26 November 2022
Air Terjun Goa Kebon Lokasi dan Rute

Air Terjun Goa Kebon

Bila kamu bertandang ke Kulon Progo janganlah lupa untuk berkunjung tempat wisata unik satu ini. Namanya Goa Kebon. Tempat wisata ini ada di dusun Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Goa Kebon menyajikan dua daya tarik sekalian, yakni goa dan curug atau air terjun.

Dari Pusat Kota Yogyakarta, memiliki jarak sekitaran 30 km dan bisa dilakukan sama waktu lebih kurang 1 jam. Kamu dapat jalan telusuri Jalan Wates sampai hingga di Tugu Pensil, Kecamatan Sentolo. Setelah ada di Tugu Pensil atau simpang tiga Kenteng Sentolo mengambil jalan ke selatan.

Kemudian kamu dapat belok arah ke kanan (barat). Akses ke arah lokasi ini lumayan gampang, jalanan naik sedikit turun tetapi keadaan jalan telah beraspal. Telah ada papan nama Goa Kebon hingga kamu tak perlu cemas untuk tersasar.

Tempat wisata ini disebutkan dengan Goa Kebon karena lokasinya ada di teritori kebon atau pelataran yang rimbun dengan bermacam tanaman dan pohon-pohonan.

Pada awalnya teritori Goa Kebon diketemukan oleh seorang namanya Kiai Abdul Soleh di tahun 1510 lalu. Kiai Abdul Soleh memiliki inisiatif untuk buka tempat supaya warga sekitaran dapat memakainya sebagai tempat tanam. Di dekat tempat tani tersebut ada air terjun dan goa yang dipercayai dipakai oleh Kiai Abdul Soleh untuk mengajarkan siswa-muridnya. Dari situlah asal mula nama Goa Kebon.

Demikian sampai di lokasi kamu akan disongsong dengan anak tangga yang turun, kita harus menuruni anak-anak tangga ini untuk sampai ke dalam mulut Goa Kebon.

Baca Juga ; Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sesampai di mulut goa, kita akan disajikan dengan gemericik air dari saluran air terjun. Tinggi air terjun sekitar 5 mtr.. Meskipun tidak demikian tinggi, tetapi daya tarik air terjun ini benar-benar eksotik karena ada di atas goa. Tebing air terjun kelihatan berlapis-lapis seperti gorden bambu. Ini datang dari bebatuan kapur yang telah lama terendap.

Sisi dalam goa, dihias dengan bebatuan stalaktit dan stalakmit yang cantik. Stalagtit tumbuh memanjang di langit-langit goa sampai sentuh dasar goa dan berjumpa dengan stalagmit.

Tatap muka stalagtit dan stalagmit ini membuat panorama yang cantik.Di salah satunya pojok goa ada lubang seukur badan manusia. Tetapi sampai sekarang ini belumlah diketahui dengan tentu berapakah kedalaman Goa Kebon.

Yang memikat pada Goa Kebon selainnya panoramanya yang elok, sumber air di air terjunnya di-claim tak pernah kering meskipun musim kemarau telah datang.

Baca Juga ; Wisata Jogja Cocok untuk Anak

Menurut warga sekitaran Goa Kebon, ini muncul karena air terjun tidak memercayakan air sungai atau air hujan. Alisan air di Goa Kebon berasal sumber mata air yang ada tidak jauh dari Goa Kebon. Mata air ini namanya Sendang Kiai Pitu. Namun, air yang berada di teritori air terjun tidak dapat dimakan karena memiliki kandungan kapur yang berbahaya untuk kesehatan.

Kamu dapat sepuasnya berpose di muka goa atau air terjun. Di situ disiapkan bermacam spot photo yang dapat kamu pakai untuk berselfie riang. Sarana di Goa Kebon cukup komplet, ada toilet, tempat parkir, dan warung makan.

Kamu tak perlu mengambil kantong yang dalam untuk dapat nikmati daya tarik goa Kebon. Ticket masuk cuma dikenai Rp 4000 saja. Untuk ongkos parkir dikenai Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 mobil. Goa Kebon benar-benar pas untuk lawatan keluarga atau kelompok sekolah.

Kulon Progo masih ada wisata air terjun jogja yang sejuk dan asri. Air Terjun Goa Kebon ialah nama air terjun itu. Air Terjun Goa Kebon berada di Dusun Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Air terjun sebagai salah satunya pilar khusus object wisata di Goa. Bukan hanya cantiknya saja, tempat ini mempunyai narasi yang memikat.

Alkisah, teritori ini dibuka di tahun 1510 dengan seorang namanya Kiai Abdul Soleh. Kiai memiliki inisiatif buka tempat supaya masyarakat mulai bisa bertani dan nikmati hasil pertanian. Dalam air terjun sendiri ada sebuah goa yang kabarnya dipakai oleh Kiai Abdul untuk mengajarkan siswa-muridnya. Dari sanalah ada istilah “Goa Kebon” atau gua dekat tanah subur.

Air terjun ini biasa disebutkan dengan Wisata Goa Kebon. Lingkungan alam disekitaran Goa Kebon masih asri dan sejuk. Ini karena lingkungan disekitaran wisata air terjun ini sarat dengan beragam pohon-pohonan hijau dan lebat.

