31 May, 2020

Surga Wisata Belanja di Jogja

Destinesa – Liburan di Jogja kurang lengkap rasanya jika kalian tidak berbelanja dulu bukan sebelum beranjak dan kembali ke tempat masing-masing? Selepas berwisata alam, mengenal budaya dan kuliner, nah saatnya Anda melakukan hunting barang-barang yang bisa dibawa ke rumah sebagai oleh-oleh. Lalu dimana saja sih lokasi Wisata Belanja di Jogja yang bisa menjadi pilihan Anda? Ini dia 10 terbaiknya.

  • Malioboro

Ikon kota Jogja yang satu ini memang masih eksis dan menjadi salahsatu destinasi Wisata Belanja di Jogja pilihan keluarga. Terlebih kini wajah Malioboro menjadi semakin cantik yakni mengutamakan pengunjung berjalan kaki menyusur ke toko per toko di pedestrian. Tentu, pertokoan di Malioboro sangat beragam. Mulai dari pakaian seperti batik, kaos oblong Jogja, kemudian ada makanan khas seperti Bakpia, Yangko, juga souvernir-souvenir kreatif yang bisa menjadi pajangan di rumah.

  • Pasar Beringharjo

Masih berada satu kawasan dengan Malioboro, namun lokasinya berada di ujung selatan. Pasar Beringharjo menghadirkan aneka ragam batik murah mulai dari Rp. 50 ribu saja. Adapun pernak-perniknya berderet di pertokoan pasar Beringharjo. Tinggal pilih saja barang mana yang akan dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

  • Pasar Manding

Pusat kerajinan kulit di Jalan Parnagtritis KM 11 Bantul ini juga bisa dijadikan pilihan Wisata Belanja di Jogja seperti tas, sepatu, dompet, ikat pinggang yang akan menjadikan penampilanmu semakin tertunjang. Memang cukup jauh dari pusat kota, tapi hasil kreatif warga Bantul ini dijamin tidak kecewa. Bisa mampir saat usai dari Pantai Parantritis lho karena satu arah jalan.

  • Kasongan

Kasongan telah menjadi pusat kerajinan gerabah yang mengidentikan gerabah-gerabah seperti guci, patung ukiran, kaca, serta hiasan dinding yang akan mempercantik rumahmu. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya lho. oleh karenanya sayang sekali bukan jika sudah singgah ke Jogja tidak mampir ke Kasongan di Desa Bangunjiwo Bantul.

  • Industri Perak Kota Gede

Satu lagi bawaan wajib yang bisa dijadikan hadiah untuk pasanganmu yakni di Industrti kerajinan Perak Kota Gede. Di lokasi ini kamu bisa menemukan banyak akseoris dari perak seperti anting, kalung, gelang, cincin, higga souvenir candi, wayang atau berbentuk binatang. Bagaimana dengan harganya? Dibanding dengan membeli di pertokoan ota besar lain, perak Kota Gede tergolong murah. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya!

  • Pasar Seni Gabusan

Jika kamu tidak sempat menuju ke semu tempat industry belanja tersebut, kamu bisa mengunjungi pasar seni Gabusan. Di pasar ini berbagai hasil kerajinan tangan sekitar 400 pengrajin bisa berkumpul dalam satu lokasi. Kamu bisa mendapatkan segaal yang kamu butuhkan untuk belanja seperti batik, gerabah, kulit, kayu, bamboo, terakota, sampai logam. Asyik kan?

Baca Juga : Ini Dia Top 5 Oleh-Oleh Khas Jogja, Nomor 1 Pasti Tahu!

  • PASTY

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) juga perlu disinggahi bagi kalian yang tidak hanya sekedar ingin berbelanja pernak-pernik atau pakaian. Kamu bisa membeli binatang peliharaan atau tanaman hias yang akan menambah koleksi taman di rumah. Atau keranjang hewan untuk peliharaanmu.

  • Pasar Klithikan

Pasar “maling” telah melekat sebagai istilah untuk pasar Klithikan. Mitosnya jika barang-barangmu hilang, sudah pasti bisa ditemukan di pasar ini. tapi tidak juga lho. justru di pasar ini kamu bisa menemukan barang unik dan langka yang mana bisa dijadikan koleksi rumahmu seolah-olah ke tempo doeloe.

  • Desa Wisata Krebet

Berada di dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, kamu tidak akan mengira jika batik juga bisa dituangkan di kayu. Nah, desa inilah yang memprakarsai para pengrajin untuk membuat kerajinan seperti topeng, patug kayu, wayang, gantungan kunci, cermin, kota perhiasan, serta lainnya yang mereka gambar dengan seni batik. Tidak hanya terkenal di Yogyakarta namun juga sudah sampai mancangera. Cocok juga untuk souvenir pernikahan.

  • SUNMOR UGM

Pasar tumpah ruah yang dilaksanakan setiap Minggu Pagi alias Sunday Morning bisa dijadikan Wisata Belanja di Jogja paling simpel saat berkunjung ke Jogja. Mau cari apa? Makanan, oleh-oleh, baju, batik, gerabah, pernak-pernik, segala yang unik, murah, semuanya bisa kamu dapatkan secara lengkap dengan menyusur jalan lembah UGM. Ini tips paling afdol apalagi yang low budget!

Demikian lokasi Wisata Belanja di Jogja yang bisa kamu datangi kala berada di Jogja. Jangan sampai jika sudah berada di Jogja masih bingung harus belanja dimana, setuju? Favorit mimin sih yang nomor 10, selain mimin berjiwa mahasiswa never ending, ada sensasi tersendiri ketika memburu belanja di Sunmor. Kalau kamu dimana? [Tyan]

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.