1 Oktober 2022
Curug Silawe Magelang

Curug Silawe Magelang

Magelang selainnya populer sebagai negeri candi, banyak memiliki lokasi rekreasi membahagiakan dan mempersejuk. Seperti lokasi rekreasi air terjun. Di Magelang, ada lokasi rekreasi air terjun namanya Curug Silawe Magelang. Tempatnya betul-betul masih alami, asri dan sejuk. Sedikit pengunjung ketahui tempat beri kesegaran ini.

Meskipun mempunyai panorama alam memesona siapa saja, curug silawe belum juga jadi tujuan favorite beberapa pelancong. Tempat ini kalah populer dengan tempat wisata ketep pass dan sama-sama lokasi rekreasi air terjun, kedung kayang. Ke-2 nya masih ada dalam daerah Magelang, persisnya wilayah Sawangan.

Argumennya untuk tempuh jalur perjalanan sampai pada ke-2  lokasi itu benar-benar gampang. Disamping itu , keadaan tempatnya telah teratur rapi dan memungkinkan jadi arah rekreasi ramah keluarga.

Walau ketep pass dan air terjun kedung kayang terletak sama-sama bersisihan dengan curug silawe, pengunjung masih jarang-jarang ke arah tempat rekreasi paling natural serta asli disekitaran lokasi itu.

Curug Silawe Magelang sebuah tujuan rekreasi berbasiskan alam dengan pemandangan air terjun dan panorama sekitaran yang memesona. Air terjun dengan ketinggian sekitaran 60 mtr. ini jadi sajian khusus untuk siapa saja yang bertandang ke Curug Silawe Magelang.

Tempatnya yang jauh dari hingar-bingar perkotaan membuat rekreasi air terjun di jogja satu ini benar-benar rekomended buat anda coba telusuri. Alamnya yang masih terbangun keasrian orisinalitasnya membuat nuansa di sini demikian mempersejuk dan buat kerasan.

Pokokknya oke sekali dech kalau Curug Silawe Jawa tengah anda menjadikan arah dalam isi waktu liburan diakhir minggu. Dengan adanya banyak serunya yang dijajakan membuat rekreasi Magelang terkenal satu ini janganlah sampai anda terlewat.

Baca Juga ; Air Terjun Talang Purba

Letak Lokasi Curug Silawe Magelang

Curug Silawe sendiri ada di Dusun Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang. Persisnya dari arah Barat alun-alun Magelang sekitaran 20 km. Dusun Sutopati ini bersebelahan langsung dengan Kabupaten Wonosobo.

Jika tempuh perjalanan dengan jalur sama arah Candi Borobudur, selanjutnya terus jalan sampai melalui jalan penyambung di antara Salam dan Purworejo. Dari jalan itu masih sampai persilangan, seterusnya tentukan lajur ke arah Kecamatan Kajoran.

Setelah tiba di wilayah Kajoran, perjalanan masih diteruskan dengan meyusuri jalanan berbatu dan kecil, dan naik sampai gerbang masuknya.

Dapat dipikirkan, begitu susahnya untuk pergi ke arah tempat rekreasi dengan daya tarik alam demikian cantik. Berdasar sebagian traveller yang pernah ke curug silawe, ada jalur perjalanan lebih gampang dilakukan, yakni melalui wilayah Kaliangkrik.

Jalan Ke arah Lokasi

Untuk lakukan perjalanan dengan lajur dari pusat perkotaan Magelang melalui Jalan Bandongan-Kaliangkrik. Disini terus jalan, turuti panduan yang tercantum di peta jalan sampai ada papan petunjuk arah ke arah Curug Silawe ada di kanan jalan.

Tetapi, disini juga nanti tetap lewat jalan perdesaan dalam jarak menempuh sekitaran tujuh km sampai lokasi curug.

Dan dari gerbang masuk sampai ke air terjun, harus metempuh sepanjang 200 mtr..

Baca juga ; Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Lajur ke arah curug bisa dilalui kendaraan mobil atau motor, tetapi dianjurkan seharusnya menunggangi motor untuk capai curug silawe. Semakin nyaman serta lebih gampang untuk melalui lajur sejauh perjalanan.

Untuk htm atau harga ticket masuk tempat curug, tiap orang dikenai ongkos sebesara enam ribu rupiah saja. Kelak, penjaga akan memberi lembar ticket masuk/ticket parkir, ini harus diletakkan karena saat pulang akan disuruh kembali.

