Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Written by Destinesa

Mei 28, 2018

28 Mei 2018

Destinesa ~ Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja ~ Jogja adalah kota istimewa yang akan selalu menjadi tempat yang ngangenin untuk kita kunjungi. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai 20 Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang terjangkau.

Berbicara tentang Jogja memang tidak pernah surut. Apalagi jika bercerita tentang wisata-wisata yang ada di dalamnya. Hampir dari seluruh titik di Jogja memiliki keunikan dari banyak segmen wisata. Bukan sekedar wisata alamnya, namun ada banyak wisata lain yang perlu Anda tilik. Antara lain adalah wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, dan wisata lain. Bagaimana jika Anda ingin berkunjung ke wisata dekat stasiun?

https://www.youtube.com/watch?v=uDb1VJQFcH8

Dengan berkunjung atau mengunjungi objek Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja ini tentunya akan membuat anda mendapatkan beberapa keuntungan. Diantaranya adalah masalah keuangan yang akan kita keluarkan. Dengan memilih destinasi ini maka diharapkan pengeluaran kita akan berkurang dan bisa sedikit berhemat.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan lainnya adalah kita bisa menghemat waktu dan energi kita di perjalanan menuju objek wisata selanjutnya. Dengan menggunakan ini maka kita bisa menghemat waktu tempuh dan jarak tempuh karena memang jarak dan waktu tempuhnya pendek.

Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

1. Tugu Pal Putih | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Tugu Pal Putih atau Tugu Jogja adalah satu dari ikon Jogja selain Keraton Yogyakarta dan candi Prambanan. Tugu Pal Putih memiliki nama lain disebut Tugu Golog Gilig. Tugu Yogyakarta ini mulanya dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Tugu ini dipercaya digunakan oleh Sultan dalam menentukan arah Gunung Merapi saat sedang melakukan Semedi. Selain itu, Tugu Jogja ini juga dianggap sebagai garis magis yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Pantai Selatan, dan Gunung Merapi. Tugu ini pernah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh gempa. Kemudian akhirnya pihak Belanda membangun Tugu ini kembali. Fungsi dari Tugu ini kemudian berubah menjadi salah satu tujuan wisata malam Jogja dan spot foto wajib kunjung.

2. Malioboro | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Jalan yang satu ini bukan jalan yang asing lagi bukan? Jalan ini merupakan pusat wisata dari wisata belanja dan wisata kuliner. Jalan Malioboro juga telah dipercaya merupakan salah satu garis imajiner yang menghubungkan Keraton dengan puncak Gunung Merapi. Lepas dari fakta maupun mitos tersebut, jalanan ini bisa disebut jalanan yang tidak pernah tidur dari aktivitas. Mungkin memang pusat konsentrasi terbesar dari para wisatawan yang datang ke Jogja untuk berlibur. Selain menjadi pusat ekonomi, lokasi ini juga menjadi kawasan penginapan para Turis. Apalagi wajah Malioboro kini sudah Nampak lebih cantik.

3. Titik Nol Km | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Benteng Vredeburg terletak di bagian paling selatan dari Jalan Malioboro sebelum titik Nol Km. Benteng ini juga dibangun pertama kalinya oleh Sri Sultan Hamengku Buwoni I atas permintaan pemerintah Belanda. Pada saat itu pihak Keraton tidak bisa menolak karena ada pengaruh besar dari perjanjian Giyanti.

4. Benteng Vredeburg | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Adapun alasan sebenarnya dari pembangunan ini adalah agar Belanda  tetap bisa mengawasi perkembangan Kraton Jogja yang amat pesat. Bangunan awal dari Benteng Vredeburg sangat sederhana yang tidak segagah yang terlihat saat ini. Hal tersebut tidak lain dipengaruhi dari beberapa kali perbaikan dan pembangunan yang mana kemudian baru dibentuk sepeti sekarang.

Baca Juga : 10 Candi Eksotis di Jogja, Mana Favoritmu?

Sebagai salah satu tempat Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, untuk menuju ke Benteng ini Anda cukup menyusur jalan Malioboro. Meski cukup membuat lelah karena jalan kaki, ada alternative untuk Anda yang ingin menyusur jalan Maliboro tanpa jalan kaki yakni menggunakan becak atau delman.

