26 November 2022
Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Destinesa ~ Air Terjun Kembang Soka sebagai salah satunya tujuan wisata air terjun di Yogyakarta. Ada di Kabupaten Kulon Progo, air terjun di Bukit-bukit Menoreh ini populer akan pemandangan cantiknya dan kolam airnya yang warna biru tosca.

Walau masih jarang-jarang dijumpai orang, wisata Air Terjun ini lumayan ramai didatangi pada hari liburan, lho. Bisa saja tujuan baru saat liburan ke Kota Yogyakarta, berikut daya tarik keelokan Air Terjun Kembang Soka yang buat terdiam.

Sepintas Air Terjun Kembang Soka

Kabupaten Kulon Progo dikenali sebagai salah satunya daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai kekayaan alam yang hebat, dimulai dari pantai, bukit, sampai air terjun semua berada di kabupaten ini.

Bicara berkenaan air terjun Kabupaten Kulon Progo dapat disebut sebagai surganya air terjun, ada beragam jenis air terjun dengan panorama yang memikat, dan dari beberapa air terjun yang ada ada satu air terjun yang mempunyai daya magnet yang lain dengan air terjun lainnya, air terjun itu ialah Air Terjun Kembang Soka.

Baca Juga ; Air Terjun Talang Purba

Air Terjun ini sebagai air terjun yang ada di lembah sungai Bukit-bukit Menoreh, air terjun yang disebutkan – sebutkan sebagai salah satunya surga yang terselinap ini memiliki keelokan yang tidak kalah dari air terjun yang lain berada di di Kulon Progo maupaun Yogyakarta.

Kesegaran air sungai ciri khas pegunungan benar-benar pas untuk sahabat semuanya yang telah jemu dengan hingar-bingar perkotaan, disamping itu udara pada tempat ini masih fresh karena lokasinya yang jauh dari hingar-bingar perkotaan.

Asal mula nama Kembang Soka sendiri diambil dari nama Pohon Soka, dulu pada tempat ini ada beberapa Pohon Soka yang tumbuh subur hingga warga sekitaran memberikan nama air terjun ini bernama Air Terjun Kembang Soka.

Untuk dapat sampai di Air Terjun Kembang Soka sahabat semua diwajibkan untuk trackking lebih dulu sepanjang lebih kurang 200 mtr., sahabat semua tak perlu cemas karena jalan yang hendak dilewati sepanjang trackking termasuk cukuplah aman.

Sesudah lakukan trackking sepanjang lebih kurang 200 mtr. sahabat semua akan disongsong dengan gemercik air ciri khas pegunungan, Air Terjun ini sendiri mempunyai air yang paling jernih, air itu datang dari Sungai Mudal dan Sungai Miri.

Air yang dari ke-2  sungai itu selanjutnya dimuat dan jadi beberapa kolam yang dapat dipakai untuk berenang, keadaan air yang jernih dan fresh ditambah lagi keadaan sekitaran yang masih asri membuat siapa saja kerasan berlama – lama pada tempat ini.

Selainnya berenang atau bermain air sahabat semua bisa juga berpose di beberapa spot yang berada di tempat ini, latar belakang berbentuk air terjun yang alami pasti hasilkan photo yang baik.

Disamping itu ada jembatan yang dibuat dari kayu yang bisa juga dipakai untuk berswafoto, segalanya yang ada di tempat ini masih alami hingga bisa menambahkan kesan-kesan tertentu untuk siapa saja yang bertandang ke arah tempat ini.

