18 July, 2019
Tempat Wisata Jogja Kaliurang

Tempat Wisata Jogja Kaliurang

Destinesa ~ Yogyakarta memiliki sebuah kawasan yang cukup terkenal dikalangan para wisatawan. Kawasan ini berada di Lereng Gunung Api Merapi. Kaliurang adalah sebutan untuk daerah ini. Namun apa yang membuat Kaliurang Special? Berikut sedikit ulasan mengenai Tempat Wisata Jogja Kaliurang. 

Kaliurang adalah sebuah kawasan yang sejuk didaerah utara Kota Jogja, untuk bisa sampai kelokasi wisata ini anda bisa menggunakan berbagai macam tipe kendaraan, baik itu kendaraan pribadi maupun Big Bus. Untuk akses jalan sendiri ke kawasan kaliurang ini sudah bagus.

Jika sobat punya rencana liburan ke Jogja dan Kaliurang anda bisa menggunakan layanan sewa villa di kaliurang atau menginap di hotel yang berada di Kaliurang. Kaliurang menawarkan berbagai macam wisata alam menarik yang bisa sobat telusuri keberadaannya.

Untuk memudahkan Anda yang ingin berlibur di kaliurang berikut ini kami sajikan Tempat Wisata Jogja Kaliurang yang mungkin bisa menjadi alternatif liburan untuk sobat besera dengan keluarga besar / rombongan.

1. Museum Ullen Sentallu

Museum ini berada dikawasan Kaliurang, lebih tepatnya di Dusun Kaliurang Barat Hargobinangun Pakem Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat beberapa jalan yang bisa anda temput untuk menuju ke lokasi museum ini. Bisa dari Jalan Kaliurang menuju jalan Boyong, atau dari Jalan Palagan menuju ke Jalan Boyong.

Tempat Wisata Jogja Kaliurang - Museum Ullen Sentallu

Museum Ullen Sentallu

Museum ini menyimpan berbagai macam benda peningalan kerajaan dan budaya jawa. Jadi jika sobat datang dan liburan ke lokasi wisata ini jangan sampai membiarkan pikiran sobat kosong ya. Takutnya ada sesuatu yang memasuki jiwa sobat nantinya.

2. Museum Gunung Merapi 

Museum yang menyimpan berbagai macam benda peninggalan erupsi gunung api merapi ini berada di Dusun Boyong Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Untuk masuk ke Museum Gunung Merapi ini anda hanya cukup mengeluarkan Rp. 5000.- untuk tiket masuknya.

Museum Gunung Merapi - Tempat Wisata Jogja Kaliurang

Museum Gunung Merapi

Didalam Museum ini juga terdapat theater yang memutarkan FILM Erupsi Gunung Merapi, sedangkan untuk menonton FILM ini pengunjung akan dikenakan Biaya tambahan sebesar Rp. 15.000.-

Museum ini juga digunakan sebagai pos pantau gunung merapi dan akan selalu memberikan informasi terupdate gunung merapi kepada masyarakat yang tinggal dikawasan rawan bencana III.

3. The World Landmark Merapi Park

Berkunjung ke Kaliurang akan berasa berkunjung ke Luar Negeri. Percaya Gak? The World Landmark Merapi Park tepatnya. Disini akan terpapar landmark kota-kota besar di dunia. Ditemani sejuknya udara khas pegunungan tentunya akan membuat Merapi Park tempat yang sempurna untuk melepaskan lelah dan penat.

Merapi Park - Wisata Jogja Kaliurang

Ada banyak spot foto yang akan memanjakan anda bersama dengan rombongan keluarga anda. Berkunjung ke Kaliurang akan berasa berkunjung ke seluruh dunia. Mau ke Paris di Merapi Park ada menara Eifel. Mau ke London? Bigbang London juga ada disini.

Ke Merapi Park akan membuat anda berasa keliling dunia. Cukup mebayar tiket Rp. 20.000,- saja anda akan berasa keliling dunia.

4. Goa Jepang

Mungkin belum banyak yang tahu kalau dikaliurang ini juga terdapat sebuah Goa. Yah tempat ini adalah Goa Jepang. Goa yang dulunya digunakan untuk bersembunyi ini sekarang menjadi sebuah daya tarik tersendiri di kawasan kaliurang sendiri.

Goa Jepang sendiri merupakan sebuah goa yang cukup eksotis dan dibangun pada masa penjajahan jepang untuk bersembunyi. Goa ini dibangun sekitar tahun 1942-1945. Dikawasan Goa Jepang ini sendiri juga terdapat berbagai macam kawanan Monyet yang tinggal di daerah ini.

5. Gardu Pandang Kaliurang 

Tempat terbaik menikmati Gagahnya Gunung Api Merapi Yogyakarta adalah di tempat ini. Selain berfungsi sebagai Gardu Pandang tempat ini juga biasa digunakan untuk event tahunan Festival Of Light Kaliurang.