5. Pasar Beringharjo | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Siapa tidak kenal pasar satu ini. Satu dari tempat wisata belanja di Jogja yang amat terkenal. Lokasinya di jalan Malioboro yang amat melegenda. Pasar ini sendiri juga dipercaya sebagai salah satu pasar tertua di Yogyakarta. Pendirian dari pasar ini kabarnya bebarengan dengan pendirian Keraton Yogyakarta. Akan tetapi ada juga yang beranggapan lebih dahulu pasar Beringharjo ini. Penamaan Beringharjo merupakan pengambilan nama dari kawasan yang pernah banyak pohon Beringin. Hingga kini, pasar Beringharjo masih aktif dan menajdi salah satu roda ekonomi di daerah Malioboro. Pasar yang sangat lengkap. Di pasar ini Anda akan menemukan banyak barang kerajinan mulai dari pakaian hingga souvenir. Bahkan ada banyak khas tradisional lainnya.

6. Keraton Yogyakarta | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Keraton Yogyakarta adalah Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja yang wajib untuk Anda datangi selain Malioboro. Keraton ini merupakan istana yang mempunyai fungsi yang masih utuh sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarga. Namun kompleks keraton ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian yang memang dikuunjungi oleh wisatawan dan juga bagian yang untuk keluarga kerajaan.

Adapun beberapa bagian yang tidak boleh dimasuki oleh pengunjung antara lain ada Gedhong Jene (tempat untuk menyambut tamu kerajaan), Godhong Purworetno (ruang kerja Sultan sebagai raja/gubernur Yogyakarta), Bangsal Kencana, Bangsal Trajumas, serta Kaputren. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bagian lainnya yang bisa Anda datangi dan eksplorasi.

7. Museum Sonobudoyo | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Museum Sonobudoyo merupakan sebuah museum yang menyimpan banyak hal yang berhubungan dengan kebudayaan Jawa. Sebagai salah satu tempat budaya di Jogja yang menyimpan banyak hal berhubungan erat dengan kebudayaan Jawa seperti keris, wayang kulit serta beberapa topeng Jawa kuno.

Museum ini bisa menjadi rekomendasi banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja. Pada malam hari, Anda juga akan bisa melihat pertunjukan wayang yang digelar di museum ini. Hal ini bertujuan untuk menghibur para wisatawan yang datang ke museum ini. Jika dikesempatan yang baik, Anda akan melihat tarian Jawa yang tersaji di Pendopo.

8. Museum Kereta Keraton Yogyakarta 

Satu lagi Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja yang bisa Anda kunjungi adalah museum kereta keraton Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun utara. Museum ini mencatat bahwa Keraton Yogyakarta ini telah dibangun sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I pada 7 Oktober 1756. Yang kemudian disempurnakan oleh sultan berikutnya. Di lokasi ini Anda akan menyaksikan banyak keagungan, kemegahan, dan kewibawaan para raja dan kelaurga yang memegang pemerintahan secara turun temurun. Dan melalui museum ini pengunjung akan melihat banyak koleksi Kristal, kereta, kain batik, lukisan Raden Saleh, Gamelan Pusaka, hingga koleksi pribadi Sri Sultan Hamengkubuuwono IX. Museum yang masih berada dekat dekat Museum Sonobudoyo ini bisa Anda kunjungi usai dari Nol Km atau Malioboro.

9. Taman Sari | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Taman Sari Water Castle ini adalah lokasi yang bisa Anda singgahi karena termasuk wisata Jogja dekat Stasiun Yogyakarta. Kompleks Taman Sari ini berada di dekat dengan Keraton Ngayogyakarta dan tidak jauh dari Malioboro. Namun ada baiknya jika dari Malioboro menuju ke Taman Sari ini Anda menggunakan akomodasi seperti becak atau juga delman khas Jogja. Maupun beberapa alternative lainnya.

10. Alun-alun Kidul | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Alun-alun Kidul menjadi salah satu kawasan yang cukup ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan khususnya sebagai wisata malam Jogja. Alun-alun Kidul atau yang juga disebut Alkid ini menjadi pilihan wisata Anda dekat Stasiun. Anda bisa kayuh sepeda gemerlip seru-seruan bersama dengan keluarga ataupun rombongan lainnya. Selain itu, di lokasi ini Anda juga mengikuti games seru bernama Masangin.

Tradisi ini dilakukan oleh banyak wisatawan dengan cara menggunakan penutup mata hitam dan berjalan menyusur celah dari dua beringin yang berjejer di tengah alun-alun. Jika berhasil, kepercayaan yang tersebar adalah keinginan bisa terkabul jika berhasil melewati permainan ini. Cukup murah karena jika Anda tidak membawa penutup kepala, Anda cukup menyewa dengan harga Rp.5.000. Dan untuk harga sewa sepeda kayuhnya, Anda bisa sewa dengan harga Rp. 20.0000 hingga Rp.35.000 tergantung kapasitas.