Bukti Unik

1. Air Terjun Kembang Soka berada disekitaran Bukit-bukit Menoreh, persisnya berada di Dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo Yogyakarta
2. Nama kembang soka sendiri diambil dari nama tanaman bunga yang banyak tumbuh disekitaran air terjun itu
3. Panggilan lain untuk Air Terjun Kembang Soka ialah Air Terjun Dua Warna karena warna airnya yang terkadang berbeda dari bening jadi toska
4. Tidaklah aneh kolam yang ada di bawah air terjun juga mempunyai warna biru toska yang elok dan beri kesegaran mata. Kolam air terjun ini mempunyai kedalaman 2,5 mtr.
5. Kekhasan yang lain dari Air Terjun Kembang Soka ialah airnya mengucur melalui pohon-pohonan yang rimbun yang berada di Bukit-bukit Menoreh
6. Derasnya debet Air Terjun Kembang Soka rupanya berasal dari 3 mata air yang lain yakni mata Air Kembang Soka, Tuk Jaran, dan Kalimiri
7. Wujud air terjunnya cukup unik dan tinggi. Batu-batuan yang ada di bawahnya membuat air terjun di Kulon Progo ini kelihatan berundak atau bertingkat
8. Selainnya air terjun dan kolam, ada jembatan kayu dan bambu yang dapat digunakan pengunjung sebagai spot photo yang lain. Sarana yang lain ada dikawasan wisata ini ialah musala, tempat makan, dan toilet
9. Karena terletak cukup terselinap, lajur yang perlu dilewati ke arah Air Terjun Kembang Soka cukup berliku dan licin, apa lagi saat hujan
10. Benar-benar dapat dijangkau, untuk masuk ke lokasi air terjun, tiap pengunjung cukup hanya bayar Rp 5.000 saja, lho. Murah sekali, kan?

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Lokasi Air Terjun ini sendiri lumayan gampang untuk dicapai walau dari tempat parkir sahabat semua harus trackking sepanjang lebih kurang 200 mtr.

Tapi untuk sampai pada tempat ini tidak terlampau susah, secara administratif Air Terjun ini ada di Dusun Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jalur Ke arah Air Terjun Kembang Soka

Jalur ke arah Air Terjun ini termasuk cukuplah gampang, dari pusat Kota Yogyakarta sahabat semua langsung bisa ke arah Jalan Godean, di Jalan Godean itu lempeng terus sepanjang lebih kurang 35 km untuk sampai di Pertigaan Goa Kiskendo, di Pertigaan Goa Kiskendo silakan sahabat semua belok ke kiri lalu turuti saja jalan itu sampai sahabat semua melalui Wisata Alam Blencong lalu lempeng terus sampai sahabat semua melalui Warung Kopi Pari, Air Terjun Kuncung Mas, dan Air Terjun Kembang Mudal. Lantas sesudah melalui tujuan wisata itu sahabat semua akan sampai di Air Terjun Kembang Soka. Dari Pusat Kota Yogyakarta Air Terjun ini memiliki jarak sekitaran 55 km dan memerlukan waktu menempuh sekitaran 1 jam 30 menit, walau termasuk cukuplah jauh dan meletihkan tetapi semuanya akan lunas terbayar saat sahabat semua sampai pada tempat ini.

Harga Ticket dan Parkir

Harga ticket masuk Air Terjun Kembang Soka sendiri benar-benar dapat dijangkau, untuk dapat nikmati keelokan di air terjun ini sahabat semua cuma dikenai biaya sejumlah Rp. 10.000 saja per-orangnya, dan untuk biaya parkirnya sepeda motor dikenai biaya sejumlah Rp. 2.000 saja per motornya dan untuk mobil sejumlah Rp. 5.000/mobil. Harga itu pasti termasuk sangatlah murah ingat Air Terjun ini mempunyai keelokan yang menarik, dan dana yang terkumpul nanti akan dipakai untuk peningkatan teritori Air Terjun ini oleh warga sekitaran.

Sarana Air Terjun Kembang Soka

Sarana Air Terjun Kembang Soka termasuk cukup komplet, walau cuma diatur oleh warga sekitaran tapi sarana yang berada di Air Terjun ini telah lumayan memadai. Sepanjang ada di Air Terjun ini sahabat semua akan menemui beberapa sarana misalnya:

  1. Tempat Parkir
  2. Toilet
  3. Warung makan
  4. Masjid

Nah itu tadi sahabat sedikit pembahasan dari kita mengenai Air Terjun Kembang Soka, semoga bermanfaat. Untuk sahabat yang ingin berlibur tanpa ribet, sahabat bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari Destinesa.

Destinesa menyediakan berbagai macam paket wisata seru, bisa custom sesuai dengan kebutuhan sahabat dan keluarga.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?