Harus diingat untuk pengunjung yang tiba ke curug silawe, seharusnya waspada dan selalu jaga diri saat berbicara atau berlaku. Dengan lokasi curug ada di perdesaan membuat jadi misteri, beberapa dogma tersebar di kelompok masyarakat lokal.

Walau Anda tidak memercayainya, namun tetap jaga sikap sepanjang ada di tempat seseorang, dan hargai masyarakat lokal, dan selalu jaga kebersihan lingkungan.

Ticket Masuk Curug Silawe Magelang

Rekreasi air terjun Curug Silawe sanggup memancing ketertarikan banyak pelancong yang tiba dari beragam wilayah. Sajian alaminya bisa dibuktikan baik membuat siapa saja berasa tenang dan nyaman saat berlibur di tujuan mengagumkan ini.

Derasnya air terjun yang mengucur, pemandangan menarik di sekitar dan sejuknya udara di sini bisa anda cicipi dengan ongkos yang dapat dijangkau. Bagaimana tidak, rekreasi alam Magelang satu ini menetapkan tarif biaya masuk untuk pengunjung yang murah dan meriah.

Harga ticket masuk Curug Silawe di Magelang Jawa tengah selama ini tidak capai 10.000 ribu rupiah per-orangnya lho. Ekonomisnya ongkos masuk menjadi satu diantara factor yang membuat rekreasi eksotik ini tidak pernah sepi pengunjung.

Apa lagi di saat akhir minggu dan musim berlibur yang selalu dipenuhi oleh pengunjung yang tiba dari beragam wilayah. Tiba ke Curug Silawe untuk merileksasi diri dan tumbuhkan kembali semangat pada diri.

Bertandang ke Curug Silawe bisa dilakukan kapan saja, tetapi referensi dari kami, hadirlah di saat musim panas. Mengapa begitu, karena di saat musim penghujan debet air bertambah tajam dan mempunyai potensi berlangsungnya banjir.

Jadikan Liburan Tidak Terlewatkan

Tiap berlibur ke mana saja maksudnya, tentunya bisa menjadi pengalaman tidak terlewatkan. Baik atau jelek pengalaman itu bisa menjadi pengalaman bernilai. Mendokumentasikannya dengan foto atau gambar akan mengingati peristiwa waktu itu.

Bahkan juga tiap tempat, khususnya tempat wisata alam atau tempat wisata purbakala seperti candi atau bangunan tua, selalu simpan narasi riwayat, asal mula dari tempat itu.

Tetapi, kadang narasi dibalik dari sebuah tempat tidak sama-sama terkait.

Misalkan saja, asal mula dari sebuah nama tempat rekreasi yang tidak ada hubungannya dengan tempat wisata didalamnya. Sebagai contoh nama curug silawe, curug memiliki arti air terjun dan silawe datang dari kata lawe memiliki arti laba-laba.

Tetapi, tujuan dari nama curug silawe sendiri ini nampaknya tidak terkait dengan tempat wisata air terjun yang mempunyai panorama alam cantik dan asri dan masih alami.

Curug Silawe ada di selatan lereng gunung Sumbing, masih juga dalam tempat daratan gunung dieng. Ada di ketinggian sekitaran 5000 mtr. di permukaan laut.

Berikut penyebabnya udara disekitaran curug benar-benar sejuk, begitu halnya air terjun yang dikeluarkannya. Ketinggian dari air terjun sendiri sekitaran 60 mtr. dan ada sebuah kolam alami yang tercipta untuk memuat derasnya debet air terjun silawe ini.

Selainnya curug silawe, ada air terjun yang lain di tempat ini, yakni curug Sigong. Memiliki bentuk sama dengan curug silawe, dinding air terjun dihias dengan beberapa pohon mini, tetapi ukuran lebih kecil.

Walau begitu, habiskan waktu di tempat curug ini bisa menjadi pengalaman tidak terlewatkan. Tempatnya benar-benar alami, menentramkan, belum juga benar-benar tersentuh oleh lawatan pelancong.

Agar dapat langsung ke curug, sebetulnya sudah ada anak-anak tangga untuk mempermudah pengunjung untuk selekasnya sampai ke lokasi. Walau benar-benar simpel, tempat ini betul-betul mengagumkan, jika didokumentasikan dalam sebuah photo, tiap anglenya memberi hasil yang cantik.