11. Kawasan Pecinan Ketandan 

Kawasan Pecinan Ketandan Yogyakarta siap dijelajah oleh Anda yang memburu Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja. Sejarah berdirinya kampung Ketandan ini tidak lepas dari keberadaan Etnis Tionghoa sebagai salah satu pelaku utama penggerak dari perekonomian Jogja selain etnis lain. Di lokasi ini, Anda akan menemukan banyak saksi sejarah dari akulturasi kebudayaan Tionghoa, Keraton, dan masyarakat Yogyakarta. Kawasan ini banyak masyarakat Tionghoa tinggal serta membangun kehidupan yang pada akhirnya masyarakat mengakui Ketandan sebagai kawasan Pecinan kota Jogja. Kampung Ketandan ini berada di kawasan Malioboto tepatnya berada di sisi timur Malioboro.

12. Masjid Gedhe Kauman

Bagi Anda yang memburu Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, tempatkan langkah di salah satu kawasan yang juga dekat dengan Keraton Yogyakarta. Yaitu Masjid Gedhe Kauman. Masjid Gedhe juga disebut sebagai masjid agung. Bagi Anda yang muslim, ketika memasuki masjid ini pengunjung bisa melihat arsitektur menarik dan megah.

Baca Juga : Ini Dia Top 5 Oleh-Oleh Khas Jogja, Nomor 1 Pasti Tahu!

Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu masjid tertua di Yogyakarta yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat yang merupakan seorang penghulu keraton pertama. Dan mahakarya yang megah ini di arsitekturi oleh Kyai Wiryokusumo. Masjid ini juga dikenal sebagai masjid Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pernah beribadah di masjid ini?

13. Kampung Cyber 

Kampung Cyber terkenal di Yogyakarata sebagai salah satu kawasan kampung yang di desain oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan warga setempat untuk dijadikan sebagai salah satu obyek wisata. Kampung Cyber ini telah didirikan oleh Antonius Sasongko sejak tahun 2006 lalu. Kampung ini hanya dimiliki oleh satu RW saja yang lokasinya berada di wisata pemandian Taman Sari. Tak hanya Kampung Cyber, di lokasi ini juga berjajar RW alin yang didesain dengan nuansa kampung berciri khas etnik Jawa demi menarik hati para wisatawan.

14. Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta awalnya dibangun di daerah Bulaksumur. Namun kini Taman Budaya Yogyakarta (TBY) telah berpindah dan bisa Anda temukan ketika berjalanan mencari lokasi Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja. TBY, merupakan sebuah gedung pertunjukan yang hampir tidak pernah sepi acara. Di TBY ini Anda akan melihat sebuah pertunjukan yang terbagi menjadi dua area pertunjukan. Untuk ke lokasi ini Anda harus mengetahui jadwal pementasan yang ada. Lokasinya berada di JL. Sri Wedari, dekat dengan Pasar Beringharjo dan Taman Pintar.

15. Kampung Sosrowijayan

Jikalau ke Jogja ingin menilik banyak turis asing bertebaran, Anda bisa datang ke kampung Sosrowijayan. Di lokasi ini, banyak penginapan yang ditempati oleh wisatawan mancanegera. Ada pula café café yang bisa diburu untuk sekedar nongkrong bersama mereka. Lokasinya berada di satu komplek Jalan Malioboro. Namun berada di barat jalan Malioboro.

16. Pusat Gudeg Wijilan

Pusat Gudeg Wijilan merupakan sebuah kampung tempat berkumpulnya 10 pendiri gudeg. Lokasinya berada di sebelah selatan Plengkung Tarunasara (Plengkung Wjiilan). Ibu Slamet merupakan orang pertama yang merintis usaha warung gudeg di tahun 1942. Selanjutnya warung gudeg bertambah menjadi dua yakni warung Gudeg Campur Sari dan Warung Gudeg Djuwariah yang selanjutnya dikenal dengan sbeutan Gudeg Yu Djum.

Wisata kuliner dekat Stasiun Yogyakarta bisa Anda jumpai di kampung Gudeg Wijilan. Setelah dari kampung Gudeg Wijilan Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi terdekatnya yaitu Alun-alun Kidul dan lain sebagainya.

