2 Februari 2023
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja atau Gumuk Pasir Parangtritis sebagai salah satunya Gumuk Pasir yang cuma ada beberapa di Dunia.

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja sebagai salah satunya tempat rekreasi di jogja terpopuler yang dapat anda datangi saat berlibur dengan keluarga di Wilayah Spesial Yogyakarta. ada beragam jenis kegiatan hebat yang dapat dilakukan saat bertandang ke gumuk pasir jogja ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri terletaj di Jalan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kretek Kabupaten Bantul Wilayah Spesial Yogyakarta. Pelancong bisa bertandang ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini tiap hari start pukul 7 Pagi sampai Jam 6 Sore.

Hal yang paling membahagiakan yang dapat dilakukan saat bertandang ke Gumuk Pasir ini ialah berselunjur dengan perlengkapan yang dapat anda sewa di Lokasi. Disamping itu sekarang ini anda dapat memakai service Jeep Rekreasi untuk berkeliling-keliling Pantai dan Gumuk Pasir Jogja ini.

Pasti service tersebut dapat anda peroleh secara mudah melalui service Paket Wisata Jogja.

Sejarah Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebagai peristiwa alam yang langka dan mengagumkan yang sekarang ini jadi tujuan rekreasi favorite di Jogja. Bagaimana tidak, bila anda bertandang ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda akan terasa seperti pada padang pasir atau seolah tengah ada di gurun pasir yang paling luas yang biasanya ada di belahan bumi timur tengah.

Kabarnya kehadiran Gumuk Pasir Parangkusumo ini terkait langsung dengan kehadiran Gunung Merapi yang ada di samping utara kota Yogyakarta. Bagaimana dapat begitu? Walau sebenarnya Gumuk Pasir Parangkusumo ini ada di pesisir wilayah selatan kota Yogyakarta tetapi kenapa dikuasai oleh Gunung Merapi yang ada di samping utara?

Baca Juga : Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Rupanya hal itu kabarnya disebabkan karena zaman dulu Gunung Merapi pernah meledak dengan kemampuan super hebat hingga muatan vulkanik berbentuk pasir atau debu bersebaran dan menyebar di semua penjuru Yogyakarta. Makin lama karena Gunung Merapi ada di samping utara yang kondisit tanahnya semakin tinggi muatan vulkanik itu terikut oleh hujan dan saluran sungai sampai bersumber di Pantai Selatan.

Sesudah sesampai di Pantai Selatan muatan vulkanik itu beradu dengan garangnya ombak Pantai Selatan yang populer garang hingga muatan vulkanik itu jadi sejumlah partikel kecil dan pada akhirnya terikut angin ke arah wilayah di mana saat ini Gumuk Pasir Parangkusumo ada. Sudah pasti peristiwa alam itu berjalan benar-benar lama bahkan juga sampai sekarang ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo yang dahulunya cuma dilihat sebagai timbunan atau gundukan pasir yang tidak bermanfaat sekarang sudah menjelma menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite di Jogja. Di Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda bisa lakukan beragam kegiatan seperti keinginan.

Salah satunya kegiatan modern yang banyak mulai dicari wisatawa ialah bermain sand boarding atau melaju di gundukan pasir memakai papan. Permainan atau olahraga ini seperti snow boarding tetapi dengan media pasir.

Disamping itu bila anda hoby photografi Gumuk Pasir Parangkusumo ialah lokasi yang benar-benar pas untuk memburu gambar menarik khususnya saat sore hari datang untuk memburu sunset. Sering ditemui pasangan yang lakukan photo pre-wedding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini karena mempunyai keunikannya tertentu.

Selainnya panorama bentangan padang pasir yang mengagumkan, bila anda telah berasa jemu dan ingin berkunjung tujuan rekreasi yang lain anda tak perlu cemas karena Gumuk Pasir Parangkusumo ini ada di Pantai Parangtritis yang sangat terkenal dan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang populer dengan olahan seafood yang memikat.

Hingga bila anda telah senang berkeliling-keliling di teritori Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda bisa isi perut dan coba sedapnya olahan seafood ciri khas Pantai Depok yang pasti benar-benar fresh karena datang dari tangkapan nelayan di tempat. Atau bila anda inginkan suatu hal yang melawan adrenalin, anda bisa berusaha untuk tandem paralayang di Bukit Paralayang Parangtritis.

Bisa menjadi pengalaman yang paling membahagiakan mendebarkan saat anda coba paralayang di sini karena panoramanya ialah samudera hindia yang paling luas dan bentangan bibir pantai selatan yang panjang.