Di samping kiri dari tangga, ada jalan setapak, turuti jalannya, Anda akan mendapati sebuah jembatan kecil yang ada di muka curug. Jika Anda selfie di sini akan kelihatan benar-benar menarik.

Seperti lokasi air terjun secara umum, di sini banyak juga batu kali, dimulai dari yang paling besar sampai paling kecil. Anda dapat jalan-jalan di atas kolam air terjun dengan menjejaki bebatuan yang ada di atasnya.

Berselfie dengan duduk d atas batu dan background air terjun yang deras, tentunya benar-benar hebat sekali. Jika ingin menelusuri disekitaran curug, Anda bisa turuti jalan setapak yang berada di tempat curug ini. Berhati-hati saat jalan, karena masih berbentuk tanah liat dan licin saat basah.

Wisata Air Terjun masih Alami

Banyak daerah di Jawa tengah masih populer benar-benar natural serta asri dan mempersejuk. Tidak cuma hanya itu, tempatnya benar-benar menentramkan dan masyarakat lokal yang demikian ramah.

Mempunyai lokasi-lokasi rekreasi alam yang alami, dan jauh dari hingar-bingar kota. Arah yang prima untuk melepaskan capek dari aktivitas setiap hari dan menentramkan pemikiran.

Di tempat Jawa tengah, teritori rekreasi alam yang populer ialah wilayah Magelang, yang mana bersebelahan langsung dengan kabupaten Temanggung di utara, kabupaten Kendal di Selatan, kabupaten Semarang di timur dan kabupaten Wonosobo di Barat, dan dekat sama kecamatan Reban, wilayah Tangkai.

Bahkan juga ke-4 kabupaten itu mempunyai tempat wisata alam yang tidak kalah menarik dengan di Magelang.

Disekitaran kabupaten Pekalongan dan Purbalingga, ada objek rekreasi curug. Alamat persisnya ialah Dusun Wangkelang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, yakni Curug Silawet. Mempunyai tinggi air terjun yang tinggi dan derasnya jatuhnya air memberi kesegaran tertentu.

Kabupaten Pekalongan juga tidak kalah menarik dengan tempat Jawa tengah yang lain, di sini ada teritori rekreasi alam Kandangserang dengan tempat wisata khusus Watu Ireng. Sebuah batu yang di-claim paling besar di dunia, luasnya lebih dari dua hektar. Oleh karena itu kerap dipakai untuk aktivitas pencinta alam seperti kemping.

Masih di tempat Jawa tengah, kabupaten Purbalingga mempunyai teritori dusun rekreasi Panusupan. Dusun rekreasi ini dibikin di daratan tinggi, hingga pengunjung seperti ada di atas awan. Beberapa tempat wisata yang berada di sini seperti Taman Pucuk Srimbar Jaya, Pucuk Sendaren, Igir Wringin, dan yang lain.

Tersebut beberapa tempat rekreasi alam yang ada di tempat Jawa tengah. Untuk pengunjug yang ada di teritori Jawa Timur kemungkinan tak perlu pergi jauh, karena di wilayah Pacet, Mojokerto sebagai teritori rekreasi alam yang tidak kalah menarik dengan dusun rekreasi Panusupan. Selamat liburan.

Fasilitas Curug Silawe Magelang

Daya magnet rekreasi Curug Silawe terhitung dalam perincian rekreasi Magelang terkenal yang harus tuk di explore. Macam hidangan menariknya mustahil anda peroleh di lain tempat.

Sudah didukung dengan beragam fasilitas prasarana mencukupi sebagai pendukung kegiatan pelancong. Walau tidak komplet, tetapi seperti sarana dari Curug Silawe juga bisa anda temui didalamnya yang mencakup :

  1. Tempat parkir kendaraan
  2. Pusat info rekreasi
  3. Kamar mandi
  4. Sarana air bersih
  5. Warung rekreasi
  6. Spot photo menarik

Sebaiknya untuk anda yang akan berkunjung berekreasi di Curug Silawe Magelang untuk menyiapkan semua sesuatunya dengan sebagus mungkin. Seperti perbekalan, yang penting anda membawa sendiri untuk keperluan sepanjang jalanan dan berlibur.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.