17. Gedung Agung

Ada banyak istana yang ada di Negera Kesatuan Republik Indonesia yang mana mengiringi sejarah kemerdekaan Indonesia, misalnya Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Cipanas, Istana Tampak Siring, dan Istana Yogyakarta. Istana kepresidenan Yogyakarta yang juga merupakan Gedung Agung berada di depan museum Vredeburg dekat dengan Nol KM Yogyakarta. Saat ini sudah ada banyak yang berkunjung ke lokasi ini karena dibuka untuk umum. Kini tinggal langsung datang ke lokasi dengan mengisi buku daftar kunjungan saja selanjutnya dipandu oleh guide yang memberi informasi seputar istana Kepresidenan.

18. Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu wahana bermain sekaligus belajar oleh untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Jogja yang mana menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa.  Taman Pintar ini bisa menjadi alternative wisata menarik dekat Stasiun Yogyakarta. Lokasinya berada di timur benteng Vredeburg persis. Taman Pintar ini menggabungkan kesan dari pembelajaran sain dan teknologi yang dikemas dalam bentuk rekreasi.

19. Kampung Turis Prawirotaman

Menyinggahi sebuah kampung turis yang lokasinya berada di dekat Jalan Parangtritis yaitu Kampung Turis Prawirotaman. Kampung ini mirip dengan kampung turis Sosrowijayan. Yang mana penuh dengan bule-bule luar negeri. Di kampung ini pengunjung bisa memungkinkan adanya cengkerama langsung dengan mereka dan berdiskusi di café-café asyik.

20. Shopping Center | Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja

Namanya shopping center atau pusat perbelanjaan. Namun bukan pusat perbelanjaan ala supermarket ya. Shopping Center yang lokasinya berada di timur Taman Pintar ini atau di Jalan Sri Wedari (berdampingan dengan Taman Budaya Yogyakarta). Di lokasi ini, Anda bisa dengan mudah memburu banyak koleksi buku dengan harga super murah!

Murahnya belanja buku di Shopping Center bukanlah karena bukunya cetakan original melainkan buku foto copy. Biasanya pemburu Shopping Center ini adalah wisatawan domestic dan kalangan mahasiswa. Hehehe. Tidak ada salahnya jika Anda singgah di Shopping Center karena bisa dengan mudah mendapatkan banyak buku unik dan murah lho sebagai oleh-oleh.

Demikian 20 Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja yang bisa Anda temukan dengan mudah dan simple karena cukup berkelana dari menyusur Tugu Jogja ke selatan, kawasan Malioboro, hingga Selatan Alun-alun kidul.

Nah city tour seperti ini lebih asyik jika bisa ada yang antar. Benar? Maka tidak ada salahnya jika Anda booking paket wisata Jogja 1 Hari dari Naraharya Tour untuk seharian jalan-jalan di Jogja kota dengan menilik banyak lokasi bersejarah dari pagi hingga malam harinya.

Selain sebagai penyedia biro perjalanan, kami juga menyediakan jasa sewa mobil Jogja yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah untuk mengantarkan atau menjemput Anda di lokasi manapun. Sementara itu, paket wisata Jogja yang ada pada kami tidak hanya paket wisata Jogja sehari saja, melainkan ada banyak yakni paket wisata Jogja 2 hari 1 malam,  paket wisata Jogja 3 hari 2 malam, paket wisata 4 hari 3 malam, paket wisata 5 hari 4 malam, bahkan paket wisata Honeymoon Jogja.

Yuk langsungkan liburan Anda di Yogyakarta ini. Selain Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja, temukan banyak wisata lainnya yuk yang seru dan super menantang! Salam dari Yogyakarta. [ Rudi ]

Related Articles

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View

Hotel Dekat HeHa Sky View ~ Terletak di perbukitan Patuk, Gunung Kidul, HeHa Sky View telah menjadi destinasi wisata populer di Yogyakarta. Dengan pemandangan menakjubkan yang memadukan keindahan alam dan kreativitas manusia, tempat ini menawarkan pengalaman unik bagi...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo: Pesona Alam yang Menakjubkan

Desa Wisata Nglinggo di Jogja adalah salah satu destinasi yang wajib masuk dalam daftar rencana liburan Anda. Menawarkan keindahan alam yang memesona dan berbagai atraksi menarik, Nglinggo memikat hati para wisatawan dari berbagai penjuru. Sejarah Desa Wisata...

1 Comments

1 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?