Fakta Unik Gumuk Pasir Jogja

Mempunyai Type Barchan

Gumuk pasir sebagai salah satunya rentang alam yang proses pembentukannya dikuasai oleh angin, tercipta dari penumpukan pasir dengan jumlah besar.

Walau namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, tetapi tulisan besar di pintu masuknya ialah “Gurun Pasir Barchan”. Ini karena barchan merujuk pada tipe gumuk pasir. Gumuk pasir Barchan mempunyai ketinggian 5-15 mtr..

Gumuk pasir ini datang dari letusan Gunung Merapi yang sedimennya terikut oleh sungai-sungai yang bersumber di Pesisir Selatan, diantaranya Sungai Opak dan Sungai Progo. Sesudah tinggal di pantai, selanjutnya angin dari Samudera Hindia memahat timbunan pasir ini.

Baca Juga ; Candi di Jogja yang lagi Viral

Jadilah panorama yang unik. Dengan ketinggian itu, Gumuk Pasir Parangkusumo pas sebagai lokasi sandboarding.

Spesial dan Sangat jarang

Situs Parangtritis Geomaritime Science Park memperlihatkan jika Gumuk Pasir Parangkusumo terhitung dalam gumuk pantai. Bukit pasir ini diketemukan di semua garis lintang di dunia, dari kutub sampai khatulistiwa. Di Asia Tenggara, minimal ada tiga gumuk pantai di Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia.

Bukit pasir dapat dikelompokkan berdasar ketidaksamaan cuaca. Di cuaca basah, bukit pasir hummock dan bukit pasir parabola ialah umum. Di cuaca kering dan semi-kering (kering dan semi-kering), bukit pasir barchan umum.

Ada satu bukti menarik mengenai Gumuk Pasir Parangkusumo, yakni bertipe barchan, tetapi beriklim tropis basah. Perihal ini pula yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo jadi sangat jarang. Bukit pasir ini semestinya tidak tercipta karena cuaca yang tidak memberikan dukungan. Berikut yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo spesial dan sangat jarang.

Salah satu tempat sandboarding di Asia Tenggara

Walau gumuk pasir menyebar di Indonesia, Vietnam, dan Filipina, cuma gumuk pasir Parangkusumo sebagai lokasi sandboarding. Untuk nikmati gumuk pasir ini, dengan mengambil kantong Rp 150.000, pelancong dapat sewa papan sandboarding sepuasnya. Harga itu telah terhitung pemandu yang secara cepat mengajari langkah melaju dari gumuk pasir.

Tempat Pembuatan Video Klip

Selainnya dipakai sebagai tempat sandboarding, Gumuk Pasir Parangkusumo jadi lokasi pembikinan beberapa clip video.

Lokasi dan Ticket Masuk Gumuk Pasir Jogja

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini benar-benar gampang dicapai oleh pelancong, baik itu memakai Kendaraan Individu atau Bis Pariwisata. Lokasinya yang ada di dekat Pantai Parangtritis pasti jadi hal yang memberikan keuntungan buat anda.

Bertandang ke Gumuk Pasir dapat berlanjut ke Pantai. Memang jika dari Pusat Kota Jogja jaraknya cukup, tetapi tetap dapat dicapai dengan kendaraan dan jalannya baik sekali dan gampang untuk diraih.

Alamat selengkapnya sendiri ada di Dusun Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Wilayah Spesial Yogyakarta, Code Pos 55772.

Dan untuk ticket masuk sendiri telah terhitung di teritori Retribusi Pantai Parangtritis cuma Rp 10.000,- dan biaya parkir sendiri cukup dapat dijangkau.

Rute Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Jalur Ke arah Gumuk Pasir Jogja Parangkusumo sendiri benar-benar gampang untuk diraih. Bila anda ada di Teritori Malioboro, Stasiun Tugu atau titik 0 KM Kota Jogja anda dapat belok ke kiri dari Jalan Malioboro. Sesudahnya anda tinggal ikuti ke Arah Jalan Parangtritis.

Apabila sudah ada di Jalan Parangtritis ini anda tinggal ikuti Jalan Parangtritis saja ke arah selatan sampai hingga di Pos Retribusi Pantai Parangtritis. Anda dapat melalui Pos retribusi ini untuk sampai ke Pantai Parangtritis dahulu atau saat sebelum Retrisbusi anda belok ke kanan buat langsung ke Gumuk Pasir.

Jarak di antara Pusat Kota Jogja dengan rekreasi gumuk pasir ini kurnag lebihnya sekitaran 25 KM dan waktu pintas kurnag lebih sekitaran 45 Menit dari Pusat Kota Jogja.

