pantai ini, Anda bisa nikmati object menarik disekitaran lokasi pantai. Aktivitas menarik itu salah satunya:

1. Nikmati Panorama Pantai

Sepanjang ada di pantai Wediombo ini, Anda bisa hanya duduk rileks sekalian nikmati panorama pantai. Nada deburan ombak serta sepoi-sepoi angin semilir bakal memperbanyak nyaman situasi.

Sepanjang ditepi pantai ini, Anda dapat juga jalan telusuri pantai tanpa alas kaki. Masalah ini agar Anda berasa nyaman waktu jalan di bentangan pasir yang luas di pantai ini.

2. Berenang

Argumen yang terutama untuk beberapa pelancong bertandang ke Pantai Wediombo ialah pantai ini dapat dipakai untuk berenang serta mandi dengan gunakan air kolam alami.

Satu diantaranya spot di tempat pantai ini punya sebuah kolam bersama air yang paling jernih serta dibatas dengan batu karang, seakan seperti kolam.

Kolam ini jadi tempat pujaan beberapa pelancong yang bertandang ke Pantai Wediombo karena kebanyakan mereka berenang atau sebatas bergaya di kola mini.

3. Spot untuk Hunting Sunset

Batu karang yang ada di tempat pantai bikin pantai jadi instagramable yang umum diputuskan untuk spot bergaya. Disamping itu, kemegahan bentangan karang yang luas ini jadi pantai yang benar untuk hunting sunset atau sunrise.

Batu karang yang luas di pantai ini bikin ombak di pantai ini berasa lebih cepat, jadi untuk Anda yang bergaya di tempat batu karang tengah pantai perlu selalu waspada.

4. Spot yang Benar untuk Camping

Tidak cuma dipakai untuk berenang serta menjadi area hunting sunset saja, akan tetapi pantai ini lebih banyak jadikan pantai pujaan pelancong untuk bercamping dengan rekan-rekan atau sebatas liburan dengan keluarga.

Tempat pinggiran pantainya yang lumayan luas biasa digunakan untuk camping serta melaksanakan acara berapi unggun dengan rekan-rekan.

5. Surfing

Sepanjang bertandang ke pantai ini, Anda bisa mengerjakan surfing untuk nikmati ombak besar yang paling menentang buat beberapa penggemar surfing.

Ombak di sejumlah pantai yang ada pada Gunung Kidul memang lumayan besar. Masalah ini disebabkan pantai ini ini masih terjalin dengan Samudera Hindia yang tenar punya ombak yang besar.

Nah itu tadi sahabat sedikit ulasan kami mengenai Pantai Wediombo, jika kalian ndak mau ribet hanya menggunakan layanan sewa mobil jogja, sahabat bisa juga langsung menggunakan Paket Wisata Jogja dari kami.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.