Saat malam tiba gardu pandang ini akan terlihat lebih mewah dan menawan. Cahaya Lampu hias akan menjadi nilai tambah yang akan menjadi hal special dari tempat ini.

6. Taman Kaliurang

Bermain di sebuah taman bersama keluarga tercinta tentunya akan membuat keluarga kita menjadi bahagia dan bisa lebih mendekatkan kita dengan anak atau anggota keluarga lainnya. Ditemani dengan hembusan udara khas pegunungan tentunya akan membuat anda akan kembali Fresh.

Taman Kaliurang ini sendiri berada di Dusun Kaliurang Barat, Hargobinangun Pakem Sleman. Untuk datang ke lokasi ini dari TPR Jalan Kaliurang lurus saja sampai bertemu dengan Tugu Udang. Selanjutnya ambil jalan lurus ke arah Tlogo Putri. Maka dalam waktu singkat anda akan bertemu pertigaan yang bertuliskan Taman Kaliurang.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat di taman ini diantaranya adalah kulineran, Wisata Alam, Keliling menggunakan Kereta Kelinci, dan bermain di arena taman yang cukup luas ini.

7. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah objek wisata alam yang berada di Kawasan Kaliurang. Ada berbagai macam wahana yang bisa dicoba oleh para wisatawan yang berada di tempat ini, melihat pertunjukan seni, atau lebih dekat dengan Gunung Merapi semuanya bisa dilakukan disini.

Kawasan Tlogo Putri merupakan sebuah kawasan yang berada di Taman Nasional Gunung Merapi, selain itu juga merupakan gerbang utama pintu masuk TNGM ini. Ada banyak sekali monyet yang tinggal dikawasan ini sehingga buat sobat yang geli2 gimana saat liat mereka jangan takut ya.

8. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Di Kawasan Kaliurang juga ada sebuah Air Terjun Loh Guys, Gak Percaya? Ini buktinya!

Kawasan ini berada di ketinggian kurang lebih 900 mdpl, kawasan kaliurang akan selalu sejuk sepanjang hari dan dinginnya air disini bisa dirasakan seperti itu lah. hehehe

Dengan adanya udara yang sejuk tentunya tempat ini terdapat banyak sekali Villa atau Guest House untuk menginap.

Oh iya kembali ke topik air terjun tlogo muncar ya guys. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50m. Namun karena kawasan ini berada di Lereng Gunung Merapi yang masih aktif saat ini Air Terjun ini sudah kehilangan debit airnya. Karena Erupsi Merapi 2010 yang menghancurkan berbagai macam tumbuhan yang ada di kawasan TNGM ini.

9. Wisata Edukasi Omah Salak

Kabupaten Sleman terkenal dengan komoditas salak pondok yang menjadikan sleman sebagai penghasil salak yang cukup besar di Indonesia. Namun tahukah sobat jika salak ini juga bisa menjadi tempat wisata?

Ya Omah Salak adalah sebuah tempat wisata di kabupaten sleman yang menjadikan Salak sebagai edukasinya dan produk unggulan dalam wisatanya. Omah Salak ini berada di Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Turi, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk akses jalan sendiri ke lokasi wisata yang satu ini sudah bagus dan bisa dijangkau dengan berbagai macam kendaraan.

10. Blue Lagoon Kaliurang

Masih berada di kawasan lereng gunung merapi. Kali ini kita akan bermain basah-basahan di Blue Lagoon, sebuah kawasan pemadian yang berada di Jalan Kaliurang KM 13 ini.

Secara sekilas mungkin tidak ada yang begitu spesial dari tempat ini. Namun tahukah anda bawah tempat ini memiliki air yang sangat jernih dan dari sumber mata air. Meskipun Blue Lagoon ini sudah lama ada namun baru dijadikan sebagai objek wisata sekitar tahun 2014. Mandi disini akan selalu mengingatkan kita akan memori kita saat kecil dulu.

11. The Lost World Casle

Salah satu tempat wisata seru di lereng gunung api merapi berikutnya adalah The Lost World Casle. Dibangun dikawasan rawan bencana / KRB III nyatanya tidak menyurutkan para wisatawan untuk berlibur ke lokasi wisata yang satu ini.

Yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini adalah memiliki bangunan yang mirip dengan benteng takeshi dan wahana disini dibuat menggunakan bahan dari erupsi merapi 2010. Jadi akan terasa kentalnya batu dan bangunannya dengan peristiwa erupsi 2010.

Tempat ini adalah terbaik untuk menikmati merapi saat cerah, namun saat kabut turun anda akan merasakan sensasi yang sungguh luar biasa dan tiada duanya. Anda akan berasa di negeri sakura Jepang.