Bila anda kebingungan anda dapat memakai Google Maps, karena taman rekreasi gumuk pasir ini lokasi persisnya telah ada di Google Maps.

Avtivitas di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja

Sandboarding

Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai peristiwa alam yang langka di Dunia. Oleh karena tersebut karena susunannya ini, gumuk pasir parangkusumo ini benar-benar pas untuk kegiatan Sandboarding.

Sudah pernahkah anda berpikiran untuk Berseluncur di atas Pasir? kemungkinan umumnya dari kita tidak ada yang akan pernah memikirkan ini awalnya. Berseluncur di atas pasir ini dapat menjadi satu diantara kegiatan yang dapat dilakukan.

Karena aktivitas yang ini dapat dilaksanakan oleh semua kelompok terhitung untuk anak-anak. Saat berseluncur di Gumuk Pasir ini anda tak perlu takut akan cedera kronis saat kelak jatuh.

Kamu dapat sewa papan Sanboarding Parangkusumo ini cuma Rp. 70.000,- tanpa batasan waktu penggunaan. Kamu dapat berselancar riang dari Pagi sampai tempat ini tutup.

Berkeliling-keliling Pantai

Hal sebagai nilai lebih saat anda sedang nikmati berlibur di Teritori Gumuk Pasir Jogja ini ialah anda dapat berkeliling-keliling Pantai secara Bebas. Lokasinya yang pas ada di sejauh Jalan Pantai Prangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Cemoro Sewu ini dapat anda datangi tanpa perlu bayar ticket masuk kembali.

Tidak perlu kebingungan, karena lokasi ke-3  pantai itu berdekatan. Tetapi bila anda tidak ingin cape jalan kaki anda dapat memakai Jeep Rekreasi, Motor trail, ATV atau andong yang ada disekitaran lokasi.

Pasti Parangtritis dan Parangkusumo tidak sepi pelancong, oleh karenanya bila anda ingin nikmati situasi pantai yang lain anda dapat bertandang ke Pantai Cemoro Sewu yang terletak lebih kurang 400 mtr. dari Pantai Parangkusumo.

Nikmati Sunset

Salah satunya hal yang dapat dilakukan saat ada di Gumuk Pasir ini ialah nikmati matahari terbenam. Pasti nikmati Matahari Terbenam di Pantai telah terbiasa. Bagaimana dengan di Gumuk Pasir?

Pasti ini bisa menjadi peristiwa yang tidak terlewatkan dalam kehidupan anda. Nikmati Matahari Tenggelam di salah satunya tujuan rekreasi yang langka di Dunia ini. Why Not?

Naik Jeep di atas Pasir

Naik Jeep berkeliling-keliling Gumuk Pasir? ini sebagai hal baru yang dapat dilakukan saat liburan di teritori Rekreasi Gumuk Pasir Jogja.

Berekreasi keliling Pantai dan Gumuk Pasir dengan Jeep Rekreasi ini benar-benar pas buat anda yang mager. Anda dapat pilih Paket naik Jeep yang disiapkan oleh beberapa pengurus. Seperti Jeep Rekreasi Merapi, Jeep Rekreasi di Gumuk Pasir ini dipisah jadi beberapa jalur.

Tentu saja harga diperbedakan sama yang Jalur, Durasi waktu dan tempat rekreasi yang hendak dituju. Untuk kamu yang baru pertama kalinya berekreasi kesini, dicoba dech Serunya naik Jeep Rekreasi sejauh pantai dan Gumuk Pasir. Ditanggung hebat!

Berswafoto

Ini nih aktivitas yang jelas tidak akan anda terlewat saat berlibur. Ya Photo selanjutnya Unggah ke Medsos agar terlihat modern dan kembali Healing agar buat penganut setiamu jadi iri hati.

Ada beberapa spot Photo yang paling elok yang dapat anda dapatkan di Gumuk Pasir ini, beberapa dianataranya ialah di plang nama Gumuk Pasir, Ayunan Gumuk Pasir, saat Sandboarding dan Photo Romantis seperti Prewed bersama pacar. Hahaha

Nach itu lah beberapa ulasan dari kita berkenaan Object Rekreasi Gumuk Pasir Jogja yang cuma ada satu di Indonesia persisnya di Wilayah Spesial Yogyakarta.

Buat anda yang ingin bertandang atau berlibur ke Jogja dapat memakai service Sewa Mobil Jogja atau Paket Tour Jogja.

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Chat Sekarang !
Butuh Bantuan?
Scan the code
Hallo,
Ada yang bisa Kami Bantu?