Air terjun itu diberi nama Air Terjun Goa Kebon karena ada lubang di tengah air terjun. Gua itu ialah pintu masuk gua. Pengunjung akan kagum pada air yang jernih dan fresh. Datang dari air pegunungan yang tidak terkontaminasi. Tidak tercemar bahan kimia.

baca juga ; Wisata Jogja Ala Eropa

Walau air terjunnya jernih, tetapi air sungai itu banyak terkandung kapur. Kamu akan menyaksikan pengendapan kapur pada dinding air terjun. Air yang mengandung kapur yang lumayan tinggi tidak pas untuk diminum.

Sayang warga disekitaran Air Terjun Goa Kebon masih konsumsi air itu untuk kepentingan setiap hari. Mereka memakainya untuk membersihkan baju dan toilet. Warga di tempat harus dikasih tahu untuk stop memakainya untuk penuhi keperluan setiap hari. Selainnya makan air, beresiko menghancurkan kegiatan wisata di teritori wisata air terjun Goa Kebon.

Pengunjung akan disajikan cantiknya panorama air terjun yang perlahan-lahan berguguran dari dinding goa. Apa yang terlihat seperti dinding air terjun berlapis-lapis makin percantik air terjun. Pengunjung bisa juga turun dari dasar air terjun dan mengucur telusuri sungai disekitaran air terjun.

Air terjun ini benar-benar istimewa dan misteri. Sama dengan namanya, ada lubang di tengah Air Terjun Goa Kebon. Goa ialah pintu masuk sebuah goa atau goa yang ada di belakang air terjun. Gua itu beberapa tertutupi oleh gorden batu.

Keunikan lain dari air terjun Gua Kebon ialah salurannya yang tak pernah jadi kering atau juga dikenal dengan istilah mundur. Menurut masyarakat sekitaran, ini muncul karena air terjun itu tidak memercayakan sungai, pun tidak langsung datang dari sumber air.

Ada mata air khusus namanya Sendang Kiai Pitu tidak jauh dari sana. Tidak terang apakah arti detil dari pemberian nama itu. Tetapi rupanya banyak yang yakin jika air dari sumber itu bisa mengobati beragam jenis penyakit.

Gorden batu yang tutupi gua tercipta dari endapan air kapur yang terus-terusan. Ruangan goa ada di belakang air terjun lumayan luas dan tinggi. Ketinggian ruang gua sekitaran 3-5 mtr..

Sisi dalam goa dihias dengan stalaktit dan stalagmit yang cantik. Bebatuan stalaktit memanjang di atas goa sampai ke dasar goa. Selanjutnya, bebatuan stalaktit itu berjumpa dengan bebatuan stalagmit. Ke-2  batu yang sama-sama berjumpa membuat sebuah batu seperti tiang penyangga.

Di ujung goa ada lubang seukur badan manusia. Rongga itu ke arah sisi goa yang lebih dalam. Selama ini belumlah diketahui berapa dalam Goa Kebon itu. Dapatkah manusia melaluinya. Semua masih mistis. Berdasar sebagian sumber, goa ini pernah dipakai masyarakat sekitaran untuk cari sarang kelelawar. Tetapi, belumlah jelas apa masyarakat telah masuk ke apa belum.

Status Air Terjun Goa Kebon berada di samping timur tenggara Kota Wates. Dari arah Yogyakarta kamu bisa telusuri Lajur Wates hingga sampai di Tugu Pensil, Kecamatan Sentolo. Kemudian setelah berada di Tugu Pensil( simpang 3 Kenteng Sentolo) mengambil lajur ke selatan. Setelah itu belok ke kanan( barat).

Letak Air Terjun Goa Kebon cukup terselinap, belum ada papan pertanda ke arah status. Maka dari itu, pelancong harus menanyakan ke warga.

Semua warga disekitaran situ pasti akan tampilkan lajur ke Goa Kebon. Asal dengan menyebutkan nama dusun status wisata itu, adalah Dusun Krembangan. Lajur ke arah status bisa dilewati kendaraan roda 4. Meskipun beberapa jalanan ke arah status cukup hancur.

Fasilitas di wisata Air Terjun Goa Kebon masih tetap sedikit. Pelancong sebaiknya menyiapkan bekal seperti makanan, minuman, sebelum berekreasi di air terjun Goa Kebon. Meskipun lokasinya terselinap dan sarananya belum komplet, tapi tempat ini bisa menjadi acuan lawatan wisata kamu di Kulon Progo. Air terjun Goa Kebon betul- benar menyajikan atmosfer yang asri dan syahdu. Sama sesuai buat refreshing dan cari foto- foto yang instagramable.

Anjuran dan tutorial sebelum ke arah ke arah tempat Object Wisata Goa Kebon di Krembangan Kulon Progo Yogyakarta, adalah pantaulah cuacanya lebih dahulu agar tidak batasi liburannya. Kamu perlu menyiapkan kepentingan yang akan perlukan seperti membawa perbekalan, air minum dan lainnya. Dan beberapa benda bonus seperti camera karena kamu pasti ingin mendokumentasikan event dengan keluarga atau teman dekat-sahabat kamu.

Janganlah lupa bawa perlengkapan kesehatan( misalnya sebagai sabun, tissue basah, beberapa obat, antiseptik). Persiapkanlah raga dan kendaraan kamu agar berlibur kamu jalan secara mudah. Menjaga kondisi dirimu dan selalu waspada.

Buat kamu sahabat yang ndak ingin repot-repot bisa menggunakan layanan Paket Wisata Jogja dari kami. Nikmati liburan seru tanpa ribet bersama kami dan jadikan momen liburanmu tak terlupakan.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?