12. Stonehenge

Mungkin banyak dari kita yang sudah mengetahui tentang Stonehenge. Namun tahukah kamu bahwa tempat wisata ini juga bisa anda temukan di Tempat Wisata Jogja Kaliurang yang hemat dikantong tentunya.

Wisata Stonehenge di Lereng Merapi ini dibikin menyerupai aslinya. Sebuah tumpukan Batu Purba yang menjadi hits dikalangan remaja yang suka berfoto.

Bentuk dan susunan batu di Stonehenge di lereng merapi ini dibuat mirip dengan aslinya, lengkap dengan alas rumput hijaunya. Masuk dan duduk di bagian dalam lingkaran tersebut akan jadi pengalaman yang berbeda. Kita tidak akan sulit menemukan angle yang bagus untuk berfoto, karena bangunan ini memang unik

13. Museum Mini Sisa Hartaku

Salah satu tempat penyimpanan sisa erupsi merapi 2010 yang masih tersisa dan dibiarkan hingga sekarang ini termasuk abu yang masih tercecer dilantai museum ini. Meseum ini adalah bekas rumah warga sekitar yang masih tersisa dan sedikit renovasi.

Dengan mengunjungi museum ini anda akan mengetahui betapa dahsyatnya Erupsi Merapi 2010. Tidak banyak yang tersisa dari erupsi 2010. Banyak juga rumah warga yang dipindahkan di tempat yang lebih aman dari desa ini.

14. Batu Allien

Tempat Wisata Jogja Kaliurang selanjutnya adalah Batu Allien. Dimana Batu ini memiliki wajah mirip allien. Namun menurut warga sekitar disebut Batu Allien artinya adalah Batu Alian yang berpindah dari Puncak Merapi saat Erupsi. Lokasi wisata ini sangat dekat dengan puncak merapi dengan jarak kurang lebih 5 KM dari Puncak.

15. Bungker Kaliadem

Salah satu tempat berlindung yang menjadi saksi keganasan erupsi merapi 2010 adalah Bungker Kaliadem. Dilokasi ini sangat dekat dengan Merapi. Berfungsi sebagai tempat berlindung dari awan panas, namun rusak di erupsi 2010 karena awan panas merapi membawa material lava yang sangat panas.

Saat Erupsi Merapi 2010 tempat ini juga terdapat korban jiwa, jadi paling aman saat terjadi erupsi adalah menjauhi puncak merapi.

16. Jeep Lava Tour Merapi

Jeep Lava Tour Merapi adalah sebuah Tempat Wisata Jogja Kaliurang yang bisa anda jelajahi. Ada banyak tempat yang menyewakan Jeep yang digunakan untuk tour di lereng merapi ini. Di sepanjang jalan Kaliurang ada berbagai macam Bascamp Jeep yang bisa anda gunakan untuk menyusuri lereng merapi.

17. Ledok Sambi

Salah satu desa wisata yang berada di Lereng Gunung Merapi ini menawarkan pemandangan alam merapi dan kehidupan khas pedesaan. Dilokasi ini juga terdapat berbagi macam resort dan basecamp Jeep Merapi.

18. Bukit Klagon

Bukit Klagon adalah tempat terbaik untuk menikmati gagahnya merapi. Berada tidak jauh dari Puncak Merapi bukit ini adalah tempat terbaik untuk meneliti aktifitas merapi seperti saat ini.

19. Bhumi Merapi

Agro Wisata Bumi Merapi ini berada di Jalan Kaliurang KM 20 Dusun Sawungan Hargobinangun Pakem. Dilokasi ini sangat cocok untuk mengajak anak anda bermain. Karena disini selain tempat makan juga banyak hewan-hewan yang bisa membuat anak kita belajar dan mengenal tentang kehidupan.

20. Rally's ATV & Suka Kopi

Tempat Wisata Jogja Kaliurang selanjutnya adalah ATV di Sukadesa Camping Ground. Terletak di Jalan Kaliurang KM 20.5 Dusun nDari Hargobinangun Pakem. Ditempat wisata ini anda bisa menikmati menjelajah hutan sengon menggunakan ATV.

Nah itu tadi adalah sedikit ulasan dari kami mengenai Tempat Wisata Jogja Kaliurang, buat yang mau referensi liburan lainnya bisa di cek di Instagram Kami Destinesa. Di Media tersebut ada banyak sekali referensi tempat wisata di jogja dan lainnya.

 

Media informasi wisata paling penting dan lengkap mengenai berbagai tempat wisata lengkap dengan deskripsi dan cara mencapainya, tempat makan, hotel, penginapan, homestay, sewa transportasi dan berbagai kebutuhan Anda untuk menjadikan liburan Anda berkesan dan istimewa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.